Open Heart Watch: Sejarah dan 7 Rekomendasi Terbaik

Open Heart Watch
Open Heart Watch

Open Heart Watch adalah salah satu model jam tangan yang memiliki bagian dial transparan dan menunjukan jantung jam tangan mekanikal atau biasa disebut lever escapement. Secara estetika, jam tangan dengan model dial open heart terlihat kompleks dan klasik.

Dari berbagai model jam tangan mekanikal, model open heart watch cukup menarik para pecinta jam tangan. Nah kali ini, Minwatch akan mengulas beberapa koleksi open heart watch yang ada di Jamtangan.com.

Sejarah Open Heart Watch

Awal mula open heart watch berasal dari jam tangan tourbillon yang punya movement anti-gravitasi. Dengan komplikasi movement tersebut, jam tangan tourbillon ini punya akurasi yang lebih baik dari movement biasa. Nah, untuk memastikan komplikasi movement berfungsi dengan baik, para pembuat jam tangan memberikan lubang untuk melihatnya. Dan istilah open heart itu merujuk ke lubang tersebut.

Jam tangan tourbillon sendiri pertama muncul pada tahun 1795 dan dirancang oleh Abraham-Louis Breguet. Fungsi tourbillon ini sendiri dirancang untuk meningkatkan akurasi pada jam tangan dengan meminimalisir efek gravitasi. Sejak saat itu, banyak jam tangan yang dilengkapi movement dengan komplikasi ini.

7 Rekomendasi Jam Tangan Model Open Heart

Setelah tau asal mulanya, Minwatch akan merekomendasikan beberapa koleksi open heart watch yang bisa jadi referensi. Berikut 7 rekomendasi jam tangan model open heart yang ada di Jamtangan.com.

1. Seiko Presage SSA425J1 Automatic Open Heart Black Dial Stainless Steel Strap

Seiko Presage SSA425J1 Automatic Open Heart Black Dial Stainless Steel Strap.
Seiko Presage SSA425J1 Automatic Open Heart Black Dial Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-presage-ssa425j1-automatic-open-heart-black-dial-stainless-steel-strap-417351

Rekomendasi pertama adalah Seiko Presage SSA425J1 yang memiliki model dial open heart warna hitam. Salah satu koleksi dari series Presage ini punya case berbahan stainless steel berdiameter 41mm dan tebal 12mm. Untuk movement-nya, jam tangan automatic ini dibekali kaliber 4R39 yang punya akurasi +25 hingga -15 detik per hari..

Dengan dial open heart, jam tangan Seiko ini punya tampilan yang klasik ditambah bracelet strap berbahan stainless steel. Seiko Presage SSA425J1 dibanderol dengan harga Rp5,2 juta-an.

Seiko adalah sebuah brand jam tangan asal Jepang yang sudah mendunia. Dalam perjalanannya sebagai sebuah brand, Seiko telah sukses mengukir sejarah dengan memproduksi jam tangan pertama buatan Jepang tahun 1913 yang dikenal dengan Laurel. 

2. Orient Star RE-AT0104E Automatic Men Open Heart Blue Ocean Dial Black Leather Strap

Orient Star RE-AT0104E Automatic Men Open Heart Blue Ocean Dial Black Leather Strap.
Orient Star RE-AT0104E Automatic Men Open Heart Blue Ocean Dial Black Leather Strap. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/orient-star-reat0104e-automatic-men-open-heart-blue-ocean-dial-black-leather-strap-276811

Orient Star RE-AT0104E merupakan salah satu koleksi dari brand Orient yang termasuk open heart watch. Tampil macho dengan bezel hitam tebal serta leather strap, jam tangan Orient ini cocok digunakan oleh pria. Bagian dial berwarna biru dan sub-dial open heart, yang mana bagian depannya dilindungi kaca berbahan sapphire crystal berfitur anti-refleksi.

Baca juga : Pembukaan Toko ke-3 Machtwatch

Jam tangan Orient ini dibekali movement kaliber F6R42 buatan Jepang. Dengan kaliber ini, Orient Star RE-AT0104E memiliki ketahanan air hingga 200 meter, Kamu bisa membeli salah satu koleksi Orient Star ini dengan harga Rp8 juta-an.

