Riset: Orang yang Pakai Jam Tangan Umumnya Lebih Teliti

Riset: Orang yang Pakai Jam Tangan Umumnya Lebih Teliti

Sebagian orang sangat suka pakai jam tangan setiap hari. Kalau lupa pakai jam tangan saat keluar rumah, rasanya ada yang kurang. Apa kamu salah satunya?

Nah, ada riset menarik tentang perbedaan orang yang rutin pakai jam tangan dan yang tidak. Studi itu dipublikasi oleh peneliti di University of Glasgow, College of Science & Engineering, Skotlandia. 

Di antara 112 partisipan berusia 17-54 tahun, sebagian yang diidentifikasi sebagai pemakai jam tangan rutin diminta untuk mengisi Ten-Item Personality Inventory (TIPI). TIPI adalah tes kepribadian singkat yang berisi 10 pertanyaan sederhana. 

Menurut Hodinkee, meski penelitian ini butuh skala partisipan lebih besar, namun hasil riset awalnya cukup memuaskan bagi penggemar jam tangan. Seperti apa hasil riset tersebut?

Ilustrasi pengguna jam tangan. Dok: Pixabay

Berdasarkan riset tersebut, orang yang mengidentifikasi diri sebagai pengguna jam tangan rutin menilai dirinya sebagai orang yang teliti dan lebih stabil secara emosional. Pengguna jam tangan juga rata-rata lebih introvert, tidak mudah setuju, dan lebih tertutup.

Berikut kutipan hasil riset Watch-wearing as A Marker of Conscientiousness.

“Memilih untuk memakai arloji tampaknya merupakan penanda sosial bagi individu yang lebih teliti. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendukung kesimpulan ini. Pengguna jam tangan konsisten menunjukkan ketelitian lebih tinggi dengan datang lebih awal pada suatu pertemuan daripada non-pengguna jam tangan,”

Ilustrasi pengguna jam tangan. Dok: Pexels

Peneliti juga menegaskan bahwa pengguna jam tangan sebenarnya sejak awal merupakan orang yang teliti. Lalu karakter itu bertambah dengan memakai arloji. Hal ini juga berlaku untuk pengguna smartwatch dengan fitur fitness tracker. Mereka memang punya gaya hidup sehat sejak awal, namun ingin punya device untuk mendukung itu. 

Kemungkinan lain, keputusan membeli jam tangan sebenarnya timbul karena ingin mengetahui waktu. Namun akhirnya mereka jadi lebih teratur dan lebih teliti setelah terbiasa memakai jam tangan.

Bagaimana menurutmu, setuju dengan hasil penelitian tersebut? Biar kamu jadi orang yang lebih teliti dan rapi, jangan lupa pakai jam tangan setiap hari. Kalau ingin menambah koleksi, langsung kunjungi Jamtangan.com dan dapatkan produk #PastiOri!

Categories: Info & Tips