6 Cara Membedakan Jam Tangan Fossil Asli dan Palsu dengan Cepat!

6 Cara Membedakan Jam Tangan Fossil Asli dan Palsu dengan Cepat!

Niat hati tampil stylish dengan jam fashion Fossil, eh malah ketipu beli jam KW. Hal kayak gini rawan banget terjadi, mengingat jam asli dan palsu terkadang punya ciri-ciri yang nyaris serupa dan sulit dibedakan. Kalau nggak teliti, siapa saja bisa jadi ‘korban’ berikutnya. Makanya, biar kamu nggak rugi dan kecewa, Jamtangan.com akan memberikan tips cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dengan cepat. 

Di artikel ini, kami akan mencontohkan cara membedakan jam Fossil asli dan KW pada salah satu model best-seller FS4735 Grant Chronograph Brown Leather Strap. Tapi basically semua tips yang ada di sini juga bisa diterapkan pada semua model Fossil lainnya. So, sebelum mengeluarkan uang buat beli jam tangan Fossil baru, ada 6 hal yang wajib kamu cek dan teliti terlebih dahulu supaya terhindar dari produk palsu. Apa saja? 

Daftar isi
1. Kenali Box & Manual Book Default dari Jam Fossil Asli
2. Perhatikan Baik-Baik Warna Dial Jam Tangan
3. Bagian Strap Juga Jangan Kelewatan Diteliti!
4. Jangan Terkecoh Chronograph yang Bisa Berfungsi!
5. Bagian Belakang Strap & Case Juga Perlu Dicek
6. Overall: Estetika Jam Tangan Fossil Asli Pasti ‘Harmonis’ dan Rapi

1. Kenali Box & Manual Book Default dari Jam Fossil Asli 

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu lewat box dan manual book
Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu lewat box dan manual book
Box Fossil asli (kiri) & box Fossil KW (kanan). Image: Youtube Machtwatch.

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu yang pertama, bisa langsung terlihat dari packaging-nya. For info, Fossil memiliki default-box khusus yang terbuat dari tin-can (kaleng), meskipun ada beberapa seri yang dihadirkan dengan box lain. Nah, di mana pun kamu membeli Fossil, tin-can inilah yang akan paling sering kamu dapatkan selama produk itu original. Tin-can juga akan langsung datang ‘sepaket’ bersama jam. Jadi, kalau ada seller yang meminta biaya tambahan untuk tin-can, seller tersebut layak dicurigai. 

Lalu, gimana dengan box jam tangan Fossil palsu? Uniknya, kebanyakan jam Fossil palsu dihadirkan dalam box kayu yang sekilas terlihat ‘keren’. Tapi, begitu meneliti font yang tercetak di box, kamu akan langsung bisa mendeteksi indikasi barang KW. Soalnya, box Fossil KW dicetak dengan font yang terlihat off dan berbeda dari default-font seharusnya. Saat box dibuka, jam tangan Fossil asli juga akan selalu disertai manual book dan kartu garansi dengan printing rapi. Sedangkan pada Fossil KW, manual book biasanya dicetak dalam kertas tipis yang kurang berkualitas atau bahkan tidak disertai manual book sama sekali. 

2. Perhatikan Baik-Baik Warna Dial Jam Tangan 

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dari warna dial
Dial pada Fossil palsu (kiri) & dial Fossil asli (kanan). Image: Youtube Machtwatch.

Memperhatikan dengan seksama warna dial jam juga bisa menjadi cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu yang selanjutnya. Kalau tidak diperhatikan baik-baik, penampakan luar jam Fossil KW bisa dibilang tricky karena nyaris menyerupai aslinya. Mulai dari sub-dial sampai font angka romawi yang digunakan terlihat sangat serupa. Buat orang yang masih awam atau baru memakai jam Fossil, akan sangat mudah terkecoh dengan kemiripan ini. 

Tapi, kalau kamu sudah kenal model-model Fossil, kamu akan bisa melihat jam Fossil palsu biasanya punya warna dial yang berbeda. Pada contoh model FS4735 ini misalnya, versi palsu punya warna dial yang sangat putih. Sementara itu, jam versi FS4735 ori memiliki warna dial yang tampak lebih distingtif dan ‘nggak pasaran’ yaitu beige atau putih gading. Jadi, sebelum membeli Fossil baru, nggak ada salahnya memastikan warna dial tipe tersebut di internet lalu bandingkan dengan produk yang mau kamu beli. 

3. Bagian Strap Juga Jangan Kelewatan Diteliti!

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dari strap
Leather-strap pada Fossil palsu (kiri) & leather-strap Fossil asli (kanan). Image: Youtube Machtwatch.

