Solusi Agar Aplikasi Casio Tidak Sering Crash

Solusi Agar Aplikasi Casio Tidak Sering Crash

Tidak hanya tangguh, jam tangan besutan Casio juga selalu hadir dengan inovasi menarik. Salah satunya adalah lewat aplikasi yang menghubungkan smartphone dengan jam tangan via Bluetooth. Connected App tersedia untuk berbagai brand Casio, mulai dari G-SHOCK, BABY G, MR-G, Pro Trek, dan lain-lain.

Aplikasi tersebut memiliki aneka fungsi untuk mempermudah aktivitas pengguna. Aplikasi G-SHOCK misalnya, bisa membantu penunjuk waktu jadi lebih akurat, melacak perpindahan lokasi, menghitung kalori yang terbakar, menunjukkan zona waktu dunia, dan berisi panduan penggunaan jam tangan. Sementara Aplikasi MR-G dapat menunjukkan kapasitas daya yang tersisa pada jam.

Casio G-SHOCK GMW-B5000. Dok: Deployant

Hadirnya Connected App ini tentu membuat jam tangan Casio makin istimewa. Namun sayangnya, sebagian pengguna mengeluh aplikasi Casio sering error dan crash saat digunakan. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Nah, berikut yang bisa kamu lakukan agar Connected App jam tangan Casio kamu tidak sering crash:

1. Mengubah Setting pada Android

Jika kamu mengunduh Connected App pada Android 9 atau 10, setting pada “Battery” atau “App & Notifications” bisa jadi penyebabnya. 

Untuk mengatasinya, kamu bisa buka menu Setting pada smartphone, lalu klik Apps & Notifications. Klik aplikasi Casio yang telah kamu unduh. Klik Advanced > Battery > Background Restriction >  pilih Remove. 

Setelah itu klik Battery Optimization. Scroll dan klik aplikasi Casio. Klik dan pilih Don’t Optimize. Kembali pada menu Apps & Notification, aktifkan notifikasi pada aplikasi Casio. Untuk lebih jelasnya, tonton video instruksi dari Casio berikut.

2. Mengaktifkan Opsi Animasi

Pada forum pencinta jam tangan, beberapa pengguna mengeluhkan aplikasi G-SHOCK tidak mau dibuka pada Android. Ternyata agar aplikasi bisa dibuka, kamu harus mengaktifkan opsi animasi pada Developer Options. Animasi muncul pada intro aplikasi G-SHOCK.

Caranya, buka menu Setting dan klik “Developer Options”. Aktifkan animasi, setidaknya hingga skala 0.5x. Yang harus diaktifkan adalah Window Animation Scale, Transition Animation Scale, dan Animator Duration Scale.

Mengaktifkan opsi animasi di Android. Dok: aparezco via Forums Watchuseek

Sudah kamu coba di smartphone kamu? Nah, kalau kamu mencari jam tangan Casio yang dilengkapi dengan Connected App, Jamtangan.com punya banyak pilihan buat kamu. Kamu dijamin dapat jam tangan original dengan harga terbaik. Yuk cek!

Categories: Info & Tips