Mulai dari Jam Tangan Militer Hingga Menjadi Kecintaan Para Kolektor, Ini Dia Sejarah Brand Panerai yang Legendaris

sejarah jam tangan panerai
sejarah jam tangan panerai

Lahir di Florence dan berjaya di Swiss, brand jam tangan Panerai memiliki tempat special di hati para penggemar jam tangan mewah. Bahkan penggemar jam tangan Panerai sendiri memiliki julukan khusus yaitu “Paneristi “. Seperti apa sejarah dibalik jam tangan ini? Lalu, apa saja koleksinya saat ini? Simak terus ulasan Minwatch berikut ini!

Tahun 1860: Awal Berdirinya Panerai

Jam tangan Panerai adalah merek jam tangan mewah yang didirikan di Florence, Italia pada tahun 1860 oleh Giovanni Panerai dan saat ini beroperasi di Swiss. Pada tahun 1860 Giovanni Panerai membuka toko jam pertama di “Ponte alle Grazie”, Florence. Saat itu Panerai tidak hanya membuka toko jam, namun juga sekolah pembuatan jam. Cucu Giovanni, yaitu Guido mengambil alih perusahaan keluarga dan membuka toko dengan nama “OROLOGERIA SVIZZERA” (Swiss Watch Shop), sebagai bengkel instrumen mekanik dan toko jam mekanik. Saat ini, Panerai telah menjadi merek jam tangan yang sangat dihormati di kalangan kolektor dan penggemar jam tangan mewah. 

Toko OROLOGERIA SVIZZERA milik Guido Panerai.
Toko OROLOGERIA SVIZZERA milik Guido Panerai.
Sumber: Fernotime.com

Tahun 1916: Panerai Menjadi Penyedia Alat Instrumen untuk Angkatan Laut Italia & Mematenkan Radiomir

Saat itu Panerai menjadi penyedia alat alat instrumen untuk angkatan laut Italia. Paten sebuah material bernama Radiomir pun di daftarkan. Radiomir mengandung zat radioaktif bercahaya bernama radium yang dapat bersinar dalam kegelapan yang dimasukkan ke dalam jam tangan Panerai.

Baca juga : Sejarah Penemu Jam Tangan Pertama di Dunia!

Hal ini bertujuan untuk membantu para pembidik tempur angkatan laut Italia, untuk membuat dial instrumen pembidik lebih terang. Instrumen ini dikenal begitu presisi, memiliki pengatur waktu yang menyala untuk detonator, dan pengukur kedalaman air, kompas, dan torches. Radiomir dipatenkan dalam adendum paten yang diajukan di Prancis pada tanggal 23 Maret 1916.

Berkas adendum Radiomir.
Berkas adendum Radiomir. Sumber : Panerai.com.

Panerai  menjadi andalan di kalangan militer Italia. Pasukan laut Italia berhasil melewati Perang Dunia I dengan perenang tentara yang dilengkapi dengan atribut penyelaman dan  instrumen buatan Panerai. Instrumen buatan Panerai yang digunakan para tentara ini memiliki timer waterproof yang digunakan para pasukan katak atau “frogman” di kedalaman saat perang. Tujuannya adalah untuk membantu perenang tentara menentukan jarak yang mereka tempuh selama berenang dalam menjalankan misi.


Tahun 1935-1940: Kelahiran Jam Tangan Radiomir

Pada 1935 Angkatan laut Italia membuat program rahasia untuk menguji instrumen bawah laut. Panerai ikut serta. Prototipe jam tangan Radiomir dibuat dengan kerjasama dengan Rolex. Dalam hal ini, peran Panerai hanya memodifikasi saja agar sesuai dengan spesifikasi angkatan laut Italia. Radiomir Ref.2533 di lakukan test untuk menguji jamnya agar memenuhi standar angkatan laut Italia.

