TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition Panda dengan Style Retro

TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition
TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition

Terakhir diubah pada 2023/01/17 at 6:04pm oleh Contributor

Untuk merayakan Carrera Chronograph Anniversary ke-60, TAG Heuer akan meluncurkan jam tangan TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition Panda. Carrera Chronograph menjadi begitu ikonik karena lekat dengan olahraga balap mobil. 

TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition Panda
TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition Panda
Sumber: Monochrome-watches.com

Ada histori menarik di balik Carrera Chronograph di perayaan anniversary ke-60. Penasaran dengan cerita selengkapnya? Simak terus ya artikel di bawah ini.

8 Ciri Jam Tangan Tag Heuer yang Asli, Cek di Sini Detailnya!

Latar Belakang Anniversary ke-60 TAG Heuer Carrera Chronograph

Balapan di Carrera Panamericana
Balapan di Carrera Panamericana
Sumber: Monochrome-watches.com

Pada tahun 1950-an, Carrera Panamericana merupakan ajang balap mobil di lintasan jalan dengan panjang 3.507 km yang diselenggarakan oleh pemerintah Meksiko antara 1950-1954. Ini adalah kompetisi balap mobil yang sulit karena hanya 1/3 dari peserta yang bisa menyentuh garis finish.

Sejarah Jam Tangan TAG Heuer Monaco yang Ikonik

Jack Heuer tahun 1963 (kanan)
Jack Heuer tahun 1963 (kanan)
Sumber: Monochrome-watches.com

Ada sekitar 27 orang meninggal dalam rentang waktu 5 tahun hingga akhirnya ditutup tahun 1954. Jack Heuer mendengar kisah Carrera Panamericana sebagai trek balap mobil mematikan dari pembalap Pedro dan Ricardo Rodriguez. Sekembalinya ke Swiss, Jack Heuer mendaftarkan nama ‘Carrera’ dan mulai menciptakan Carrera chronograph.

Merek jam tangan asal Swiss selanjutnya adalah TAG Heuer. Produsen jam tangan ini didirikan pada tahun 1860-an oleh Edouard Heuer, yang mana dia membuat sebuah workshop jam tangan di pegunungan Jura di Swiss. Kini, TAG Heuer S.A. bermarkas di Neuchâtel, Swiss dan masih memproduksi jam tangan swiss-made yang berkualitas.

Ide Jack Heuer Menjadikan Carrera Chronograph Sebagai Jam Tangan Untuk Pembalap Mobil

Jack Heuer memiliki ide tentang bagaimana Carrera chronograph didesain sebagai jam tangan untuk pembalap. Model jam harus kokoh, andal, dan mudah dibaca. Jack hanya menampilkan elemen penting jam tangan. Bagian dial harus bersih dan rapi dengan penanda jam baton. 

Jack juga melakukan painting pada steel tension ring yang menahan crystal jam tangan. Winding crown dibuat berukuran besar dan bergerigi sehingga mudah digunakan saat memakai sarung tangan. Desain pusher dibuat mudah dioperasikan dan jam juga dibekali chronograph hand-wound movement buatan Valjoux.

Rekomendasi selanjutnya adalah Tag Heuer Carrera CBK2112.BA0715 yang punya movement automatic. Ditenagai dengan kaliber 16, jam tangan Tag Heuer ini punya daya cadangan hingga 42 jam. Jam tangan mekanik ini punya fungsi chronograph dan komplikasi tanggal pada bagian dial-nya.

TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition

Carrera Chronograph reference 2447SN (kiri) Carrera Chronograph 60th Anniversary (kanan)
Carrera Chronograph reference 2447SN (kiri) Carrera Chronograph 60th Anniversary (kanan)
Sumber: Monochrome-watches.com

TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition terinspirasi dari Carrera referensi 2447SN (silver dial, noir register) dengan menampilkan seri kedua dari keluarga dial Panda dan reverse Panda. 

TAG Heuer Carrera diperkenalkan kepada publik tahun 1963. Nama jam tangan diambil dari balapan paling legendaris, yaitu Carrera Panamericana. Jam tangan Heuer Carrera dirancang untuk memenuhi kebutuhan pembalap dengan desain sederhana, clean, rapi, mudah dibaca, dan andal untuk mengukur waktu dan kecepatan rata-rata selama balapan.

Desain Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition TAG Heuer

Desain TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition
Desain  TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition 
Sumber: Monochrome-watches.com

Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition dirancang dengan case stainless steel dengan polished finish dan kristal safir cembung untuk membangkitkan kesan retro dan nuansa vintage yang dramatis.

Jam tangan menggunakan pusher style lama, tension ring dengan penanda 1/5 detik pada pinggiran silver sunray-brushed dial, serta indeks jam dengan garis hitam yang membuatnya mudah dibaca. 

Pada jam 12 terdapat dua indeks berwarna krem, jarum jam dan menit diisi Super-LumiNova, serta index-dot luminescent berwarna krem agar bisa terbaca pada kondisi gelap. Sub-dial berwarna hitam pada jam 3 menampilkan minute chronograph counter, hour counter pada jam 9, dan sub-dial detik kecil pada jam 6. 

Semua sub-dial menampilkan jarum dan penanda berwarna silver. Logo Carrera berada di bawah jam 12, logo Heuer di bawah logo Carrera, dan ‘Swiss Made’ ditempatkan di dalam sub-dial jam 6.

Semua orang tentu saja mengenal nama kolektor jam tangan yang satu ini. Ya, dia adalah Leonardo DiCaprio. Koleksi jam tangan yang dimilikinya sangat beragam, namun hanya satu buah Rolex yang dia miliki yaitu Rolex Cosmograph Daytona. 

Aktor kenamaan ini juga memiliki koleksi jam tangan Tag Heuer Aquaracer, Leonardo juga dikenal sebagai salah satu brand ambassadors Tag Heuer sejak tahun 2009. Jam tangan Tag Heuer sendiri juga dikenal sebagai jam tangan mewah yang dapat digunakan di darat maupun laut. Karena itu jam tangan Tag Heuer juga wajib dimiliki oleh para kolektor jam tangan.

Spesifikasi Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition

TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition 
TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition 
Sumber: Monochrome-watches.com

Jam tangan ini menggunakan case berdiameter 39mm, tebal 14,55 mm, fixed bezel, dan domed sapphire crystal dengan double anti-reflective treatment. Jam tangan ini tahan air hingga 100 meter dan dirancang dengan caseback transparan yang memamerkan calibre Heuer 02, sebuah in-house automatic integrated chronograph movement yang diproduksi dengan cadangan daya 80 jam.

Rencananya, TAG Heuer Carrera Chronograph 60th Anniversary Edition hanya 600 pieces dan mulai tersedia pada Januari 2023. Jumlah produksi yang terbatas ini membuat jam tangan ini menjadi spesial.

Referensi:

https://monochrome-watches.com/tag-heuer-carrera-chronograph-60th-anniversary-edition-panda-dial-cbk221h-fc8317-hands-on-review-price/

https://monochrome-watches.com/tag-heuer-carrera-the-story-of-a-55-year-iconic-chronograph/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review Seiko Prospex Speedtimer SRQ045

Segera Meluncur, Seiko Prospex Speedtimer SRQ045 Limited Edition dengan Warna All Black

Next Article
promo hoki jamtangan.com

HOKI: Hujan Promo Banjir Rejeki Jamtangan.com Diskon hingga 80%

Related Posts
Total
0
Share