Seiko Presage Craftsmanship: Hadirkan Keindahan Seni Tradisional Jepang

Seiko Presage Craftsmanship
Seiko Presage Craftsmanship

Seiko Presage Craftsmanship merupakan koleksi dari Seiko yang dihadirkan dalam rangka anniversary ke-110 jam tangan Laurel. Untuk penggemar jam tangan Seiko, pastinya sudah tahu kalau jam tangan Laurel merupakan jam tangan pertama Seiko yang diluncurkan pada tahun 1913. Kali ini, Seiko menghadirkan 4 model Presage Craftsmanship Series yaitu SPB393, SPB395, SPB397, dan SPB399. Keempatnya terinspirasi dari keindahan seni tradisional Jepang yang dirancang dengan struktur case untuk menonjolkan keindahan dial yang dibuat secara penuh hati oleh pengrajin ternama. Seperti apa review koleksinya? Yuk, kita simak lebih lanjut.

Seiko Presage Craftsmanship.
Seiko Presage Craftsmanship.

Seiko Presage Craftsmanship

1. Seiko Presage Craftsmanship SPB393 dengan Pristine White Enamel Dial

    SPB393.
    SPB393.

    SPB393 merupakan koleksi Seiko Presage Craftsmanship yang hadir dengan dial berwarna putih atau pristine white enamel dial yang menggunakan bahan enamel. Jam tangan ini hadir dengan angka Romawi dan indeks baton sebagai penanda jam. Kamu dapat menemukan angka Romawi merah pada jam 12 untuk mengenang tampilan jam tangan Laurel 1913. 

    Adalah master craftsman Mitsuru Yokosawa dan timnya yang merancang Seiko Presage SPB393 dengan pristine white enamel dial ini. Enamel atau disebut juga sebagai porcelain enamel/vitreous enamel adalah pelapis pada berbagai barang antara lain seperti seperti perhiasan. Lapisan enamel memiliki kelebihan, yaitu permukaan halus, dan warnanya tidak akan pudar.

    Baca juga : Seiko Presage 60’s Style GMT Dress Watch Elegan Tiba di Jamtangan.com

    Enamel dial pada SPB393 hadir begitu elegan dengan blue steel hands. Lapisan enamel juga hadir begitu sempurna dengan enamel setipis 0,1mm.

    Kamu dapat menemukan 3 subdial dengan gaya retrograde pada SPB393. Masing-masing dari subdial tersebut memiliki fungsinya sendiri yaitu tanggal pada posisi jam 6, hari pada posisi jam 3, dan indikator power reserve pada posisi jam 9.

    Dial-nya yang bergaya retro dilindungi dengan dual-curved sapphire crystal yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti-reflective. Case-nya menggunakan stainless steel yang memiliki diameter 40,2 mm, dengan ketebalan 12,8 mm. Pada caseback, menggunakan screw caseback yang tembus pandang dengan sapphire crystal

    Bicara mengenai movement, jam tangan ini hadir dengan movement caliber 6R24, dengan power reserve 45 jam, berdetak dengan sebanyak 28.800 vph dan memiliki 31 jewels.

    Seiko Presage Craftsmanship SPB393 merupakan koleksi limited edition yang hanya diproduksi sebanyak 1500 pcs. Untuk fiturnya, jam tangan ini sudah dilengkapi dengan ketahan air 100 meter. Nggak cuma itu, jam tangan ini juga memiliki ketahanan terhadap magnet 4.800A/m.

    SPB393 hadir dengan leather strap berwarna hitam. Leather strap yang digunakan pada jam tangan ini sama dengan keempat jam tangan lainnya, dimana menggunakan calfskin yang berasal dari penyamakan kulit bersertifikasi yaitu Leather Work Group. Tujuannya sertifikasi ini adalah untuk memastikan bahwa material yang digunakan untuk strap tersebut dibuat secara bertanggungjawab dan berkelanjutan.

    2. Seiko Presage Craftsmanship dengan SPB395 Reddish-Brown Urushi Lacquer Dial

      SPB395.
      SPB395.

      SPB395 merupakan koleksi kedua dari Seiko Presage Craftmanship yang hadir dengan Urushi lacquer dial. Urushi lacquer adalah seni dekoratif yang sudah berusia berabad-abad yang berasal dari Jepang. SPB395  menghadirkan Urushi dial dengan permukaan yang rata menggunakan teknik yang inovatif untuk membuat Urushi lacquer paling khas di seluruh Jepang. Isshu Tamura dan timnya merupakan master seni dekoratif Urushi terkemuka dari Jepang yang menghadirkan dial SPB395.