Kerjasama antara Panerai dan Rolex pada saat itu sangat penting karena Panerai membutuhkan sumber daya dan teknologi untuk memproduksi jam tangan yang tahan lama dan akurat untuk keperluan militer, sedangkan Rolex memiliki reputasi yang baik di dunia jam tangan dan pengalaman dalam memproduksi jam tangan tahan air.

Pada tahun 1936-1938 Panerai dan Rolex bekerjasama menyempurnakan model jam tangan militer ini yang dikenal dengan Rolex-Panerai 3646 Type E (serial 260934). Jam tangan ini memiliki wire lugs yang di solder, waxed leather straps, bezel yang diperbesar, dan kristal tahan pecah yang terdiri dari senyawa termoplastik yaitu Plexiglas. Dial jam ini dimodifikasi menggunakan konstruksi sandwich dial, yaitu konstruksi dimana terdapat 2 layer dial. Dial bagian atas menggunakan anodized alumunium dengan bagian indeks berlubang agar dial indeks yang sudah diisi radium bisa lebih terlihat 

Jam tangan Radiomir.
Jam tangan Radiomir. Sumber : Panerai.com.

Konstruksi sandwich pada  Rolex-Panerai 3646 Type E (serial 260934) ini adalah fitur penting dalam jam tangan militer, karena memungkinkan waktu yang mudah dibaca di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya.

Konstruksi sandwich Panerai menjadi sangat populer di kalangan penggemar jam tangan karena memberikan tampilan yang sangat khas dan mudah dibaca di kondisi minim cahaya. Selain itu, konstruksi sandwich juga memberikan kekuatan dan ketahanan pada dial jam tangan yang digunakan oleh seluruh personnel militer angkatan laut Italia.

Jam tangan Radiomir pertama lahir pada tahun 1940 dengan nomor ref. 3646 menggunakan movement Rolex calibre 618 dan movement jam saku Coterbert. Jam ini memiliki case diameter 47mm, dilengkapi dengan strap kulit. 

Tahun 1949-1960: Kelahiran Luminor, Prototipe Mare Nostrum & Egiziano

Karena bahan radioaktif bisa menimbulkan bahaya, Panerai mendaftarkan paten Luminor pada 1949 untuk semua material luminescent-nya walaupun satu dekade kemudian, luminor menggunakan material tritium yang lebih aman. Setahun setelahnya, Panerai juga membuat prototipe jam tangan Mare Nostrum, sebuah jam tangan chronograph yang dirancang untuk deck officers

Mare Nostrum
Mare Nostrum. Sumber : Panerai.com

Pada 1954 karena kebutuhan akan jam penyelam meningkat dikalangan angakatan laut, Panerai melakukan tes ke 2 jamnya yaitu Ref.6152 dan Ref.6154. Panerai melakukan peningkatan struktur case dan memperbaiki ketahanan airnya, hingga lahirlah Ref.6152 1, yang sudah ditingkatkan di struktur case dan lug

Karena sudah dikenal sebagai penyuplai jam tangan militer, pada tahun 1956 Panerai menyuplai jam untuk angkatan laut Mesir. Untuk angkatan laut Mesir, Panerai membuat jam tangan penyelam ref.GPF-2/56 dengan rotating bezel, movement angelus yang memiliki power reserve 8 hari dan konstruksi pelindung crown terbaru. Jam ini dijuluki “Egiziano” dan menjadi cikal bakal model Submersible. 

Big Egiziano.
Big Egiziano. Sumber : Panerai.com.

Evolusi Luminor pada 1960 ditandai dengan pembuatan jam tangan tanpa menggunakan material lume radium yang mempunyai radiasi, sebagai gantinya menggunakan tritium yang lebih aman. Selain itu Luminor ditambahkan konstruksi pelindung crown yang sudah dipatenkan dan movement Angelus calibre SF240 pertamakali digunakan.

