strap jam tangan kulit

7 Rekomendasi Tali Jam Tangan Kulit

Bagi pecinta jam tangan analog pastinya familiar dengan tali jam tangan kulit. Ada juga yang suka mengganti tali jam tangan kulit bahkan hingga mengkoleksinya hingga berbagai warna. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa tali jam tangan memberikan keistimewaan tersendiri bagi penggunanya.

Umumnya tali jam tangan kulit/leather strap bisa dinilai berdasarkan ketebalan dan elastisitas kulit itu sendiri. Biasanya makin tebal dan elastis tali jam tangan kulit, maka makin nyaman untuk digunakan. Karena tali jam tangan kulit/leather strap terbuat dari kulit, biasanya cukup awet dalam penggunaannya.

Tali jam tangan kulit atau yang familiar disebut leather strap merupakan material tali jam tangan yang terbuat dari leather atau kulit hewan ataupun kulit sintetis. Biasanya dibuat dari kulit hewan buaya, sapi, kangguru, dan ular dengan warna yang beragam mulai dari hitam, coklat dan merah. Tentunya jam tangan kulit juga memberikan kesan mewah dan elegan sekaligus dewasa dan formal bagi penggunanya. Produksi tali jam tangan kulit/leather strap juga beragam, ada yang di produksi di butik bahkan hingga homemade.

Cara Merawat Tali Jam Tangan Kulit

Untuk perawatannya sendiri juga tidak boleh diabaikan, lho. Karena walaupun jam tangan kulit ini biasa untuk digunakan sehari-hari, kebersihannya juga perlu diperhatikan supaya tali jam tangan kulit kamu tidak kotor, keropos, ataupun memiliki bau yang tidak sedap.

Nah, kira-kira apa saja sih hal yang harus diperhatikan, supaya dapat merawat tali jam tangan kulit dengan baik?

Yang pertama adalah perhatikan kualitas tali jam tangan kulit kamu sebelum membeli. Sudah bukan rahasia umum, bahwa kualitas jam tangan adalah yang terutama bagi pemakainya. Oleh karena itu, kamu wajib banget nih untuk menggunakan tali jam tangan kulit dengan kualitas yang tinggi. Biasanya kualitas kulit yang tinggi juga memiliki range harga yang tinggi, begitu juga ketika kamu memilih strap jam tangan kulit dengan kualitas yang kurang baik. Perlu diingat juga bahwa leather strap juga mempunyai sifat yang elastis, dapat merenggang menyesuaikan dengan ukuran pergelangan tangan kamu. Oleh karena itu, leather strap semakin lama akan semakin nyaman untuk digunakan.

Lalu yang kedua adalah tali jam tangan kulit biasanya mudah menyerap air dan basah. Karena itu, kamu juga perlu mengingat bahwa tali jam tangan kulit tidak waterproof. Jadi meskipun jam tangan kamu memiliki fitur water resistant, tali jam tangan kulit tetap tidak bisa meresap air dikarenakan memiliki pori-pori. Hal itulah yang biasanya dapat merusak tali jam tangan kulit kamu bahkan hingga memudarkan warna, oleh karena itu penting untuk mengeringkan tali jam tangan kulit yang basah, bisa dengan lap atau kain kering.

Yang ketiga dan yang seringkali dihadapi oleh banyak orang yang menggunakan tali jam tangan kulit adalah bau yang tidak sedap. Karena jam tangan kulit bersifat menyerap keringat di pergelangan tangan kamu, bahkan hingga kotoran juga dapat tersimpan di sela-sela pori-pori kulit jam tangan saat kamu menggunakannya. Untuk menghindari hal ini penting banget supaya kamu dapat “mengistirahatkan” jam tangan kamu supaya kotoran tidak terperangkap di tali jam tangan kulit kamu dan menimbulkan bau tidak sedap. Kamu bisa menghindari aktivitas berlebihan yang berhubungan dengan air saat beraktivitas, sehingga jam tangan tidak basah dan tidak meninggalkan bau yang tidak sedap.

Baca juga: Jangan Cuma Dipakai, Ini Cara Membersihkan Strap Jam Tangan

Cara Memilih Tali Jam Tangan Kulit

Mungkin kamu terlanjur menghadapi tiga dari masalah diatas yang biasa dihadapi oleh pengguna jam tangan kulit. Biasanya bila sudah seperti ini, memang langkah yang terbaik adalah dengan mengganti dengan yang baru. Mungkin kamu kesulitan untuk memilih tali jam tangan yang berkualitas, apalagi banyak sekali pilihan diluar sana, mulai dari jenis kulitnya, hingga berbagai brand tergantung dari jam tangan apa yang kamu pakai.

Yang pertama kamu bisa sesuaikan dengan warna leather strap sebelumnya. Usahakan tidak terlalu kontras dalam memilihnya sehingga warnanya tidak tabrak lari dengan warna case jam tangan kamu. lalu yang kedua kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan aktivitas kamu, misalnya tali jam tangan kulit dengan gaya cuff atau rally biasanya terlihat lebih casual dibanding simple leather atau exotic skin.

Baca juga: Jenis Strap pada jam tangan

Rekomendasi Tali Jam Tangan Kulit

Sekarang kamu sudah mengetahui mengenai cara merawat dan cara memilih tali jam tangan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Berikut 7 rekomendasi tali jam tangan kulit dari Jamtangan.com yang berkualitas dan bakalan kamu suka!