Selain dari box dan dial, cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu juga bisa dilakukan dengan memeriksa bagian strap. Pada model FS4735 Grant Chronograph yang kami contohkan ini, terlihat jelas bahwa Fossil ori akan selalu memiliki leather strap dengan jahitan dan cutting yang rapi. Sementara pada versi KW, jahitan biasanya akan tampak kurang teratur di beberapa bagian. Begitu pun dengan bahan kulit yang digunakan, kulit pada Fossil asli akan lebih tebal dan ‘lemas’ sementara strap kulit Fossil palsu terasa kaku saat dipegang. 

Masih dari bagian strap, perhatikan juga warna yang dimiliki. Jam Fossil asli yang menggunakan leather strap, pasti akan memiliki warna kulit lebih ke arah matte. Sedangkan bahan kulit yang digunakan pada Fossil KW umumnya punya warna lebih doff. Oh ya, tag yang tersemat di bagian strap juga bisa menjadi indikator untuk membedakan jam Fossil asli dan palsu. Tag pada jam Fossil KW akan terasa kasar saat diraba. 

4. Jangan Terkecoh Chronograph yang Bisa Berfungsi! 

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dari chronograph.
Tombol chronograph Fossil palsu terasa ‘loose’ & versi asli berbunyi ‘klik’ saat ditekan. Image: Youtube Machtwatch.

Banyak orang percaya salah satu cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dengan chronograph adalah dengan mengecek apakah fitur tersebut berfungsi atau tidak. Padahal faktanya, beberapa jam Fossil KW juga punya chronograph yang bisa berfungsi baik! So, jangan hanya karena melihat chronograph bisa berfungsi kamu langsung menyimpulkan kalau produk tersebut asli, ya! 

Pada kasus Fossil FS4735 Grant Chronograph yang kami temui, fitur chronograph pada versi palsu memang bisa berjalan. Tapi, untuk menjalankannya, button harus ditekan dalam-dalam terlebih dahulu. Saat dipencet pun, button chronograph pada Fossil KW terasa ‘loose’. Sedangkan seharusnya, tombol chronograph pada jam Fossil ori akan mengeluarkan suara ‘klik’ dan tidak terasa longgar saat ditekan. Jadi, walaupun chronograph bisa berfungsi, nggak ada salahnya kamu mencoba memencet tombolnya untuk menemukan indikasi produk KW. 

5. Bagian Belakang Strap & Case Juga Perlu Dicek 

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dari back case dan back strap
Bagian belakang Fossil palsu (kiri) & Fossil asli (kanan). Image: Youtube Machtwatch.

Buat memastikan produk yang kamu beli asli, wajib periksa juga bagian belakang strap dan back case jam tangan. Pada semua jam Fossil asli, kamu akan menemukan engrave logo Fossil di bagian belakang strap. Meski versi logo yang digunakan bisa berbeda-beda di setiap tipe Fossil, tapi engrave atau ‘ukiran’ logo tersebut bisa dipastikan rapi dan bisa terbaca jelas. Sedangkan pada Fossil KW, tidak semua memiliki engrave logo di belakang strap. Kalaupun ada, biasanya engrave terlihat sulit dibaca dan font Fossil yang digunakan akan tampak ‘aneh’. 

Begitu pun dengan bagian back-case. Baik jam Fossil asli maupun palsu biasanya sama-sama memiliki polished-back case (mengilat) yang tampak sangat mirip sehingga rawan mengecoh. Tapi, kamu bisa menemukan indikasi barang KW dengan memperhatikan laser-engraved di bagian belakang case. Pada Fossil asli, laser-engraved yang memuat tulisan all stainless steel, nomor SKU produk, dan merek Fossil akan memiliki kedalaman ‘ukiran’ yang konsisten dan seragam. Sementara pada produk palsu, tulisan laser-engrave ini pasti memiliki kedalaman, bentuk font, sampai jarak tulisan yang nggak konsisten. 

6. Overall: Estetika Jam Tangan Fossil Asli Pasti ‘Harmonis’ dan Rapi

Cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu dari overall-look
Overall look Fossil palsu (kanan) & Fossil asli (kiri). Image: Youtube Machtwatch.

Dari semua tips cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa meskipun sekilas bisa sangat mirip, produk original pasti akan memiliki keserasian warna yang harmonis dan overall-finishing yang rapi serta konsisten. Jadi, kalau kamu menemukan jam tangan Fossil yang jahitan, warna, atau materialnya terasa kurang berkualitas atau ‘off’, nggak ada salahnya berpikir dua kali untuk membelinya atau melakukan refund jika memang sudah terlanjur dibeli. 

Tapi sebenarnya, kamu sama sekali nggak perlu memusingkan cara membedakan jam tangan Fossil asli dan palsu ini kalau dari awal sudah membeli di tempat yang hanya menjual produk #PastiOri seperti di Jamtangan.com. Selain pasti dapat garansi resmi, kamu juga akan selalu mendapatkan harga terbaik. Jangan terkecoh harga yang terlalu murah, dan belilah jam idaman cuma di tempat terpercaya! 

Categories: Info & Tips