Ternyata Ini 7 Fakta Unik Cartier, Brand Legendaris asal Prancis

Fakta jam tangan cartier
Fakta jam tangan cartier

Siapa yang tidak kenal jam tangan Cartier? Cartier dikenal sebagai brand yang menghadirkan jewelry dan jam tangan mewah paling terkenal, bergengsi, dengan reputasi baik di seluruh dunia. Cartier pun terus mengembangkan dan memperbaharui koleksi jam tangannya yang iconic, antara lain seperti Cartier Tank Must dan Cartier Santos untuk dihadirkan saat ini. 

Namun perjalanan panjang Cartier tidak selalu mulus, banyak peristiwa dan fakta menarik yang terjadi di balik itu yang akan kita kupas melalui artikel ini. Simak 7 fakta menarik tentang jam tangan Cartier, yang mungkin kamu belum ketahui!

Fakta Menarik Tentang Jam Tangan Cartier

1. Jam Tangan Cartier Crash Terinspirasi Dari Jam Tangan Rusak Akibat Kecelakaan

    Cartier Crash.
    Cartier Crash.

    Jam tangan Cartier Crash merupakan salah satu jam tangan Cartier yang paling iconic yang didesain oleh Cartier. Dan ternyata, cerita di balik desain jam tangan Cartier Crash sangat menarik lho! Ada seorang pelanggan Cartier yang mengalami kecelakaan. Pada momen kecelakaan tersebut, jam tangan Cartier melekat di pergelangan pelanggan tersebut. Beruntung nyawa pelanggan tersebut masih bisa diselamatkan, hanya saja bentuk jam tangan pelanggan tersebut sudah tidak teratur. Bentuk jam tangan Cartier tersebut memiliki kerusakan seperti bagian case yang penyok. Melihat jam tangan kesayangannya penyok, pelanggan tersebut ingin meminta Cartier garansi untuk mengembalikannya ke bentuk semula.

    Baca juga : Review Cartier Santos De Cartier WSSA0030, Ikon Klasik Yang Modern

    Saat Jean-Jacques melihat jam tangan tersebut, dia menemukan ide untuk mereplikasi desain yang rusak tersebut di tahun 1967, dan kemudian menjual jam tangan Cartier Crash sebagai jam tangan edisi terbatas. Cartier Crash sontak mendulang kesuksesan, dan saat ini jam tangan Cartier Crash menjadi salah satu jam tangan paling unik dan paling banyak dicari. 

    2. Cartier Menduduki Peringkat ke-58 Sebagai Brand Paling Bernilai di Dunia Versi Forbes Tahun 2016

      Logo Forbes.
      Logo Forbes.

      Pada tahun 2016, brand Cartier diperkirakan bernilai $10,1 miliar dan memiliki total penjualan sebesar $6,1 miliar dengan 286 lokasi di seluruh dunia. Hal itu membawa Cartier berhasil menduduki peringkat ke-58 sebagai salah satu brand paling bernilai di dunia, versi majalah Forbes tahun 2016.

      3. Hampir Bangkrut, Namun Terselamatkan Berkat Koleksi Pribadi Perhiasan Cartier

        Bros zamrud dengan berlian Cartier, akhir abad ke-19.
        Bros zamrud dengan berlian Cartier, akhir abad ke-19.

        Cartier mengalami krisis finansial yang terjadi setelah perang Prancis-Prusia yang terjadi pada tahun 1870 dan 1871. Pada saat itu Cartier berada di bawah kepemimpinan Louis-François dan putranya Alfred. Karena kekalahan Perancis, menyebabkan para aristokrat melarikan diri dan pergi ke pengasingan sehingga membuat bisnis Cartier menurun.

        Cartier pun seringkali mengandalkan perlindungan grandes horizontales yang bernama La Barucci. La Barucci merupakan yang merupakan seorang pekerja prostitusi nomor satu di Paris. Kemudian kemalangan menimpa La Barucci dan meninggal karena tuberkulosis. Alfred menghubungi ahli warisnya La Barucci dan menawarkan untuk menjual perhiasan Cartier (senilai ratusan ribu franc) dengan komisi lima persen di Inggris. Tidak disangka, hal itulah yang kini membantu bisnis Cartier tetap bertahan selama masa krisis keuangan.

