“The Holy Trinity”, 3 Merek Jam Tangan Terkenal di Dunia

Merek Jam Tangan Terkenal di Dunia
Merek Jam Tangan Terkenal di Dunia

Terakhir diubah pada 2022/11/28 at 3:28pm oleh Contributor

Home » “The Holy Trinity”, 3 Merek Jam Tangan Terkenal di Dunia

Jika berbicara mengenai merek jam tangan terkenal di dunia, mungkin kamu akan hanya fokus pada merek jam tangan rolex. Namun lain hal dalam dunia luxury watchmaking. Karena ada beberapa brand “jadul” yang dikenal sebagai tingkatan teratas dalam dunia horologi. Di antaranya terdapat tiga brand yang menonjol dan dijuluki ‘The Holy Trinity of Watches’, sejak pertengahan 1970-an yaitu Audemars Piguet, Patek Philippe dan Vacheron Constantin. “The Holy Trinity” ini mewujudkan seni dalam pembuatan jam tangan mewah dengan menggunakan material terbaik, komplikasi yang rumit, dan menawarkan hand-finishing yang presisi di semua movementnya.

1. Audemars Piguet: Family Owned Since 1875

Audemars Piguet merupakan salah satu merk jam tangan terkenal di dunia. Brand ini menghasilkan beberapa jam tangan mechanical paling kompleks dan rumit di industri jam tangan mewah. Audemars Piguet merupakan jam tangan yang paling muda di antara ‘The Holy Trinity of Watches’ yang berdiri pada tahun 1875. Sedangkan kedua brand lainnya seperti Patek Philippe dan Vacheron Constantin sudah berdiri sejak 1839 dan 1755.

Duo Audemars dan Piguet berhasil menciptakan jam tangan paling canggih dengan detail yang sangat teknis dan rumit yang membuatnya menjadi salah satu merk jam tangan terkenal di dunia saat ini. Hampir 100 tahun setelah dimulainya brand Audemars Piguet, Royal Oak dirancang dan hadir menjadi ikon dari brand ini. Model ini menjadi patokan dalam menciptakan Royal Oak Offshore yang lebih sporty, dan bahkan meminjamkan beberapa elemen desain pada koleksi Code 11.59. 

Hal tersebut sempat menjadi kontroversi pada tahun 2019, karena Koleksi Royal Oak Offshore menentang konvensi yang sudah ada sejak tahun 1993, dan memberikan tampilan Royal Oak yang lebih sporty serta kode estetikanya. Namun hal tersebut disambut baik oleh para selebriti seperti bintang tenis Serena Williams, musisi John Mayer, dan maestro Jay-Z semuanya telah dikenal untuk memakai merek tersebut.

Audemars Piguet benar-benar menjadi terkenal setelah memperkenalkan koleksi Royal Oak pada tahun 1970-an. Royal Oak adalah jam tangan mewah yang sangat populer di Hollywood. Didesain oleh Gérald Genta, yang terinspirasi oleh helm selam tradisional, jam tangan ini adalah luxury sport watch pertama dengan crown terbuka dan integrated bracelet

Audemars Piguet Royal Oak.
Audemars Piguet Royal Oak.
Sumber: Thewatchbox.com.
Baca juga: 10 Brand Jam Tangan Wanita Termahal di Dunia

2. Patek Philippe: A Grail of Many

Didirikan pada tahun 1839, Patek Philippe awalnya dikenal dengan pocket watch dan penemuan keyless winding system. Sistem ini menghasilkan modern-day crown, yang dapat memutar jam tangan otomatis dan manual.

Sejak dahulu, Patek Philippe sudah memperoleh banyak hak paten pada fitur jam tangan mereka, antara seperti fungsi perpetual calendar untuk pocket watch, fungsi independent seconds, dan kalendar tahunan. Tidak heran brand yang satu ini termasuk dalam kategori  merk jam tangan terkenal di dunia. Saat ini, Patek Philippe dikenal dengan komplikasi besarnya yang ditemukan di berbagai koleksi jam tangan dan masing-masing model di dalamnya.

Baca juga : 7 Merk Jam Tangan Pria Murah yang Terkenal dengan Desain Classy & Mewah

Salah satunya yaitu jam tangan Patek Philippe Nautilus karya Gerald Genta yang merupakan koleksi yang ada di top of mind para pecinta jam tangan saat  mendeskripsikan brand Patek Philippe. Semua movement pada jam tangan ini diproduksi secara in-house dan diselesaikan dengan hand crafted. Patek Philippe bahkan telah menciptakan koleksi lainnya yaitu Patek Philippe Seal, yang memberikan tingkat presisi yang lebih akurat.

Patek Philippe Nautilus.
Patek Philippe Nautilus.
Sumber: Chrono24.co.id. 
Baca juga: 8 Jam Tangan Klasik, Ikonik, Abadi dan Tak Lekang Waktu

3. Vacheron Constantin: Over 265 Years Of Watchmaking

Merk jam tangan terkenal di dunia tertua disabet oleh brand Vacheron Constantin. Brand senior ini memiliki reputasi sebagai jam tangan mewah tertua yang didirikan pada 1755. Mereka paling dikenal dengan koleksinya yaitu Vacheron Constantin Overseas yang menonjolkan tidak hanya keanggunan namun juga ketangguhan dari sebuah jam tangan.

