Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia Bedanya Office GMT dan Travel GMT!

jam tangan gmt
jam tangan gmt

Bagi yang suka keliling dunia, jam tangan GMT merupakan item yang wajib dimiliki.  Jam tangan GMT memiliki keunggulan dalam mengatur waktu sesuai zona waktu di penjuru dunia. Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, ternyata ada dua macam jam tangan GMT yaitu jam tangan Office GMT atau sering disebut sebagai caller GMT dan jam tangan Travel GMT. Seperti apa perbedaannya? Yuk, simak ulasan Minwatch berikut ini yah!

Pengertian Jam Tangan GMT

Jam tangan GMT (Greenwich Mean Time) adalah jenis jam tangan yang menampilkan dua atau lebih zona waktu secara bersamaan. GMT merupakan standar waktu global yang berbasis di Royal Observatory Greenwich di London, Inggris.

Pada umumnya, jam tangan GMT memiliki tampilan jam dan menit seperti jam tangan pada umumnya, namun dilengkapi dengan jarum tambahan yang menunjukkan zona waktu kedua pada lingkaran jam di dalamnya. Jarum tambahan ini biasanya berbeda warna dan panjang dari jarum jam dan menit, sehingga memudahkan pengguna untuk membedakan antara zona waktu pertama dan kedua.

Cikal bakal jam tangan GMT sebenarnya sudah ada sejak tahun 1953 lewat brand Glycine yang membuat Glycine Airman dimana  jam tangan mampu melacak dua zona waktu dengan indikator di dial 24 jam dan bezel 24 jam. Untuk lebih lengkapnya mengenai sejarah  jam tangan GMT kamu bisa baca di sini ya!

Seperti yang disebut Minwatch, jam tangan GMT dibagi menjadi 2 jenis yaitu jam tangan Office GMT dan jam tangan Travel GMT. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing, kira-kira kamu bakal cocok pakai yang mana? Jawabannya ada di bawah ini ya! 

Baca juga: Pecah Telor Movement GMT Baru! Seiko Prospex Diver’s Pertama Dengan Automatic Movement GMT

Jam Tangan Office GMT

Seperti namanya, jam tangan Office GMT (dikenal juga dengan jam tangan caller GMT) ditujukan untuk kaum profesional yang sering berkomunikasi dengan rekan bisnis atau kolega di luar negeri. Kebanyakan jam tangan Office GMT mempunyai indikasi waktu utama yang menjadi standar penentuan waktu, dan jarum zona waktu tambahan. Terdapat satu fungsi pada jam tangan office GMT yang dapat diatur secara independen secara quick set yaitu jarum 24-hour

Dapat disimpulkan jam tangan Office GMT adalah jam tangan yang dapat kamu gunakan saat kamu berada di negara asal dan ingin menampilkan waktu di belahan dunia lain. Kamu dapat gunakan baik untuk melacak waktu di salah satu kantor di luar negeri atau untuk memeriksa waktu rekan bisnis dari negara lain.

Baca juga : GMT Adalah: Definisi & Fungsi Fiturnya pada Jam Tangan

Kapan dan di mana kamu harus pakai jam tangan office GMT? Minwatch punya beberapa rekomendasi waktu dan momen yang pas mengenakan jam tangan ini antara lain:

1. Kantor

Jam tangan GMT sangat berguna di kantor, terutama jika kamu bekerja dengan rekan kerja atau klien dengan zona waktu yang berbeda. Kamu dapat dengan mudah melacak waktu di dua zona waktu yang berbeda dan menyesuaikan jadwal kamu secara efektif.

2. Pertemuan bisnis

Jika kamu bekerja dalam industri yang memerlukan koordinasi dengan rekan kerja atau klien dari berbagai belahan dunia, jam tangan GMT akan sangat berguna saat pertemuan bisnis. Ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan waktu pertemuan dan menghindari kesalahan waktu yang mungkin terjadi.