        4. Cartier Membuat Jam Tangan Pria dan Jam Tangan Pilot Pertama

          Cartier Santos Dumont.
          Cartier Santos Dumont.

          Pada abad ke-15, pria lebih sering menggunakan jam saku dan belum menggunakan  jam tangan hingga awal tahun 1900-an. Saat itu jam tangan mulai bermunculan di pasaran, namun ukurannya begitu kecil dan ditujukkan sebagai perhiasan untuk wanita.

          Jam tangan pria pertama kali dipopulerkan Cartier, melalui jam tangan Cartier Santos. Pda tahun 1904 Louis membuat jam tangan pria untuk temannya yang merupakan seorang pilot Brazil bernama Alberto Santos-Dumont, karena kesulitannya menggunakan jam saku untuk mencatat waktu terbang. 

          Kemudian Louis menciptakan jam tangan Cartier Santos untuk mengatasi masalah tersebut. Santos-Dumont menggunakan jam tangan tersebut dalam penerbangannya. Karena nama Cartier Santos-Dumont cukup tenar akan pencapaiannya yang luar biasa di dunia penerbangan, jam tangan tersebut dengan cepat menjadi populer. 

          Sejak saat itu hingga sekarang, pria sudah mulai memakai jam tangan. Jam tangan ini juga merupakan jam tangan pilot pertama, sekaligus jam tangan dengan desain modern pertama yang sudah terintegrasi dengan strap. Sebelumnya, jam tangan untuk pria merupakan jam saku yang diberi strap.

          Santos De Cartier.
          Santos De Cartier.

          Model jam tangan Cartier Santos merupakan model yang masih eksis hingga saat ini dan begitu popular dengan nama Santos De Cartier. Dapat dikatakan bahwa sejarah jam tangan Cartier Santos juga memainkan peranan penting terhadap kepopuleran jam tangan ini, sehingga jam tangan ini memiliki banyak penggemar.

          Baca juga : Jam Mewah Koleksi Aktor Korea Cha Eun Woo, Ada Brand Cartier Dan Mido!

          5. Jam Cartier Mystery Pertama Kali Dijual Pada J.P Morgan Seharga $3,200

            Jam Cartier Mystery"Pendules Mysterieuses Model A”.
            Jam Cartier Mystery “Pendules Mysterieuses Model A”.

            Jam Cartier Mystery dirancang oleh Maurice Couet pada tahun 1913. Jam ini menampilkan hands jam dan menit yang mempunyai efek mengambang. Hal itu dikarenakan Maurice Couet memasang jarum jam ke kristal batu transparan, sehingga memberi efek mengambang.

            Jam Cartier Mystery terinspirasi dari pesulap dan watchmaker asal Prancis tahun 1850-an yaitu Jean Eugene Robert-Houdin. Jam Cartier Mystery yang pertama ini diberi nama “Pendules Mysterieuses Model A”. Jam Cartier Mystery Model A berhasil dijual di Cartier New York untuk pertama kali kepada J.P. Morgan Jr. seorang banker Amerika yang terkenal.

            6. Louis Cartier Dijuluki “Jeweler of Kings” oleh Raja Edward VII dari Inggris

              King Edward VII dan Queen Alexandra menggunakan Cartier.
              King Edward VII dan Queen Alexandra menggunakan Cartier.

              Dalam perjalanannya, Cartier banyak bertemu dengan tokoh-tokoh penting dunia, termasuk anggota kerajaan dari seluruh dunia. Keponakan dari Napoleon I membeli Cartier untuk pertama kalinya pada tahun 1856. Lalu setelah Napoleon III berkuasa, Permaisuri Eugenie menjadi klien Cartier pada tahun 1859.

              Pada tahun 1904, Cartier menjadi pemasok resmi untuk Raja Edward VIII. Tidak hanya itu, Cartier juga mengirimkan produk-produknya ke keluarga kerajaan di seluruh dunia termasuk Raja Fouad I dari Mesir dan Raja Carlos I dari Portugal dan lainnya.