Jam tangan Luminor.
Jam tangan Luminor. Sumber : Panerai.com

Tahun 1972-2005: Era Baru Panerai 

Giuseppe Panerai, putra Guido meninggal pada 1972. Merek ini mengalami perubahan signifikan yang dipimpin oleh seorang tokoh penting bernama Dino Zei yang adalah seorang insinyur mesin yang terkenal di Italia. Nama Perusahaan berubah dari “G. Panerai & Figlio” menjadi “Officine Panerai Srl”. Dino Zei ditunjuk sebagai CEO Panerai, dan menjadi pemimpin perusahaan dalam menjalankan rencana pengembangan merek yang lebih besar. 

Dino Zei.
Dino Zei. Sumber : Oceanictime.blogspot.com.

Pada 1985 dibuatlah prototipe jam penyelam Millemeters dengan material titanium, rotating bezel, dan tasers index yang mengangung material menyala dalam gelap. Jam ini dites sanggup menahan tekanan air 100 ATM. 

Jam tangan Millemeters.
Jam tangan Millemeters. Sumber : Panerai.com


Koleksi jam pertama yang dijual untuk umum dibawah nama Officine Panerai diluncurkan pada 1993. Koleksinya terdiri dari 2 jam yaitu Luminor Marina dan Mare Nostrum. Koleksi  ini merupakan tribute pada Durand De La Penne Panerai 1993 yang diberi nama sesuai dengan nama pahlawan Italia, yang merupakan seorang anggota pasukan khusus Italia yang terkenal pada masa Perang Dunia II. Dikabarkan jam tangan ini hanya diproduksi secara terbatas hanya sebanyak 500 buah.

Durand De La Penne.
Durand De La Penne. Sumber : Panerai.com.

Panerai membuatkan jam khusus untuk Silverstre Stallone pada 1996. Jam tersebut untuk digunakan di film Daylight. Jam tersebut bernama Luminor Slytech (Sly adalah nickname Stallone). Stallone merupakani penggemar jam tangan Panerai dan memutuskan untuk mengenakan jam tangan ini dalam film-filmnya.

Luminor Slytech.
Luminor Slytech. Sumber : Perezcope.com.

Tahun 1997 Officine Panerai bergabung dengan Richemont group (sekarang bernama Vendome Group). Tahun 2001 Panerai mulai melebarkan ke pasar internasional dengan membuka butik butik Panerai. Setahun setelahnya, Panerai membuat pabrik di Neuchâtel, Swiss. Ditahun yang sama Panerai membuka butik Asia pertama mereka di  Hongkong. 

Tahun 2005 – 2016: In-House Movement & Kejayaan Jam Tangan Panerai

Tahun 2005 Panerai membuat movement in-house pertama mereka yaitu calibre P.2002 yang mempunyai komplikasi GMT dan power reserve 8 hari. Dua tahun kemudian pada 2007 Panerai penghadirkan tiga inhouse movement yaitu P.2003, P.2004 dan P.2005. Tourbillon pada calibre ini berbeda dari traditional tourbillons sebelumnya dimana tourbillon Officine Panerai dapat menyelesaikan satu putaran dalam tiga puluh detik.

Panerai In-House Movement Calibre P.2002.
Panerai In-House Movement Calibre P.2002. Sumber : Panerai.com

Pada tahun 2008 Officine Panerai menghadirkan movement P.9000 dan P.2006 yang di produksi oleh Florentine brand. Calibre ini memiliki karakter dengan power reverse hingga 72 jam lamanya. Pada tahun 2009 Panerai menghadirkan kembali “Eilean, the 1936 Bermudian”. Jam tangan ini di restorasi oleh Francesco Del Carlo memakan waktu hingga 40.000 jam kerja, dan di launching pada perayaan Italian Navy in La Spezia di tanggal 22 Oktober.

Sebagai perayaan 400 tahun observasi celestial, Officine Panerai mendedikasikan jam tangan triptych model yang sangat kompleks untuk jenius Tuscan. Ketiganya yaitu Galileo Galilei: L’Astronomo, Lo Scienziato dan Jupiterium. Jam tangan ini menghadirkan perpetual calendar dari perspektif geocentric dengan in-house movement P.999 yang merupakan jam tangan Panerai pertama yang hadir pada Salon International de la Haute Horlogerie.

