Perbedaan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7

Mengulik perbedaan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7 memang cukup menarik. Keduanya merupakan smartwatch dari Apple dengan berbagai fitur menarik. Walaupun demikian, Apple Watch Series 7 yang baru merupakan produk langkah maju dari flagship Apple Watch Series 6 saat ini.
apple watch 6 dan 7 tim cook
apple watch 6 dan 7 oleh tim cook

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 10:37am oleh Contributor

Mengulik perbedaan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7 memang cukup menarik. Keduanya merupakan smartwatch dari Apple dengan berbagai fitur menarik. Walaupun demikian, Apple Watch Series 7 yang baru merupakan produk langkah maju dari flagship Apple Watch Series 6 saat ini.

Sebelum peluncuran Apple Watch Series 7, seperti biasa Apple mengambil pendekatan secara bertahap untuk meningkatkan kualitas smartwatch-nya, di mana ini berarti tidak akan terjadi perubahan besar. Namun, seperti apa sebenarnya perbedaan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7? Untuk tahu lebih lanjut, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Desain Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7

Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7
Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7
Sumber: Macrumors

Perbedaan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7 ada pada bagian desain. Pada dasarnya, tampilan Apple Watch hampir tidak berubah selama bertahun-tahun. Anda tidak akan bisa membedakan Apple Watch Series 6 dari Apple Watch 5 atau Apple Watch 4, kecuali jika Anda melihat always-on display yang lebih cerah.

Namun, ada hal yang sedikit berubah pada Apple Watch Series 7. Series 7 ini memiliki desain lebih melengkung dibandingkan dengan model smartwatch Apple sebelumnya. Apabila diperhatikan dengan lebih seksama, perubahan bagian desain ini sangat halus dan ini jelas sekali Apple ingin tetap mempertahankan estetika pada bagian desain secara keseluruhan agar lebih soft.

Apple Watch Series 7 memiliki swim-proof rating hingga 50 meter seperti halnya dengan Series 6, tetapi seri terbaru ini lebih shatter resistant dan dust resistant. Apabila Anda menyukai olahraga outdoor, Anda akan senang dengan Series 7 yang memiliki sertifikasi IP6X.

Baca juga : 11 Smartwatch Terbaik 2022

Display Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7

Layar Apple Watch Series 7 mengalami peningkatan layar lebih besar daripada Series 6. Apple belum mengubah ukuran layar Apple Watch dalam beberapa tahun. Namun sekarang, ukuran layar Apple Watch Series 7 20 persen lebih besar dibandingkan Apple Watch Series 6. Series 7 ini tersedia dengan ukuran 41 mm 45 mm, sementara Series 6 tersedia dengan ukuran 40 mm dan 44 mm.

Dengan bezel kecil 1,7 mm, Apple Watch Series 7 tampak jauh lebih besar. Selain layar yang lebih besar, layar Apple Watch Series 7 juga 70 persen lebih terang dibandingkan Series 6 ketika dalam mode Always-on Display. Hal ini berarti bila smartwatch diletakan di samping Anda, Anda dapat melihat layar smartwatch Series 7 dengan lebih mudah.

Baca juga : Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

Fitur Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7

Display Apple Watch Series 7
Display Apple Watch Series 7
Sumber: Macrumors

Apple biasanya memperkenalkan beberapa fitur eksklusif pada setiap versi baru smartwatch-nya. Apple Watch Series 6 memiliki blood oxygen reader dan always-on altimeter, sementara Apple Watch 5 memiliki sebuah kompas dan iterasi pertama dari always-on display. Namun, Apple Watch Series 7 tidak menawarkan upgrade fitness di luar apa yang tersedia dari WatchOS 8.

Dengan versi software terbaru, Apple Watch mampu melacak pilates dan Tai Chi di antara beberapa peningkatan software lain. Namun, ada satu fitur eksklusif pada Apple Watch Series 7 yang menjadi favorit bagi para pengguna Apple Watch. Fitur tersebut adalah keyboard QWERTY yang lengkap untuk mengetik pesan.

Baca juga : Sejarah Smartwatch yang Perlu Anda Tahu

Battery life Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7

Apple Watch Series 7 didukung oleh chipset S7, sementara itu Apple Watch Series 6 didukung oleh chipset S6. Battery life atau masa pakai baterai Apple Watch Series 6 tidak meningkat dengan chipset S6. Sisi baiknya, secara harfiah always-on display Apple Watch yang sekarang adalah dua setengah kali lebih terang dan kinerjanya 20 persen lebih cepat dibandingkan Series 5.

Apple Watch Series 7 memiliki ketahanan baterai hingga 18 jam, yang berarti sama dengan Apple Watch Series 6 dan Series 5 sebelumnya. Walaupun begitu, Apple Watch Series 7 dapat diisi hingga penuh 33 persen lebih cepat dengan sebuah charging architecture baru menggunakan kabel USB-C magnetic fast charging yang disertakan dalam kemasan. Jika Apple Watch Series 6 mampu mengisi daya hingga 100 persen dalam waktu 1,5 jam, Series 7 dapat mengisi daya 80 persen hanya dalam waktu 45 menit.

Baca juga : Review Garmin D2 Delta PX – Smartwatch Bergengsi untuk Pilot

Tampilan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7

Apple menetapkan standar smartwatch untuk brand-nya sendiri beberapa tahun yang lalu. Oleh karena itulah upgrade terus dilakukan secara bertahap hingga membuahkan hasil. Meskipun tidak terlalu banyak yang berubah dari Apple Watch Series 7, tetapi tampilan yang diperbarui membuat smartwatch ini lebih terlihat keren saat dipakai.

Perbedaan Apple Watch Series 6 dan Apple Watch Series 7 memang tidak terlalu mencolok. Namun, jika Anda suka dengan layar lebih besar, upgrade pada Apple Watch 7 akan memberikan kenyamanan ekstra.

Referensi:

  • https://www.tomsguide.com/face-off/apple-watch-7-vs-apple-watch-6
  • https://www.macrumors.com/guide/apple-watch-series-6-vs-apple-watch-series-7/#:~:text=Overall%2C%20the%20Apple%20Watch%20Series,S7%20chip%2C%20and%20faster%20charging.
  • https://www.macworld.com/article/358065/apple-watch-series-7-vs-series-6-design-display-features-price.html
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seri Seiko Terbaru: Seiko 5 Sports SRPJ79 55th Anniversary Ultraseven Limited Edition

Seri Seiko Terbaru: Seiko 5 Sports SRPJ79 55th Anniversary Ultraseven Limited Edition

Next Article
box jam tangan

3 Jenis Kotak Jam Tangan: Cocok Untuk Menyimpan Koleksi Jam Tanganmu

Related Posts
Total
0
Share