10 Rekomendasi Jam Tangan Vintage untuk Para Kolektor

jam tangan vintage
jam tangan vintage

Terakhir diubah pada 2022/11/19 at 10:39am oleh Contributor

Sebuah jam tangan bisa dikatakan sebagai jam tangan vintage ketika memiliki salah satu dari 2 ciri ini yaitu jam tangan yang memiliki tampilan yang klasik atau jam tangan jadul yang usianya sudah puluhan tahun. Namun, kali ini Minwatch akan merangkum 10 jam tangan vintage yang cukup legendaris. Pesona jam tangan vintage klasik yang ikonik ini menjadikan deretan jam tangan ini populer di kalangan pecinta jam tangan maupun para kolektor. Dari beberapa koleksi jam tangan vintage yang akan Minwatch ulas, ada beberapa koleksi yang meluncurkan versi reissue-nya. Untuk kamu para kolektor jam tangan, berikut deretan rekomendasi jam tangan vintage dengan beberapa seri versi reissue-nya.

1. Rolex GMT-Master 1675

Rolex GMT-Master 1675 merupakan jam tangan vintage yang sangat ikonik. Seri Rolex GMT Master vintage ini sering juga disebut dengan “pepsi”, yang didapat dari warnanya. Jam tangan Rolex vintage ini termasuk jam tangan pilot, yang mana pada tahun 1952 pilot dari maskapai Pan Am menggunakan seri Rolex GMT. Para kolektor mungkin sudah tidak asing lagi dengan kepopuleran jam tangan Rolex ini.

Untuk spesifikasinya, Rolex GMT-Master 1675 memiliki case berdiameter 40mm dan terbuat dari stainless steel. Sebagai jam tangan dengan fitur GMT, bagian bezel-nya dapat diputar dan terdapat indeks waktu kedua. Selain itu, jam tangan vintage ini menggunakan movement automatic.

 ciri-ciri jam tangan Rolex asli dan KW untuk membantumu mengenali ciri-ciri jam Rolex asli dilihat dari beberapa indikator yang paling mudah dikenali. So, ini dia beberapa cara membedakan jam Rolex asli dan palsu yang wajib diketahui semua watchlovers! 

2. Seiko 6309 Diver

Buat para penggemar Seiko, rekomendasi satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Seri Seiko 6309 Diver atau biasa disebut dengan nickname-nya “Seiko Turtle” merupakan jam tangan vintage legendaris. Jam tangan Seiko ini mulai diperkenalkan pada tahun 1976, yang mana hanya dijual di Jepang (JDM) dan bertahan selama 13 tahun hingga 1988. Setelah Seiko 6309 Diver, series 6309 muncul dan dipasarkan untuk global. Bentuk case-nya yang menyerupai cangkang kura-kura menjadi karakter dan ikon dari series Seiko diver ini.

Jam tangan automatic ini dibekali kaliber 6309 yang punya fitur day date pada bagian dial-nya. Bagian case terbuat dari stainless steel berdiameter 44mm, sedangkan bezel-nya bisa diputar sebagaimana bezel diver. Jam tangan diver legendaris ini dapat menyelam hingga 150 meter.

Salah satu koleksi terbaru dari series Seiko yang cukup ikonik ini yaitu Seiko Prospex SRPE03K1 King Turtle Automatic Black Dial Stainless Steel Strap. Terdapat beberapa peningkatan spesifikasi pada koleksi ini, salah satunya water resistant-nya. Koleksi terbarunya ini bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 200 meter, selain itu koleksi terbaru ini sudah memakai sapphire crystal dan ceramic bezel. Kamu bisa cek beberapa series Seiko Prospex Turtle lainnya hanya di Jamtangan.com

Baca juga : Ini 10 Seiko Dive Watch Terbaik Cocok untuk Sambut 2021

Seiko Diver merupakan jam tangan produksi Seiko yang diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan profesional khususnya untuk kegiatan diving.

3. IWC Mark XII

Rekomendasi selanjutnya adalah jam tangan IWC Schaffhausen. Merek asal Swiss ini memiliki koleksi jam tangan vintage yang patut jadi rekomendasi, salah satunya IWC Mark XII. Jam tangan ini diluncurkan pada tahun 1993 dan kini telah berumur lebih dari 20 tahun. Dari bentuk dan tampilan, jam tangan IWC ini bisa dibilang pesaing dari Rolex Explorer 14270.

