Keunggulan Jam Tangan Japanese Domestic Market (JDM)

Beberapa diantara kita mungkin masih ada yang bertanya Apa itu Japanese Domestic Market (JDM). Yap sesuai namanya, JDM adalah pasar domestik Jepang. Produk-produk JDM merupakan produk yang diproduksi untuk dijual khusus ke pasar dalam negeri Jepang dan standar kualitas serta aturan perdagangannya diatur oleh pemerintah Jepang. Namun, produk JDM dalam kuantitas lebih sedikit juga bisa dinikmati oleh pasar di luar Jepang termasuk Indonesia. Hal ini terjadi berkat globalisasi, kemajuan teknologi dan era perdagangan bebas. Banyak yang mengimpor produk JDM dari pasar Jepang ke Indonesia atau banyak yang membeli produk tersebut di Jepang dan membawanya ke Indonesia.

Awalnya JDM mulai booming di luar Jepang hanya sebatas komoditas otomotif saja yang sempat dipopulerkan oleh majalah Super Street Magazine yang mengangkat tema otomotif. Tak lama setelahnya, produk JDM selain komoditas otomotif mulai dicari oleh pasar di luar Jepang. Salah satu produk yang cukup diminati ialah jam tangan.

Menariknya, beberapa produk yang dijual Jamtangan.com merupakan produk JDM, diantaranya Casio G-Shock. Kelebihan dari jam tangan keluaran JDM ialah selain bersifat eksklusif, juga memiliki kualitas value yang lebih, sehingga layak untuk dikoleksi.

3 hal yang menjadikan produk JDM memiliki value lebih antara lain:

  • Reputasi Karena Kualitas Standar Negara Jepang

Sudah tak diragukan lagi bahwa produk Japan Domestic Market diakui reputasinya bahkan hingga manca negara. Itulah mengapa, banyak orang dari beberapa negara mengincar barang JDM ini. Walaupun tidak semua produk JDM itu buatan Jepang, bisa saja produk JDM itu buatan negara diluar Jepang seperti China, Korea, Thailand atau bahkan Indonesia, namun spesifikasi dan standar kualitasnya harus sesuai standar kualitas industri dan pemerintah Jepang. Kita tahu bahwa pemerintah Jepang sangat ketat mengenai kualitas produk-produk yang diperuntukan untuk dijual dan dikonsumsi masyarakat Jepang.

Tentu saja, karena produk JDM hanya untuk pasar lokal Jepang, kualitas dari produknya tidak kalah dengan produk Jepang untuk pasar ekspor, bahkan biasanya ada kualitas-kualitas yang lebih tinggi dibanding produk untuk pasar ekspor karena disesuaikan dengan standar konsumsi masyarakat Jepang yang hanya mengkonsumsi produk dengan standar kualitas tinggi.

    • Lebih Eksklusif Sehingga Sangat Layak Dikoleksi

    Mengingat produk JDM hanya untuk pasar Jepang saja maka produk JDM menjadi sesuatu yang pantas untuk dikoleksi. Untuk produk-produk JDM yang modelnya tidak memiliki versi global dan hanya dijual hanya di pasar lokal Jepang saja, menyebabkan produk tersebut tidak tersedia dalam jumlah yang besar (karena jumlah produksinya disesuaikan dengan permintaan di pasar dalam negeri Jepang saja) dan biasanya memiliki model, detail atau warna yang berbeda dengan versi produk yang dijual untuk pasar global. Untuk itu, para pecinta jam tangan bahkan ada yang rela untuk mengejar produk JDM hingga langsung ke negara asalnya, karena selain kualitas, biasanya ada sisi pembeda dari model produk atau packaging yang eksklusif dan unik. Eksklusifitas juga tercermin dalam ketersediaan produk yang tidak ditemukan di pasar global dan cara mendapatkannya perlu usaha lebih dengan biaya lebih tinggi, hal ini memberikan nilai eksklusif kepada pemiliknya.

      • Punya Resale Value Bagus

      Produk JDM memiliki value yang lebih tinggi dibanding dengan produk non-JDM dan memiliki resale value lebih baik. Sehingga bagi kolektor jam tangan, produk JDM cukup bernilai investasi karena eksklusifitas dan kelangkaannya di pasar luar Jepang, maka harga bekasnya jika dijual diluar Jepang bisa cukup tinggi, namun semua itu tergantung demand. Tapi karena semua produk JDM itu diperoleh dari retail dalam negeri Jepang, bukan langsung dari produsen (karena produsen dilarang memasarkan produk versi JDM keluar Jepang secara langsung, hanya retail dalam negeri Jepang yang boleh memasarkannya), maka harga retail awalnya yang memakai harga dalam Yen, cenderung lebih tinggi apabila dijual kembali di Indonesia dalam mata uang Rupiah. Hal itu disebabkan karena nilai Yen lebih tinggi dari Rupiah. Maka tentu saja harga barang JDM termasuk jam tangan jika dijual kembali di Indonesia berharga lebih tinggi dari versi non-JDM.

      Wah, ternyata jam tangan JDM punya banyak nilai lebih jika dibanding jam tangan non-JDM. Apakah Anda mulai tertarik untuk berburu Casio JDM? Bisa Anda intip koleksinya hanya di Jamtangan.com. Selamat berburu 🙂

      Total
      0
      Shares
      Previous Article

      Begini Cara Menghitung Diameter Jam Tangan

      Next Article

      Rekomendasi G-Shock Terbaik 2019

      Related Posts
      Total
      0
      Share