Cek Spek Mido Ocean Star Decompression Worldtimer dengan Fungsi GMT dan Skala Dekompresi! 

Mido Ocean Star
Mido Ocean Star

Beberapa waktu yang lalu, Mido baru saja meluncurkan jam tangan Ocean Star Decompression Worldtimer yang telah dibekali dengan fungsi GMT. Jam tangan ini cocok sekali dipakai oleh watch lover yang punya hobi sports water dan melakukan aktivitas outdoor

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer
Mido Ocean Star Decompression Worldtimer

Koleksi ini terdiri dari dua model jam tangan yaitu Ref. M026.829.17.041.00 dengan bezel biru dan Ref. M026.829.17.051.00 dengan bezel hitam. Yang menarik adalah Ocean Star Decompression Worldtimer tersebut sudah tersedia di Jamtangan.com. Nah, kalau kamu penasaran dengan fitur dan spesifikasinya, nih Minwatch kasih ulasan lengkap untuk kamu semua!

Baca juga : Review Mido Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer Mengusung Vintage-Style

Mido Ocean Star Skin Diver 1961
Mido Ocean Star Skin Diver 1961

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer dirancang dengan mengusung vintage style. Diver watch ini diciptakan dengan tampilan dial unik yang terinspirasi dari model Mido Ocean Star Skin Diver yang diluncurkan pada tahun 1961. Seperti yang bisa kamu lihat, model jam tangan Ocean Star Decompression Worldtimer dirancang dengan dial colorful yang menampilkan skala dekompresi.

Penambahan Fungsi GMT pada Ocean Star Decompression Worldtimer

Fungsi GMT pada Mido Ocean Star Decompression Worldtimer
Fungsi GMT pada Mido Ocean Star Decompression Worldtimer

Ocean Star Decompression Worldtimer dirancang dari stainless steel case yang dipoles berukuran 40,5 x 13,4 mm. Jam tangan ini juga dilengkapi unidirectional rotating bezel yang ditampilkan dengan aluminium ring berwarna hitam atau biru yang memiliki fungsi ganda. Yang pertama memungkinkan pengguna dapat menghitung waktu diving dan kedua untuk menunjukan nama 24 kota di mana masing-masing mewakili satu zona waktu internasional. Hal ini dapat dilakukan dengan mengombinasikan jarum GMT merah dan skala 24-jam pada dial untuk mengetahui zona waktu kedua berdasarkan kota tertentu. Fitur GMT pada jam tangan ini ialah berjenis Traveller’s GMT dimana jarum jam utama bisa disesuaikan tanpa mempengaruhi jarum jam GMT merah. 

Membaca Skala Dekompresi pada Ocean Star Decompression Worldtimer

Skala dekompresi pada Mido Ocean Star Decompression Worldtimer
Skala dekompresi pada Mido Ocean Star Decompression Worldtimer

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer menggunakan box-shaped sapphire crystal yang anti reflektif. Sedangkan pada dial ditampilkan skala dekompresi dengan warna-warna cerah. Layout grafis pada skala dekompresi ini secara langsung terinspirasi dari model yang digunakan pada tahun 1961. Lalu, bagaimana cara membaca skala dekompresi tersebut? 

Perlu kamu ketahui bahwa kedalaman air ditunjukan pada posisi pukul 12 dengan satuan meter/feet dan ditunjukan dari bagian tengah ke luar oleh empat lingkaran. Kedalaman penyelaman air ada beberapa range yaitu:

  • Penyelaman antara 25 meter/80 feet dan 29 meter/ 94 feet.
  • Penyelaman antara 30 meter/95 feet dan 34 meter/109 feet.
  • Penyelaman antara 35 meter/110 feet dan 39 meter/129 feet.
  • Penyelaman antara 40 meter/130 feet dan 44 meter/149 feet
  • Kedalaman air di atas 45 meter atau 149 feet tidak dimasukan karena pada kedalaman tersebut dianggap berbahaya bagi penyelam.