      Urushi lacquer, juga dikenal sebagai urushi, adalah sejenis bahan alami yang digunakan dalam seni dan kerajinan tradisional Jepang. Bahan ini berasal dari getah pohon Urushi (toxicodendron vernicifluum), yang tumbuh di Jepang, Korea, China, dan beberapa wilayah Asia lainnya. Urushi lacquer telah digunakan selama ribuan tahun untuk melapisi dan menghias berbagai macam benda, seperti perabotan, perhiasan, alat-alat tulis, senjata, dan lainnya.

      SPB395 juga disebut sebagai  “marsh of gold”  atau “rawa emas”. Kamu dapat menemukan dial yang berwarna merah kecoklatan atau “Reddish-Brown” dengan aksen warna emas. Warna merah kecoklatan pada koleksi ini terinspirasi dari pemandangan jalanan kota Kanazawa di Prefektur Ishikawa. Kota Kanazawa juga merupakan pusat budaya & seni terpenting di Jepang dulu hingga saat ini. 

      Baca juga : Seiko Presage Style 60’s Bertema Road Trip dengan Fitur Office GMT

      Sama seperti 4 koleksi yang lainnya, SPB395 menampilkan angka Romawi dan indeks baton sebagai penanda jam, dengan aksen berwarna emas pada inner ring indeks, angka 12 dan jarum detik.

      Untuk movement sama seperti SPB393 yang mana menggunakan movement caliber 6R24 yang menampilkan tanggal, hari dan indikator power reverse. Jam tangan ini hadir dengan power reserve 45 jam, 31 jewel, dan berdetak sebanyak 28.800vph. SPB395 juga memiliki caseback yang sama dengan SPB393, dimana memakai screw caseback tembus pandang dengan sapphire crystal. Untuk ketahanan airnya sudah dilengkapi dengan ketahan air 100 meter, dan tahan magnet 4.800A/m.

      SPB395 memiliki material dan ukuran yang sama dengan SPB393, yaitu stainless steel case dengan diameter 40,2mm dan ketebalan 12,8mm. SPB395 hadir dengan dual-curved sapphire crystal yang sudah dilengkapi dengan lapisan anti-reflective.

      Leather strap yang digunakan pada SPB395 menggunakan calfskin dengan warna coklat tua. Strap-nya sama-sama sudah bersertifikasi Leather Work Group, dimana menjamin bahwa kulit jam tangan ini dibuat secara presisi dan berkualitas tinggi. 

      SPB395 merupakan koleksi limited edition yang diproduksi hanya 1500 pcs saja. Walaupun terbatas, jangan khawatir karena koleksi ini tersedia di Jamtangan.com.

      3. Seiko Presage Craftsmanship SPB397 dengan Ivory White Arita Porcelain Dial

        SPB397.
        SPB397.

        SPB397 hadir dengan dial warna ivory-white dengan Arita porcelain. Jam tangan ini memiliki jarum jam dan menit berwarna hitam, dengan jarum emas pada detik. Indeks jam tangan ini menampilkan angka Romawi dan indeks baton sebagai penanda jam. 

        Dial warna ivory-white atau warna putih gading ini dinamakan Arita Porcelain karena terinspirasi dari Izumiyama Ceramic Stone Field di Arita. Izumiyama Ceramic Stone Field merupakan lokasi penemuan batu porselen pertama di Jepang dan merupakan tempat pertama di Jepang yang berhasil membakar porselen. Sedangkan, Arita sendiri adalah sebuah kota kecil di Prefektur Saga yang tidak bisa dipisahkan dari sejarah porselen di Jepang sejak lebih dari 400 tahun. 

        Arita Porcelain adalah jenis keramik yang berasal dari kota Arita di Jepang. Arita merupakan salah satu pusat produksi keramik terkenal di Jepang, yang telah menghasilkan keramik berkualitas tinggi selama berabad-abad lamanya.

        Master craftsman Hiroyuki Hashiguchi dan timnya merupakan sosok dibalik pembuat dial jam tangan ini. Dial porselennya dibuat dengan proses multi-tahap, skill yang tinggi, dan kesabaran luar biasa. Proses pembakarannya tidak hanya sekali, namun dilakukan berkali-kali di dalam tungku. Tujuannya adalah untuk mengunci warna, tekstur, dan kedalaman pada dial

        Sama seperti SPB399, SPB397 menggunakan movement caliber 6R27 yang menampilkan tanggal dan power reserve. Movement ini memiliki power reserve 45 jam, berdetak dengan sebanyak 28.800vph, dan memiliki 29 jewels

        Baca juga : Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart dengan Movement Baru, Cadangan Daya hingga 3 Hari!

