Rekomendasi 5 Jam Tangan Pilot, Berangkat Dari Perang Dunia Pertama

Tahu nggak sih, jam tangan pilot merupakan jam tangan yang lahir karena tuntutan peperangan pada masanya.
jam tangan pilot
jam tangan pilot

Terakhir diubah pada 2022/11/16 at 5:28pm oleh Contributor

Tahu nggak sih, jam tangan pilot merupakan jam tangan yang lahir karena tuntutan peperangan pada masanya lho. Jadi pada saat perang dunia pertama berlangsung, jam tangan pilot memiliki peranan penting baginavigator bahkan hingga keamanan para pilot saat terbang di udara.

Sejarah Jam Tangan Pilot

Berawal dari pocket watch yang cukup memuaskan saat itu untuk digunakan oleh para pilot, mereka dapat mengeluarkan dan menggunakannya tanpa takut kehilangan kendali atas pesawatnya. Namun hal itu tidak berlaku lagi saat masa-masa awal penerbangan modern. Di mana apabila pilot melepaskan tangan dari kontrol untuk mengambil pocket watch, akan membuat pesawat kehilangan keseimbangan.

Pilot Brasil Alberto Santos-Dumont merasa kesulitan akan hal itu, dan meminta Louis Cartier untuk dibuatkan jam tangan pilot dengan nama Cartier Santos pada tahun 1904. Alhasil, jam tangan pilot segera menjadi “must-have-item” yang harus dimiliki oleh para pilot di kokpit.

Kemajuan dalam dunia penerbangan juga mendukung kemajuan jam tangan pilot. Tentu saja karena kemajuan ini memungkinkan pesawat terbang lebih jauh dan lebih cepat, sehingga dibutuhkan jam tangan pilot yang handal. Seperti fitur kompas yang berguna sebagai navigator, pilot dapat menghitung jarak, waktu dan kecepatan melalui jam tangan. Selain itu pilot juga bisa menentukan kapan harus pindah ke tahap penerbangan berikutnya, menilai berapa banyak bahan bakar yang tersisa, dan pastinya supaya para pilot dapat lebih aman di udara. 

Hal itu juga didukung dengan komentar Pilot Louis Bleriot yang mengaku puas dengan jam tangan Zenith sebagai orang pertama yang menerbangkan pesawat melintasi Selat Inggris pada Juli 1909. 

Ternyata koleksi jam tangan pilot lainnya juga ada lho di Jamtangan.com. Yuk, simak ulasan Minwatch untuk jajaran jam tangan pilot lainnya berikut ini.

Baca juga: Sejarah Penemu Jam Tangan Pertama di Dunia!

Rekomendasi Jam Tangan Pilot

1. Oris Pro Pilot

Brand jam tangan pilot asal Swiss ini sudah berjaya sejak 100 tahun lamanya dengan membuat produk-produk jam tangan yang berpusat di Swiss. Oris memberikan kesan luxury yang khas pada setiap produknya, melalui fitur yang mendetail serta desain yang fungsional. 

Salah satu koleksinya yaitu Oris Pro Pilot dengan Big Crown Timer GMT yang dapat memudahkan kamu saat di udara. Hadir dengan dial berwarna hitam, jam tangan pilot ini memiliki ketebalan 12mm dengan diameter 44mm. 

Mechanical automatic watches yang satu ini hadir dengan strap yang berbahan stainless steel dan buckle lipat double push button. Selain ditenagai dengan Oris 748 (base SW 220-1) yang mempunyai komplikasi GMT dan subsecond, jam tangan ini juga memiliki fitur water resistant hingga kedalaman 100 meter, dan memiliki power reserve hingga 38 jam.

Oris Pro Pilot.
Oris Pro Pilot.
Sumber: Jamtangan.com.

Oris yang dikenal kredibilitasnya dalam memproduksi jam tangan tool watch, baru-baru ini meluncurkan seri jam tangan yang tidak biasa. Seri Oris Big Crown ProPilot X Calibre 115 bukanlah tool watch namun lebih ke arah dress watch

2. Casio G-Shock Gravitymaster

Casio G-Shock Gravitymaster merupakan seri jam tangan pilot keluaran Casio G-Shock yang yang dirancang untuk keperluan dunia aviasi. Jam tangan ini dapat membawa kamu terbang tanpa rasa khawatir, dan memberikan navigasi yang tepat. Dilengkapi dengan Carbon Core Guard Structure yang diperkuat dengan carbon fiber, menjadikan jam ini lebih tangguh, kuat namun lebih ringan dari jam pada umumnya.

Nyaman di udara maupun di air, jam tangan ini memiliki fitur water resistant hingga kedalaman 200 meter. Dengan tampilan case yang tangguh setebal 18.3 mm dan diameter 54.1 mm, jam tangan ini dilengkapi dengan digital compass yang dapat mengukur dan menampilkan arah sebagai salah satu dari 16 titik rentang pengukuran mulai dari 0 hingga 359°. Tidak hanya itu kamu juga dapat menikmati fitur barometer, stopwatch, altimeter, dan termometer dan tetap terlihat stylish dengan strap berwarna biru di pergelangan tangan kamu.

Casio G-Shock Gravitymaster.
Casio G-Shock Gravitymaster.
Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga : Oris ProPilot X Calibre 400: Semakin Andal & Lebih Sederhana

3. Seiko Flight Master

Jam tangan asal Jepang ini sudah melegenda dan terkenal akan kualitasnya. Menghadirkan Seiko Flight Master yang dilengkapi dengan fitur Chronograph, membuatnya masuk dalam salah satu jajaran jam tangan pilot. Lengkap dengan fitur Flightmaster Pilot Alarm, jam tangan pilot ini memiliki dial  berwarna hitam dengan stainless steel strap.