Pada tiap lingkaran yang berbeda warna tersebut juga terdapat angka-angka yang dimulai dari angka “0” dan akan terus bertambah jika dibaca searah jarum jam. Jumlah waktu dari pukul 12 hingga “0” pada masing-masing lingkaran yang berwarna disebut sebagai ‘clean time’ atau waktu dimana penyelam tidak perlu melakukan dekompresi. 

Baca juga : GMT Adalah: Definisi & Fungsi Fiturnya pada Jam Tangan

Angka setelah “0” pada lingkaran berwarna menunjukan periode dimana penyelam harus melakukan dekompresi di kedalaman tertentu, demi keselamatan penyelam. Pengguna hanya perlu mengatur jarum menit pada pukul 12 ketika mulai menyelam agar dapat membaca informasi jam tangan setelah turun ke air.

Baca juga : New Arrival: Mido Ocean Star 200C Blue yang Tangguh di Lautan

Dua Model Jam Tangan Mido Ocean Star Decompression Worldtimer

Ref. M026.829.17.051.00
Ref. M026.829.17.051.00

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer terdiri dari dua model jam tangan yaitu Ref. M026.829.17.041.00 dan Ref. M026.829.17.051.00. Model pertama Ref. M026.829.17.041.00 dirancang menggunakan background berwarna navy blue dengan lingkaran waktu dekompresi berwarna kuning, hijau, pink, dan biru. Rotating bezel-nya terlihat serasi dengan aluminium ring biru dan nama-nama kota dibuat dengan font berwarna silver

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer berpendar hijau pada kondisi gelap
Mido Ocean Star Decompression Worldtimer berpendar hijau pada kondisi gelap

Jarum dengan jarum merah merupakan jarum GMT untuk menunjukan zona waktu kedua.  Pada posisi pukul 3 terdapat date window berbentuk trapesium. Sedangkan jarum jam, jarum menit, jarum GMT, indeks, dan dot pada bezel dilengkapi Super-LumiNova untuk membantu membaca waktu di kondisi minim cahaya.

Ref. M026.829.17.051.00
Ref. M026.829.17.051.00

Model kedua yaitu Ref. M026.829.17.051.00 menampilkan tabel dekompresi dengan gradien warna kuning hingga oranye. Jam tangan dengan ketahanan air 200 meter ini juga menampilkan warna khas Mido dengan dial hitam serasi dengan insert aluminium bezel hitam. Sedangkan caseback-nya terdapat ukiran starfish, logo bersejarah dari Ocean Star.

Movement Caliber 80 Memiliki Power Reserve 80 Jam

Caseback Mido Ocean Star Decompression Worldtimer
Caseback Mido Ocean Star Decompression Worldtimer

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer menggunakan automatic movement caliber 80 dengan base ETA C07.661 dan memiliki power reserve 80 jam. Movement ini beroperasi pada frekuensi 3 Hz dan juga dibekali anti-magnetic Nivachron balance spring.

Mido Ocean Star Decompression Worldtimer saat dipakai di pergelangan tangan
Mido Ocean Star Decompression Worldtimer saat dipakai di pergelangan tangan

Baca juga : Mido Ocean Star Decompression Worldtimer Diluncurkan Eksklusif di Kapal Pesiar

Tiap model jam tangan hadir dengan dua strap yang dilengkapi quick change system. Kedua strap tersebut ialah tropical rubber strap dan milanese mesh bracelet yang tersedia di dalam kotak jam.

So, kalau kamu suka dengan olahraga air dan aktivitas outdoor, jam tangan Mido Ocean Star Decompression Worldtimer wajib masuk dalam daftar buruan. Kabar baiknya, kedua jam tangan tersebut sudah mendarat di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Alexandre Christie AC 6612

Sambut Alexandre Christie AC 6612 Exclusive 2.0 Only at Jamtangan.com

Next Article
Spinnaker Hull Commander Automatic Lapidary Limited Edition

Limited Edition, Spinnaker Hull Commander Automatic Lapidary dengan Keindahan Ala Batu Mulia

Related Posts
Total
0
Share