Pada tahun 2011, Panerai menghadirkan “the bronze watch” menggunakan Luminor Submersible 1950 Bronzo dengan 3 Days Automatic. Tahun 2012, Panerai kembali membuat tribute pada masa lalu yang menghadirkan dua model Radiomir. Tidak seperti prototipe yang dibuat tahun 1930s, Radiomir yang baru hadir dengan classic case berukuran 47 mm dengan Plexiglas® untuk melindungi dial jam, bezel bundar, dan kenop silinder. Namun Plexiglas® bukanlah merek dagang yang dimiliki oleh Panerai.

Jam Tangan Luminor Submersible 1950 Bronzo dengan 3 Days Automatic.
Jam Tangan Luminor Submersible 1950 Bronzo dengan 3 Days Automatic. Sumber : Panerai.com

Tahun 2013 Officine Panerai kembali menghadirkan tiga movement terbarunya yaitu calibre P.9100 dengan fungsi chronograph flyback, calibre P.9100/R dengan regatta countdown dan  calibre P.5000 dengan power reverse selama 8 hari.

Officine Panerai membuka bangunan pabrik barunya di perbukitan Neuchâtel di Swissn pada 2014. Di dalamnya menampung semua tenaga terampil yang terspesialisasi dengan menggabungkan keunggulan desain Italia dan tradisi Teknologi buatan Swiss. Tidak hanya itu, pada tahun 2015 juga membuka kembali butiknya di Hong Kong Canton Road. 

Pada tahun 2016, Panerai menghadirkan Radiiomir 1940 Minute Repeater Carillon Tourbillon dan koleksi LUMINOR DUE yang merupakan babak baru dalam sejarah jam tangan Panerai. Koleksi ini menghadirkan case baru, yag tetap terinspirasi oleh garis Luminor klasik tahun 1950-an. Hadir dengan movement in-house P1000/10 dan P.4000/10, merupakan automatic calibre tertipis yang dikembangkan oleh Officine Panerai.

2017-Sekarang: Inovasi Tinggi & Komitmen Terhadap Pelestarian Lingkungan

Panerai membuat Luminor Lab-Id Carbotech™-49mm, sebuah jam tangan inovatif yang menunjukkan kemampuan watchmaking Panerai. Berkat pengembangan brilian dengan memanfaatkan potensi karbon tak terbatas, inovasi baru ini adalah sebuah casing dengan teknologi tinggi, dial hitam yang benar-benar baru, dijamin selama 50 tahun. Masih di tahun 2017, Panerai meluncurkan Submersible BMG-TECH™-47mm, dengan material yang lebih keras dan lebih ringan dari baja. “BMG-TECH™ merupakan kaca logam curah dengan struktur atom yang tidak teratur, dibuat melalui proses injeksi tekanan tinggi pada suhu tinggi.

Tahun 2018 dimulai dengan pergantian posisi CEO dengan Jean-Marc Pontrouémenggantikan Angelo Bonati. Selama SIHH 2018 Panerai menghadirkan dua jam tangan penuh inovasi, yang pertama Lo Scienziato-Luminor Tourbillon GMT dengan case Titanium 3D-printed dan movement Skeletonized P.2005/T yang dilengkapi regulator Tourbillon. Luminor Tourbillon GMT tidak diragukan lagi merupakan salah satu jam tangan paling rumit yang dubuat pabrik Panerai di Neuchâtel.

Luminor Tourbillon GMT.
Luminor Tourbillon GMT. Sumber : Panerai.com

Jam tangan kedua adalah L’Astronomo-Luminor 1950 Tourbillon Moon Phases Equation of Time GMT. Ini merupakan jam tangan Panerai pertama yang memiliki indikasi fase bulan dan sistem inovatif menggunakan kristal terpolarisasi untuk menunjukkan tanggal. Jam tangan ini merepresentasikan seni klasik pembuatan jam tangan kelas atas yang sukses dilakukan Panerai dengan caranya sendiri dan dengan keakuratan satu abad.

