Ramping dan Elegan: Alasan Panerai Luminor Quaranta PAM01271 Layak Dipinang

Panerai Luminor Quaranta PAM01271
Panerai Luminor Quaranta PAM01271

Panerai adalah brand asal Italia namun dibuat di Swiss (Swiss Made) dan dikenal sebagai jam tangan berukuran besar. Tapi tampaknya brand ini ingin memberi angin segar bagi pecinta jam tangan. Panerai pun menghadirkan Luminor Quaranta series, salah satunya Luminor Quaranta PAM01271 dengan ukuran case lebih kecil sehingga tampak lebih ramping saat dipakai di pergelangan tangan. 

Panerai Luminor Quaranta PAM01271
Panerai  Luminor Quaranta PAM01271
Sumber: Timeandwatches.com

Penasaran dengan spesifikasi Luminor Quaranta PAM01271? Nih, Minwatch punya ulasan lebih lengkap untuk kamu semua!

Histori Jam Tangan Panerai Luminor

Panerai Radiomir 1936
Panerai Radiomir 1936
Sumber: Timeandwatches.com

Giovanni Panerai adalah orang di balik brand jam tangan Panerai. Giovanni Panerai membuka toko jam tangan di Florence, Italia, pada tahun 1860. Pada tahun 1935, Panerai dipercaya sebagai pemasok jam tangan resmi untuk Angkatan Laut Kerajaan Italia. 

Spesifikasi jam tangan harus tahan terhadap kondisi ekstrim, presisi, dan mudah dibaca walaupun saat berada di bawah air. Sejak saat itu Panerai terus melakukan inovasi untuk menciptakan jam tangan dengan spesifikasi tersebut. Pada tahun 1949, Panerai berhasil memperkenalkan zat self-luminous baru yang disebut dengan Luminor. 

Luminor tidak hanya lebih aman dibandingkan Radiomir yang berbasis radium, tetapi juga lebih bercahaya pada kondisi gelap. Senyawa berbasis tritium (isotop hidrogen) ini pun dipatenkan pada 11 Januari 1949 di bawah merek dagang “Luminor”.  Panerai menambahkan mekanisme perlindungan crown terbaru bernama “Tight Seal Device” yang dipatenkan pada 1955 di Italia dan satu tahun kemudian di Amerika Serikat. Mekanisme ini meningkatkan ketahanan air Luminor sekaligus menjadi ciri khas Luminor yang membedakannya dengan Radiomir.

Panerai Luminor 1993
Panerai Luminor 1993
Sumber: Timeandwatches.com

Pada tahun 1993, untuk pertama kalinya Panerai menghadirkan Luminor dan variasi Luminor Marina kepada publik yang sebelumnya hanya tersedia untuk dunia militer. Dan di tahun 2021, Panerai meluncurkan Luminor Marina Quaranta dengan case 40mm. Ukurannya dianggap lebih kecil dibandingkan pendahulunya seperti Luminor Base dengan ukuran 44mm atau Luminor 1950 yang berukuran 47mm.

Koleksi Luminor Marina Quaranta Hadir dengan Ukuran Lebih Kecil

Luminor Marina Quaranta PAM01271 40mm
Luminor Marina Quaranta PAM01271 40mm
Sumber: Timeandwatches.com

Selama ini, banyak orang lebih mengenal brand Panerai sebagai produsen jam tangan berukuran besar, seperti 42mm, 44mm, hingga 47mm. Untuk kamu yang memiliki pergelangan tangan kecil, mengenakan jam tangan tersebut mungkin merasa tidak nyaman karena dianggap terlalu besar. 

kamu juga bisa baca artikel berikut! : Tampil Sporty Dengan 10 Jam Tangan Pria Terbaik Ini

Luminor Marina Quaranta series yang diluncurkan pada tahun 2021 dengan ukuran case lebih kecil yaitu 40mm untuk menjawab keinginan penggemar. Kali ini, Minwatch akan membahas koleksi Luminor Marina Quaranta PAM01271 yang memiliki dial putih. Pada aspek desain, Panerai masih mempertahankan cushion-shaped case dan crown-protection khas Luminor pada koleksi Luminor Marina Quaranta PAM01271.