IWC Mark XII memiliki simbol segitiga pada bagian dial-nya, yang mana tampilan ini banyak dimiliki jam tangan pilot. Pada bagian dial, jam tangan automatic ini memiliki model indeks arabic numerals. Dengan model strap bracelet, bentuknya cukup ikonik untuk jam tangan vintage. Untuk case-nya terbuat dari stainless steel dengan ukuran diameter 36mm.

Baca juga : IWC Schaffhausen: 3 Jam Tangan Pilot Seri Top Gun

4. Seiko 6159-7010 Grandfather Tuna

Rekomendasi jam tangan vintage selanjutnya masih dari lini diver watch milik Seiko, yaitu Seiko 6159-7010 Grandfather Tuna. Menurut sejarahnya, terciptanya series ini dikarenakan para penyelam yang mengeluh dengan kegagalan pada jam tangan diver hingga akhirnya pada tahun 1975 brand asal Jepang ini merilis Seiko 6159-7010. Tampil dengan material case berbahan titanium berlapis keramik serta strap rubber yang nyaman dipakai. Seri legendaris Seiko ini dapat menyelam hingga 600 meter dengan model screw on crown dan bezel diver yang bisa diputar.

Seiko 6159-7010 Grandfather Tuna ini punya versii terbaru yaitu Seiko Prospex Tuna. Seiko Prospex SNE498P1 adalah salah satu koleksi yang tentunya mendapatkan beberapa peningkatan, seperti solar powered. Untuk bagian bezel-nya, koleksi dari series Seiko Prospex Tuna ini punya bezel diver yang bisa diputar satu arah. Kamu bisa membelinya dengan harga Rp3 juta-an saja di Jamtangan.com.

Seiko Tuna adalah salah satu jam tangan penyelam paling legendaris, tak hanya bagi merek Seiko sendiri, melainkan juga bagi pelaku kegiatan menyelam. 

Baca juga : 7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-an!

5. Tudor Submariner 94110 dan 94010

Selanjutnya ada brand asal Swiss, yaitu Tudor series Submariner. Merek jam yang terkenal dengan jam tangan mekaniknya ini memiliki koleksi vintage yang populer juga, yaitu Tudor Submariner 9411 dan 9401. Untuk series 9411 punya nickname “Snowflake”, sedangkan saudaranya biasa disebut dengan “Lollipop”.

Kedua series ini diluncurkan pada tahun 1976 dan kini bisa jadi referensi para kolektor. Dengan material utama terbuat dari stainless steel, jam tangan yang ikonik ini memiliki  bezel diver yang bisa diputar. Untuk mesinnya, Tudor Snowflake digerakkan oleh kaliber 2776, sedangkan Tudor Lolipop dilengkapi movement kaliber 2783 dengan date window pada indeks jam 3.

6. Rolex GMT-Master II 16710

Rolex memang jadi brand yang cukup populer dengan koleksi jam tangannya yang ikonik. Selain rekomendasi sebelumnya (GMT-Master 1675), Rolex juga punya jam tangan vintage lain yang patut jadi pilihan para kolektor, yaitu Rolex GMT-Master II 16710. Generasi kedua dari Rolex GMT-Master ini cukup dicari dan diincar oleh para kolektor jam tangan karena keberadaannya yang cukup langka.

Rolex GMT-Master II 16710 memiliki movement automatic kaliber 3185 dengan daya cadangan hingga 48 jam dan fitur tanggal. Selain itu, jam tangan automatic ini punya fitur GMT yang dapat menunjukan zona waktu kedua pada bagian bezel-nya. Material utama dari jam tangan Rolex vintage ini adalah stainless steel dengan kaca depan berbahan sapphire crystal.

Baca juga : Rolex Daytona Paul Newman: Hadiah Dari Istri Tercinta

7. King Seiko 5625-7000

King Seiko 5625-7000 merupakan salah satu jam tangan legendaris milik Seiko yang diperkenalkan pada tahun 1960. Penciptaan series ini didasari oleh persaingan dua pabrik Seiko, yakni Suwa Seikosha dan Daini Seikosha yang ingin menciptakan jam tangan yang memiliki akurasi tinggi dengan estetika yang indah. Penggemar Seiko pasti sudah tidak asing dengan series ini dan sudah pasti jadi incaran para kolektor jam tangan antik.

Dengan tampilan dial berwarna putih yang simpel, jam tangan model hi-beat punya daya tarik tersendiri. Bagian case terbuat dari material stainless steel dengan diameter 36mm serta strap berbahan leather yang menambah kesan klasik. King Seiko 5625-7000 punya movement automatic kaliber 5625A dengan fitur tanggal yang ada pada posisi angka 3.

