PanerAI, Inovasi Terbaru Besutan Panerai Untuk Mendesain Jam Tangan Baru

panerAI
panerAI

PanerAI adalah sebuah inovasi yang dikembangkan oleh brand Panerai dengan memanfaatkan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. Dalam proses pengembangan yang dilakukan oleh pakar di Panerai, PanerAI mampu memberi saran positif dan inspiratif. PanerAI pun akan digunakan secara berdampingan dengan manusia untuk menciptakan jam tangan baru. 

Tim pengembang brand Panerai
Tim pengembang brand Panerai
Sumber: Ablogtowatch.com

Seperti apa sih teknologi PanerAI milik brand Panerai? Yuk, simak artikel selengkapnya dari Minwatch di bawah ini!

Baca juga : Ramping Dan Elegan: Alasan Panerai Luminor Quaranta PAM01271 Layak Dipinang

Ide Dasar PanerAI Bermula dari Hambatan yang Dialami Tim Pengembang Panerai

Alessandro Ficarelli, Direktur Pengembangan Produk Panerai
Alessandro Ficarelli, Direktur Pengembangan Produk Panerai
Sumber: Horobox

Ternyata, solusi masalah yang kita hadapi dapat menjadi sebuah ide cemerlang untuk menciptakan sebuah produk. Hal demikian seperti yang diungkapkan oleh Alessandro Ficarelli, Direktur Pengembangan Produk Panerai, sebuah brand yang didirikan oleh Giovanni Panerai pada tahun 1860.

Ketika timnya sangat excited mengembangkan jam tangan baru, tetapi saat ditunjukkan kepada retailer justru mengalami hambatan. Rupanya, tim pengembang Panerai sebelumnya pernah merilis jam tangan yang kurang lebih sama. Berawal dari masalah tersebut, Panerai pun mulai memanfaatkan teknologi kontemporer untuk membantu brand merancang jam tangan baru di masa yang akan datang.

Panerai Mengembangkan Intelligent Database untuk Mendata Jam Tangan yang Pernah Dikembangkan Hingga Kini

PanerAI watch generation software
PanerAI watch generation software
Sumber: Ablogtowatch.com

Menurut Firacelli, dari masalah tersebut terungkap bahwa tidak ada satu orang pun di perusahaan yang benar-benar memiliki pengetahuan tentang semua jam tangan Panerai yang pernah dirilis. Pakar Panerai cenderung fokus pada model jam tangan lama dan tim pengembangan produk tidak memiliki catatan dari semua model jam yang telah diproduksi oleh tim sebelumnya.

Tantangan mendasar untuk mendapatkan solusi adalah dengan menciptakan intelligent database pada semua jam tangan Panerai yang telah dikembangkan hingga sekarang. Tujuannya adalah sebagai referensi silang desain yang diusulkan dengan desain yang sudah ada untuk memastikan tidak ada kasus membuat ulang produk yang telah ada.

PanerAI Sebagai Smart Database untuk Semua Model Jam Tangan Panerai yang Pernah Diproduksi

PanerAI watch generation software
PanerAI watch generation software
Sumber: Ablogtowatch.com

Baca juga : Mulai Dari Jam Tangan Militer Hingga Menjadi Kecintaan Para Kolektor, Ini Dia Sejarah Brand Panerai Yang Legendaris

PanerAI adalah sebuah sistem software dan menjadi smart database untuk semua model jam tangan Panerai. Proyek dimulai melalui proses katalogisasi intensif yang sayangnya masih belum bisa diotomatisasi. Tim Panerai mengunggah rekaman sebanyak mungkin, termasuk fotografi dan seni konsep dari semua informasi dalam arsip brand Panerai

Arsitektur database tradisional menawarkan sistem pengindeksan, yang berarti cara Panerai memasukan informasi ke dalam database akan menentukan seberapa efektif database tersebut. Pada tingkat dasar akan sulit menggunakan database tradisional untuk referensi silang desain visual. Namun, sekarang situasinya menjadi sangat berbeda dengan munculnya banyak software yang dapat dipelajari dan disebut sebagai AI. 

Software pembelajaran melatih dirinya untuk melihat kesamaan dan pola dalam data yang dikumpulkan. Ketika diterapkan pada sebuah brand jam tangan, software tersebut tidak hanya mampu memiliki pemahaman visual tentang semua hal yang telah dilakukan oleh brand tersebut, tetapi juga mampu memberi saran ke mana arah dari brand tersebut.

PanerAI Dapat Memberi Saran Jam Tangan Panerai Apa yang Diinginkan Watch Enthusiast & Paneristi Tahun Depan

PanerAI watch generation software
PanerAI watch generation software
Sumber: Ablogtowatch.com

Bagi brand Panerai, PanerAI menjadi begitu penting karena tim pengembangan produk dapat belajar tentang software AI modern yang mampu mengajukan pertanyaan dan menjawabnya. Misalnya pertanyaan ‘Apakah kita pernah membuat jam tangan ini sebelumnya?’ Bahkan, tim pengembangan Panerai dikejutkan oleh sebuah pertanyaan agar PanerAI memberi saran jam tangan apa yang ingin dikenakan oleh watch enthusiast & Paneristi tahun depan.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, PanerAI memberikan list proposal desain yang perlu waktu beberapa bulan untuk dibuat oleh tim produk tradisional. Hal ini pun membuat tim Ficarelli berpikir menggunakan AI untuk menghasilkan desain jam tangan baru.

Baca juga : Kupas Tuntas Jam Tangan Panerai, Sudah Dilengkapi NFT!

PanerAI Menjadi Inovasi Terbaru untuk Membantu Manusia Menciptakan Jam Tangan

Walaupun Panerai akan menggunakan PanerAI, tetapi perusahaan tidak akan mengungkap jam tangan mana yang didesain oleh AI atau oleh desainer tradisional. Menurut Ficarelli, penting bagi brand untuk sharing tentang PanerAI dan bagaimana tim desain menggunakannya sebagai inspirasi. Panerai juga tidak akan mengiklankan luxury watches yang dirancang oleh software ini, tetapi brand ini ingin memastikan bahwa Panerai melestarikan heritage dan craftsmanship penting dari praktik pembuatan desain jam tangan. 

Hingga kini pun masih mengundang kontra terkait mesin yang digunakan untuk membuat suku cadang jam tangan hingga membuat tenaga watchmaker tidak diperlukan lagi. Bagi Panerai, manusia dan mesin dapat bekerja berdampingan untuk menciptakan jam tangan. PanerAI adalah inovasi terbaru untuk membantu manusia dan manusia pulalah yang merakit jam tangan Panerai.

Di dunia jam tangan, pelestarian keahlian tradisional menjadi nilai inti dari industri jam tangan. Namun, kemajuan zaman juga harus terus berlanjut. Berita tentang PanerAI menimbulkan banyak respons di tengah masyarakat. Ini mirip seperti fenomena ‘quartz crisis’ pada tahun 1970-1980-an serta kemunculan smartwatch Apple Watch pada tahun 2014. Bagaimana menurutmu? Apakah brand jam tangan lainnya akan mengikuti jejak Panerai?

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Watches And Wonders 2023

Watches & Wonders 2023 Sedang Berlangsung, Yuk, Simak Beberapa Rilisan Terbaru Dari 9 Brand Ini

Next Article
rekomendasi jam tangan tissot

Tampil Fashionable Di Bulan Ramadan Dengan Jam Tangan Tissot

Related Posts
Total
0
Share