Cara Membedakan Jam DW Asli dan Palsu, Jangan Sampai Ketipu!

Cara Membedakan Jam DW Asli dan Palsu, Jangan Sampai Ketipu!

Sebagai salah satu merek jam tangan populer, banyak pihak tidak bertanggung jawab memanfaatkan ketenaran Daniel Wellington (DW) dengan membuat versi palsu atau KW. Di artikel ini, Jamtangan.com akan memberikan beberapa tips cara membedakan jam DW asli dan palsu.

For note, tentu aja ciri-ciri produk palsu bisa bervariasi tergantung tipe jam dan ‘pihak nakal’ yang membuatnya. Tapi, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri umum yang paling banyak ditemukan pada jam Daniel Wellington KW dan bisa kamu jadikan acuan untuk membedakan mana produk yang benar-benar asli dan mana yang mungkin palsu. Let’s check the tips out!

Worth to Check! : Beli jam tangan DW #PastiOri dan terbaru di sini. 

1. Packaging Daniel Wellington Asli Pasti Dilengkapi Manual Book & Barcode Tag

Cara membedakan jam DW asli dan palsu dari packaging , box, dan barcode tag. Blog jamtangan,com - Machtwatch,
Tag dengan barcode biasanya tidak ditemukan pada packaging DW palsu. (Image: Watchreview)

Saat membeli jam DW original, tiga elemen yang pasti dan harus selalu ada dalam packaging box adalah manual book, tag Daniel Wellington lengkap dengan barcode, serta tentu saja jam tangan Daniel Wellington itu sendiri. Nah biasanya, elemen yang sering ‘hilang’ dalam box produk KW adalah manual book dan barcode tag. Jadi, kalau kamu membeli jam DW baru lalu tidak menemukan manual book atau tag di dalam box-nya, produk tersebut bisa dicurigai palsu. Kalaupun dilengkapi manual book, maka kualitas printing pada buku panduan DW palsu biasanya terlihat kurang rapi.

2. Bentuk Crown Daniel Wellington Asli Pasti Sedikit ‘Meruncing’ 

Cara membedakan jam DW asli dan palsu dari crown.
Cara membedakan jam DW asli dan palsu dari crown.
Bentuk crown pada Jam DW asli (kiri), & jam DW palsu (kanan). (Image: YouTube)

 Ini dia, satu lagi ciri-ciri autentik jam Daniel Wellington asli yang sering gagal ‘ditiru’ oleh pemalsunya. Jika diamati, semua produk jam DW asli pasti memiliki bentuk crown yang cenderung ‘ramping’ dan sedikit meruncing pada bagian atasnya. Sementara itu, kebanyakan jam DW KW dibuat dengan bentuk crown yang cenderung bulat, pipih, dan melebar. Itulah kenapa, mengamati bentuk crown menjadi salah satu cara membedakan jam DW asli dan palsu yang paling mudah sekaligus efektif buat dilakukan. 

3. Bentuk, Ukuran, & Posisi Tulisan DW pada Case dan Dial

Cara membedakan jam DW asli dan palsu dari detail case dan dial jam tangan.
Detail dial pada Jam DW asli (kiri), & jam DW palsu (kanan). (Image: Watchreview)

Sebagai pusat perhatian dari sebuah jam, mengamati bagian dial juga merupakan cara membedakan jam DW asli dan palsu yang paling efektif. Karena banyaknya elemen pada dial, akan selalu ada detail-detail yang gagal ‘ditiru’ dengan sempurna oleh versi KW. Berikut ini adalah beberapa perbedaan detail pada dial yang sering ditemukan pada jam DW palsu: 

  • Bentuk Case Jam DW Asli Cenderung Pipih

Daniel Wellington merupakan merek jam yang mengusung nilai kepraktisan dan kenyamanan pada desainnya. Itulah kenapa, salah satu ciri jam DW asli adalah selalu dihadirkan dengan case bulat yang cenderung pipih agar lebih nyaman saat dipakai. Sementara itu, jam DW palsu biasanya punya case bulat yang cenderung tebal. 

