Apa sih Arti Jam Tangan ‘Swiss Made’? Kenapa Menjadi Begitu Penting, ya?

Jam Tangan ‘Swiss Made’
Jam Tangan ‘Swiss Made’

Jam tangan apa yang kamu pakai sekarang? Ada tulisan ‘Swiss Made’-nya atau tidak? Ternyata, mendapatkan predikat sebagai ‘Swiss Made’ untuk sebuah jam tangan tidak mudah lho. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Bahkan untuk jam tangan yang menggunakan movement dari Swiss belum cukup untuk mendapat label ‘Swiss Made’.

Jam tangan Swiss Made
Jam tangan Swiss Made
Sumber: Fratellowatches.com

Nah kali ini, Minwatch akan mengulas lebih dalam tentang apa itu ‘Swiss Made’ dan kenapa menjadi begitu penting bagi sebuah brand untuk mendapatkan label tersebut. Simak terus artikel selengkapnya di bawah ini ya!

Kualitas Jam Tangan Swiss Made yang High-Quality

Manufaktur Jam Tangan Rolex
Manufaktur Jam Tangan Rolex
Sumber: Fratellowatches.com

Memiliki sejarah yang panjang pada pembuatan jam tangan selama berabad-abad membuat masyarakat dunia tahu jika jam tangan yang dibuat Swiss memiliki kualitas tinggi, presisi, dan fungsional. Selain itu, jam tangan asal Swiss juga tangguh, memiliki desain menarik, dan elegan saat dipakai di pergelangan tangan sehingga banyak disukai oleh pecinta jam tangan.

7 Merek Jam Tangan Asal Swiss yang Harus Kamu Tau

Syarat Sebuah Jam Tangan Bisa Disebut ‘Swiss Made’?

Secara umum, jam tangan Swiss dan layanannya memiliki reputasi positif di seluruh dunia, baik dalam hal kualitas, keaslian, dan presisi. Dan untuk melindungi image tersebut, Swiss pun memberlakukan undang-undang khusus, tidak hanya untuk jam tangan, tetapi juga barang, produk, dan industri makanan, seperti coklat dan keju Swiss. 

Namun, kali ini Minwatch akan lebih fokus pada pembahasan tentang jam tangan. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah jam tangan agar mendapat label ‘Swiss’ pun telah disusun oleh Federation of the Swiss Watch Industry. Dan untuk membantu perusahaan jam tangan memahami persyaratan tersebut, federasi telah menerbitkan panduan penggunaan penunjukan label ‘Swiss’ untuk produk jam tangan. 

Sebuah jam tangan bisa disebut sebagai ‘Swiss Made’ jika:

  • Pengembangan teknisnya dilakukan di Swiss.
  • Movement-nya dari Swiss.
  • Jam tangan dirakit di Swiss.
  • Inspeksi final dilakukan di Swiss.
  • 60% biaya produksinya dihasilkan di Swiss.

Deretan Merek Jam Tangan Mewah yang Ternyata Saling ‘Bersaudara’!

Sebuah movement dapat dikatakan sebagai ‘Swiss Made’ jika:

  • Pengembangan teknisnya dilakukan di Swiss.
  • Movement dirakit di Swiss.
  • Inspeksi final dilakukan di Swiss.
  • 60% biaya produksi dihasilkan di Swiss.
  • 50% dari nilai semua komponennya adalah buatan Swiss, tetapi tidak termasuk perakitannya.

Kenapa Untuk Mendapatkan Label ‘Swiss Made’ Begitu Ketat?

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa negara Swiss begitu ketat dalam menggunakan label ‘Swiss Made’? Hal ini karena orang-orang bersedia membayar lebih mahal untuk reputasi jam tangan ‘Swiss Made’ yang hebat. Jadi, tidak mengejutkan jika pada tahun 2020, Swiss mendominasi hampir 50% nilai pasar jam tangan secara global.

Namun, yang menarik adalah bahwa dalam hal jumlah produksi, Swiss hanya memproduksi sekitar 2% atau sekitar 15 juta jam tangan per tahun dari semua jam tangan di seluruh dunia. Ini artinya, jam tangan buatan Swiss dijual dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jam tangan yang diproduksi di tempat lain.

Antara Jam Tangan Swiss vs Asia

Kemunculan Smartwatch dan Pandemi Covid-19 Menggeser ‘Swiss Made

Smartwatch
Smartwatch
Sumber: Apple.com

Tag Heuer Connected, Apple Watch, Samsung Gear S, Sony SmartWatch, atau apapun merek smartwatch yang Anda kenakan sekarang tidak datang tiba-tiba. Melainkan melalui sebuah proses penciptaan yang panjang. Yaitu dari sejak penemuan movement bertenaga baterai alias jam quartz.

Sejak Apple memperkenalkan smartwatch-nya pada tahun 2015, ekspor jam tangan Swiss masih cukup sukses secara keseluruhan. Namun, pada tahun 2020, ekspor jam tangan Swiss menurun hingga 40% ke level sama seperti tahun 1940-an.

Dan sekarang, Apple menjual lebih banyak smartwatch dibandingkan jam tangan konvensional yang diproduksi oleh seluruh industri jam tangan Swiss. Tentu saja bukan hanya Apple yang menyebabkan penurunan ekspor jam tangan asal Swiss. Pandemi global Covid-19 juga memainkan peran cukup besar.

15 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2023

Hal ini karena sebagian besar ritel jam tangan di Swiss tutup dan banyak brand jam tangan belum terbiasa menjual jam tangan secara online. Namun, kini kondisinya makin membaik. Misalnya, pada bulan November 2022, ekspor jam tangan Swiss ke AS meningkat 33% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan kesuksesan jam tangan MoonSwatch membantu brand Swatch pulih dari kerugian yang lebih besar.

Sekarang kamu sudah tahu kan kenapa untuk mendapatkan label ‘Swiss Made’ bagi sebuah jam tangan cukup sulit? Coba periksa jam tangan yang biasa kamu pakai! Apakah di sana ada penyataan ‘Swiss Movement’, tetapi bukan ‘Swiss Made’, atau sama sekali tidak ada label ‘Swiss Made’ dan ‘Swiss Movement’? Nah, kalau kamu ingin mengoleksi jam tangan ‘Swiss Made’ kunjungi segera Jamtangan.com ya. Ada banyak pilihan di sana!

Referensi:

https://www.fratellowatches.com/what-does-swiss-made-mean-and-why-is-that-label-so-important/
https://www.apple.com/id/watch/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
G-Shock “CasiOak” GM-B2100GD

G-Shock “CasiOak” GM-B2100GD, Tampilkan Desain Premium dan Fitur yang Fun

Next Article
mido multifort

Mido Multifort M Chronometer, Akurasi Tinggi Berkat Chronometer Movement

Related Posts
Total
0
Share