Deretan Seri Panerai: Mewah dengan Kualitas Memukau dan Histori Melegenda

by Contributor Apr 09, 2023 6 min read

Saat ini Panerai tetap konsisten menghadirkan kemewahan yang sempurna lewat koleksi-koleksi jam tangannya yang begitu handal terutama untuk kegiatan di perairan. Beragam series jam tangan Panerai dihadirkan untuk para pecinta jam tangan Panerai mulai dari Submersible, Luminor, Luminor Due, dan Radiomir. Seperti apa series jam tangan Panerai selengkapnya? Simak lebih lanjut ulasan Minwatch berikut ini!

Series Jam Tangan Panerai

a. Panerai Submersible

Panerai Submersible
Panerai Submersible

Series jam tangan Panerai Submersible merupakan jam tangan yang dapat digunakan sebagai instrumen survival di laut yang dalam. Series ini sudah dibekali dengan fitur water resistant hingga 300 meter dan fitur lainnya yang mendukung sebagai professional underwater watch

Series Submersible umumnya sudah memiliki power reverse hingga 3 hari lamanya. Selain itu series ini juga sudah dibekali dengan movement automatic mechanical, dengan calibre Panerai P.90 ataupun calibre Panerai P.9100/R. Hadir dengan berbagai model dan ukuran diameter membuat series ini dapat menjadi pilihan yang handal untuk kamu yang menyukai petualangan bawah air. Dominasi warna pada koleksi ini cenderung gelap dan netral seperti warna-warna laut yang dalam seperti hitam, biru gelap, dan hijau militer.

Series Submersible ini hadir dalam beberapa model mulai dari Submersible Carbotech yang menggunakan bahan komposit berdasarkan serat karbon, Submersible Luna Rosa merupakan jam tangan yang digunakan oleh Tim Pelayaran Luna Rossa yang dipimpin oleh Massimiliano ‚ÄúMax‚ÄĚ Sirena pada Piala Amerika ke-36, Submersible Marina Militare Carbotech yang dilengkapi dengan instrumen bertahan hidup yang disusun untuk Angkatan Laut Italia, Submersible Blu Notte dengan keunggulan dial biru, Submersible Goldtech yang unggul dengan paduan material emas dan titanium, Submersible QuarantaQuattro Bianco dengan anti-shock device, Submersible Forze Speciali yang memiliki fitur chronograph dan masih banyak koleksi yang lainnya.

Model Submersible ini terinspirasi dari model ‚ÄúEgiziano‚ÄĚ yang mana sudah dilengkapi dengan bezel berputar untuk menghitung waktu menyelam. ‚ÄúEgiziano‚ÄĚ sendiri merupakan jam tangan selam yang dikenal sebagai GPF-2/56, yang dikenal juga sebagai “Egyptian” karena dipasok ke Angkatan Laut Mesir dengan persetujuan Angkatan Laut Italia. 

Pada tahun 2011 Officine Panerai resmi mempersembahkan Luminor Submersible 1950 3 Days Automatic Bronzo untuk pertama kalinya yang merupakan cikal bakal Panerai Submersible hingga saat ini. Hal ini terus berkembang hingga pada tahun 2021 Panerai meluncurkan The Submersible eLab-ID dengan recycled-based material. Tujuannya adalah untuk menggerakkan penggunaan bahan daur ulang pada produksi jam tangan dan pengembangan ekonomi sirkular untuk mengurangi dampak lingkungan dari industri pembuatan jam.

Baca juga : 16 Brand Luxury Watch Yang Harus Kamu Tahu!

b. Panerai Luminor

Panerai Luminor
Panerai Luminor

Dikenal sejak dahulu sebagai jam tangan selam, series Luminor dapat dikatakan sebagai akar dari jam tangan selam Panerai. Series Luminor tidak terlepas dari warisan sejarah Panerai sebagai jam tangan yang menggunakan bahan radioaktif pada masanya. Karena itu pada tahun 1949, Panerai mendaftarkan paten Luminor untuk semua material luminescent-nya dan dilanjutkan dengan pemakaian material tritium yang lebih aman daripada Luminor. Dengan bentuk casing yang khas dan crown protecting bridge, Luminor telah menjadi ikon dalam pembuatan jam tangan Panerai.

Series Luminor saat ini sangatlah beragam. Mulai dari Luminor Base Logo dengan strap Scamosciato Sabbia yang merupakan material kulit anti air. Ada juga Luminor 8 Giorni, Luminor Quaranta, Luminor Marina dan sebagainya. Hadir dengan beragam ukuran diameter mulai dari 44  – 47 mm, koleksi ini sudah dibekali dengan movement in-house dan calibre in-house Panerai. Koleksi ini terdiri dari warna-warna netral seperti putih, biru gelap, dan hijau. Beberapa series dilengkapi juga dengan material stainless steel eSteel dan material goldtech.

