Sejarah Seiko 5 Sebagai Jam Tangan Untuk Kolektor Pemula

sejarah seiko 5 sports
sejarah seiko 5 sports

Terakhir diubah pada 2022/11/23 at 5:41pm oleh Contributor

Bicara tentang sejarah Seiko 5, tentu tidak terlepas dari simbolis angka 5 yang tertoreh seperti perisai di wajah jam tangan ini. Seiko 5 bukan hanya mengenai satu jam tangan saja, namun terdapat ratusan Seiko 5 dengan desain yang berbeda-beda model,ditujukan untuk fungsi yang berbeda, dengan fitur yang beragam. 

Semuanya memiliki kesamaan berupa simbol angka 5 yang terpampang bak perisai dibawah tulisan logo Seiko yang menjadi lambang jam tangan ini. Di masa lalu, jam tangan Seiko 5 juga di adaptasi menjadi koleksi lainnya antara lain Seiko 5, Seiko 5 Sports, Seiko Sportsmatic 5, Seiko 5 Actus dengan menggunakan automatic movement yang berbeda-beda. Namun sekarang Seiko 5 bernama Seiko 5 Sports dengan logo Seiko 5 yang baru.

Seiko 5
Seiko 5.
Sumber: Gearpatrol.com.

Arti Nama Seiko 5 

Sejarah Seiko 5 berawal pada tahun 1963, di mana jam tangan Seiko 5 Sports pertama hadir melalui Seiko Sportsmatic 5. Seiko 5 adalah jam tangan automatic Seiko yang pertama, yang mengusung 5 janji bahwa setiap jam tangan Seiko 5 akan memiliki lima atribut utama.

Baca juga : Seiko 5 Sports: Layak Disebut Sebagai Jam untuk Next Generation?

5 Atribut Utama dari Jam Tangan Seiko 5:

1.The Diaflex mainspring (per utama yang tidak bisa dipatahkan).

2.The Diashock system (sistem diashock yang merupakan struktur untuk meningkatkan ketahanan terhadap guncangan).

3. Automatic winding (gerakan otomatis).

4. Day/date indication (tampilan hari / tanggal).5. Water resistance (ketahanan air).

5. Water resistance (ketahanan air).

Baca juga : Seiko 5 Hidup Kembali Dengan 27 Model Terbaru

Kumpulan Atribut yang Lebih Umum dari Seiko 5

1. Automatic winding (gerakan otomatis).

2. Day/date displayed in a single window (tampilan hari / tanggal pada posisi jam tiga).

3. Water resistance (ketahanan air).

4. Recessed crown at the 4 o’clock position (crown pada posisi jam empat)

5. Durable case and bracelet (case dan strap dengan daya tahan tinggi).

Baca juga : Seiko 5 Automatic Pilot SRP615K1

Sistem Diaflex dan Diashock pada Seiko 5 merupakan komponen movement yang penting (daripada lokasi crown) untuk ditonjolkan dari 5 atribut Seiko 5. Sistem Diashock adalah struktur yang dikembangkan untuk meningkatkan ketahanan terhadap guncangan. Sistem Diashock ini digunakan dalam movement jam tangan Seiko 5 sebagai bantalan, seperti untuk poros roda keseimbangan, yang sangat sensitif terhadap guncangan dan getaran. Sistem ini memiliki struktur yang fantastis, dimana dapat mempertahankan stabilitas tinggi bahkan saat terjadi guncangan secara tiba-tiba.

Terkadang movement Seiko 5 juga berbeda antara model yang satu dengan lainnya. Dahulu Seiko menetapkan movement 7S26/7S36 sebagai pakem dari movement yang digunakan di Seiko 5. Namun, setelah movement 7SXX discountinue, Seiko menggunakan movement 4R36.  Adapun perbedaan diantara model tersebut adalah variasi hari dan tanggal, jumlah jewel (21 vs 23), dan perbedaan calibre. Mesin 4R36 memiliki fitur hack yaitu memberhentikan jarum detik, dan telah menjadi penggerak di dalam berbagai jam tangan Seiko saat ini. 

