Ibadah On Time di Mana Pun! Ini Cara Pakai Kompas Bezel di Jam Tangan untuk Tentukan Arah Kiblat

cara menentukan arah kiblat dengan kompas
cara menentukan arah kiblat dengan kompas

Ka’bah menjadi arah kiblat untuk shalat bagi umat muslim di seluruh dunia. Titiknya sudah jelas dan tiap negara memiliki sudut arah kiblat yang berbeda-beda. Jika berada di tempat baru dan tidak tahu di mana arah kiblat, kamu perlu kompas. Kompas menjadi perangkat yang sangat penting untuk mengetahui arah kiblat. Selain dengan kompas, kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk menentukan arah kiblat, seperti dengan Google Map hingga aplikasi di smartphone.

Nah, buat kamu para watch enthusiast pasti sudah familiar dengan kompas bezel kan? Ada banyak brand yang meluncurkan jam tangan dengan fitur tersebut. Dan karena kamu sudah tidak asing lagi dengan kompas bezel, menentukan arah kiblat pun menjadi tidak terlalu sulit. So, kali ini Minwatch akan sharing tentang cara menentukan arah kiblat dengan menggunakan kompas bezel dari sebuah jam tangan. Agar lebih jelas, yuk ikuti terus artikel selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Anti-Hilang Arah! Jam Tangan Kompas Ini Siap Jadi Pemandu Para Petualang

Ketahui Dulu Arah Mata Angin

Arah mata angin
Arah mata angin

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kompas bezel dari sebuah jam tangan, kamu harus tahu terlebih dulu tentang arah mata angin. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menentukan arah kiblat. Dari image di atas, kamu bisa tahu tentang delapan arah mata angin dan sudut azimut yang diwakili dengan:

  • Utara = 0/360 derajat
  • Timur laut = 45 derajat
  • Timur = 90 derajat
  • Tenggara = 135 derajat
  • Selatan = 180 derajat
  • Barat daya = 225 derajat
  • Barat = 270 derajat
  • Barat laut = 315 derajat

Selama ini, kamu mungkin menganggap arah Ka’bah di Mekkah ada di posisi sebelah barat. Tapi, yang sebenarnya bukan sekadar di sebelah barat ya! Untuk wilayah Indonesia, posisi kiblat untuk menghadap ke arah Ka’bah ada pada posisi 295,15 derajat yang berarti di antara barat  (270 derajat) dan barat daya (315 derajat).

Cara Menggunakan Kompas Bezel Ring

Kompas bezel adalah fitur umum yang banyak disukai oleh para petualang dan outdoor enthusiast. Bezel jenis ini memiliki tanda yang dapat menunjukan arah mata angin yaitu utara, selata, timur, dan barat. Tidak seperti countdown timing bezel, kompas dapat diputar searah dan berlawanan jarum jam

Untuk mengetahui cara menggunakan kompas bezel ring agar bisa digunakan untuk menentukan arah kiblat, Minwatch akan jelaskan dulu posisi belahan bumi utara dan belahan bumi selatan dulu ya!

Baca juga : 10 Rekomendasi Jam Tangan Outdoor Untuk Temani Petualanganmu

1. Ketika berada di Belahan Bumi Utara

Posisi di bumi belahan utara
Posisi di bumi belahan utara

Untuk kamu ketahui saja bahwa di daerah dengan lintang rendah, kompas mungkin tidak akan berfungsi dengan baik pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. 

  1. Posisikan jam tangan secara horizontal, lalu arahkan jarum jam ke matahari. 
  2. Arah selatan ada diantara jarum jam dan marker pukul 12. 
  3. Setelah melakukan langkah 1 & 2, arah lain yang ada di bezel kompas sudah bisa dijadikan patokan untuk menunjukan arah yang sesuai.

2. Ketika di Belahan Bumi Selatan

Di posisi bumi belahan selatan
Di posisi bumi belahan selatan

Di daerah dengan lintang rendah, ada kemungkinan kompas tidak berfungsi dengan baik pada waktu-waktu tertentu. Dan berikut cara untuk menggunakan kompas bezel ring dari sebuah jam tangan.