Series Luminor ini juga kerap kali berkolaborasi dengan tokoh-tokoh terkemuka maupun ajang olahraga yang bergengsi. Seperti series Luminor Luna Rossa yang merupakan sponsor resmi Tim Luna Rossa Prada Pirelli pada Piala Amerika ke-37. Selain itu, pada tahun 1996 Panerai juga bekerjasama dengan Sylvester Stallone menghadirkan Luminor Slytech yang mana nama Sly diambil dari nama panggilan Stallone. 

Baca juga : Menua Bersama Bronzo, Panerai

c. Panerai Luminor Due

Panerai Luminor Due
Panerai Luminor Due

Series jam tangan Panerai Luminor Due merupakan koleksi yang didesain untuk semua gender baik laki-laki dan wanita. Panerai Luminor Due menghadirkan desain  kontemporer dengan tampilan yang elegan dan begitu modern. Karena bisa digunakan juga untuk wanita, koleksi ini hadir dengan diameter mulai dari 38 mm dengan warna-warna cerah seperti merah, biru, hitam, putih dan emas.

Koleksi ini hadir pertama kali pada tahun 2016 dengan tetap mempertahankan desain klasik Luminor sejak tahun 1950-an. Hingga saat ini series Luminor tetap mempertahankan desain klasik yang terus dimodernisasi untuk menghiasi pergelangan tangan pria dan wanita. Rata-rata koleksi ini sudah dibekali dengan movement automatic mechanical, calibre P.900 dengan power reverse selama tiga hari lamanya.

Panerai Luminor Due hadir dengan beragam model dan pilihan mulai dari Luminor Due Luna Rossa (sponsor resmi Tim Luna Rossa Prada Pirelli pada Piala Amerika ke-37), Luminor Due Goldtech™ Madreperla yang hadir menawan dengan material mother of pearl dan 18k rose gold, Luminor Due TuttoOro, Luminor Due Luna, dan yang lainnya. Jam tangan ini cocok untuk kamu yang menyukai tampilan mewah dan modern.

d. Panerai Radiomir

Panerai Radiomir
Panerai Radiomir

Series jam tangan Panerai Radiomir merupakan jam tangan yang pertama kali dibuat sebagai prototype untuk Royal Italian Navy pada tahun 1935, yang ingin dilengkapi dengan ‚Äúluminous khusus untuk penyelam‚ÄĚ. Jam tangan yang satu ini tidak terlepas dari nilai sejarah yang melekat dimana pada tahun 1935 jam tangan ini diperuntukkan untuk Angkatan laut Italia dalam membuat program rahasia untuk menguji instrumen bawah laut. 

Masih dengan tetap mempertahankan bentuk klasiknya, Radiomir hadir menawarkan berbagai macam model yang menarik dengan karakteristik utama pada bezel jam yang memiliki beberapa versi. Seperti Radiomir California merupakan koleksi yang yang pertama muncul pada awal tahun 1936 dan disebut juga sebagai dial “California”, dengan angka Romawi dan Arab yang khas, dengan visibilitas yang baik meskipun dalam kegelapan.

Ada juga koleksi lainnya seperti Radiomir Otto Giorni hadir dengan Distressed Vintage Vibes yang begitu modern, Radiomir Annual Calendar Goldtech dengan material emas yang mewah yang di poles dengan Panerai Goldtech, Radiomir Quaranta dan lain sebagainya.

Series Radiomir ada yang menggunakan movement hand-wound mechanical, dengan calibre P.5000 seperti Radiomir California, dan ada juga yang menggunakan movement automatic mechanical calibre P.900 seperti Radiomir Quaranta. Series ini tentunya cocok untuk kamu yang menyukai tampilan klasik dengan ketangguhan jam tangan selam yang luar biasa.

Baca juga : Watches & Wonders 2023 Sedang Berlangsung, Yuk, Simak Beberapa Rilisan Terbaru Dari 9 Brand Ini

Koleksi Jam Tangan Panerai Kini Hadir di Jamtangan.com

1. Panerai Luminor PAM01271

Panerai Luminor PAM01271.
Panerai Luminor PAM01271

2. Panerai Luminor 8 Giorni PAM00915

Panerai Luminor 8 Giorni PAM00915.
Panerai Luminor 8 Giorni PAM00915

3. Panerai Submersible PAM01229

Panerai Submersible PAM01229.
Panerai Submersible PAM01229

Itu dia jajaran series jam tangan Panerai yang begitu mewah. Untuk kamu yang sudah penasaran dan ingin segera mengkoleksinya, kamu bisa kunungi official website Jamtangan.com dan dapatkan jam tangan Panerai kamu sekarang!

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more