Jangan Ngaku Pecinta Jam Tangan Kalau Belum Tahu Fakta Ini dari Brand Citizen

sejarah jam tangan citizen
sejarah jam tangan citizen

Jam tangan Citizen merupakan jam tangan asal Jepang yang terkenal akan akurasinya. Tidak hanya itu, jam tangan Citizen juga memiliki teknologi yang memukau, seperti Eco-Drive, Super Titanium, Satellite Wave GPS dan Radio Controlled. Teknologi mutakhir tersebut disematkan pada koleksi jam tangan Citizen yang membuat jam tangan ini begitu modern dan high tech. Seperti apa koleksi series jam tangan Citizen lebih lengkapnya? Simak terus ulasan Minwatch berikut ini!

Sejarah Jam Tangan Citizen

Jam tangan Citizen berasal dari perusahaan Citizen Watch Co. Ltd. yang didirikan pada tahun 1918 di Tokyo, Jepang oleh seorang pengusaha bernama Kamekichi Yamazaki. Pada awalnya, perusahaan ini dikenal dengan nama Shokosha Watch Research Institute, yang kemudian berganti nama menjadi Citizen Watch Co. Ltd. pada tahun 1930.

Citizen telah merilis jam saku pertamanya sejak 1924, ketika CITIZEN merilis jam saku pertamanya. Itulah yang menjadi cikal bakal pengembangan Citizen hingga untuk membuat jam tangan yang bermanfaat bagi para pemakainya. Citizen terus melakukan inovasi pada pembuatan jam tangan dengan menggabungkan dan menyempurnakan teknologi.

Logo Citizen.
Logo Citizen.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

Sejak tahun 1998 Citizen bereksplorasi untuk menggabungkan berbagai fitur dan fungsi pada jam tangan. Citizen terus memperbaiki spesifikasi jam tangan dan menghadirkan perpetual calendar hingga tahun 2100 dan fungsi waktu dunia (World Time Function). 

Pada tahun 2005 Citizen mulai memperkenalkan Super Titanium untuk jam tangan yang lebih ringan dan nyaman digunakan. Super Titanium merupakan material yang tahan gores dan tahan karat, cocok digunakan untuk kulit sensitif yang menggunakan teknologi Duratect PTIC (sekarang Duratect Platinum) menghasilkan warna platinum dan baja tahan karat yang indah.

Baca juga : Ada Warna Tiffany Blue! Citizen Tsuyosa Automatic dengan Dial Colorful dan Integrated Bracelet

Pada tahun 2010 Citizen mulai develop mechanical movement bersamaan dengan peringatan 80 tahun berdirinya Citizen Watch. Citizen mengembangkan Calibre 0910, mesin jam mekanis otomatis baru yang berdiri berdampingan dengan Eco-Drive sebagai solusi berkelanjutan kedua di era kepedulian lingkungan.

Baca juga artikel ini : Citizen Caliber 0100 Jam Tangan Terakurat Di Dunia

Citizen Calibre 0910.
Citizen Calibre 0910.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

Tidak berhenti di situ, pada tahun 2011 Citizen menghadirkan fitur Eco-Drive dengan akurasi tahunan hingga  ±5 detik. Fitur ini menghadirkan dial dengan kertas washi tradisional Jepang yang digunakan sebagai penyebar cahaya di pintu geser kertas dan lentera kuno. Hal ini membawa Citizen dalam mengembangkan model Eco-Drive dilengkapi dengan sel surya di bawah dial.

Pada tahun 2019 Citizen membuat jam tangan paling akurat di dunia dengan akurasi ±1 detik. Citizen menggunakan AT cut crystal oscillator daripada osilator berbentuk garpu tala yang ditemukan di sebagian besar jam tangan Quartz.

Baca juga : Sejarah Penemu Jam Tangan Pertama di Dunia!

Pada tahun 2021, akurasi dan estetika pada jam tangan Citizen semakin terdepan. Citizen menghadirkan NC0200-90E dan NC0200-81L dengan pemrosesan komponen yang menyatu dengan keterampilan dekoratif La Joux-Perret Swiss untuk menciptakan Kaliber 0200, dengan rata-rata harian akurasi -3/+5 detik dimana ini merupakan level yang melebihi standar kronometer (ISO3159).

Baca juga artikel : Smartwatch Citizen Smart, Dilengkapi Fitur Self-Care Advisor Untuk Menentukan Tingkat Kewaspadaan

Citizen NC0200-90E dan NC0200-81L.
Citizen NC0200-90E dan NC0200-81L.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

4 Teknologi yang Digunakan Jam Tangan Citizen

1. Eco-Drive

Teknologi Eco-Drive adalah teknologi yang digunakan pada jam tangan Citizen untuk mengumpulkan energi dari sumber cahaya dan menyimpannya dalam baterai, sehingga kamu tidak perlu mengganti baterai secara berkala. 