        Untuk case-nya sama seperti keempat koleksi lainnya, menggunakan stainless steel case berbentuk lingkaran, dengan diameter 40,6 mm dan ketebalan 14,1 mm. Dial- yang menawan ini sudah dilindungi dengan dual-curved sapphire crystal dengan lapisan anti-reflektif, screw caseback tembus pandang. SPB397 juga memiliki ketahanan air 100 meter, dan tahan magnetik 4.800 A/m.

        Jam tangan ini hadir dengan calfskin strap warna coklat gelap, yang sudah bersertifikasi Leather Work Group, sama seperti keempat koleksi lainnya. SPB397 merupakan koleksi limited edition yang hanya diproduksi sebanyak 1500 pcs. Sebelum sold out, kamu bisa dapatkan SPB397 di Jamtangan.com.

        4. Seiko Presage Craftsmanship dengan SPB399 Shippo Enamel Dial

          SPB399.
          SPB399.

          SPB399 hadir dengan blue shippō enamel dial, dengan aksen emas. Jam tangan ini menampilkan angka Romawi dan indeks baton sebagai penanda jam. Pada dial kamu dapat menemukan tampilan tanggal dan indikator power reverse.

          Proses pembuatan Shippo enamel SPB399 dilakukan dengan begitu teliti, ditambah dengan pemolesan setelah pembakaran. Proses ini begitu rumit dan membutuhkan keahlian tinggi, karena harus meninggalkan ketebalan dial yang dapat dikatakan begitu tipis yaitu sekitar 1mm. Adalah master craftsman Wataru Totani dan timnya sosok di balik dial yang menawan ini. Proses pembakaran dan pemolesan enamel dilakukan berulang untuk menonjolkan pola bergelombang.

          SPB399 sama dengan SPB397 menggunakan movement caliber 6R27, berdetak sebanyak 28.800vph, power reserve 45 jam, dan memiliki 29 jewel. Pada case-nya menggunakan stainless steel case dengan diameter 40,6 mm, ketebalan 14,1 mm. Selain itu jam tangan ini memiliki dual-curved sapphire crystal dengan lapisan anti-reflektif, dan screw caseback tembus pandang. Untuk ketahanan airnya yaitu 100 meter, dengan anti magnetik 4.800 A/m. Leather strap-nya hadir dengan warna biru yang sudah bersertifikasi Leather Work Group dan menggunakan calfskin.

          SPB399 juga merupakan koleksi limited edition, lebih sedikit dari ketiga koleksi lainnya yaitu hanya diproduksi sebanyak 800 pcs. Sebelum kehabisan, kamu bisa dapatkan SPB399 di Jamtangan.com.

          Baca juga: Jangan Ngaku Anak Seni Kalau Belum Pakai Seiko Presage Craftsmanship Series!

          Jangan Sampai Kehabisan! Dapatkan Koleksi Seiko Presage Craftsmanship “Limited Edition” di Jamtangan.com

          1. Seiko Presage Craftsmanship Watchmaking 110th Anniversary SPB395J1 

            SPB395J1.
            SPB395J1.

            2. Seiko Presage Craftsmanship Watchmaking 110th Anniversary SPB399J1

              SPB399J1.
              SPB399J1.

              3. Seiko Presage Craftsmanship Watchmaking 110th Anniversary SPB397J1 

                SPB397J1.
                SPB397J1.

                Itu dia jajaran Seiko Presage Craftsmanship dari Jamtangan.com. Kamu bisa merasakan keindahan seni tradisional Jepang melalui koleksi jam tangan ini. Yuk, segera dapatkan koleksinya dan jangan sampai kehabisan karena koleksi ini merupakan limited edition lho! Beli jam tangan di Jamtangan.com #PastiOri dengan harga terbaik!

                Total
                0
                Shares
                Leave a Reply

                Your email address will not be published. Required fields are marked *

                This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

                Previous Article
                G-Shock GM-2100C

                Sudah Mendarat di Jamtangan.com, G-Shock GM2100C Utility Series CasiOak dengan NATO Strap

                Next Article
                King Seiko SJE095

                Dial Berpola Bunga Krisan, King Seiko SJE095 Diproduksi Terbatas 600 Unit Saja

                Related Posts
                Total
                0
                Share