Baca juga : Seiko 5 Sports Rowing Blazers X Limited Edition, Jam Tangan Sporty dan Colorful

Singkatnya, Seiko 5 selalu memiliki movement  yang dapat menemani kamu berjalan dari tahun ke tahun, bahkan hingga beberapa dekade dengan minimal maintenance. Kebayang kan betapa awetnya jam tangan Seiko 5 milik kamu! 

Jam tangan Seiko 5.
Jam tangan Seiko 5.
Sumber: Gearpatrol.com.

Baca juga: Seiko 5 Sports Rowing Blazers X Limited Edition, Jam Tangan Sporty dan Colorful

Keunggulan dari Seiko 5

Jika kamu penggemar Seiko 5, tentunya kamu akan menemukan banyak forum-forum yang membahas mengenai jam tangan ini. Karena memang disanalah juga kamu bisa mengetahui mengenai sejarah Seiko 5, update informasi hingga koleksi terkini. 

Mulai dari forum jual/beli Seiko preloved, menjual produk baru atau bahkan suku cadang Seiko 5 yang diperbaiki dan di modifikasi. Singkatnya, pria yang menyukai Seiko 5 sama beragamnya dengan jam tangan itu sendiri, bahkan hingga terdapat julukan dan trend tersembunyi di dalamnya. Seperti apa aja sih? Yuk, simak terus artikel ini.

1. Seiko 5 Memiliki Julukan “Daily Beater”

Seiko 5 dijuluki sebagai “daily beater” atau bisa juga diartikan sebagai jam tangan yang “tahan banting”. Bagi kolektor jam tangan Seiko, istilah ini mengarah pada jam tangan tangguh yang tidak perlu perawatan tingkat tinggi. Kamu dapat terbebas dari rasa khawatir karena jam tangan Seiko 5 kamu jauh dari kata ringkih dan tidak membutuhkan perlindungan khusus.

Bagaimana tidak, kamu bisa menggunakan Seiko 5 sebagai jam tangan sehari-hari, kamu juga bisa cocokan untuk berbagai gaya dan kegiatan menyelam, sehingga memungkinkan kamu untuk memiliki beberapa koleksi jam tangan Seiko 5 yang bisa digunakan untuk segala suasana.

Baca juga : Siap Diluncurkan, Seiko 5 Sports Super Cub Limited Edition


2. Seiko 5 Memiliki Trend “Modding”

Sejarah Seiko 5 tentu saja tidak terlepas dari trend yang satu ini, yaitu “modding” atau “modifikasi” jam tangan Seiko 5. Selain julukan “daily beater”, “modding” juga merupakan hal yang khas dari jam tangan ini dan merupakan sub kultur dari jam tangan ini. Jam tangan Seiko 5 dikenal sebagai jam tangan yang bisa di- modding atau modifikasi sesuai dengan keinginan mereka. 

Modifikasi disini bukan berarti merusak jam tangan Seiko 5 untuk sesuatu yang lebih buruk, namun disini para kolektor memodifikasi jam tangan Seiko 5 mereka untuk memberikan penghormatan kepada jam tangan lain yang lebih mahal, misalnya Fifty Fathoms dari Blancpain dan Aqua Terra dari Omega.

Jam tangan Seiko adalah pilihan yang sangat tepat untuk modding karena memiliki kualitas yang sangat tinggi. Kamu dapat memodifikasi Seiko dan tetap terlihat sangat bagus, baik asli maupun yang sudah di modded. Ada beberapa alasan mengapa memodifikasi jam tangan Seiko merupakan ide yang bagus.

Baca juga : Review : Seiko 5 Sports NARUTO & BORUTO Limited Edition

Pertama, memodifikasi jam tangan Seiko membantu kamu mempersonalisasi jam tangan tertentu. Kamu dapat dengan mudah melepas strap asli dan menggantinya dengan tali NATO misalnya.

Kedua, modding membantu kamu mengubah tampilan jam tangan agar unik. Misalnya, kamu dapat menukar tali standar dengan tali kulit atau mengubah jam tangan otomatis menjadi jam tangan kinetik.

