Begini Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Biar Kembali Seperti ‘Baru’

Begini Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Biar Kembali Seperti ‘Baru’

Di antara banyaknya jenis strap jam tangan, material rubber jadi salah satu yang paling kuat dan cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Mulai dari ke kantor, hangout, berolahraga, sampai melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, bisa dilakukan dengan jam karet. Tapi karena kegunaannya yang multifungsi itu pula, jam tangan bahan karet juga jadi salah satu yang paling mudah kotor. Tapi tenang, di artikel ini Jamtangan.com akan memberikan tutorial cara membersihkan jam tangan karet yang mudah kamu lakukan sendiri di rumah. 

Baca Juga: Cara Membersihkan Strap Jam Tangan Sesuai Jenisnya

Kenapa Jam Tangan Karet Mudah Kotor?  

Cara membersihkan jam tangan karet yang menguning agar kembali seperti baru blogjamtangan.com
Image: Gearpatrol

Sebelum mulai membahas cara membersihkan jam tangan karet paling efektif, yuk kita terlebih dahulu menyamakan persepsi tentang yang dimaksud dengan ‘jam karet’. FYI, rubber-watch atau jam karet sebenarnya adalah istilah yang digunakan pada jam tangan yang memiliki material strap menyerupai karet, tapi tidak selalu benar-benar dibuat dari karet itu sendiri. Jam tangan dari bahan silikon atau resin juga biasa disebut sebagai ‘jam tangan karet’. So, kalau kamu punya jam dari material silikon, resin, atau rubber itu sendiri, maka artikel cara membersihkan jam tangan bahan karet ini cocok untuk kamu baca

Dibandingkan material strap lain seperti stainless-steel, leather, atau nylon, jam karet memang paling mudah kotor. Entah itu terlihat berdebu, terasa lengket, hingga mengalami perubahan warna. Hal ini karena material organik seperti keringat dan debu secara alamiah lebih mudah menempel pada bahan rubber. Selain itu, rubber-watch yang sering digunakan untuk beraktivitas outdoor juga membuat lapisan atasnya mudah teroksidasi sehingga warnanya memudar. Kalau kamu sering memakai jam karet di air asin seperti saat surfing atau snorkeling, kandungan garam pada air laut juga dapat menimbulkan noda pada jam tangan karet. 

Ini Dia Cara Membersihkan Jam Tangan Karet Paling Efektif & Gampang

Cara membersihkan jam tangan karet yang menguning agar kembali seperti baru blogjamtangan.com
Image: Hodinkee

Walaupun lebih mudah kotor, jangan ragu untuk memakai jam tangan karetmu saat melakukan aktivitas berat atau outdoor. Karena untuk urusan ketahanan & kekuatan, rubber watch memang tetap juaranya. Kalau jam tangan karetmu kotor atau berubah warna, kamu tinggal mengikuti cara membersihkan jam tangan karet yang sudah Jamtangan.com siapkan ini! 

Apa Saja Alat & Bahan yang Dibutuhkan? 

  • Baking Soda
  • Pasta Gigi (disarankan yang berwarna putih) 
  • Alkohol
  • Kapas
  • Air Bersih 
  • Sikat Gigi/ Sikat Berbulu Halus Lainnya 

Langkah-Langkah Cara Membersihkan Jam Tangan Karet: 

Cara membersihkan jam tangan karet yang menguning agar kembali seperti baru blogjamtangan.com
Image: Rolex

Untuk diketahui, cara-cara membersihkan jam tangan karet yang ada di sini sifatnya berkelanjutan. Kalau kamu sudah berhasil menghilangkan kotoran atau mengembalikan warna jam karet sebelum sampai langkah terakhir, kamu bisa melewati saja langkah-langkah lainnya. 

1. Mulai cara membersihkan jam tangan karet dengan terlebih dahulu melepaskan strap dari jam. Walaupun jam tanganmu dibekali fitur water resistant, tak ada salahnya untuk tetap melepas strap supaya lebih aman. 

2. Oleskan pasta gigi ke bagian yang dirasa kotor, berkerak, bernoda, atau mengalami perubahan warna, lalu ratakan dengan jari atau sikat gigi berbulu halus. Tapi, kalau noda pada jam tidak terlalu banyak & ‘tebal’, kamu disarankan hanya meratakan menggunakan jari.

