Seiko Sportura SRG017P1 & SRG019P1

Seiko Sportura SRG017P1 & SRG019P1

Seiko Sportura merupakan salah satu lini Seko yang berisi jam tangan dengan desain-desain sport, namun tetap pada harga terjangkau. Seiko Sportura menonjolkan desain yang besar namun dengan finishing yang cukup bagus di kelasnya. Seiko cukup dikenal sebagai brand yang mempunyai kualitas finishing sangat baik. Tidak hanya pada produk premiumnya seperti GS, namun pada produk low endnya juga, termasuk pada lini Sportura dimana rata-rata jam tangan di lini ini mempunyai finishing yang cukup baik, bahkan banyak yang terlihat melebihi harganya.

Seiko-Sportura-Kinetic-Direct-Drive-SRG017-1

Gambar 1. Seiko Sportura SRG019P1, dengan detail finishing yang baik.

Kali ini Machtawatch akan membahas salah satu jam tangan di lini  Sportura, yaitu  Seiko SRG019P1. Jam tangan ini menggunakan mesin kinetic direct drive. Mesin kinetic sendiri pada dasarnya merupakan mesin quartz. Namun perbedaan dengan quartz konvensional ialah jika pada quartz konvensional, sumber energi berasal dari baterai, pada kinetic, sumber energi berasal dari energi gerak atau mekanik. Energi gerak  tersebut diubah menjadi energi listrik lalu disimpan di kapasitor sebagai media penyimpanan energinya.

SRG019P1 mempunyai mesin kinetic yang tidak biasa, karena dibekali dengan fitur direct drive. Fitur ini memungkinkan para penggunanya mengisi power secara manual seperti pada jam tangan mekanikal manual winding. Terdapat juga power reserve indicator yang menunjukan indikator power reserve nya. Selain movementnya yang cukup menarik, jam ini menggunakan kaca safir anti gores untuk melindungi dari gesekan pada kristal jam tangan. Movement kinetic jam tangan ini mempunyai power reserve selama satu bulan apabila penuh.

Seiko-Sportura-Kinetic-Direct-Drive-SRG017-6

Gambar 2. Ukuran yang besar, nampak gagah di pergelangan tangan.

Seiko Sportura SRG019P1 mempunyai dimensi diameter 44mm dan ketebalan 13cm, cukup besar dan tebal. Namun Seiko Sportura memang dirancang dengan desain yang sangat sporty sehingga mempunyai diameter besar. Namun value dari jam ini ialah pada finishing bodi jamnya. Perpaduan Polished dan Brushed finish sangatlah detail dan indah. Polished finish pada jam ini cukup mengkilat sehingga membuat jam tampak lebih mahal. Movement kinetic direct drive juga salah satu keunggulan dari jam ini, karena merupakan sebuah inovasi yang sempurna dari Seiko.

 

 

Categories: Seiko, Watch Brands