Watchmaker Jean-Marc Vacheron merupakan sosok yang berjasa dalam memproduksi komplikasi hidrologis pertama dan merancang engine-turned dial. Pada tahun 1819 cucu dari Jean-Marc Vacheron bermitra dengan Francois Constantin dan terus berkembang hingga saat ini. The Maltese cross dikenal sebagai ciri khas dan simbol dari brand Vacheron Constantin sejak tahun 1880. Sama halnya dengan Patek Philippe dan Audemars Piguet, Vacheron Constantin tercatat memiliki pencapaian penting dalam pembuatan jam tangan dengan teknik yang rumit.

Bahkan Vacheron Constantin juga tercatat sebagai pencipta jam tangan non-magnetik pertama, dan menghasilkan manual wind movement paling tipis pertama di dunia pada tahun 1955. Tidak hanya itu brand ini juga menciptakan minute repeater tertipis pertama pada tahun 1992, bahkan menghasilkan mechanical watch / pocket watch paling rumit pada tahun 2015. Koleksinya yaitu Vacheron Constantin Reference 57260 dinobatkan sebagai jam dengan komplikasi paling rumit dan menampilkan hingga 57 komplikasi.

Baca juga : Deretan Merek Jam Tangan Mewah yang Ternyata Saling ‘Bersaudara’!

Saat ini, Vacheron Constantin dikenal dengan koleksi Vacheron Constantin Overseas yang juga didesain Gerald Genta, memiliki fitur chronographs, fungsi world time, tourbillons, dan moon phases. Selain itu ada juga koleksi lainnya yaitu Vacheron Constantin Historiques, yang merupakan wujud penghormatan kepada model terdahulu dengan pembaruan modern. Dikenal setia pada tradisi aslinya, brand  ini memiliki departemen khusus untuk memproduksi jam tangan artistik, unik, dan sekaligus rumit untuk klien mereka, Les Cabinotiers.

Vacheron Constantin Overseas.
Vacheron Constantin Overseas.
Sumber: Vacheron-constantin.com.

Sejarah “The Holy Trinity” 

“The Holy Trinity” yang merupakan kumpulan dari 3 merek jam tangan terkenal di dunia terus menjadi bahan pembicaraan untuk di modernisasi. Bahkan konsep tersebut ingin didefinisikan ulang dan diperluas menjadi 4 macam. Tentu saja karena banyak jajaran jam tangan mewah lainnya seperti H. Moser and Cie, yang juga memiliki sejarah prestisius yang sama dengan grup aslinya, A. Lange dan Söhne. Selain itu ada juga beberapa brand seperti F.P. Journe yang termasuk baru dalam dunia jam tangan bila dibandingkan dengan yang lainnya.

Namun ada satu brand terkemuka lainnya, termasuk jam tangan mewah dan bisa dibilang sebagai merek jam tangan terkenal di dunia namun tidak termasuk kedalam “The Holy Trinity” ini yaitu Rolex. Padahal Rolex merupakan salah satu merek paling populer dan dikenal di kalangan jam tangan mewah. Hal itu juga menimbulkan pertanyaan bagi pengamat dunia horologi, mengapa Rolex bisa tersingkir dari “The Holy Trinity” ini.

Modern Holy Trinity.
Modern Holy Trinity.
Sumber:Thewatchbox.com.
Baca juga: Sejarah Penemu Jam Tangan Pertama di Dunia!

Alasan Rolex Tidak Termasuk dalam “The Holy Trinity”

Rolex merupakan brand yang sangat popular di dalam dunia jam tangan mewah. Namun ternyata Rolex tidak cukup cocok untuk masuk ke dalam “The Holy Trinity” karena kurangnya tingkat kerumitan ataupun komplikasi yang tinggi pada koleksinya. Rolex awalnya dirancang sebagai tool watch, selain itu dikenal juga sebagai dive watches, chronographs, dan jam tangan sederhana yang akurat. Sedangkan “The Holy Trinity” menggunakan material yang berharga dengan tingkat komplikasi yang tinggi.

Jadi apabila seseorang menyebutkan “The Holy Trinity”, maka hal itu merajuk pada jam tangan Swiss yaitu Audemars Piguet, Patek Philippe, dan Vacheron Constantin. Hal tersebut karena ketiga jam tangan tersebut  kualitas, keinginan, craftsmanship, finishing, dan jam tangan mewah yang diproduksinya. 

Itulah ulasan Minwatch mengenai  “The Holy Trinity”. Menurut kamu, apakah ketiga jam tangan tersebut layak disebut sebagai “The Holy Trinity”? Sambil merenungkannya, kamu bisa mampir ke Jamtangan.com untuk melihat-lihat koleksi jam tangan lainnya yah!

Oleh: Rahel Humillang

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
selebriti kolektor jam tangan mewah

10 Selebriti Dunia Kolektor Jam Tangan Mewah

Next Article
5 Koleksi Jam Tangan yang Jarang Didengar

Jarang Didengar, 5 Koleksi Jam Tangan Ini Punya Fitur dan Desain Keren!

Related Posts
Total
0
Share