3. Bilas strap jam dengan air bersih, lalu lihat apakah noda sudah hilang. Jika belum, maka kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. 

4. Tuangkan alkohol ke selembar kapas, lalu usapkan pada bagian strap jam yang kotor. Selanjutnya bilas dengan air dan tunggu sampai kering. 

5. Jika sampai di langkah keempat noda belum juga hilang, lanjutkan ke cara membersihkan jam tangan karet berikutnya yakni dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air sampai berbentuk menyerupai pasta.

6. Oleskan pasta dari baking soda ke bagian jam yang kotor, bernoda, berkerak, atau mengalami perubahan warna lalu sikat halus menggunakan jari atau sikat gigi. Hindari menggosok terlalu keras karena bisa merusak permukaan strap. 

7.  Bilas lagi dengan air bersih, tunggu hingga kering, maka harusnya noda setebal dan sebandel apa pun bisa dihilangkan!

Tips Tambahan & Cara Alternatif yang Bisa Kamu Ikuti 

Selain beberapa cara membersihkan jam tangan karet yang sudah disebutkan di atas, Jamtangan.com juga masih punya cara alternatif yang bisa kamu coba. Agar jam tangan karet milikmu nggak gampang kotor dan lebih awet, ikuti juga beberapa tips berikut ini: 

1. Manfaatkan Karet Penghapus 

Cara membersihkan jam tangan karet yang menguning agar kembali seperti baru blogjamtangan.com
Image: Hypebeast

Untuk beberapa noda ringan seperti warna kehitaman akibat akumulasi debu dan keringat atau noda coretan, cara membersihkan jam tangan karet juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan karet penghapus. Tinggal gosokkan penghapus pada bagian strap yang kotor, maka noda ringan biasanya akan langsung hilang. 

2. Bersihkan dengan Kain Lembut

Masih berlaku untuk noda ringan yang tidak terlalu ‘bandel’, kamu juga bisa membersihkannya menggunakan kain lembut seperti kanebo atau kain pembersih laptop. Beri sedikit air di atas kain, lalu gosokkan pada bagian yang kotor hingga noda hilang. 

3. Bersihkan Rubber Strap Setiap Hari dengan Cara Simpel 

Cara membersihkan jam tangan karet yang menguning agar kembali seperti baru blogjamtangan.com
Image: Apple

Agar noda pada rubber strap milikmu tidak sampai menumpuk dan tidak perlu dibersihkan dengan cara-cara di atas, kamu bisa mengantisipasi risiko kotoran dengan melakukan rutinitas perawatan simpel setiap hari. Tiap habis dipakai, bersihkan strap jam karet dengan kain halus yang dibasahi sedikit air. Cara simpel ini efektif menghilangkan minyak, debu, dan kotoran yang menempel sehingga bisa hilang sebelum menumpuk dan menjadi noda membandel. 

4. Lakukan Pergantian Rubber Strap Jika Diperlukan

Bahkan dengan perawatan maksimal sekali pun, usia rubber strap idealnya adalah 2-4 tahun. Jika lebih dari itu, rubber strap yang memang sering digunakan untuk aktivitas outdoor biasanya sudah mengalami penurunan ketahanan dan juga perubahan warna. Tidak ada salahnya mengganti rubber strap setiap 2-4 tahun sekali jika memang dirasa perlu. 

Worth to Check!: Intip Koleksi Rubber Strap di Jamtangan.com, Yuk!

Rekomendasi Rubber Watch Terbaik di Jamtangan.com

G-Shock GAS-100G-1ADR Analog-Digital | Price: Rp1.739.000 | Klik di sini untuk beli.

G-Shock MUDMASTER GG-1000-1A3DR | Price: Rp3.209.000 | Klik di sini untuk beli.

Seiko Prospex Samurai Save The Ocean SRPD09K1 | Price: Rp4.380.000 | Klik di sini untuk beli.

Giordano GD-1126-06 | Price: Rp226.000 | Klik di sini untuk beli.

Seiko Prospex Sea SSC617P1| Price: Rp3.170.000 | Klik di sini untuk beli.

Garmin 010-02293-75 Instinct Solar| Price: Rp6.349.000 | Klik di sini untuk beli.

Yuk, Lihat Koleksi Jam Tangan Rubber Strap Lainnya di Sini!

Categories: Info & Tips