Temukan 10 Fakta TAG Heuer, Brand Luxury Sports Watch dari Swiss

Fakta jam tangan tag heuer
Fakta jam tangan tag heuer

Sebagai sebuah brand, jam tangan TAG Heuer sudah berdiri sejak tahun 1860. Sejak itu, brand TAG Heuer sudah dikenal sebagai jam tangan mewah yang berasal dari Swiss. Mengulik sejarahnya, ternyata TAG Heuer memiliki kepanjangan dari namanya. Kata “TAG” adalah singkatan dari Techniques d’Avant Garde (teknik yang bersifat eksperimental dan baru)

Merek ini mengedepankan inovasi jam tangan yang kebanyakan terinspirasi automobile racing, punya andil dalam evolusi chronograph, dan inovasi pada pembuatan jam tangan lainnya. Namun tahukah kamu, bahwa ada 10 fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui seputar jam tangan TAG Heuer. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang jam tangan TAG Heuer yang akan Minwatch ulas untuk kamu!

Baca juga: 8 Ciri Jam Tangan Tag Heuer Yang Asli, Cek Di Sini Detailnya!

Fakta Menarik Tentang Jam Tangan Tag Heuer

1. TAG Heuer Merupakan Official Timekeeper di 3 Acara Olympic Games dan Balap Mobil

    Edouard Heuer dan Stopwatch TAG Heuer.
    Edouard Heuer dan Stopwatch TAG Heuer.

    Perusahaan jam tangan TAG Heuer didirikan pada tahun 1860 oleh Edouard Heuer, berlokasi di St-Imier, Swiss. TAG Heuer membangun reputasi dengan baik dari segi workmanship dan ketepatan waktu. TAG Heuer pun muncul menjadi menjadi spesialis timekeeper untuk acara olahraga seperti Olimpiade. Stopwatch TAG Heuer digunakan di tiga ajang Olimpiade yaitu Olimpiade Antwerpen 1920, Olimpiade Paris 1924, dan Olimpiade Amsterdam 1928.

     TAG Heuer Autavia 1933.
     TAG Heuer Autavia 1933.

    Kemudian pada tahun 1933, TAG Heuer meluncurkan Autavia, stopwatch dasbor pertama untuk mobil balap. Nama Autavia diambil dari automotive and aviation, jam tangan ini dirancang sebagai stopwatch 12 jam yang untuk mengukur waktu pada industri automotif dan industri penerbangan.

    2. TAG Heuer Menyederhanakan Chronograph

      Gambar dari oscillating pinion.
      Gambar dari oscillating pinion.

      Pada tahun 1882, Edouard Heuer meluncurkan chronograph pertamanya yang kemudian mematenkan oscillating pinion pada tahun 1887. Bahkan hingga saat ini, konstruksi ini masih digunakan oleh para produsen mesin jam. Melalui pinion, Edouard Heuer berhasil menyederhanakan mesin jam chronograph dengan ketepatan waktu dan keandalan yang luar biasa, dan biaya produksi yang lebih rendah.

      3. TAG Heuer Mikrograph Hadir Sebagai Stopwatch Pertama di Olimpiade 1920

        Mikrograph Tag Heuer.
        Mikrograph Tag Heuer.

        Pada tahun 1916, Charles-Auguste Heuer memperkenalkan Mikrograph. Alat tersebut merupakan stopwatch pertama yang dapat mengukur hingga 1/100 detik, dengan tingkat keterbacaan yang luar biasa dan presisi yang andal. Kecepatan movement-nya adalah 360.000 vph, sepuluh kali lebih cepat daripada chronograph 36.000 vph yang biasanya kita anggap “cepat”. Micrograph merevolusi ketepatan waktu olahraga dan berfungsi sebagai stopwatch resmi untuk Olimpiade 1920.

        4. Astronot John Glenn Mengenakan TAG Heuer 2915A Saat Mengorbit Bumi

          Astronot John Glenn Mengenakan TAG Heuer 2915A.
          Astronot John Glenn Mengenakan TAG Heuer 2915A.

          Pada Mei 1961, Presiden John F. Kennedy mengumumkan tujuannya untuk mendaratkan manusia di bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke bumi. Langkah pertama untuk mencapai tujuan itu adalah dengan menempatkan manusia ke orbit. Hal itu dijalankan oleh seorang astronot bernama John Glenn, yang menerbangkan misi “Friendship 7” pada 20 Februari 1962. 

          TAG Heuer 2915A yang digunakan Astronot John Glenn.
          TAG Heuer 2915A yang digunakan Astronot John Glenn.

          John Glenn mengorbit bumi tiga kali dengan mengenakan stopwatch TAG Heuer 2915A di pergelangan tangannya, yang saat itu digunakan sebagai back-up timer. Dia menggunakan TAG Heuer 2915A di atas pakaian luar angkasanya dan ditahan oleh karet gelang yang dibuat khusus agar mengikat. Saat ini, TAG Heuer 2915A disimpan di National Air & Space Museum di Washington, D.C.