Tepat 70 tahun setelah mengajukan paten internasional untuk menggunakan nama Luminor, Panerai menciptakan model yang brilian dan inovatif dengan luminositas yang lebih besar: yaitu Luminor Marina–44mm (PAM01117). Pada tahun 2020 Panerai melanjutkan perjalanan evolusinya dan mengubah dimensi ekspresif dari Luminor Marina. Gaya baru untuk Luminor Marina dimaksudkan agar lebih sederhana, fungsional, dan modern.

Untuk Piala Amerika ke-36 2020, Panerai bermitra dengan Tim Luna Rossa Prada Pirelli.

Dengan koleksi Luna Rossa, Panerai menghadirkan empat jam tangan ikonik yang dirancang untuk para tim Piala Amerika ke-36 2020. Dengan bangga Panerai menciptakan jam tangan ini, yang mewakili kisah Italia baru yang terkait dengan laut, keunggulan dan inovasi.

Pada 2021 Panerai dan Komisi Oseanografi Antar Pemerintah UNESCO (IOC-UNESCO) bekerja sama untuk mengembangkan kegiatan kesadaran laut sebagai bagian dari program United Nations Decade of Ocean Sciences for Sustainable Development (2021-2030).

Pada tahun yang sama Panerai meluncurkan The Submersible eLab-ID™, jam tangan konsep dengan persentase bahan berbasis daur ulang tertinggi yang pernah ada. Jam tangan merupakan bentuk kampanye untuk penggunaan bahan daur ulang dan pengembangan ekonomi sirkular dengan tujuan mengurangi dampak lingkungan dari industri pembuatan jam.

Luminor Marina eSteel™.
Luminor Marina eSteel™. Sumber : Panerai.com

Juga di tahun 2021, Panerai mengembangkan Luminor Marina eSteel™, sebuah langkah besar dalam komitmen Panerai untuk mengurangi kebutuhan akan ekstraksi bahan murni dan dampak lingkungannya tinggi. 89g komponen Luminor Marina eSteel™ terbuat dari bahan berbasis daur ulang, setara dengan 58,4% dari total berat jam tangan.

Panerai Kini Hadir di Jamtangan.com

Untuk kamu para watch enthusiast, pasti sudah penasaran dengan jam tangan Panerai kan? Sekarang jam tangan Panerai sudah hadir di Jamtangan.com, dan kamu bisa cek koleksinya berikut ini:

1. Panerai Luminor PAM01271 Marina Quaranta 40mm Black Alligator Leather Strap

Panerai Luminor PAM01271.
Panerai Luminor PAM01271. Sumber : Jamtangan.com.

2. Panerai Luminor PAM01247 Due 38mm Black Alligator Leather Strap

Panerai Luminor PAM01247.
Panerai Luminor PAM01247. Sumber : Jamtangan.com.

3. Panerai Submersible PAM01229 QuarantaQuattro Automatic Black Dial Black Rubber Strap

PANERAI Submersible PAM01229 QuarantaQuattro Automatic Black Dial Black Rubber Strap. Sumber : Jamtangan.com

Jam tangan Panerai hadir dengan desainnya yang khas dan kualitasnya yang luar biasa. Dari kedua koleksi jam tangan Panerai di atas, manakah yang jadi incaran kamu? Dapatkan jam tangan Panerai hanya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan chef juna

Jam Viral dengan Konsep Mahakarya Seni Besutan Emmanuel Dietrich, Dietrich Organic Time-1 OT-1

Next Article
sejarah king seiko

Desain Boleh Lawas, Teknologi Tetap Terdepan! Kenalan Lebih Jauh dengan King Seiko!

Related Posts
Total
0
Share