Panerai Luminor Marina PAM01393 42mm 
Panerai Luminor Marina PAM01393 42mm 
Sumber: Thetimeplace.co.id

Bukan tugas yang mudah bagi Panerai untuk memodifikasi ukuran case dari bentuk Luminor yang ikonik, misalnya seperti koleksi sebelumnya yaitu Panerai Luminor Marina PAM01393 yang berukuran 42mm. Hal ini membuat Panerai harus memodifikasi dengan cermat tanpa mengorbankan ciri khas yang sudah menjadi top of mind pecinta jam tangan asal Italia ini.

Hasilnya, Luminor Marina Quaranta PAM01271 tampak lebih ramping dan elegan saat dipakai di pergelangan tangan. Bahkan, jam tangan dengan dial berwarna putih ini dapat digunakan sebagai dress watch untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Dial Panerai Luminor Marina Quaranta PAM01271 yang Glow in the Dark

Luminor Marina Quaranta PAM01271 glow in the dark
Luminor Marina Quaranta PAM01271 glow in the dark
Sumber: Jamtangan.com

Dial Luminor Marina Quaranta PAM01271 dirancang menggunakan struktur classic sandwich dial yang terdiri dari 2 lapisan. Pada lapisan bawah dial terdapat sebuah luminous disk yang membuatnya memiliki kemampuan glow in the dark, terutama pada indeks penanda jam, jarum jam dan menit.

Tampilan tanggal diletakan pada posisi jam 3, logo Panerai di atas posisi jam 6, sub-dial detik pada posisi jam 9, dan tulisan Luminor Marina diletakan di bawah jam 12. Panerai Luminor Marina Quaranta PAM01271 ini juga menggunakan angka Arab untuk angka 6 dan 12, lalu sisanya menggunakan indeks berbentuk batang, sementara jarum jam dan menit menggunakan desain menyerupai pensil.

Spesifikasi Panerai Luminor Marina Quaranta PAM01271

Caseback Luminor Marina Quaranta PAM01271
Caseback Luminor Marina Quaranta PAM01271
Sumber: Timeandwatches.com

Panerai Luminor Marina Quaranta PAM01271 dirancang dengan case berdiameter 40mm dengan material AISI 316L stainless steel yang mempunyai campuran low carbon. Case dan backcase-nya memiliki brushed finish dan polished finish pada bezel.  

Jam tangan ini juga dilengkapi screw down backcase dan memiliki ketahanan air 100 meter. Untuk strap-nya sendiri, Panerai menggunakan alligator leather strap berwarna hitam dilengkapi dengan quick release system yang memungkinkan pengguna bisa melepasnya dengan cepat. 

Dial Luminor Marina Quaranta PAM01271 berwarna putih
Dial Luminor Marina Quaranta PAM01271 berwarna putih
Sumber: Timeandtidewatches.com

Strap berwarna hitam ini pun tampak netral saat disandingkan bersama dengan dial Luminor Marina Quaranta PAM01271 yang berwarna putih. Jam tangan ini menggunakan in-house P.900 caliber automatic movement, yang memiliki 23 jewel, berjalan pada frekuensi 28.800 vibration/hour, mempunyai power reserve 3 hari, serta dan dilengkapi fitur tahan guncangan yaitu Incabloc™ anti-shock. Movement yang digunakan dalam jam tangan ini pun menawarkan kinerja yang akurat, efisien, dan powerful.

Untuk sementara ini, Luminor Marina Quaranta PAM01271 dianggap sebagai jam tangan dengan automatic movement tertipis dan jam tangan Luminor Marina series dengan ukuran terkecil yang diproduksi oleh Panerai. Tertarik untuk mengoleksinya? Dapatkan jam tangan Panerai Luminor Marina Quaranta PAM01271 hanya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Baume & Mercier Classima

Review Jam Tangan: Baume & Mercier Classima M0A10324 (Blue Dial) & M0A10323 (White Dial)

Next Article
Tudor Black Bay Fifty-Eight Navy Blue

Tudor Black Bay Fifty-Eight Navy Blue, Jam Penyelam Mewah Pemenang GPHG 2020

Related Posts
Total
0
Share