1.     Strap Romeo Handmade

Strap Romeo Handmade in Italy 24mm Brown Leather Silver Buckle 112BD17-24X22
Strap Romeo Handmade in Italy 24mm Brown Leather Silver Buckle 112BD17-24X22. Sumber: Jamtangan.com

Tali jam tangan kulit dengan tampilan vintage yang satu ini hadir dengan 8 pilihan warna mulai dari coklat hingga hitam untuk warn gelapnya. Strap Romeo Handmade in Italy 24mm Brown Leather Silver Buckle 112BD17-24X22 tersedia dalam tiga ukuran lug width sebesar 20mm, 22mm, dan 24mm, dengan panjang tali 75mm / 115mm.

Tali jam tangan kulit Romeo merupakan produksi buatan tangan yang fokus pada kulit, dengan metode tradisional alami dan tanpa bahan pewarna. Tali jam tangan kulit Romeo bersertifikat CITES, (The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora), perjanjian internasional antara pemerintah untuk memastikan bahwa perdagangan internasional spesimen hewan dan tumbuhan liar tidak mengancam kelangsungan hidup hewan.

2.     Strap Jam Tangan Leather Martini Novara

Strap Jam Tangan Leather Martini Novara C16906-22X22 Brown 22mm Silver Buckle
Strap Jam Tangan Leather Martini Novara C16906-22X22 Brown 22mm Silver Buckle. Sumber: Jamtangan.com.

Strap Jam Tangan Leather Martini Novara C16906-22X22 hadir dengan bentuk yang menawan, dengan warna coklat yang elegan dan enam pilihan warna lainnya. Dengan menggunakan material Classic Italian Leather, jam tangan ini memiliki lug width sebesar 20mm dan 22mm, dengan panjang tali 265mm.

Strap Jam Tangan Leather Martini merupakan salah satu tali jam tangan kulit yang bagus dari segi desain kualitas. Kulit yang digunakan Martini adalah kulit berkualitas baik dari Italia. Tali jam tangan ini dikenal dengan gayanya yang klasik karena memiliki sentuhan melalui age-old Italian Art of Tanning yang menciptakan kombinasi tekstur dan warna menawan.

3.     Universal Strap

Universal Strap 28mm Grey Leather HM004-28X28
Universal Strap 28mm Grey Leather HM004-28X28. Sumber: Jamtangan.com.

Universal Strap 28mm Grey Leather HM004-28X28 merupakan tali jam tangan kulit yang hadir dengan lug width sebesar 28mm dengan 12 pilihan warna yang beragam dengan panjang strap 196mm. Tali jam tangan ini mempunyai kualitas dan desain yang menarik dan dapat dipadukan dengan berbagai brand jam tangan favorit kamu.

4.     Strap Celdy

Strap Celdy 22mm LTSBROWN-22 Brown Leather Strap with Brushed Steel Buckle
Strap Celdy 22mm LTSBROWN-22 Brown Leather Strap with Brushed Steel Buckle. Sumber: Jamtangan.com.

Strap Celdy 22mm LTSBROWN-22 memiliki lug width sebesar 20mm dan 22mm dengan Panjang strap 125mm / 75mm. Celdy merupakan merk tali jam tangan kulit yang fokus pada hand-crafted leather strap. Bahkan setiap produk Celdy dibuat dengan tangan, dijahit tangan, dan diwarnai dengan tangan loh!

Baca juga: Cara Mudah Ganti Strap Jam Tanganmu

Klokers KLINK-01 Simple Strap Newport Yellow 22mm
Klokers KLINK-01 Simple Strap Newport Yellow 22mm. Sumber: Jamtangan.com

Dilihat dari tampilan, tali jam tangan Klokers KLINK-01 ini terlihat unik dan simple, dengan warna kuning menarik dan lug width sebesar 22mm. Klokers KLINK-01 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu kuning dan oranye. Dengan Panjang strap sebesar 245mm, Klokers KLINK-01 menggunakan material kulit asli dengan buckle material stainless steel.

6.     Strap Spinnaker Marino

Strap Spinnaker Marino SP-STRAP24-L01 Italian Made 24mm Green Olive Leather
Strap Spinnaker Marino SP-STRAP24-L01 Italian Made 24mm Green Olive Leather. Sumber: Jamtangan.com

Strap Spinnaker Marino SP-STRAP24-L01 hadir dengan 4 pilihan warna, mulai dari green olive, light brown, tan, dan dark brown. Dengan panjang strap 85 / 125mm dan lug width sebesar 24mm, tali jam tangan kulit ini memiliki ketebalan hingga 3.6mm. Spinnaker Marino SP-STRAP24-L01 merupakan tali jam tangan yang cocok untuk kamu yang berjiwa petualang dan mampu menemani dalam kondisi apapun.

7.     Strap Daniel Wellington

Strap Daniel Wellington DW00200148 Petite Durham 14mm Leather Strap
Strap Daniel Wellington DW00200148 Petite Durham 14mm Leather Strap. Sumber: Jamtangan.com

Strap Daniel Wellington DW00200148 tentu saja sangat pas untuk jam tangan Daniel Wellington kamu. Hadir dengan beragam pilihan warna, tali jam tangan kulit ini memiliki lug width sebesar 14mm, dengan panjang strap 32mm. Desain case Daniel Wellington sangat dinamis hingga pemiliknya bisa mengganti strapnya kapanpun sesuai selera.

Kamu bisa temukan semua rekomendasi tali jam tangan kulit di atas di Jamtangan.com dan offline stores yang juga menjual tali jam tangan kulit. Tentunya ada banyak pilihan warna dengan beragam brand sehingga dapat melengkapi koleksi tali jam tangan kulit kamu. Jangan sampai kehabisan ya!

***

Oleh: Rahel Humillang

Total
0
Shares
Previous Article
Oris Propilot X Calibre 400

Oris ProPilot X Calibre 400: Semakin Andal & Lebih Sederhana

Next Article
Jam Tangan Franck Muller Asli

Mengenal 4 Ciri Ciri Jam Tangan Franck Muller Asli

Related Posts