Jam Tidur Lebih Teratur dengan Fitur Sleep Monitoring dan Sleep Score dari Garmin

Fitur Sleep Monitoring Garmin
Fitur Sleep Monitoring Garmin

Ketika berpuasa, pola tidur sedikit berubah karena kamu harus bangun lebih awal untuk sahur dan dilanjutkan dengan melakukan aktivitas seperti biasa. Pada minggu pertama mungkin kamu merasa lemas dan sulit beradaptasi, tapi setelah itu tubuh akan terbiasa. 

Smartwatch Garmin dengan fitur pelacakan tidur
Smartwatch Garmin dengan fitur pelacakan tidur
Sumber: Dcrainmaker.com

Untuk memantau jam tidur selama bulan Ramadan, kamu bisa mengandalkan smartwatch Garmin! Smartwatch Garmin yang dibekali fitur Advanced Sleep Monitoring dan Sleep Score bisa memantau jam tidur agar lebih berkualitas. Yuk, cari tahu bagaimana smartwatch Garmin bisa memantau jam tidur kamu saat berpuasa dengan fitur Sleep Monitoring dan Sleep Score!

Baca juga artikel : Garmin Instinct Solar: Fitur Lengkap Untuk Segala Kondisi

Melacak Kualitas dengan Advanced Sleep Monitoring Garmin

Fitur sleep monitoring dan sleep score pada Garmin
Fitur sleep monitoring dan sleep score pada Garmin
Sumber: Garmin.com

Advanced Sleep Monitoring atau ASM adalah fitur pada smartwatch Garmin yang dilengkapi dengan sensor detak jantung optik. Dengan ASM, pengguna dapat melacak statistik tidur mereka di Garmin Connect ketika memakai smartwatch saat tidur. Lalu, bagaimana Garmin melacak tidur penggunanya? 

Ada beberapa metrik yang digunakan untuk melacak tidur pada sleep stage seseorang. Sleep stage atau tahapan tidur menggunakan kombinasi detak jantung, variabilitas detak jantung, pola pernapasan, dan data pergerakan tubuh saat tidur. Informasi usia yang dimasukan saat setup dan deteksi personal physiological baseline juga bisa memberi konteks berharga untuk analisis dan meningkatkan keandalan pemantauan jam tidur. 

Sleep Stage atau Tahapan Tidur

Tampilan sleep stage pada smartwatch Garmin
Tampilan sleep stage pada smartwatch Garmin
Sumber: Dcrainmaker.com

Tidur yang berkualitas, baik saat berpuasa maupun tidak menjadi sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental. Sleep stage sendiri diidentifikasi dengan gelombang otak tertentu dan pola aktivitas saraf. Mengidentifikasi perubahan fisiologis saat tidur dapat memberi petunjuk untuk mengenali sleep stage atau tahapan tidur. Fitur ASM pada smartwatch Garmin dapat memberi gambaran tentang sleep insight dengan melakukan penilaian pada beberapa metrik seperti berikut!

Baca juga : Review Garmin D2 Delta PX – Smartwatch Bergengsi Untuk Pilot

1. Light Sleep (N1, N2)

Light sleep adalah tahapan tidur pertama. Pergerakan mata dan aktivitas otot melambat selama light sleep karena tubuh sudah bersiap untuk tidur nyenyak.

2. Deep Sleep (N3)

Ketika bertransisi ke tidur nyenyak, gerakan mata dan otot sepenuhnya berhenti. Detak jantung dan pernapasan melambat. Pada titik ini, kamu menjadi sulit dibangunkan dan mengalami disorientasi jika dibangunkan.

Baca juga : Smartwatch Garmin Terbaru 2022: Garmin Venu Sq 2 dan Garmin Venu Sq 2 Music Edition

3. Rapid Eye Movement (REM) Sleep

REM sleep dianggap sebagai tahap akhir dari siklus tidur dan bermimpi sering terjadi saat REM sleep. Tahapan REM sleep juga diyakini terjadi saat otak memproses dan memahami data yang mungkin terkait dengan bagaimana kamu mempelajari skill baru.

4. Awake

Secara umum, kualitas tidur yang baik adalah ketika seseorang dapat tidur secara terus-menerus sepanjang malam dengan sedikit atau tanpa terjaga atau awake.

Durasi waktu tidur
Durasi waktu tidur
Sumber: Dcrainmaker.com

Setiap tahapan tidur akan ditandai dengan perubahan detak jantung, kegelisahan, dan variabilitas detak jantung. Smartwatch Garmin juga mencatat berapa lama kamu tidur dan berapa lama seharusnya kamu tidur. Sebagai contoh, Garmin merekomendasikan pengguna bisa tidur antara 17-35% dari total tidur pada tahapan tidur nyenyak atau deep sleep. 

Hasil analisis sleep stage
Hasil analisis sleep stage
Sumber: Dcrainmaker.com

Tahapan deep sleep menjadi penting untuk memulihkan jaringan tubuh, meningkatkan kesehatan imun tubuh, dan mempersiapkan mood untuk esok hari. Dari data yang dihasilkan, Garmin juga memberi tips tentang bagaimana memperpanjang durasi tidur dan potensi masalah jika kamu tidak tidur nyenyak.

Melacak Sleep Score dengan Smartwatch Garmin

Melacak skor tidur
Melacak skor tidur
Sumber: Dcrainmaker.com

Smartwatch Garmin dengan Advanced Sleep Tracking biasanya sudah menyertakan Sleep Score atau skor tidur dengan nilai antara 1-100. Tidak seperti metrik sleep stage yang sering membingungkan, skor tidur Garmin mempertimbangkan durasi tidur dan stres rata-rata selama tidur. 

Sleep score juga mencatat total waktu yang diperlukan dalam tahapan tidur tertentu, jumlah waktu saat terjaga, dan faktor kegelisahan. Skor tidur berkisar antara 1-100 dengan rincian sebagai berikut:

  • Dibawah 60 = Poor.
  • 60-79 = Fair.
  • 80-89 = Good.
  • 90-100 = Excellent.
Sleep score pada Garmin
Sleep score pada Garmin
Sumber: Garmin.com

Garmin tidak hanya memberi penilaian pada kualitas tidur, tetapi juga memberi informasi kontekstual. Misalnya jika mendapatkan skor ‘Fair’, kamu akan mendapatkan tips cara meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, perincian tersebut juga memberi gambaran yang lebih baik tentang mengapa skor tidur kamu lebih rendah atau lebih tinggi.

Baca juga : 10 Jam Tangan Smartwatch Wanita Terlaris Dan Stylish Dari Garmin

Dengan menggunakan smartwatch Garmin yang dilengkapi dengan fitur sleep monitoring dan sleep score, kamu bisa lebih perhatian terhadap pola tidur selama berpuasa. Dengan begitu, kamu bisa tetap bugar saat melakukan aktivitas selama bulan Ramadan. Tertarik untuk bisa segera menggunakan kedua fitur tersebut, dapat segera smartwatch Garmin hanya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
cara menentukan arah kiblat dengan kompas

Ibadah On Time di Mana Pun! Ini Cara Pakai Kompas Bezel di Jam Tangan untuk Tentukan Arah Kiblat

Next Article
jam tangan panerai

Kupas Tuntas Jam Tangan Panerai, Sudah Dilengkapi NFT!

Related Posts
Total
0
Share