  • Ukuran Jam DW Palsu Cenderung Selalu Lebih Besar atau Kecil 

Cara membedakan jam DW asli dan palsu yang selanjutnya, adalah memperhatikan diameter case-nya. Kebanyakan jam DW palsu punya diameter yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran seharusnya. Tentu sulit membedakan ukuran ini jika kamu tidak memiliki produk pembanding. Tapi, kamu bisa mengakalinya dengan melihat ukuran diameter tipe jam yang kamu beli di internet, lalu mengukur jam yang kamu dapat. Kalau ukurannya presisi seperti info spesifikasi di internet, maka jam bisa dipastikan asli. 

  • Tulisan Daniel Wellington di Dial Selalu Lurus Angka 2 & 10 
Cara membedakan jam DW asli dan palsu dari detail dial jam tangan. Blog Machtwatch - Jamtangan.com.
Tulisan Daniel Wellington pada jam DW asli selalu lurus dengan angka 2 &10.  

Ini merupakan salah satu ciri unik jam DW asli, yang meskipun tidak pernah secara ‘official’ diklaim oleh pihak brand bisa dijadikan acuan cara membedakan jam DW asli dan palsu. Jika diperhatikan, semua model jam DW memiliki singkatan huruf ‘DW’ dan tulisan Daniel Wellington di dial-nya. Nah, pada jam DW asli, bagian atas singkatan ‘DW’ pasti selalu lurus dengan angka 1 & 11. Sementara itu, tulisan ‘Daniel Wellington’ pasti selalu sejajar dengan angka 2 & 10. So, kalau kamu menemukan jam DW dengan posisi tulisan yang berbeda di dial, bisa dipastikan produk tersebut palsu. 

  • Detail Indeks Jam pada Dial Jam DW Asli punya Tebal Tipis Jelas 

Seperti bisa dilihat pada contoh perbandingan gambar di poin nomor 3, cara membedakan jam DW asli dan palsu juga bisa dilihat dari detail indeks atau jarum jam. Pada jam DW palsu, perbedaan ketebalan indeks jam dan detik terlihat sangat jelas. Indeks jam terlihat lebih tebal, sementara indeks detik didesain lebih tipis. Sementara pada jam DW KW, indeks detik biasanya juga dihadirkan tebal. 

4. Caseback: Selalu Ada Serial Number & Tulisan Engraved 

Cara membedakan jam DW asli dan palsu dari detail case back jam tangan. Blog Machtwatch Jamtangan.com
Detail case back pada jam DW asli (kiri) & jam DW palsu (kanan). (Image: Watchreview) 

Cara membedakan jam DW asli dan palsu yang selanjutnya adalah dari bagian case back. Pada semua model jam Daniel Wellington ori, tulisan merek, informasi water resistance, hingga keterangan movement yang ada pada bagian belakang jam pasti didesain secara engraved atau ‘diukir’. Hal ini tidak ditemukan pada sebagian besar jam DW palsu, yang biasanya menghadirkan detail tulisan ini dengan printed-letter biasa alias tidak bertekstur saat diraba. 

Baca Juga: Ada Macam-Macam Case Back Jam Tangan, Apa Bedanya?

5. Ketahui Range Harga Jam DW Asli 

Cara membedakan jam DW asli dan palsu dengan range harga jam DW ori. Blog Machtwatch - Jamtangan.com.
On frame: Daniel Wellington DW00100278, DW00100110, 0205DW-SV-DW00100019. & DW00100003.

Cara membedakan jam DW asli dan palsu yang terakhir namun tak kalah penting tentu saja adalah dengan mengetahui range harga jam tangan Daniel Wellington asli di pasaran. FYI, jam tangan DW pria maupun wanita yang asli dipasarkan dengan range harga mulai Rp1 jutaan. So, kalau kamu menemukan jam DW baru dijual dengan harga ratusan ribu atau malah kurang tanpa adanya diskon atau promo, kamu patut curiga bahwa jam itu kemungkinan palsu. 

Di Jamtangan.com kamu nggak hanya bisa tenang karena bisa belanja jam tangan yang 100% #PastiOri, tapi juga bisa dimanjakan dengan banyak layanan spesial. Mulai dari harga terbaik, voucher diskon dan promo, sampai layanan free ongkir ke seluruh Indonesia dihadirkan untuk memastikan kamu bisa belanja dengan aman dan nyaman. Nggak perlu lagi khawatir beli jam tangan palsu atau KW kalau belanja di Jamtangan.com! 

Yuk, Cek Koleksi Jam Daniel Wellington Terupdate & Terlengkap di Sini.

Categories: Editor's Choices