Sejarah Jam Tangan TAG Heuer Monaco yang Ikonik

Sejarah Jam Tangan TAG Heuer Monaco
Sejarah Jam Tangan TAG Heuer Monaco

Jam tangan TAG Heuer Monaco adalah salah satu jam tangan ikonik karena memiliki desain unik. Sang pencetus jam tangan, yaitu Jack Heuer sukses membuat konsep yang visioner dengan membuat keputusan tepat saat menempatkan Monaco pada pedestal.

Jam tangan TAG Heuer Monaco
Jam tangan TAG Heuer Monaco
Sumber: Timeandtidewatches.com

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah TAG Heuer Monaco, Minwatch akan mengulas histori perjalanan TAG Heuer Monaco hingga dikenal seperti sekarang ini. Yuk, simak sama-sama artikel selengkapnya di bawah ini!

Jam tangan Tag Heuer bisa dibilang merupakan jam tangan mewah, sehingga banyak produk KW atau palsu yang beredar di pasaran. Oleh karena itu, informasi mengenai ciri-ciri jam tangan Tag Heuer yang asli wajib untuk diketahui kamu.

Asal Mula Pengembangan Jam Tangan TAG Heuer Monaco

Jam tangan TAG Heuer Monaco Calibre 11
Jam tangan TAG Heuer Monaco Calibre 11
Sumber: Revolutionwatch.com

Jam tangan TAG Heuer Monaco yang berbentuk kotak persegi diperkenalkan pertama kali ke publik tahun 1969. Jam tangan tersebut tahan air hingga 100 meter dan didukung oleh automatic chronograph movement calibre 11.

Tahun tersebut menjadi momen luar biasa dalam pembuatan jam tangan karena Seiko dan Zenith juga memperkenalkan jam tangan automatic chronograph. Persaingan antar brand pun makin sengit hingga membuat Jack Heuer berpikir untuk menciptakan sebuah jam tangan yang lebih powerful.

Sebelum memperkenalkan Monaco, awalnya Jack Heuer berencana meluncurkan Calibre 11 pada koleksi Carrera dan Autavia. Namun, hal itu urung dilakukan karena Jack ingin membuat dampak signifikan dengan movement barunya. 

Akhirnya, Jack Heuer memutuskan untuk bergabung dengan Erwin Piquerez, produsen case dari Swiss. Langkah selanjutnya pun dilakukan dengan mengembangkan case berbentuk persegi dan tahan air, yaitu Monaco. Pada 3 Maret 1969, Jack Heuer memperkenalkan Monaco 1133B pada dunia.

Baca juga : 10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

TAG Heuer Monaco Makin Populer Sejak Digunakan Oleh Steve McQueen Tahun 1971

Steve McQueen menggunakan Tag Heuer Monaco Calibre 11 dalam film Le Mans (1971)
Steve McQueen menggunakan Tag Heuer Monaco Calibre 11 dalam film Le Mans (1971)
Sumber: Watchrepair.net

Saat meluncurkan jam tangan Monaco dengan calibre 11, Jack Heuer membuat kesepakatan komersial dengan pembalap F1 bernama Jo Siffert. Dia adalah penggemar jam tangan Heuer dan menjadi brand ambassador pertama brand tersebut. Pada tahun 1970, Siffert menjabat sebagai production support untuk film berjudul ‘Le Mans’. 

Pada kesempatan tersebut, Siffert bertemu dengan McQueen, yang akan memainkan peran sebagai Michael Delaney. Dalam peran tersebut, McQueen memutuskan untuk menggunakan Monaco 1133B yang penampilannya terlihat unik dan tidak konvensional. Sejak saat itu, jam tangan TAG Heuer Monaco makin dikenal luas.

Baca juga : 10 Jam Termahal Di Dunia, Terbuat dari Apa?

Inovasi Lanjutan Pada Jam Tangan TAG Heuer Monaco

TAG Heuer Monaco Gulf Special Edition
TAG Heuer Monaco Gulf Special Edition
Sumber: Monochrome-watches.com

Inovasi terus dilakukan oleh TAG Heuer Monaco. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, warisan dari Monaco calibre 11 yang asli menjadi referensi dasar dari CAW211A. Pada peringatan brand yang ke-40 tahun 2009, TAG Heuer memperkenalkan CAW211A yang hanya diproduksi 1.000 pieces

Jam tangan ini menjadi edisi spesial dalam skema warna “McQueen” yang dirancang dengan blue dial dan sub-dial berwarna putih, diameter case 38 mm, bagian crown ada di sisi sebelah kiri, dan chronograph pusher ada di sisi sebelah kanan.

Bagian dial-nya sendiri menawarkan indeks horizontal klasik, tetapi bagian pusher dirancang dengan bentuk persegi panjang. Sementara itu, bagian caseback memiliki dekorasi unik dengan tanda tangan Jack Heuer dan edition number.

Baca juga : 10 Brand Jam Tangan Wanita Termahal di Dunia

Jam tangan tersebut menggunakan in-house calibre 11, yaitu modular movement berdasarkan pada Sellita SW300 dan modul Dubois-Dépraz. Inovasi lanjutan terus dilakukan hingga TAG Heuer Monaco sukses meluncurkan jam tangan fantastis, seperti TAG Heuer Monaco Vintage Chronograph CAW211B yang menjadi interpretasi ulang dari ref. 1133 G dari tahun 1972.

Demikianlah sejarah TAG Heuer Monaco hingga menjadi brand jam tangan yang dikenal dunia. Kini, TAG Heuer Monaco terbaru yang menggunakan calibre 11 ialah CAW211P.FC6356 dan yang menggunakan calibre 02 adalah TAG Heuer Monaco Gulf CBL2115.FC6494.

Referensi:

https://revolutionwatch.com/brief-history-tag-heuer-monaco/
https://www.watchrepair.net/wp-content/uploads/2021/01/steve-mcqueen_tag_lemans-1536×864.jpg
https://monochrome-watches.com/wp-content/uploads/2022/03/TAG-Heuer-Monaco-Gulf-Special-Edition-Calibre-Heuer-02-2022-Watches-and-Wonders-CBL2115_FC6494-hands-on-4.jpg

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
investasi jam tangan

10 Rekomendasi Vintage Dress Watch Untuk Investasi

Next Article
jam tangan piala dunia 2022

Jadi Official Watch, Hublot Bagi-Bagi Jam Tangan Kepada Seluruh Official Piala Dunia 2022 di Qatar

Related Posts
Total
0
Share