Ketiga, kamu dapat menghasilkan pemasukan tambahan dari jam tangan modded versi kamu. Karena banyak juga forum-forum Seiko yang melakukan jual beli jam tangan yang sudah di modifikasi lho! 

Seiko SNK809.
Seiko SNK809.
Sumber: Gearpatrol.com.

Baca juga: Siap Diluncurkan, Seiko 5 Sports Super Cub Limited Edition

Desain Seiko 5

Berbicara mengenai sejarah Seiko 5 tentu saja tidak terlepas dari desain rancangan jam tangan ini. Sejak awal terbentuknya, jam tangan ini memang diutamakan dan dirancang untuk menarik minat generasi muda pada era new revolutionary generation di tahun 1960-an. Tahun 60-an yang disebut sebagai salah satu dekade yang memecah belah dalam sejarah dunia, ditandai dengan gerakan hak-hak sipil, Perang Vietnam dan protes anti perang, pembunuhan politik, dan munculnya “cultural decade” atau “kesenjangan generasi”.

Disinilah Seiko 5 hadir dengan penampilan hebatnya yang sporty. Dengan tampilan day-date yang dibingkai dengan bezel stainless steel, ditambah dengan jarum penunjuk jam dan menit. Tidak lupa case yang khas dengan finishing yang begitu memukau serta memiliki ketahanan air, membawa Seiko 5 dapat digunakan dalam berbagai suasana. 

Dengan sejarah dan prinsip yang kuat melekat di jam tangan ini, Seiko 5 menghadirkan jam tangan yang dapat dibawa kemanapun oleh para kolektornya. Baik dalam aktivitas darat dan air, petualangan yang liar ataupun acara elegan membuat Seiko 5 dapat menyesuaikan diri dalam berbagai situasi dan guncangan. 

Baca juga: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo Menjadi Brand Ambassador Seiko Prospex Diver Collection – Indonesia Exclusive

Seiko dapat dikatakan merupakan warisan berharga, dimana jam tangan ini dibuat oleh perusahaan yang di mana presiden & CEO-nya merupakan keturunan langsung dari pendirinya. Dan selama itu juga, jam tangan Seiko 5 tetap dapat hidup dengan minim maintenance. Tentu saja jika dibandingkan dengan jam tangan lain dengan kualitas dan ketahanan yang seperti itu, jam tangan tersebut akan dibanderol jauh lebih mahal bahkan hingga 100 kali lipatnya dengan kualitas serupa.

Hiroshi Nakahara, direktur Seiko Watch Corporation menyampaikan kebanggaannya akan produk Seiko 5 ini. Beliau sempat menurutkan bahwa, “Seiko selalu bangga dengan tulisan ‘buatan Japanese’ karena di sana menunjukkan tekad Seiko yang tulus untuk memproduksi jam tangan yang benar-benar praktis untuk setiap pelanggan. Itu bukanlah cara yang mudah. Namun itu merupakan cara yang terbaik”.

Variasi Seiko 5.
Variasi Seiko 5.
Sumber: Gearpatrol.com.

Baca juga: Seri Seiko Terbaru: Seiko 5 Sports SRPJ79 55th Anniversary Ultraseven Limited Edition

Itulah sejarah Seiko 5 yang ternyata sebagai cikal bakal model jam tangan Seiko lainnya. Dengan 5 prinsip dan 5 atribut penting pada Seiko 5 menjadikan Seiko 5 disukai oleh banyak pria. Seiko 5 Sports bisa kamu dapatkan di Jamtangan.com. Nggak cuma itu, kamu juga bisa dapatkan Seiko Prospex, Seiko Presage, hingga Seiko Solar di Jamtangan.com. Yuk, mampir sebelum kehabisan!

Oleh: Rahel Humillang

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
kolaborasi jam tangan

Kolaborasi Jam Tangan Dengan Produk Fashion (Zenith x Fusalp dan Denham x Timex)

Next Article
ciri jam tangan sevenfriday

8 Ciri Jam Tangan SEVENFRIDAY Original

Related Posts
Total
0
Share