Movement

merupakan satu rangkaian komponen dan mekanisme terintegrasi yang utuh sebagai mesin pada jam tangan.

Movement merupakan satu rangkaian komponen dan mekanisme terintegrasi yang utuh sebagai mesin pada jam tangan. Sebuah movement terdiri dari rangkaian mekanisme yang memungkinkan jam tangan untuk melaksanakan fungsi penunjuk waktu mulai dari menyuplai dan menyimpan daya hingga meregulasi dan mentransmisi energi pada interval tertentu sehingga jarum jam, menit, dan detik dapat menunjukkan waktu secara akurat.

Berikut ini jenis-jenis movement :

1.Quartz

Terdiri dari 4 komponen utama, yaitu battery, quartz crystal, microchip dan motor. Quartz crystal akan bergetar bila ada aliran listrik yang berasal dari battery dan menghasilkan pergerakan yang sangat konstan dan akurat. Lalu disalurkan oleh microchip yang menggerakan motor-motor elektrik sehingga outputnya adalah getaran yang konstan yang kita lihat pada jarum detik yang bergerak. Mesin ini dinobatkan sebagai mesin yang paling akurat.

Jenis-Jenis Quartz :

  • Mechanical quartz / hybrid quartz adalah sebuah movement yang berbasis quartz yang dikembangkan oleh Seiko agar menghasilkan pergerakan jarum detik yang lebih halus seperti layaknya jam automatic. Contohnya mesinnya Seiko VK61. Mekanisme pada movement Meca Quartz ditambahkan rangkaian mekanik ringan di dalamnya dimana powernya bersumber pada battery. Movement Meca Quartz memiliki tingkat akurasinya tinggi, dalam pergerakannya penghitung waktu bergerak layaknya jam tangan quartz namun, mekanisme stopwatchnya atau jarum chronographnya bergerak layaknya jam tangan mekanik lebih halus dari quartz biasa. Ciri khas lain pada movement ini adalah tombol pusher akan berbunyi “klik” saat chronograph di aktifkan.
  • Solar watch adalah movement jam tangan yang memiliki mekanisme yang sama dengan mesin quartz biasa namun, sumber tenaganya berasal dari cahaya matahari atau cahaya lainnya yang diserap dan disimpan di dalam rechargeable power cell atau battery. Umumnya panel surya jam solar ini terdapat pada bagian pada dial jam ataupun pada kaca dial pada jam tersebut.
  • Kinetic adalah Movement yang secara teknis mekanismenya sama dengan mesin quartz namun sumber tenaganya berasal dari pergerakan rotor yang berputar karena pergerakan tangan, kemudian energi yang dihasilkan di simpan di kapasitor dan disalurkan melalui motoring gear dan menggerakan jarum detik. Gerak jarum detik sama dengan gerakan jarum quartz. Mesin ini dipopulerkan oleh Seiko.

2. Mechanical Movement

Mesin jam yang semua pergerakan mesinnya menggunakan daya dari pergerakan mekanik.
Pada mesin jam mekanikal, tidak ada satu pun komponen elektronik di dalamnya. Artinya tidak
ada yang menggunakan aliran listrik seperti jam quartz.

Mechanical movement dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Automatic movement adalah mesin mekanik jam tangan yang sumber energinya berasal dari gerakan rotor yang berputar karena pergerakan tangan kemudian menggerakkan gear dan mengisi main spring lalu power ini disalurkan secara mekanis melalui gear tray atau wheel tray dan dilepaskan melalui escape wheel. Mekanisme ini dikontrol oleh balance wheel sehingga pergerakkannya menghasilkan pergerakan yang halus dan konstan. Mesin automatic memiliki fitur power reserve yang dapat dimaksimalkan dengan cara mengisi power secara manual yaitu dengan cara memutar crown.
  • Manual atau hand winding movement adalah mesin mekanik jam tangan yang mekanisme hampir sama seperti mesin automatic tetapi sumber energinya hanya berasal dari putaran crown yang diputar secara manual. Karena tidak terdapat rotor pada mekanisme jam manual winding, maka jam ini tidak dapat mengisi power reserve dengan cara penggunaan seperti pada jam automatic.

Cara melakukan hand winding

  • Pegang jam tangan dengan posisi tangan kanan memegang case dan tangan kiri menyentuh
    crown, jangan melakukan hand winding saat jam tangan sedang dipakai di pergelangan
    tangan untuk menghindari kerusakan.
  • Pada umumnya posisi crown pada jam tangan mekanik atau diver terkunci. Pertama, buka
    (unscrew) crown kearah bawah sampai ke posisi loose dan tidak perlu ditarik. (Lewati
    Langkah ini apabila pada jam tangan posisi crown tidak terkunci)
  • Putar ke atas atau searah jarum jam dengan putaran penuh sebanyak 30-40 kali putaran.
    Sebagai informasi, selain melakukan hand winding, daya (power) jam tangan automatic
    dapat terisi pada saat jam dipakai di pergelangan tangan melalui putaran rotor yang
    bergerak karena pergerakan tangan.
  • Setelah selesai diputar (hand winding), tekan dan tutup (screw) crown kembali ke posisi
    terkunci.

Tips merawat jam automatic :

• Bersihkan dengan kain micro fiber setelah digunakan
• Simpan jam tangan di dalam wadah atau box jam tangan
• Jauhkan dari magnet seperti ke TV maupun alat-alat elektronik
• Hindari terkena bahan kimia karena dapat merusak permukaan jam tangan
• Perhatikan tingkat water resistant jam tangan
• Pakai jam tangan setiap hari
• Cek secara berkala atau kalibrasi setiap minimal 6 bulan sekali
• Baca buku panduan atau manual book
• Lakukan secara berkala hand winding kurang lebih 30 putaran penuh untuk menghasilkan daya 48 jam

3. Spring drive movement

Mesin mekanik jam tangan yang dikembangkan oleh Seiko untuk mengisi ruang akurasi yang terdapat pada mechanical movement. Mekanismenya sama dengan mechanical movement dimana sumber energinya berasal dari rotor atau manual winding namun, perbedaanya adalah energi yang dihasilkan dikontrol oleh balance wheel melalui penahan escape wheel sedangkan pada spring drive, escape wheel digantikan dengan rangkaian spring drive elektro magnetik yang dihasilkan quartz osilator untuk meregulasi gerakan balance wheel dalam mempertahankan jarum detik lebih akurat. Movement ini biasa dipakai pada jam tangan grand Seiko pada class premium.