Dress Watch Orient: Jam Tangan Klasik Dengan Harga Kompetitif

3. Tissot T-Classic T063.907.36.068.00 Tradition Powermatic 80 Open Heart Dial Black Leather Strap

Tissot T-Classic T063.907.36.068.00 Tradition Powermatic 80 Open Heart Dial Black Leather Strap.
Tissot T-Classic T063.907.36.068.00 Tradition Powermatic 80 Open Heart Dial Black Leather Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/tissot-tradition-t063.907.36.068.00-men-open-heart-anthracite-dial-black-leather-strap-320171

Rekomendasi open heart watch selanjutnya adalah Tissot T-Classic T063.907.36.068.00. Salah satu jam buatan Swiss ini memiliki dial hitam dengan sub-dial open heart di atas, tepatnya pada posisi jam 12. Nuansa mewahnya didukung oleh leather strap hitam yang dipadukan dengan case warna rose-gold.

Jam tangan swiss-made ini tentunya punya akurasi yang bisa diandalkan dengan Powermatic 80.601 11 1/2”’. Selain itu, jam tangan Tissot ini punya daya cadangan hingga 80 jam. Tissot T-Classic T063.907.36.068.00 dibanderol dengan harga Rp9,5 juta-an.

Rilis lagi di tahun 2021, salah satu series Tissot ini termasuk jam tangan reissue dari versi klasiknya, yaitu Tissot PRX 40 205 yang muncul di tahun 1978. Jam tangan Tissot PRX versi terbaru ini banyak disukai karena tampilannya yang tak lekang oleh waktu dan laku keras di Jamtangan.com.

Tissot Le Locle Powermatic 80 Open Heart Menampilkan Desain Klasik yang Elegan

4. Timex Waterbury TW2U11500 Automatic Open Heart White Dial Black Leather Strap

Timex Waterbury TW2U11500 Automatic Open Heart White Dial Black Leather Strap.
Timex Waterbury TW2U11500 Automatic Open Heart White Dial Black Leather Strap. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/timex-waterbury-tw2u11500-automatic-open-heart-white-dial-black-leather-strap-487351

Selanjutnya, ada jam tangan buatan Amerika, yaitu Timex Waterbury TW2U11500 yang termasuk jam tangan open heart yang cukup simpel. Bagian dial-nya berwarna putih dengan diameter 40mm dan tebal 12mm. Selain itu, material strap yang berbahan leather juga menambah kesan klasik nan elegan.

Baca juga : Machtwatch Buka Toko Baru di Plaza Atrium Senen Jakarta

Jam tangan Timex ini memiliki fitur lumi pada bagian hands yang membantu penggunanya saat kondisi minim cahaya. Untuk fitur water resistant-nya sendiri, jam tangan automatic ini tahan air hingga 50 meter. Timex Waterbury TW2U11500 dibanderol dengan harga terjangkau, yakni Rp2,5 juta-an saja.

Timex Marlin adalah jam tangan dengan style vintage dan masuk dalam jajaran jam tangan mekanis. Desainnya yang simple, ramping, dan elegan membuatnya cocok digunakan sebagai dresswatch. Model ini juga menjadi jam tangan mekanik pertama dari Timex sejak tahun 1982.

5. Ballast Trafalgar Dreadnought BL-3136-02 Black Open Heart Dial Black Leather Strap

Ballast Trafalgar Dreadnought BL-3136-02 Black Open Heart Dial Black Leather Strap.
Ballast Trafalgar Dreadnought BL-3136-02 Black Open Heart Dial Black Leather Strap. Sumber: https://www.jamtangan.com/p/ballast-trafalgar-dreadnought-bl313602-black-open-heart-dial-black-leather-strap-313781

Ballast Trafalgar Dreadnought BL-3136-02 merupakan open heart watch dari brand Ballast, yang tergabung dalam perusahaan Spinnaker. Jam tangan ini memiliki movement buatan Swiss dengan 3 buah jarum dengan komplikasi open heart. Untuk materialnya, jam tangan model open heart ini memiliki case berbahan bronze dengan leather strap warna hitam.