Memiliki jarum detik berwarna kuning, jam tangan ini memiliki tampilan layaknya kompas yang bisa memberikan navigasi kapanpun kamu butuh. Lengkap dengan fitur alarm, tachymeter, compass scale, dan slide rule scale. Jam tangan ini memakai movement quartz 7T62. Mempunyai diameter casing berukuran 42 mm dengan ketebalan 12 mm yang mungkin terlihat besar, namun tetap dapat dipakai dengan baik di pergelangan kamu.

Seiko Flight Master.
Seiko Flight Master.
Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga : IWC Schaffhausen: 3 Jam Tangan Pilot Seri Top Gun

4. Citizen Promaster

Sudah berdiri sejak tahun 1924, Citizen Holdings Co., Ltd. merupakan perusahaan global asal Jepang yang berpusat di kota Tokyo. Asal muasal brand yang satu ini didirikan sebagai Institut Penelitian Jam Seikosha Watch Research tahun 1918, kemudian berkembang hingga saat ini dikenal sebagai Citizen Holdings.

Menghadirkan Citizen Promaster Sky Pilots merupakan jam tangan pilot dengan dial berwarna hitam yang memiliki fitur solar powered. Jam tangan pilot ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti fitur GMT, slide rule bezel, jarak tempuh terbang, perhitungan navigasi, fungsi peringatan untuk pemberitahuan daya hingga overcharge. Hadir dengan ketebalan 12.2 mm dan ketebalan 46.5 mm, jam tangan ini juga memiliki fitur water resistant hingga kedalaman 200 meter.

Citizen Promaster.
Citizen Promaster.
Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga : Citizen Caliber 0100 Jam Tangan Terakurat di Dunia

Baca juga : Mengenal Eco-Drive dari Citizen

5. AVI-8 Spitfire

Jam tangan pilot yang berikutnya yaitu AVI-8 Spitfire. AVI-8 didirikan pada tahun 2012, merupakan jam tangan yang terinspirasi dari kolaborasi antara pilot dan insinyur yang bertugas di angkatan udara di seluruh dunia. Kombinasi desain dan detailnya menghasilkan kesuksesan AVI-8. Berangkat dari sejarah penerbangan militer yang membawanya berkembang hingga saat ini menghidupkan kembali AVI-8 sebagai jam tangan pilot yang terjangkau di kelasnya.

AVI-8 Spitfire memiliki case utilitarian yang berbahan dasar stainless steel. Dengan diameter 42mm dan ketebalan sebesar 13.5 mm jam tangan ini akan pas dikenakan pada sebagian besar pergelangan tangan. Dengan dial  yang terinspirasi jam tangan pilot klasik Jerman, yaitu flieger type-B design, serta dilindungi dengan sapphire crystal membuatnya cocok untuk dipakai sehari-hari, ditambah dengan tingkat keterbacaan yang jelas. Jam tangan ini sudah dilengkapi dengan fitur water resistant hingga 50 meter dengan strap stainless steel dan ekstra leather strap.

AVI-8 Spitfire.
AVI-8 Spitfire.
Sumber: Jamtangan.com.

jam pilot memang dirancang untuk digunakan di udara sehingga menggunakan ikon segitiga menghadap keatas (kelangit).  Jam pilot menjadi populer dikalangan pecinta jam tangan karena sejarahnya yang panjang.

6. Pop-Pilot JFK

Pop-Pilot JFK merupakan jam tangan pilot asal Hamburg, Jerman yang menyasar anak muda dengan harga yang cukup terjangkau. Pop-Pilot merupakan brand dari produsen jam tangan “Zeitgeber GmbH” yang baru berdiri tahun 2013 silam, yang terinspirasi oleh angkatan udara Jerman yang menjadikan jam tangan sebagai salah satu atribut militer mereka saat perang.

Pop-Pilot JFK memiliki desain dial menggunakan Flieger Type-A Design yang merupakan desain jam tangan pilot klasik Jerman. Memiliki ketebalan 8 mm dan diameter 42 mm, jam tangan ini memiliki tampilan layaknya classical watch dengan strap nylon. Dinamakan sebagai Pop-Pilot JKF karena jam tangan ini mampu menunjukkan kode Dreistelligen (kode IATA) untuk bandara John F. Kennedy International, New York (JFK), AS lho!

Pop-Pilot JFK.
Pop-Pilot JFK.
Sumber: Jamtangan.com.

Baca juga : 5 Jam Tangan Canggih: Bisa Kalibrasi Waktu Otomatis

Itulah sejarah jam tangan pilot yang lahir pada perang dunia pertama, ada berbagai model yang bisa kamu miliki. Tentunya saat ini sudah banyak sekali koleksi dan brand jam tangan pilot lainnya yang cocok digunakan untuk penerbangan. Kamu bisa mendapatkan ke enak rekomendasi jam tangan pilot di atas di Jamtangan.com.

Oleh: Rahel Humillang

Referensi:
https://www.livwatches.com/blogs/everything-about-watches/a-brief-history-of-the-pilot-watch
https://avi-8.com/pages/our-story

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan omega

5 Jam Tangan Omega Speedmaster Terbaik 2022

Next Article
jam tangan buatan jerman

10 Jam Tangan Buatan Jerman, dan Kisah Menarik di Dalamnya

Related Posts
Total
0
Share