          5. TAG Heuer Carrera, Merupakan Signature Model TAG Heuer Terinspirasi dari Automobile Racing

            TAG Heuer Carrera CH80. Sumber: Truefact.com.
            TAG Heuer Carrera CH80.

            Model jam tangan TAG Heuer yang paling iconic yaitu TAG Heuer Carrera, terinspirasi dari automobile racing dan menjadi koleksi yang paling terkenal. Nama Carrera diambil dari “Carrera Panamericana” yang merupakan nama perlombaan balapan yang dilakukan di Meksiko dari tahun 1950 hingga 1954. Perlombaan tersebut termasuk balapan paling berbahaya di dunia pada saat itu, karena memiliki tingkat kematian terkait olahraga tertinggi di dunia, dimana terdapat 27 pengemudi tewas saat menyelesaikan jalur balapan tersebut.

            Baca juga : Jam Tangan Tag Heuer Carrera Plasma Tourbillon Seharga Rp5,6 Miliar!

            TAG Heuer Carrera.
            TAG Heuer Carrera.

            Berangkat dari kisah tersebut, Jack Heuer ingin membuat jam tangan yang aman untuk pembalap mobil. Jam tangan tersebut harus terbaca dengan sempurna dan cukup tangguh untuk menahan getaran yang dialami pengemudi selama balapan.

            6. Steve McQueen Mempopularkan TAG Heuer Monaco

              Steve McQueen menggunakan TAG Heuer Monaco.
              Steve McQueen menggunakan TAG Heuer Monaco

              Dalam film tahun 1971 yang berjudul “Le Mans”, Steve McQueen mengenakan jam tangan yang identik dengan balap mobil, yaitu jam tangan TAG Heuer Monaco. Dalam film tersebut Steve McQueen berperan sebagai pembalap Michael Delaney, menggunakan baju balapnya dengan lambang “Chronograph Heuer”.  

              TAG Heuer Monaco.
              TAG Heuer Monaco.

              Saat itu, Steve McQueen diberikan pilihan untuk menentukan jam tangan yang ingin dikenakan pada film tersebut. Kemudian McQueen memilih jam tangan TAG Heuer Monaco. Hingga saat ini, TAG Heuer model 1133 memiliki julukan “McQueen Monaco”.

              Baca juga: Sejarah Jam Tangan TAG Heuer Monaco Yang Ikonik

              7. Guy Sémon Sosok DIbalik Kesuksesan Tag Heuer 

                Direktur umum TAG Heuer, Guy Sémon.
                Direktur umum TAG Heuer, Guy Sémon.

                Direktur umum TAG Heuer yaitu Guy Sémon, disebut-sebut sebagai kekuatan dari inovasi-inovasi teknis yang dilakukan oleh TAG Heuer. Keunggulannya bahkan membuatnya dianugerahi penghargaan bergengsi Watchmaker of the Year pada tahun 2017. Namun ternyata Guy Sémon bukanlah seorang watchmaker lho! 

                Guy Sémon ternyata merupakan pilot jet terlatih untuk Angkatan Laut Perancis. Dia memiliki minat pada bidang sains, dan meninggalkan Angkatan Laut untuk bekerja sebagai dosen di Kementerian Riset Prancis. Kemudian dia mendapatkan kesempatan untuk bergabung bersama Tag Heuer, dan menjadi tokoh yang berperan penting pada inovasi-inovasi jam tangan TAG Heuer.

                8. Monaco V4: Chronograph yang Sangat Presisi Dengan Akurasi Hingga 1/2.000 detik Dengan Movement Belt-driven.

                  TAG Heuer Monaco V4.
                  TAG Heuer Monaco V4.

                  Pada tahun 2004, TAG Heuer membawa koleksi jam tangan TAG Heuer Monaco ke level baru, dengan meluncurkan jam tangan Monaco V4 di Baselworld. Konsep yang baru tersebut menghadirkan movement mekanis yang canggih dan avante-garde (avante-garde merujuk pada karya yang bersifat eksperimental, radikal, dan tidak lazim).

                  Perjalanan koleksi Monaco V4 tidaklah mudah dan dibutuhkan beberapa tahun untuk mengembangkan desainnya. Monaco V4 pertama dijual di lelang amal Only Watch 2009, yang diadakan dengan tepat di Monaco. Sejak penjualan itu, beberapa seri limited editionnya terjual habis.

                  Monaco V4 merupakan jam tangan chronograph yang sangat presisi dengan akurasi 1/2.000 detik. Selain itu, jam tangan ini memiliki keunikan karena movement-nya tidak digerakkan dengan gear train dan roda gigi. Namun Monaco V4 menggunakan movement yang digerakkan dengan belt-driven, yang terinspirasi dari mesin mobil. Inovasi ini tentu tidak luput dari tokoh penting di TAG Heuer yaitu Guy Sémon.

