Sepak Terjang Fossil dengan Jam Swiss Made

Sepak Terjang Fossil dengan Jam Swiss Made

Fossil Group yang dikenal sebagai penghasil fashion watch yang besar ternyata berekspansi lebih jauh dengan mengeluarkan produk-produk berlabel Swiss made. Tidak hanya itu, Fossil Group bahkan membawahi perusahaan bernama STP, yang layaknya Swatch Group dengan ETA, menjadi penyuplai movement untuk produksi merek-merek yang berada di bawah Fossil Group beserta merek-merek jam lain. Fossil Group sendiri sudah mulai merambah ke segmen jam tangan Swiss made sejak akuisisi Zodiac Watches tahun 2001, namun dengan bertambahnya STP sebagai produsen movement Fossil sejatinya telah mengambil satu langkah lagi ke depan.

STP yang merupakan kependekan dari Swiss Technology Production didirikan tahun 2006 dan kemudian diakuisisi oleh Fossil Group tahun 2012. Salah satu alasan utamanya adalah rencana ETA untuk membatasi suplai movement untuk merek-merek yang tidak di bawah naungan Swatch Group saat itu. Dengan produksi berkisar dari 600 hingga 1300 movement per hari, STP mampu untuk menyokong produksi jam-jam Fossil yang lebih tinggi kelasnya, misal pada merek Zodiac, Burberry, Emporio Armani, dan lain-lain termasuk Fossil sendiri pada seri Swiss Made-nya. STP 1-11 yang merupakan salah satu movement STP yang sering dipakai mempunyai kualitas yang sering digadang oleh para pengamat tidak kalah dengan ETA 2824.

Selain STP, Fossil juga mempunyai satu anak perusahaan lagi yang bernama STC atau Swiss Technology Components. STC inilah yang kemudian akan memprouduksi case jam tangan beserta komponen untuk movement yang akan diproduksi. Kedua perusahaan ini merupakan strategi Fossil Group untuk memenuhi syarat Swiss Made yang bahkan akan lebih ketat lagi pada tahun 2017.

Sebagai pemain besar dalam segmen fashion watch, Fossil Group yang membawahi Fossil, Skagen, Michael Kors, dan sebagainya tentu mempunyai kemampuan untuk berekspansi yang lebih besar. Dengan keberadaan STP dan STC, Fossil juga berupaya memperluas jangkauannya dan hal ini tidak main-main. STP sendiri ke depannya akan memperkenalkan movement yang lebih canggih. Akan sangat menarik bagaimana langkah-langkah yang akan diambil Fossil ke depannya dan bagaimana merek ini semakin menunjukkan tajinya dalam pasar jam tangan.

 

DJO/jamtangan.com

Categories: Fossil, Watch Brands