Smartwatch Citizen Smart, Dilengkapi Fitur Self-Care Advisor Untuk Menentukan Tingkat Kewaspadaan

Smartwatch Citizen Smart
Smartwatch Citizen Smart

Buat pecinta smartwatch, ada kabar bagus nih. Brand Citizen berencana meluncurkan smartwatch Citizen Smart terbaru. Yang lebih kerennya lagi, smartwatch ini dirancang dengan AI atau Artificial Intelligence untuk menentukan tingkat kewaspadaan pengguna.

Smartwatch Citizen Smart Gen-2
Smartwatch Citizen Smart Gen-2
Sumber: Crast.net

Ada dua model smartwatch yang bakal diperkenalkan oleh Citizen, yaitu CZ Smart Casual dan CZ Smart Sport. Biar nggak penasaran, nih Minwatch kasih bocoran lebih lengkap buat kamu.

Smartwatch Citizen Smart Gen-2 dengan Fitur Self-Care Advisor

Fitur self-care advisor pada smartwatch Citizen Smart Gen-2
Fitur self-care advisor pada smartwatch Citizen Smart Gen-2
Sumber: Engadget.com

Citizen mengumumkan akan meluncurkan CZ Smart smartwatch gen-2. Smartwatch gen-2 ini menggunakan Wear OS3 dan dilengkapi fitur AI-powered ‘self-care advisor’ yang hadir dalam bentuk aplikasi CZ Smart YouQ. Fitur ini dirancang dengan memanfaatkan teknologi NASA dan IBM Watson. 

Aplikasi ini menggunakan jaringan saraf yang dikembangkan via IBM Watson untuk menentukan “chronotype” atau kronotipe. Kronotipe sendiri adalah kecenderungan alami seseorang yang berhubungan dengan waktu.

Waktu yang dimaksud di sini adalah waktu tidur dan waktu sadar (kondisi yang membuat seseorang waspada atau energik). Penentuan kronotipe ini dilakukan setelah mengumpulkan data tidur selama 7-10 hari.

Pengguna smartwatch juga dapat mengikuti gamified test harian berdasarkan NASA’s Psychomotor Vigilance Test. Awalnya, tes ini dikembangkan untuk memberi feedback pada astronot yang mengalami kelelahan saat berada di ISS atau International Space Station.

Cara Kerja Fitur Self-Care Advisor Pada Citizen Smart

Cara kerja smartwatch Citizen Smart Gen-2
Cara kerja smartwatch Citizen Smart Gen-2
Sumber: Crast.net

Lalu, bagaimana cara kerja fitur self-care advisor CZ Smart? Setelah memakai smartwatch, maka seiring dengan berjalannya waktu pengguna akan mendapatkan tips yang dipersonalisasi berdasarkan kronotipe mereka. 

Kronotipe ini bisa dipakai untuk meningkatkan kewaspadaan, membangun kebiasaan lebih baik, dan membantu mengatasi kelelahan sehari-hari. Perangkat yang dirancang dengan konsep seperti ini pun makin populer. 

Misalnya, Fitbit dan Samsung juga meluncurkan fitur serupa. Pengguna disuguhi hewan kartun lucu berdasarkan kronotipe dan data tidur. Aplikasi sleep tracking Rise juga menyarankan tips berdasarkan ritme sirkadian pengguna untuk memerangi rasa kantuk dan memaksimalkan produktivitas.

Spesifikasi CZ Smart

CZ Smart YouQ
CZ Smart YouQ
Sumber: Theverge.com

CZ Smart dirancang dengan layar OLED 1,28 inch, daya tahan baterai hingga 24 jam, dan fast-charge time sekitar 40 menit. Smartwatch ini menggunakan chip Snapdragon Wear 4100 Plus, RAM 1GB, dan storage hingga 8GB. Untuk konektivitas, CZ Smart didukung oleh Bluetooth, wifi, built-in GPS, dan contactless payment. 

Untuk sensornya sendiri, smartwatch Citizen Smart dilengkapi motion sensor, heart rate sensor, dan SpO2 sensor untuk memantau oksigen darah. CZ Smart juga dilengkapi dengan Google Fit, CZ Smart YouQ, Spotify, YouTube Music, Amazon Alexa, dan masih kompatibel dengan iOS.

Dua Model Smartwatch CZ Smart

Model Citizen Smart
Model Citizen Smart
Sumber: Crast.net

Rencananya, CZ Smart ini akan hadir dengan 2 model, yaitu model CZ Smart Sport berukuran 44 mm dan model CZ Smart Casual dengan ukuran 41 mm. kedua model smartwatch dirancang dengan strap silikon, kulit, dan metal. Model Sport ini memiliki case sedikit lebih tebal dibandingkan dengan Casual.

Baca Juga : 15 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2023

Kedua model smartwatch Citizen Smart tersebut mulai tersedia pada Maret 2023. Rencananya, model CZ Casual akan dijual dengan harga $350 atau sekitar Rp5,5 juta and model CZ Sport dijual dengan harga $375 atau sekitar Rp5,8 juta. Apakah kamu juga tertarik untuk memilikinya? Tunggu saja kehadirannya di Jamtangan.com. Nah, jika kamu ingin mengoleksi smartwatch dari brand lainnya, kamu bisa menemukannya di sini.

Referensi:

https://www.engadget.com/citizens-new-cz-smart-watch-uses-ai-to-determine-your-level-of-alertness-130530865.html

https://www.theverge.com/2023/1/4/23538710/citizen-cz-smart-wear-os-smartwatch-features-chronotype-ces-2023

Cek juga : Daftar Lengkap Smartwatch Terbaik dengan Fitur Canggih

Total
0
Shares
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Jam Tangan Tissot PRX

Review Jam Tangan Tissot PRX Dengan Nuansa Retro Tahun 1970-an

Next Article
perbedaan stainless steel pada jam tangan

Perbedaan 304L, 316L dan 904L Pada Jam Tangan Stainless Steel

Related Posts
Total
0
Share