                  9. TAG Heuer Merilis Jam Tangan Automatic Chronograph Anti Air Pertama

                    TAG Heuer Calibre 11 movement 1969.
                    TAG Heuer Calibre 11 movement 1969.

                    Pada tanggal 3 Maret 1969 di Basel, Tag Heuer merilis jam tangan automatic chronograph anti air pertama dengan Calibre 11. Pada saat itu jam tangan chronograph tidak bisa dioperasikan di dalam air, karena ketika pusher ditekan maka air akan masuk. Namun Tag Heuer mampu merancang mekanisme pusher pada case jam sehingga ketika jam tangan dioperasikan didalam air, air tidak masuk. Calibre 11 adalah salah satu movement automatic chronograph pertama di dunia.

                    Pengembangan movement calibre 11 dapat dibilang cukup lama, yaitu memakan waktu selama empat tahun. CEO TAG Heuer saat itu yaitu Jack Heuer kemudian menggunakan calibre 11 untuk produk-produk TAG Heuer seterusnya. Calibre 11 juga akan digunakan dalam desain TAG Heuer Monaco terbaru sehingga membuat koleksi tersebut menjadi lebih eksklusif.

                    10. TAG Heuer Sudah Empat Generasi Dikelola oleh Keluarga Heuer

                      Jean-Claude Biver Heuer.
                      Jean-Claude Biver Heuer.

                      Cicit pendiri Tag Heuer yaitu Jack Edouard Heuer, pensiun sehari sebelum ulang tahunnya yang ke-81 yaitu pada 18 November 2013. Kemudian Jack Heuer melantik cicitnya yaitu Jean-Claude Biver Heuer sebagai kepala tim TAG Heuer. Sejak itu hingga saat ini, TAG Heuer terus dikelola oleh keluarga Heuer.

                      Koleksi Jam Tangan Tag Heuer Paling Popular di Jamtangan.com 

                      1. Tag Heuer Formula 1 CAZ1010.FT8024 Chronograph Black Dial Black Rubber Strap

                        Tag Heuer Formula 1 CAZ1010.FT8024.
                        Tag Heuer Formula 1 CAZ1010.FT8024.

                        2. Tag Heuer Aquaracer WBP1111.BA0627 Men Professional 200 Grey Dial Steel Strap

                          Tag Heuer Aquaracer WBP1111.BA0627.
                          Tag Heuer Aquaracer WBP1111.BA0627.

                          Baca juga: Deretan TAG Heuer Terbaru Rilisan 2023, Ada Yang Bertabur Berlian!

                          3. Tag Heuer Link WBC2112.BA0603 Men Automatic Calibre 5 Blue Sunray Dial Brushed Steel Strap

                            Tag Heuer Link WBC2112.BA0603.
                            Tag Heuer Link WBC2112.BA0603.

                            4. Tag Heuer Autavia WBE511A.BA0650 COSC GMT Automatic Chronometer Blue Dial Steel Strap

                              Tag Heuer Autavia WBE511A.BA0650.
                              Tag Heuer Autavia WBE511A.BA0650.

                              5. Tag Heuer Connected SBR8A80.BT6261 Men Smartwatch Digital Dial Black Rubber Strap

                                Tag Heuer Connected SBR8A80.BT6261.
                                Tag Heuer Connected SBR8A80.BT6261.

                                6. Tag Heuer Carrera CV201AP.FC6429 Automatic Chronograph Black Dial Black Leather Strap

                                  Tag Heuer Carrera CV201AP.FC6429.
                                  Tag Heuer Carrera CV201AP.FC6429.

                                  Baca juga : TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition Panda Dengan Style Retro

                                  Wah, ternyata 10 fakta tentang jam tangan Tag Heuer begitu menarik ya! Mulai dari Steve McQueen sampai astronot John Glenn bahkan pernah menggunakan jam tangan ini. Kamu ingin jadi salah satunya? Yuk, segera checkout jam tangan Tag Heuer incaran kamu sekarang, melalui official website Jamtangan.com!

                                  Total
                                  0
                                  Shares
                                  Leave a Reply

                                  Your email address will not be published. Required fields are marked *

                                  This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

                                  Previous Article
                                  jam tangan pemain argentina

                                  Timnas Indonesia Kalah 0-2 dari Argentina, Ini Deretan Jam Tangan Timnas Argentina!

                                  Next Article
                                  Ganti Baterai Jam Tangan

                                  Sebelum Ganti Baterai Jam Tangan, Kenalan Dulu dengan Jenis dan Ukurannya!

                                  Related Posts
                                  Total
                                  0
                                  Share