3. Aktivitas luar ruangan

Jam tangan GMT juga cocok untuk digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, terutama jika kamu berada di tempat yang memiliki zona waktu yang berbeda. Ini akan memudahkan kamu untuk mengatur jadwal kegiatan kamu dan memastikan kamu selalu tiba di tempat tujuan tepat waktu.

Seiko 5 Sports Style GMT.
Seiko 5 Sports Style GMT.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Jam Tangan GMT, Wajib Untuk Traveler Lintas Negara

Jam Tangan Travel GMT

Hobi keliling luar negeri? Kamu bisa kenakan jam tangan Travel GMT.  Berbeda dengan jam tangan office GMT, jam tangan travel GMT umumnya dikenakan saat traveling karena fitur quick set jarum jam utama. Jam tangan ini menampilkan waktu setempat secara terpusat dengan indikator jam dan menit sebagai waktu utama, dan ada juga tampilan jarum 24 jam tambahan di bagian tengahnya. Kamu akan lebih mudah merubah jarum jam utama saat kamu berpindah-pindah tempat ke daerah dengan zona waktu berbeda.

Jam tangan Travel GMT secara tampilan mirip seperti jam tangan Office GMT. Di mana dapat menunjukkan waktu setempat pada jarum jam dan menit. Ada tambahan jarum 24 jam yang  menampilkan waktu di belahan dunia lain, namun mekanisme cara kerjanya berbeda dengan Travel GMT. Beberapa kegunaan dari jam tangan Travel GMT antara lain:

1. Perjalanan luar negeri

Jam tangan Travel GMT sangat berguna saat bepergian ke luar negeri. Kamu dapat dengan mudah melihat waktu di zona waktu asli kamu serta waktu di zona waktu tujuan kamu, sehingga dapat mengatur jadwal dan kegiatan kamu dengan lebih efektif.

2. Penerbangan

Ketika kamu bepergian dengan pesawat terbang, jam tangan Travel GMT dapat membantu kamu mengikuti waktu di zona waktu dimana kamu mendarat. Ini akan sangat membantu saat mengatur jadwal penerbangan, transfer, dan pengambilan bagasi.

3. Liburan

Jam tangan Travel GMT dapat membantu kamu mengatur jadwal aktivitas selama liburan, terutama jika kamu berada di tempat dengan zona waktu yang berbeda. Dengan melihat waktu di dua zona waktu yang berbeda, kamu dapat mengoptimalkan waktu liburan kamu dan menikmati kegiatan yang direncanakan secara optimal.

Seamaster Planet Ocean 600m GMT.
Seamaster Planet Ocean 600m GMT.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Cara Kerja Jam Tangan GMT

Berikut adalah cara kerja jam tangan GMT:

1. Jarum jam utama

Jarum jam utama pada jam tangan GMT menunjukkan waktu di zona waktu setempat / waktu lokal kamu berada. Ini adalah penunjuk waktu utama pada jam tangan dan dapat diatur sesuai dengan zona waktu tempat kamu berada saat ini (Jarum jam utama pada Office GMT tidak bisa diatur independen pada Travel GMT bisa diatur secara independen dan quick set)

2. Jarum jam GMT (jarum jam kedua)

Jarum jam GMT menunjukkan waktu di zona waktu lain, jarum ini merupakan jarum jam tambahan pada jam tangan, yang berputar satu kali dalam 24 jam. Jarum ini menunjuk pada skala 24 jam pada bezel atau inner bezel. Jarum jam GMT ini dapat diatur sesuai dengan zona waktu yang diinginkan (jarum jam kedua pada office GMT bisa diatur secara independen sedangkan pada Travel GMT tidak bisa disesuaikan secara independen dan quick set)

3. Bezel/inner bezel dengan indikator 24 Jam

Beberapa jam tangan GMT memiliki bezel/inner bezel dengan skala 24 jam yang dapat diputar atau tidak dapat diputar. Fungsi skala ini untuk menunjukkan waktu di zona waktu yang berbeda atau zona waktu negara asal kamu ketika kamu sedang di luar negri. Biasanya terdapat latar belakang warna terang pada skala 6-18 dan warna gelap pada skala 18-6. Hal ini agar kamu bisa mengetahui siang dan malam di zona waktu berbeda.

