Review Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster yang Ikonis

Seiko Prospex SBDX013
Seiko Prospex SBDX013

Kali ini, Minwatch me-review jam tangan yang sangat ikonis, yaitu Seiko Prospex Dark Emperor Tuna Marinemaster dengan Ref SBDX013. Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster merupakan diver watch yang kokoh, dengan ketahanan yang luar biasa. Tidak salah kalau jam tangan yang satu ini menjadi incaran para profesional divers. Kali ini Seiko akan menemani petualangan air kamu lewat Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster. Yuk, simak review dari Minwatch berikut ini!

Sekilas Tentang Seiko Prospex Tuna 

Tidak salah jika Seiko Prospex Tuna mempunyai julukan “Tuna”, karena jam tangan ini memiliki pelindung luar (shroud) yang nampak seperti kaleng ikan tuna. Seiko Prospex Tuna begitu ikonik, dan bahkan membutuhkan waktu lebih dari 7 tahun untuk merancangnya. 

Proses desain dimulai pada tahun 1968 ketika seorang penyelam mengeluh bahwa jam tangan Seiko-nya tidak memiliki ketahanan yang maksimal. Kemudian Seiko Tuna dirilis pada tahun 1975 oleh tim desain yang dipimpin oleh Ikuo Tokunaga. 

Jam tangan tersebut memiliki banyak fungsi hingga Seiko mendapatkan 20 paten. Kemudian, pada tahun 1978, Seiko mengembangkan jam tangan saturation dive quartz watch pertama, dengan julukan Golden Tuna.  Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster merupakan penerus jam tangan ikonik itu.

Baca juga : Punya Ketahanan Gak Main-Main, Seiko Prospex Ini Selalu Jadi Idaman Pecinta Jam Tangan

Review Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster

1. Dial, Hands dan Case 

Dial Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
Dial Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

2. Dial & Hands

Dial Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster hadir dengan warna hitam yang matte, sehingga dapat terhindar dari pantulan cahaya yang mengganggu. Jam tangan ini memiliki indeks yang besar dan kontras, dengan luminous berupa LumiBrite yang dapat berpendar dengan cahaya kehijauan saat keadaan minim cahaya. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kamu untuk membaca waktu. Indeksnya hadir dengan kombinasi angka dan dots, oval plots di angka 3, 6 dan 9 dan bentuk segitiga di angka 12. 

LumiBrite Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
LumiBrite Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

Terdapat 3 jarum, yaitu jam, detik dan menit. jarum jam bergaya arrow dan jarum menit bergaya sword yang dibingkai dengan warna silver. Jarumnya cukup besar dan tebal dan diisi dengan LumiBrite yang melimpah. Jarum menitnya cukup besar supaya memudahkan divers menghitung sesi waktu penyelaman. Kamu juga dapat menemukan window date yang berada di antara penunjuk angka 4 dan 5. Keseluruhan dial yang menawan ini dilindungi dengan kaca Sapphire Crystal.

3. Case

Case Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster hadir dengan material titanium case, dengan lapisan PVD. Material ini selain ringan dan kuat, juga memiliki densitas yang rendah dan ketahanan yang besar terhadap korosi. Dua hal ini merupakan faktor-faktor yang penting bagi diver watch. 

Case jam tangan ini juga memiliki “shroud” yang dapat melindungi jam tangan dari tekanan air saat melakukan penyelaman. Shroud jam tangan ini dibuat dari material black ceramic yang kuat. Case-nya menggunakan struktur one-piece/monobloc, di mana bagian caseback tertutup rapat, sehingga jam hanya bisa dibuka melalui crystal.

Caseback Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
Caseback Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

Baca juga : Deretan Seiko Prospex Solar  Kualitas Juara

4. Bezel: One-way bezel

Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster hadir dengan desain black out, yang mana hampir seluruhnya berwarna hitam total termasuk pada buckle dan bezel. Bezel Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster menghadirkan diving bezel yang khas untuk digunakan para divers dalam menghitung waktu penyelaman. 

Bezel-nya menggunakan one-way rotating bezel yang bisa diputar satu arah berlawanan dengan arah jarum jam. Pada bezel, terdapat indikator skala menit dengan interval 10 menit.

5. Strap

Rubber strap Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
Rubber strap Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster hadir dengan rubber strap warna hitam yang lembut dan nyaman. Bentuknya sangat ideal digunakan di atas pakaian selam kamu.

6. Movement

Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster merupakan jam tangan automatic. Dibekali dengan movement yang lebih modern dan unggul dengan caliber 8L35. Jam tangan ini memiliki power reserve hingga 50 jam, dan akurasi -10 hingga +15 detik per hari yang berdetak dengan 28,800 bph.

Caliber 8L35 dianggap sebagai mechanical movement unggul dari Seiko, karena movement ini memiliki performa tangguh dan fungsional dan dirancang dengan standar paling tinggi. Kelebihan dari caliber 8L35 adalah:

  • Presisi dan selalu akurat untuk kondisi panas dan dingin
  • Memiliki teknik pemrosesan yang rumit agar transfer power berjalan efisien
  • Memiliki performa yang andal

7. Ukuran

Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster saat digunakan.
Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster saat digunakan.

Jika kamu merupakan pria yang menyukai petualangan air, maka Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster adalah teman yang tepat untuk menemani momen diving-mu. Jam tangan ini memiliki diameter case 52,4 mm dengan ketebalan 17,2 mm. Ukuran yang cukup besar ini dapat memudahkan kamu untuk membaca waktu saat penyelaman.

Baca juga : Segera Meluncur, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Limited Edition dengan Warna All Black

8. Fitur Unggulan

Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

a. Profesional ISO Diver 1.000 m

    Jam tangan selam sesuai ISO 6425 dengan ketahanan air 1000 meter dan cocok untuk profesional yang sering melakukan saturation diver.

    b. Material tangguh

      Case titanium dan shroud ceramic menjamin ketangguhan material.

      c. Monobloc case & L-Gasket

        Monobloc case yang dilengkapi L-Gasket diklaim Seiko sanggup menahan helium masuk sampai 99%.

        d. Movement premium dan tangguh

          8L35 merupakan base movement Grand Seiko caliber 9S, yang sudah dilengkapi anti guncangan (diashock) dan magnetic resistance.

          e. Lume sangat terang

            LumiBrite memberikan kemudahan untuk membaca jam tangan dalam kondisi gelap.

            Yuk, Segera Angkut Seiko Prospex Marinemaster Dark emperor Tuna SBDX013 di Jamtangan.com!

            Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.
            Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster.

            Baca juga : Seiko Prospex ‘Arnie’ dan ‘Turtle’ Special Edition Terbaru Dengan Tampilan Makin Fresh

            Sekarang kamu sudah tahu kan keunggulan dari Marinemaster yang satu ini? Kamu bisa dapatkan Seiko Prospex SBDX013 Marinemaster dengan harga Rp38,4 jutaan di Jamtangan.com. Dapatkan pengalaman menyelam terbaikmu dengan jam tangan dari Seiko Prospex!

            Total
            0
            Shares
            Leave a Reply

            Your email address will not be published. Required fields are marked *

            This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

            Previous Article
            G-Shock Gravitymaster GA-1000-1ADR

            Unggulnya G-Shock GA-1000-1ADR Lengkap dengan Twin Sensor

            Next Article
            G-Shock DW-6900NASA23-7

            G-Shock x NASA Hadirkan DW-6900 Terinspirasi Baju Astronot

            Related Posts
            Total
            0
            Share