Teknologi eco drive jam tangan Citizen.
Teknologi eco drive jam tangan Citizen.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

Teknologi ini dirancang untuk mengisi daya dari sumber cahaya biasa sehari-hari seperti lampu neon dalam ruangan dan lampu meja. Teknologi ini bahkan dapat bertahan selama 6 bulan lamanya bahkan dalam kegelapan. Bahkan untuk beberapa model dengan fitur power save function dapat bertahan hingga 7 tahun lamanya.

Teknologi loght power.
Teknologi loght power.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

2. Super TitaniumTM

Sejak kemunculan jam tangan titanium pertamanya di tahun 1970, Tissot telah mengembangkan Super TitaniumTM. Teknologi ini bekerja dengan memproses titanium padat dan menerapkan Duratect yang membuat titanium menjadi 15 kali lebih kuat dan tahan karat dibandingkan dengan material stainless steel. Super TitaniumTM memiliki keunggulan ringan, lembut di kulit, tahan gores dan karat.

Perbedaan stainless steel dan super titanium.
Perbedaan stainless steel dan super titanium.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

3. Satellite Wave GPS

Satellite Wave GPS adalah teknologi yang menggunakan sinyal GPS untuk menentukan waktu yang sangat akurat dan tepat. Teknologi ini memanfaatkan sinyal satelit yang dikirimkan dari berbagai stasiun GPS di seluruh dunia untuk mengetahui posisi dan waktu dengan presisi yang sangat tinggi.

Satellite Wave GPS memungkinkan jam tangan untuk menentukan waktu yang tepat tanpa harus diset manual, bahkan di tempat-tempat yang sangat jauh dari stasiun radio atau sinyal GPS lainnya. Satellite Wave GPS juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan waktu secara otomatis ketika berpindah dari zona waktu yang berbeda atau saat terjadi perubahan waktu musim panas.

Jam tangan Citizine dengan Satellite Wave GPS.
Jam tangan Citizine dengan Satellite Wave GPS.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

4. Radio-Controlled

Radio-Controlled Citizen adalah sebuah teknologi yang menggunakan sinyal radio untuk menentukan waktu yang akurat. Teknologi ini memungkinkan jam tangan untuk menerima sinyal radio dari stasiun radio jam atom di seluruh dunia dan menggunakannya untuk menyesuaikan waktu secara otomatis, memberikan ketepatan waktu yang sangat akurat.

Sinyal radio yang diterima oleh Radio-Controlled Citizen biasanya dikirimkan oleh stasiun waktu atom yang terletak di berbagai belahan dunia, termasuk di Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat. Jam tangan yang dilengkapi dengan teknologi ini akan menyesuaikan waktu secara otomatis dan menunjukkan waktu yang tepat tanpa perlu diatur secara manual. Teknologi Radio-Controlled Citizen juga memiliki fitur tambahan, seperti tampilan tanggal otomatis dan fungsi alarm.

Radio-Controlled Citizen.
Radio-Controlled Citizen.
Sumber: Citizenwatch-global.com.

Baca juga artikel : Ada Warna Tiffany Blue! Citizen Tsuyosa Automatic Dengan Dial Colorful Dan Integrated Bracelet

1. Citizen Eco-Drive One

Jam tangan Citizen Eco-Drive One menghadirkan jam tangan dengan tingkat ketipisan yang maksimal dibalut dengan teknologi yang mutakhir. Jam tangan Citizen Eco-Drive One merupakan jam tangan paling tipis di dunia dengan light power analog Quartz. 

Eco-Drive One terkenal karena ketipisannya yang hanya 2,98 mm. Jam tangan ini menggunakan teknologi Eco-Drive, dengan memanfaatkan energi cahaya matahari atau cahaya lampu untuk menggerakkan jam tangan tersebut. Dengan teknologi ini, kamu tidak perlu mengganti baterai secara berkala, canggih bukan?

Citizen Eco Drive EM0674-81A.
Citizen Eco Drive EM0674-81A.
Sumber: Jamtangan.com.