              7. Pierre Cartier Membeli Gedung di New York dan Membayarnya dengan Kalung Mutiara Cartier

                Bangunan Cartier.
                Bangunan Cartier.

                Pierre Cartier membeli gedung enam lantai di 5th Avenue dan 52nd Street dari seorang jutawan Morton Plant, dan dibayar hanya dengan kalung mutiara dan uang sejumlah $100. Morton Plant menyadari nilai dari mutiara alami milik Cartier, dan kemudian keduanya bersepakat untuk menukar bangunan dengan kalung tersebut.

                Yang cukup menarik, ketika Mrs. Maisie Plant meninggal, kalung mutiara tersebut dijual seharga $150.000. Hingga saat ini bangunan tersebut masih dalam kepemilikan Cartier dan saat ini bernilai miliaran dolar.

                Baca juga: Maestro Di Dunia Jam Tangan, Seperti Apa Perjalanan Brand Jam Tangan Cartier?

                Koleksi Jam Tangan Cartier Kini Hadir di Jamtangan.com 

                1. Cartier Tank Must WSTA0041 Ladies Silver Dial Black Grained Calfskin Leather Strap

                  Cartier Tank Must WSTA0041.
                  Cartier Tank Must WSTA0041.

                  Cartier Tank Must WSTA0041 merupakan koleksi jam tangan Cartier yang hadir dengan desain kotak berukuran kecil, dengan dimensi case 33.7 mm x 25.5 mm, dan ketebalan 6.6 mm dengan bahan stainless steel

                  Jam tangan mewah ini dibekali dengan Quartz movement, dengan calibre 1847 MC. Pada crown, terdapat beaded crown berwarna biru yang iconic,yang dibuat dengan spinel berbentuk cabochon sintetis. 

                  Cartier Tank Must WSTA0041 memiliki silver dial, blued-steel hands yang berbentuk seperti pedang, dengan interchangeable calfskin strap berwarna hitam menawarkan paduan kemewahan yang begitu elegan. Jam tangan ini memiliki water resistant 30 meter. Cartier Tank Must WSTA0041 dibanderol dengan harga Rp56,5 jutaan.

                  2. Cartier Tank Must WSTA0053 Ladies Silver Dial Stainless Steel Strap

                    Cartier Tank Must WSTA0041.
                    Cartier Tank Must WSTA0041.

                    Cartier Tank Must WSTA0041 hadir dengan automatic movement, calibre 1847 MC. Jam tangan ini memiliki case diameter 31 mm dengan ketebalan 8,4 mm dengan material case stainless steel. Pada crown, terdapat beaded crown berwarna biru yang iconic,yang dibuat dengan spinel berbentuk cabochon sintetis. 

                    Pada silver dial yang begitu elegan, terdapat hands berwarna biru kontras sebagai penunjuk jam, menit dan detik. Pada posisi pukul enam, kamu dapat menemukan window date. Jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 30 meter. Kamu bisa dapatkan Cartier Tank Must WSTA0041 dengan harga Rp68,5 jutaan.

                    Baca juga: Review Cartier Santos De Cartier WSSA0030, Ikon Klasik Yang Modern

                    Itu dia 15 fakta menarik tentang jam tangan Cartier. Untuk kamu yang menyukai jam tangan Cartier, pastinya makin tertarik dong untuk segera mengoleksi jam tangannya? Untuk kamu yang ingin segera mendapatkan jam tangan mewah yang satu ini, kamu bisa segera dapatkan koleksinya di Jamtangan.com.

                    Total
                    0
                    Shares
                    Leave a Reply

                    Your email address will not be published. Required fields are marked *

                    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

                    Previous Article
                    Spinnaker Luncurkan 3 Model Baru

                    Spinnaker Luncurkan 3 Model Baru Hasil Kolaborasi dengan Marine Conservation Society

                    Next Article
                    Seiko Prospex PADI

                    Inilah 10 Koleksi Seiko Prospex PADI yang Tangguh untuk Penyelam!

                    Related Posts
                    Total
                    0
                    Share