Perawatan jam tangan kesayangan agar awet dan tahan lama

Jam tangan dapat dianggap sebagai aksesori dekoratif dan juga merupakan alat yang memerlukan pembersihan secara khusus dari waktu ke waktu untuk memastikan akurasinya dan agar jam tangan yang kita sayangi memiliki umur panjang.

Pembersihan
Sama seperti kita mencuci mobil, untuk menjaga agar tanpilan luar tampak halus dan dilindungi dari debu dan kotoran, pastinya secara periodik kita akan mengambil waktu beberapa saat untuk memastikan bahwa mesin jam tangan yang kita miliki dalam kondisi bersih. Berikut adalah beberapa tips untuk perawatan dan pembersihan secara keseluruhan.

Watch Case
Lap jam tangan dengan kain bebas serat dan gunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan kotoran dari celah-celah. Jika jam tangan kita adalah jam tangan yang tahan air, maka kita dapat membersihkan dengan air hangat dan sabun ringan lalu keringkan dengan kain. Bersihkan jam tangan dengan kain lembut ketika terkena keringat saat menggunakannya.

5 Cara Mengatasi Jam Tangan Berembun yang Terbukti Efektif

Crystal
Ada sebuah jam tangan yang mungkin memiliki crystal anti gores, tapi tidak ada crystal yang benar-benar tanpa cacat dan celah. Lebih baik untuk menyimpan atau membungkusnya dengan kain lembut sebelum terjadi cacat pada crystal . Semakin banyak perawatan yang kita ambil, semakin sedikit goresan yang akan timbul dan nampak pada crystal.
Ganti crystal yang pecah atau tergores dengan segera. Jika kita menempatkan jam tangan di laci dengan perhiasan lain, hal ini juga dapat menimbulkan goresan, karena akan terjadi gesekan dengan potongan-potongan lainnya.

Metal Bracelets
Cuci dalam air hangat dan sabun dan gunakan sikat gigi lembut untuk menghilangkan kelebihan kotoran, lalu keringkan dengan kain yang lembut.

Leather Straps
Untuk menjaga agar leather straps dalam kondisi yang baik, hindari perendaman dalam air . Jika leather straps menjadi basah, segera bersihkan dengan kain kering dan jangan gunakan pengering rambut.

Automatics
Jam tangan otomatis memerlukan sedikit perawatan lebih dibandingkan dengan gerakan kuarsa bertenaga baterai. Satu hal, jam tangan otomatis ini didukung oleh gerakan kinetik lengan. Hal tersebut akan membutuhkan penyesuaian kembali jika tidak dikenakan selama beberapa hari. Jam tangan dengan mesin otomatis juga memiliki manfaat. Dari gerakannya yang terus berputar, dikalibrasi dan mencegah pelumas dari jam tangan tersebut mengental.

Maintaining Water Resistance

  • Jangan pernah merendam bahkan meninggalkan jam tangan tahan air di dalam air panas , sauna atau bak mandi air panas. Panas yang ekstrim dapat menyebabkan bagian logam untuk berkembang pada tingkat yang berbeda dari gasket karet.
    Hal ini menciptakan lubang kecil yang dapat memungkinkan tetesan air untuk menembus. Berhati-hatilah untuk tidak melompat ke dalam kolam renang yang dingin setelah mengenakan jam tangan Anda di bak mandi air panas.
  • Jika jam tangan memiliki mahkota sekrup down, pastikan untuk sekrup terpasang erat-erat agar membantu untuk mencegah kemungkinan air masuk ke dalam jam tangan.
  • Setelah berenang atau menyelam di air asin, segera bilas jam tangan di aliran air tawar. Jika jam Anda memiliki bezelputar, putar bezel beberapa kali saat membilasnya. Hal ini akan mencegah penumpukan garam dan korosi cincin bezel.
Total
0
Shares
Previous Article

Apa itu Jam Tangan Mekanikal atau Automatic Movement?

Next Article

Jam Tangan Chronograph Untuk Mengukur Waktu

Related Posts
Total
0
Share