Dengan cara kerja tersebut, kamu dapat melihat waktu di dua zona waktu yang berbeda pada satu jam tangan, sehingga memudahkan kamu mengatur jadwal dan aktivitas di dua zona waktu yang berbeda.

Baca juga: Serbuan Seiko Prospex Baru Di Awal 2023: Trio Black Series Hingga Sumo Solar GMT

Perbedaan Jam Tangan Office GMT dan Jam Tangan Travel GMT

Perbedaan jam tangan Office GMT dan Travel GMT terdapat pada bagian cara kerja movement. Mekanisme movement pada jam tangan Travel GMT, jarum jam yang bisa disesuaikan secara independen dan quick set ialah jarum jam utama, hal ini mempermudah kamu menyesuaikan jarum jam utama dengan zona waktu dimana kamu mendarat atau berkunjung.

Umumnya ketika kamu menyesuaikan jarum jam utama dengan zona waktu dimana kamu berkunjung, jarum jam utama akan bergerak secara jumping hours, karena kepraktisan inilah disebut Travel GMT.

Sedangkan pada Office GMT, jarum jam kedua (24 hour hand) atau jarum jam penunjuk zona waktu kedualah yang bisa disesuikan secara independen dan quick set, sedangkan jarum jam utama tidak bisa kamu sesuaikan secara independen, sehingga kurang praktis jika dipakai bepergian ke belahan dunia dengan zona waktu berbeda.

Mido Ocean Star GMT Special Edition.
Mido Ocean Star GMT Special Edition.
Sumber: Monochrome-watches.com.

Glycine Airman, Jadi Jam Tangan GMT yang Terkenal

Salah satu contoh jam tangan GMT yang terkenal yaitu Glycine Airman, yang memulai debutnya pada tahun 1953. Jam tangan ini dirancang khusus untuk para pilot dan pengguna perjalanan internasional, karena memiliki fitur dual time zone (pengguna memungkinkan membaca dua zona waktu secara bersamaan). Glycine Airman juga dilengkapi dengan bidang waktu GMT yang dapat diputar untuk menyesuaikan zona waktu yang diinginkan dan jarum jam GMT yang khas berwarna merah.

Glycine Airman sangat terkenal karena desain yang ikonik, dengan bentuk dan ukuran yang sangat unik pada masanya. Jam tangan ini memiliki diameter besar yang relatif besar untuk jam tangan pada tahun 1950-an, dengan lingkaran di sekitar bezel yang dapat diputar untuk menyesuaikan zona waktu GMT. Karena fitur dan desain yang inovatif pada masanya, Glycine Airman menjadi jam tangan favorit di kalangan pilot dan pengguna perjalanan internasional pada era penerbangan komersial yang berkembang pesat.

Baca juga artikel ini : Review Breitling Avenger Automatic GMT 45 Night Mission

Jam tangan GMT Glycine Airman 1953.

Jam tangan GMT Glycine Airman 1953.
Sumber: Watchtime.com.

Kira-kira jam tangan GMT mana yang pas untuk kamu? Jam Tangan Office GMT atau Jam Tangan Travel GMT? Dapatkan informasi lengkap seputar dunia horologi hanya di Blog Jamtangan.com. Kamu juga bisa beli jam tangan di Jamtangan.com dan dapatkan koleksi-koleksi menarik dari brand-brand terkemuka di seluruh dunia!

Oleh: Rahel Humillang

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan tissot

Sejarah Tissot, Berawal dari Jam Saku Hingga Jadi Brand Swiss yang Mendunia

Next Article
jam tangan cewek 2023

Bingung Cari Jam Tangan Stylish Harga Merakyat untuk Cewek? Contek di Sini, Ya!

Related Posts
Total
0
Share