  1. Posisikan jam tangan secara horizontal, lalu arahkan jarum jam ke matahari.
  2. Arah utara ada diantara jarum jam yang menunjuk matahari dan marker pukul 12. Putar bezel, lalu tempatkan “N” (North) pada posisi diantara jarum jam dan marker pukul 12. 
  3. Setelah melakukan langkah 1 & 2, arah lain yang ada di bezel kompas sudah bisa dijadikan patokan untuk menunjukan arah yang sesuai. 

Untuk menemukan arah pada belahan bumi utara, pastikan agar jam tangan tetap pada posisi horizontal dan arahkan jarum jam ke matahari. Pada posisi tersebut, kompas bezel ring dapat mengarah pada titik mata angin yang benar. Sementara itu, pada belahan bumi selatan, pastikan jam tangan ada pada posisi horizontal dan arahkan penanda jam 12 ke arah matahari. Setelah itu, kamu bisa mencari titik kardinal.

Cara membaca membaca kompas bezel
Cara membaca membaca kompas bezel

Penting untuk diingat bahwa penanda jam 12 tidak boleh mengarah pada kamu sebagai pengguna jam tangan, kapan pun waktunya. Sebagai catatan, sebelum tengah hari (AM), panah utara/selatan harus berada di sebelah kanan jarum jam. Dan selepas tengah hari (PM), arah panah harus berada di sebelah kiri. Pada image di atas, arah panah ada di sebelah kiri jarum jam karena dilakukan setelah tengah hari (PM).

Baca juga : 10 Rekomendasi Jam Tangan Gunung Untuk Berpetualang

Cara Menentukan Arah Kiblat Menggunakan Kompas Bezel Jam Tangan

Setelah tahu cara menggunakan kompas bezel jam tangan dan tahu berapa sudut derajat sebuah lokasi di Indonesia atau di tempat lain ke arah Ka’bah di Mekkah, selanjutnya kamu bisa menentukan arah kiblat. Sebagai catatan, berdasarkan garis lintang Indonesia berada di Belahan Bumi Utara (BBU) dan Belahan Bumi Selatan (BBS). 

Batas paling utara Indonesia adalah 6° LU dan di selatannya adalah 11° LS. Jadi sebagian besar wilayah Indonesia berdasarkan garis lintangnya berada di belahan bumi selatan. Dan berikut cara menentukan arah kiblat menggunakan kompas bezel jam tangan.

  1. Posisikan jam tangan secara horizontal, lalu arahkan jarum jam ke matahari untuk mengetahui arah utara dan selatan secara pasti. Saat berada di belahan bumi utara, maka arah selatan ada di antara jarum jam dan marker pukul 12. Dan saat berada di belahan bumi selatan, maka arah utara ada di antara jarum jam dan marker pukul 12.
Arah kiblat di Indonesia
Arah kiblat di Indonesia
  1. Setelah mengetahui posisi arah utara dan selatan, selanjutnya kamu bisa mencari titik kiblat pada bezel kompas. Di Indonesia sendiri, sudut arah kiblat sudah ditentukan yaitu 295,15. Dan jika di kompas bezel, 295,15 derajat letaknya ada di antara West (W) dan North West (NW).
  2. Tergantung pada lokasi tempat kamu berada, deviasi magnetik dapat terjadi antara arah utara yang sebenarnya (arah utara pada peta) dan utara magnetik (utara kompas). Gunakanlah sudut derajat kiblat jika kamu ingin menemukan arah kiblat dengan tool seperti peta. Jika ingin menentukan arah kiblat menggunakan kompas, gunakanlah sudut kiblat untuk kompas.

Sekarang, kamu sudah tahu kan cara menentukan arah kiblat dari kompas bezel sebuah jam tangan? Jadi mulai sekarang, kamu tidak perlu bingung lagi menentukan arah kiblat ketika shalat. Berbekal jam tangan yang dibekali dengan kompas bezel, kamu bisa beribadah dengan ke arah kiblat yang benar.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko Presage Craftsmanship Series

Jangan Ngaku Anak Seni Kalau Belum Pakai Seiko Presage Craftsmanship Series!

Next Article
Fitur Sleep Monitoring Garmin

Jam Tidur Lebih Teratur dengan Fitur Sleep Monitoring dan Sleep Score dari Garmin

Related Posts
Total
0
Share