Cara Cepat Mengisi Daya Jam Tangan Solar

Cara Cepat Mengisi Daya Jam Tangan Solar

Salah satu alasan memilih jam tangan solar adalah karena kepraktisannya. Anda tak perlu repot gonta-ganti baterai setiap tahun. Hanya perlu mengekspos jam tangan pada cahaya matahari atau cahaya artifisial secara rutin, daya pun terisi kembali. Bisa dibilang jam solar powered tidak memerlukan banyak maintenance dan ramah lingkungan.

Seperti sebutannya, jam tangan solar ditenagai oleh sel surya. Cahaya matahari atau cahaya buatan diserap oleh panel surya di belakang crystal. Dial bisa terletak di atas atau pada panel surya. Panel ini lah yang mengubah cahaya menjadi energi listrik. Sebagian jam tangan solar juga punya baterai untuk lithium-ion untuk menyimpan energi.

Jam tangan solar mudah diisi ulang dayanya, baik outdoor maupun indoor. Namun bisa butuh waktu lama untuk daya terisi penuh bila caranya kurang tepat. Begini cara cepat mengisi daya jam tangan solar:

1. Pastikan Dial Tidak Tertutup Lengan Kemeja

Bila Anda sedang berada di luar ruangan dan matahari sedang bersinar cerah, inilah kesempatan terbaik untuk recharge jam tangan solar. Ya, cahaya matahari adalah sumber daya terbaik dan tercepat. Sebagian jam butuh lima jam paparan sinar matahari langsung agar terisi penuh.

ilustrasi mengisi daya jam solar di bawah sinar matahari. Dok: Watchonista

Tapi yang perlu Anda ingat, pastikan bagian muka atau dial jam terekspos sepenuhnya oleh cahaya. Jangan sampai dial tertutup lengan kemeja meski hanya sebagian. Sebab bila tertutup sedikit saja, penyerapan daya bisa terhambat.

Begitu pula saat Anda menyetir. Sebaiknya paparkan jam solar Anda ke sinar matahari dengan menempatkan lengan di tepi pintu dan menggulung lengan baju.

2. Letakkan di Dekat Jendela

Mengisi daya jam tangan solar dari dalam ruangan. Foto: Unsplash

Seharian di rumah tidak menghentikan Anda untuk mengisi ulang jam tangan solar. Ya, daya jam solar bisa di-charge di dalam ruangan. Cara paling cepat adalah dengan meletakkannya di kusen jendela dan menghadapkan dial ke arah datangnya sinar matahari. Panel suryanya bisa tetap menyerap energi cahaya.

3. Letakkan di Dekat Lampu

Jam tangan solar sejatinya selalu mengisi daya selama ada cahaya. Kecuali bila jam tangan solar Anda berada di kegelapan total. Artinya, cahaya artifisial dari lampu pun bisa mengisi daya jam tangan solar.

ilustrasi cahaya artifisial. Foto: Unsplash

Bila Anda tak sempat keluar rumah atau meletakkan jam di dekat jendela saat ada sinar matahari, cara ini bisa dipakai. Letakkan jam sekitar 50cm dari lampu.

Namun perlu Anda tahu, mengisi daya dengan cahaya artifisial butuh waktu lebih lama daripada dengan cahaya matahari. Dilansir Best Solar Watches, bisa butuh 150 jam recharging agar jam tangan solar terisi penuh. 

Nah, kalau Anda mencari jam tangan solar dengan harga ramah kantong, Anda bisa mengunjungi Jamtangan.com. Ada berbagai pilihan brand yang bisa Anda pertimbangkan, dan yang pasti original.

Categories: Info & Tips