Citizen Eco Drive EM0674-81A Silver Dial Dual Tone Stainless Steel Strap

2. Citizen Eco-Drive Satellite Wave

Jam tangan Citizen Eco-Drive Satellite Wave adalah jam tangan Citizen dengan teknologi inovatif yang dapat menerima sinyal satelit untuk menampilkan waktu yang akurat di seluruh dunia. Jam tangan ini juga menggunakan teknologi Eco-Drive untuk mengumpulkan energi dari sumber cahaya dan menyimpannya dalam baterai. Selain itu, jam tangan ini dapat menerima sinyal satelit dari beberapa stasiun satelit di seluruh dunia, termasuk GPS, untuk menyesuaikan waktu secara otomatis dan menampilkan waktu yang akurat bahkan di tempat-tempat dengan zona waktu yang berbeda.

Citizen Eco Drive CA4025-51W.
Citizen Eco Drive CA4025-51W.
Sumber: Jamtangan.com.

Citizen Eco Drive CA4025-51W Chronograph Dark Brown Dial Titanium Strap

3. Citizen Promaster

Jam tangan Citizen Promaster diluncurkan pada tahun 1989, untuk memberikan ketepatan waktu yang akurat dan petualangan. Dalam lini Promaster terdapat jam tangan pilot, diver, field dll. Ciri khas lini Promaster ialah terdapat logo seperti tanda panah yang menunjuk ke arah atas. Koleksi Promaster menggunakan Movement Eco-Drive dan automatic yang merupakan jantung dari koleksi Promaster Citizen saat ini. Movement ini dibuat berlandaskan ekologis, sehingga membawa koleksi Promaster sebagai jam tangan yang sadar lingkungan.

Citizen Promaster BN2031-85E.
Citizen Promaster BN2031-85E.
Sumber: Jamtangan.com.

Citizen Promaster BN2031-85E Marine Aqualand Divers Black Dial Stainless Steel Strap

4. Citizen L

Jam tangan Citizen L adalah ethical watch untuk wanita yang mana koleksinya lebih mengekspresikan keindahan alam, dengan gaya watchmaking yang ramah lingkungan.

Citizen L.
Citizen L.
Sumber: Citizenindonesia.com.

5. Citizen Eco-Drive

Jam tangan Citizen Eco-Drive adalah jam tangan Citizen yang memiliki fitur unik yaitu menggunakan teknologi pengisian daya bertenaga surya. Dengan teknologi ini, jam tangan Eco-Drive tidak memerlukan penggantian baterai karena dayanya dihasilkan oleh cahaya matahari atau sumber cahaya buatan lainnya.

Teknologi Eco-Drive pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995 dan sejak itu telah menjadi salah satu teknologi andalan Citizen pada berbagai model jam tangan mereka. Citizen Eco-Drive dianggap sebagai salah satu merek jam tangan bertenaga surya paling populer di dunia karena teknologinya yang inovatif, dapat diandalkan, dan ramah lingkungan.

Citizen Eco Drive CA4130-56E.
Citizen Eco Drive CA4130-56E.
Sumber: Jamtangan.com.

Citizen Eco Drive CA4130-56E Chronograph Stainless Steel Strap

Baca juga artikel : Review Citizen AC2200-55E – Jam Tangan Yang Membantu Tunanetra

6. Citizen Mechanical

Jam tangan Citizen Mechanical menggunakan teknologi mekanik tradisional yang mengandalkan penggerak jam tangan dari pergerakan fisik, seperti pegas yang ditarik atau berputar. Citizen Mechanical menghadirkan berbagai model jam tangan dengan desain yang elegan dan tahan lama.

Teknologi mekanik pada Citizen Mechanical menggunakan sistem mesin roda gigi dan pegas yang memberikan pergerakan tangan pada jam dengan presisi yang tinggi. Series ini memiliki fitur kalender atau tampilan jam 24 jam. Citizen Mechanical juga memiliki berbagai macam desain, mulai dari model yang simpel hingga yang lebih kompleks dengan tambahan fitur seperti kaca safir dan water resistance.

Citizen Mechanical NJ0114-84E.
Citizen Mechanical NJ0114-84E.
Sumber: Jamtangan.com.

Citizen Mechanical NJ0114-84E Black Dial Dual Tone Stainless Steel Strap

Itu dia jajaran 6 series jam tangan Citizen saat ini, mulai dari jam tangan Citizen Eco-Drive One hingga jam tangan Citizen Mechanical. Kira-kira yang mana jadi favoritmu? Dapatkan koleksi jam tangan Citizene selengkpnya hanya di Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan cewek 2023

Bingung Cari Jam Tangan Stylish Harga Merakyat untuk Cewek? Contek di Sini, Ya!

Next Article
hammersonic

Gagal Move On dari Hammersonic 2023! Ini Jam Tangan Corey Taylor Slipknot & Matt Heafy Trivium

Related Posts
Total
0
Share