Review : Seiko 5 Sports NARUTO & BORUTO Limited Edition

Review : Seiko 5 Sports NARUTO & BORUTO Limited Edition

Seiko 5 Sports NARUTO & BORUTO Limited Edition terinspirasi dari serial Naruto yang merupakan salah satu serial manga dengan penjualan terbesar dalam sejarah, serial ini tercatat terjual sebanyak 250 juta kopi di seluruh dunia. Serial anime Jepang ini bercerita tentang petualangan seorang ninja muda, Naruto Uzumaki, sementara seri spin-off, Boruto, berfokus pada putra Naruto. Banyaknya penggemar serial ini, menginspirasi Seiko untuk membuat koleksi berisi tujuh jam tangan yang dinamai beberapa karakter utama serial ini.

Sebelum menelisik setiap jam Seiko 5 Sports NARUTO & BORUTO Limited Edition ini, mari temukan elemen-elemen jam ini yang memiliki kesamaan. Jam tangan ini pada dasarnya ialah variasi dari jam tangan Seiko 5 Sports yang dianggap sebagai jam tangan pertama terbaik untuk kolektor pemula.

7 jam koleksi Seiko 5 Sports NARUTO & BORUTO. Foto : Seiko

Masing-masing dari tujuh casing terbuat dari baja tahan karat, memiliki dimensi diameter 42,5 mm, ketebalan 13,4 mm, dan crown pada posisi pukul 4. Anda juga akan menemukan detail tanggal-hari pada posisi pukul 3 pada setiap model. Semuanya ditenagai oleh movement Seiko kaliber 4R36 otomatis, dengan cadangan daya 41 jam. Semuanya tahan air hingga 100 meter dan memiliki casing belakang transparan yang memperlihatkan movement Seiko. Masing-masing dari tujuh jam tangan seri ini tersedia dalam 6500 unit. Saat ini, semua koleksi jam ini sudah tersedia di website maupun aplikasi Jamtangan.com.

NARUTO UZUMAKI – SBSA092

Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF70K1 Naruto Uzumaki Model.

SBSA092 merupakan desain penghormatan kepada karakter paling ikonik dari serial ini. Dengan desainnya yang menunjukan pakaian oranye khas Naruto. Strapnya menggunakan bahan nilon yang senada dengan karakter pakaian Naruto, karena mempunyai motif oranye dan garis biru di tengahnya. Bezel memiliki efek bayangan, melambangkan sifat karakter Naruto yang lelah berperang.

Pada posisi 12 bezel terdapat simbol yang ada pada ikat kepala Naruto. Simbol ini merupakan simbol desa tempat dia berasal. Gaya bertarung Naruto yang disebut “Rasengan” menginspirasi pola spiral dial dengan warna jingga yang seolah pudar menjadi hitam. Kombinasi ini menciptakan efek asap yang sangat bagus dan meningkatkan estetika keseluruhan jam tangan.

Menurut Seiko, sembilan indeks oranye mengisyaratkan semangat Ekor-Sembilan, yaitu tokoh roh rubah yang tersegel di dalam Naruto. Sementara itu, bentuk penanda indeks di pukul 12 mewakili liontin yang diwarisi dari Tsunade, seorang pemimpin senior desanya. Kamon Klan Uzumaki, atau lambang Jepang yang digunakan untuk menghias dan mengidentifikasi individu, keluarga, atau institusi, ada di bagian belakang case. Dari tujuh jam, jam ini ialah satu-satunya jam tangan yang menggunakan pelapisan warna kuning emas.

SASUKE UCHIHA – SBSA091

Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF69K1 Sasuke Uchiha Model.

Setiap aspek jam tangan ini terinspirasi dari seorang Sasuke yang notabene rival sekaligus teman bertarung Naruto. Dial jam ini berwarna biru yang berubah menjadi biru metalik jika terkena sinar matahari. Pola yang ditemukan pada pelat jam mencerminkan Jutsu khas Sasuke yaitu “Chidori”. Sebagai detail tambahan, logo Jutsu secara diam-diam ada pada posisi pukul satu, pukul tiga dan pukul delapan. Garis horizontal pada simbol desa Daun yang terletak pada tengah bezel, menunjukkan bekas goresan yang terdapat pada pelindung dahi Sasuke setelah berkelahi dengan Naruto. Mahkota arloji diukir dengan logo klan “Sharingan”. Di penutup belakang tercetak Kamon Klan Uchiha.