King Seiko ini juga punya salah satu  koleksi terbarunya, yaitu Seiko King Seiko SPB281J1 dengan strap stainless steel. Koleksi barunya ini dibekali movement kaliber 6R31 yang punya akurasi 25 sampai 15 detik per hari dan power reserve hingga 70 jam. Untuk harganya, jam tangan ikonik ini dibanderol dengan harga Rp21 juta-an. Kamu bisa cek beberapa series King Seiko lainnya hanya di Jamtangan.com

Baca juga : Jajaran Seiko Terbaru 2022 yang Siap Memukau Para Kolektor Jam Tangan

nggak sedikit replika Seiko dijual di pasaran. Kamu dengan mudah bisa mendapatkannya di black market maupun online shop. Ada yang terlihat jelas bahwa itu KW, tapi ada pula yang sulit dibedakan dengan aslinya.

8. Rolex Explorer 14270

Rekomendasi jam tangan vintage selanjutnya Rolex Explorer 14270 yang merupakan pesaing dari IWC Mark XII. Dengan tampilan simpelnya, series Rolex vintage ini sangat disukai para pecinta jam tangan, khususnya kolektor. Bagian dial jam tangan vintage ini berwarna hitam dengan model indeks arabic numeric dan 3 hands yang menunjukan jam, menit dan detik. Banyak yang bilang desainnya ini tak lekang oleh waktu, sehingga masih sangat enak dilihat sampai saat ini.

Material utama dari Rolex Explorer 14270 adalah stainless steel dengan diameter 36mm. Dibekali dengan kaliber 3000, jam tangan automatic ini punya daya cadangan hingga 42 jam. Selain itu, jam tangan vintage ini dapat tahan air hingga 100 meter.

Baca juga : Rolex Hulk dan 7 Koleksi Jam Tangan Robert Downey Jr

9. Rolex Oysterdate Precision 6694

Rolex memang memiliki banyak series jam tangan vintage yang banyak jadi incaran para kolektor. Selain series Rolex vintage sebelumnya, Rolex Oysterdate Precision 6694 ini juga jadi rekomendasi versi Minwatch. Tetap dengan tampilan dial yang simpel, jam tangan mekanikal ini punya komplikasi movement yang punya fungsi tanggal dan termasuk model manual winding. Fitur tanggal dapat dilihat di posisi angka 3 pada bagian dial. Selain itu, logo ikonik Rolex ditempatkan pada indeks jam 12.

Jam tangan dengan material utama stainless steel ini punya diameter 35mm. Dengan ukuran yang cukup ramping ini, Rolex Oysterdate Precision 6694 dapat dipakai oleh pria maupun wanita.

Baca juga : 7 Harga Jam Rolex Asli Termahal di Dunia

10. Rolex Explorer 1016

Rekomendasi terakhir tetap jatuh pada brand Rolex, tepatnya series Rolex Explorer 1016. Seri ini bisa dibilang tidak terlalu langka sehingga cukup mudah didapat. Tak hanya itu, harga series ini bisa dibilang cukup terjangkau untuk jam tangan vintage dari brand yang populer sekelas Rolex.

Jam tangan Rolex vintage ini sudah diproduksi lebih dari 25 tahun. Desainnya bisa dibilang tak lekang oleh waktu dengan warna dial hitam dan 3 buah jarum yang menunjukkan jam, menit dan detik. Untuk mesinnya, Rolex Explorer 1016 digerakan oleh kaliber 1570.

Bukan rahasia lagi di kalangan para pembuat jam tangan, bahwa desain jam tangan klasik dapat bertahan lebih lama dan tidak termakan oleh trend yang sedang viral saat ini. 

Jam tangan vintage memang punya pesona tersendiri, sehingga tak sedikit koleksi jam tangan antik yang jadi incaran. Tampilan klasik dan kesan retro bisa kamu dapatkan juga pada jam tangan baru, dan pastinya original. Dapatkan koleksi jam tangan klasik dari brand ternama dengan harga terbaik, hanya di Jamtangan.com

Oleh: Audi Marchal

Sumber:
https://www.fratellowatches.com/top-10-vintage-watches-according-to-you/#gref
https://www.chrono24.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
franck muller rayakan anniversary ke 30 lewat 3 jam chronograph

Tiga Model Jam Tangan Baru Dirilis Pada Franck Muller 30th Anniversary ‘Tribute’ Chronographs

Next Article
opini seiko diver

Opini Minwatch Tentang Seiko Diver

Related Posts
Total
0
Share