Salah satu koleksi jam tangan Ballast ini punya tampilan yang mewah dengan paduan warna emas dan hitam. Sedangkan, tampilan open heart-nya membuat jam tangan mekanikal ini lebih kompleks. Ballast Trafalgar Dreadnought BL-3136-02 dibanderol dengan harga Rp5,4 juta-an.

Ballast Vanguard, Sentuhan Maskulin Ala Awak Kapal Selam

6. Emporio Armani Automatic AR60054 Meccanico Open Heart Black Dial Black Stainless Steel Strap

Emporio Armani Automatic AR60054 Meccanico Open Heart Black Dial Black Stainless Steel Strap.
Emporio Armani Automatic AR60054 Meccanico Open Heart Black Dial Black Stainless Steel Strap.
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/ballast-trafalgar-dreadnought-bl313602-black-open-heart-dial-black-leather-strap-313781

Rekomendasi selanjutnya adalah Emporio Armani Automatic AR60054 yang punya dominasi warna hitam. Dengan tampilan komplikasi open heart, pergerakan mesin jam tangan dapat terlihat sehingga terlihat kompleks dan klasik. Pada bagian bezel-nya terdapat indikator menit.

Bagian case jam tangan ini terbuat dari material stainless steel dengan ukuran diameter 43mm dan tebal 13mm. Jam tangan Emporio Armani ini dibekali fitur water resistant hingga 50 meter. Emporio Armani Automatic AR60054 dibanderol dengan harga Rp5,3 jutaan.

Baca juga : Sapphire Crystal Glass vs Mineral Glass, Pilih yang Mana?

Emporio Armani sendiri merupakan salah satu brand fashion yang juga memiliki koleksi jam tangan mewah. Dengan series ini, kamu bisa tampil dengan sporty dengan tampilan yang manly. Untuk bagian dial-nyajam tangan automatic ini memiliki tampilan dial dengan model open heart, sehingga pergerakan mesin jam terlihat.

7. D1 Milano Mechanical D1-LNBJ01 Open Heart Blue Dial Titanium Strap

D1 Milano Mechanical D1-LNBJ01 Open Heart Blue Dial Titanium Strap.
D1 Milano Mechanical D1-LNBJ01 Open Heart Blue Dial Titanium Strap.
Sumber:  https://www.jamtangan.com/p/d1-milano-mechanical-d1lnbj01-open-heart-blue-dial-titanium-strap-484781

Rekomendasi terakhir adalah salah satu koleksi D1 Milano, yaitu D1 Milano Mechanical D1-LNBJ01. Jam tangan ini termasuk open heart watch yang memiliki desain yang cukup simple. Warna dial-nya didominasi dengan warna biru gelap hingga terlihat elegan. Untuk movement-nya, jam tangan mekanikal ini digerakan oleh kaliber Seiko SII NH39.

Baca juga : High Accuracy Quartz Watch: Pengertian dan Rekomendasinya

Jam tangan open heart ini memiliki case berbahan titanium, sehingga terlihat premium. D1 Milano Mechanical D1-LNBJ01 dibanderol dengan harga Rp11,4 jutaan.

D1 Milano Mechanical memiliki beberapa jam tangan dengan model skeleton. Merek jam tangan asal Italia ini memiliki desain yang sporty dan elegan, bentuk case-nya mirip dengan Patek Philippe Nautilus, sehingga cocok untuk digunakan saat acara formal.

Baca juga : Sapphire Crystal Glass vs Mineral Glass, Pilih yang Mana?

Nah, itulah pembahasan dan rekomendasi dari jam tangan open heart. Untuk melihat koleksi open heart watch lainnya, kamu bisa langsung kunjungi Jamtangan.com. Dapatkan jam tangan favoritmu dengan harga terbaik.

Oleh: Audi Marchal

Sumber: 

https://www.watch-wiki.net/doku.php?id=open_heart

https://www.horobox.com/en/news-detail/open-heart-watches

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
interview dengan product desain orient

Hideo Kato, Leader of Product Design Orient: Menciptakan Keseimbangan Modern dan Klasika

Next Article
Rekomendasi Jam Tangan Analog Digital

7 Deretan Jam Tangan Analog Digital Terbaik

Related Posts
Total
0
Share