5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif

5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif

Siapa pun pasti bingung kalau suatu hari tiba-tiba menemukan embun di dalam jam tangan favorit. Biasanya, embun ditemukan di balik crystal atau kaca depan jam, atau bisa juga di case back jam tangan yang transparan (see-through). Sebelum kamu buru-buru panik mencari tempat service jam tangan berembun, sebenarnya ada beberapa cara simpel yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengatasinya. Ini dia, beberapa cara mengatasi jam tangan berembun yang bisa kamu coba kalau sewaktu-waktu mengalami masalah ini!  

Worth to Check! : Yuk, lihat koleksi jam water resistant di sini! 

Kenapa Jam Tangan Bisa Berembun? 

Masalah jam tangan berembun memang bisa terjadi pada timepiece mana pun, walaupun sudah dilabeli tag waterproof atau water resistant. Tanpa kita sadari, ada beberapa hal ‘sederhana’ yang ternyata bisa menjadi penyebab jam tangan berembun, misalnya:

1. Perubahan Temperatur Ekstrem 

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com
(Image : Independent)

Saat kamu baru beraktivitas di luar rumah dalam cuaca dingin, lalu masuk ke rumah yang hangat, jangan kaget kalau beberapa waktu kemudian jam tanganmu bisa berembun. Begitu pun sebaliknya. Sebab, perubahan suhu akan secara otomatis memengaruhi kelembapan udara dan bisa menciptakan condensation di balik kaca jam tangan. 

2. Ada Celah Terbuka yang Tidak Disadari

Biasanya, salah satu celah yang paling sering terlewat disadari ada di bagian crown atau pusher. Setelah kamu menarik crown, kamu bisa jadi lupa mengembalikannya ke posisi semula. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab jam tangan berembun apalagi jika jam berkontak dengan air. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk selalu mengecek posisi crown terutama setelah mengutak-atiknya.

3. Usia Jam Sudah Terlalu Lama

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com
(Image: Tatler)

Jam dengan usia yang sudah ‘tua’ juga bisa rentan berembun, apalagi jika tidak rajin dirawat. Pada jam water-resistant sekalipun, segel yang biasa disebut ‘o-ring seal’ bisa menurun kualitasnya karena termakan usia. O-ring seal bisa menyusut dan menyebabkan air mudah masuk ke dalam jam tangan. 

4. Ada Retakan pada Jam 

Khusus buat kamu yang punya jam dengan crystal terbuat dari material cenderung ‘tipis’ seperti acrylic crystal atau mineral crystal, terkadang tanpa disadari ada retakan kecil akibat benturan yang tidak terlihat mata. Hal ini juga bisa menjadi penyebab jam tangan berembun, karena air bisa masuk dan mengendap di dalam dial jam. 

5. Kesalahan Treatment Saat Mengganti Baterai Jam

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com
(Image: Techville)

Perlu diketahui, bahwa mengganti baterai jam sebaiknya dilakukan di lingkungan sekitar yang benar-benar kering dan tidak lembap. Sebab, mengganti jam di ruangan yang kelembapannya tinggi bisa menyebabkan uap air mengendap di dalam jam yang terbuka. Dalam beberapa waktu, sisa endapan uap itu bisa menimbulkan embun. 

Worth to Check! : Kamu Bisa Ganti Baterai Jam yang Pasti Profesional di Sini!

Apa Akibatnya Kalau Jam Tangan Berembun Dibiarkan? 

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com
(Image: Digitalwatches)

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah embun bisa merusak jam tangan? Jawabannya adalah ya, apalagi jika dibiarkan terlalu lama. Selain tentu akan mengganggu pandangan saat melihat dial, jam tangan berembun yang dibiarkan juga bisa berpengaruh pada performa jam. Endapan uap air di dalam crystal dapat memengaruhi kinerja movement hingga menyebabkan elemen-elemen pada dial ikut rusak. Jika embun muncul pada bagian clear-case back, risiko kerusakan movement bahkan bisa menjadi semakin tinggi. 

Sebelum Rusak, Yuk Atasi Jam Tangan Berembun dengan Cara Ini! 