SHIKAMARU NARA – SBSA097

Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF75K1 Shikamaru Nara Model.

Tema jam tangan yang terinspirasi Shikamaru benar-benar mewujudkan karakter “Shadow Possession Jutsu”. Jam tangan ini merupakan satu-satunya jam dalam koleksi Naruto, yang menampilkan casing baja tahan karat berwarna hitam. Casing ini sangat cocok dipasangkan dengan dial sunburst abu-abu metalik dan jarum jam hitamnya yang bercahaya. Untuk menangkap aksen hijau pada pakaian Shikamaru, bahan bercahaya dan inner ring diberi warna hijau. Jika Anda mengarahkan pandangan Anda ke bingkai bagian dalam jam tangan, Anda akan melihat replika dari kemeja Shikamaru yang bermotif seperti jaring. Indeks marker dirancang dalam bentuk potongan permainan Shogi favoritnya, dan penutup belakangnya terdapat Kamon Klan Nara.

ROCK LEE – SBSA095

Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF73K1 Rock Lee Model.

Kombinasi warna yang ditemukan di SBSA095 mengingatkan pada jumpsuit dan penghangat kaki milik Lee. Pelat jamnya dibuat dengan warna hijau tabir surya metalik dan jarum jam serta spidolnya diisi dengan bahan bercahaya warna krem. Tali nilon berwarna hijau agar sesuai dengan jumpsuit, dengan garis oranye agar sesuai dengan penghangat kaki. Bezel, dari posisi pukul 8 hingga pukul 12, menunjukkan perban yang ditemukan di lengan dan paha Lee. Area permukaan yang tersisa dari bezel berwarna hijau dan melambangkan “Delapan Gerbang Dalam”, di mana Lee berhasil membuka gerbang kelima untuk mendapatkan “Teratai Tersembunyi”. Di bagian belakangnya terdapat huruf kanji yang berarti “nyali”, seperti yang ditemukan pada beban pergelangan kaki Lee.

GAARA – SBSA093


Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF71K1 Gaara Model.

Dial ini terinspirasi oleh pasir, elemen yang terkait dengan karakter Gaara. Tulisan kanji yang bermakna “cinta” pada posisi jam satu membuat Gaara dan One-Tailed yang tersegel di dalam dirinya menjadi hidup. Bezel dari titik 0 sampe 15, berwarna senada dengan elemen pasir. Tampilan sisanya, berwarna abu-abu gelap yang mencolok. Marker pada dial berbentuk segitiga dengan warna abu-abu tajam, sedangkan segitiga marker pukul 12 diberi warna krem ​​bercahaya agar sesuai dengan jarum penunjuk jam dan menit. Pola yang terinspirasi dari logo pada labu terlihat pada bezel bagian dalam dan penutup belakang. Jam ini ialah satu-satunya jam tangan dalam koleksi Naruto, yang memiliki case berwarna cokelat pasir.

BORUTO UZUMAKI – SBSA087

Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF65K1 Boruto Uzumaki.

Jam tangan pertama dari duo Baruto, dial pada jam SBSA087 memiliki pola spiral Jutsu “Rasengan” Naruto yang diwarisi dari ayahnya, tetapi berwarna hitam. Warna kostumnya tercermin dari aksen merah jambu cerah di tengah tali nilon dan ujung jarum detik. Indeks jam 12 terinspirasi oleh baut, seperti yang terlihat pada logo animasinya, dan Kamon dari Klan Uzumaki tercetak di penutup belakang.

SARADA UCHIHA – SBSA089

Seiko 5 Sports Naruto & Boruto SRPF67K1 Sarada Uchiha Model.

Dial gradasi merah SBSA089 memiliki banyak kedalaman estetika. Ini dimaksudkan untuk menggambarkan “Gaya Api: Jutsu Bola Api” Sarada yang diwarisi dari ayahnya, Sasuke. Tanda Tomoe tunggal yang menggantikan indeks tongkat pada pukul 4 menunjukkan dia masih seorang ninja muda yang masih berlatih untuk meningkatkan “Sharingan” -nya. Bezel dua warna adalah simbol dari bagaimana dia mewarisi karakteristik ayah dan ibunya sebagai seorang ninja, tetapi bagi kami penggemar jam tangan, warna ini terlihat seperti “Coke” bezel. Logo Kamon Klan Uchiha tercetak di bezel dan penutup belakang.