Tapi tenang, jam tangan berembun bukanlah masalah yang tidak dapat diselesaikan. Bahkan, tanpa harus pergi mencari tempat service jam tangan berembun, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa ‘pertolongan pertama’ cara menghilangkan embun di jam tangan yang bisa kamu coba! 

1. Manfaatkan Beras atau Silica Gel 

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com
Cara ini juga biasa digunakan untuk mengeringkan handphone. (Image: Pinterest).

Jika suatu hari menemukan jam tangan berembun, coba letakkan di sebuah wadah berisi beras atau silica gel. Karena sifatnya yang higroskopis, dua bahan ini bisa ‘menyerap’ uap air yang terjebak pada jam tanganmu. Pilih wadah yang bisa tertutup rapat, isi beras atau silica gel, lalu letakkan jam tanganmu di dalam wadah tersebut dan tutuplah. Tapi, make sure lepas dulu bagian crown jam tangan agar proses penyerapan bisa lebih cepat. Tinggal diamkan selama 1-2 hari, maka embun pada jam tangan harusnya sudah hilang saat wadah dibuka! 

2. Keringkan dengan Bantuan Sinar 

Kamu juga bisa mengatasi jam tangan berembun dengan meletakkannya di bawah sinar matahari atau lampu. Proses pengeringan akan lebih efektif kalau kamu melepas crown agar ada ‘jalan keluar’ bagi air untuk menguap. Tapi perlu diingat, jika cuaca terlalu terik, tidak disarankan menjemur di bawah sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan overheat. Sebagai gantinya, kamu bisa meletakkan jam di jendela yang menghadap arah sinar matahari. 

3. Hairdryer Juga Bisa Membantu! 

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com
(Image : Pinterest)

Ini juga adalah cara mengatasi jam tangan berembun yang sering dipakai, tapi sebaiknya dijadikan opsi ‘cadangan’ kalau dua cara sebelumnya belum berhasil. Meskipun efektif, penggunaan hairdryer rentan menimbulkan masalah overheat karena paparan panas yang terlalu dekat. Kalau pun mau memakai cara ini, pastikan memakai temperatur hairdryer yang paling rendah. Buka terlebih dahulu case back jam, lalu keringkan bagian dalam dengan hair dryer dalam jarak tidak terlalu dekat. 

4. Manfaatkan Energi Panas dari Alat Elektronik 

Masih sama-sama memanfaatkan energi panas, kamu juga bisa mengatasi jam tangan berembun simply dengan meletakkannya di atas televisi, laptop, atau alat elektronik lain yang menyimpan energi panas. Dibanding cara-cara sebelumnya, metode satu ini harusnya paling efektif dan paling minim risiko karena tidak rentan menimbulkan masalah overheat yang bisa merusak komponen jam. Buka bagian case back dan crown, lalu letakkan jam dalam posisi dial menghadap ke atas dan back menempel dengan alat elektronik. Dalam 1-2 jam, embun di jam tangan harusnya sudah hilang.

5. Bawa ke Expert! 

Cara mengatasi jam tangan berembun blog Machtwatch - Jamtangan.com

Sebenarnya, semua cara mengatasi jam tangan berembun di atas akan bekerja efektif kalau semua komponen jam dilepas, mulai dari case back hingga movement. Tapi, tentu saja nggak semua orang cukup PD melepas bagian dalam jam karena khawatir malah merusaknya. Kalau semua cara sebelumnya sudah dicoba dan embun di jam tangan belum juga hilang, jangan ragu untuk membawanya ke expert yang bisa melakukan service jam tangan berembun. Di tangan ahli, masalah sederhana ini pasti bisa diatasi dengan membuka komponen dalam jam. Bahkan, jika ditemukan kerusakan lain seperti crystal retak, kamu juga bisa langsung menggantinya. 

Di offline store Machtwatch, kamu nggak cuma bisa memilih jam tangan idaman dengan koleksi terlengkap. Tapi, kamu juga bisa berkonsultasi tentang masalah jam tangan hingga mengganti baterai jam di tangan para profesional. Jangan ragu mengunjungi Machtwatch Store di kotamu untuk konsultasi atau membeli jam baru. Apalagi, selama Juli 2021, ada promo Grand Prize Shop & Win di mana kamu bisa mendapatkan jam gratis seharga jutaan rupiah!  

Categories: Info & Tips