Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart dengan Movement Baru, Cadangan Daya hingga 3 Hari!

Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB415 & SPB417
Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB415 & SPB417

Untuk pencinta horologi yang suka dengan desain dial unik dan kultur Jepang, ada kabar gembira nih! Seiko akan segera meluncurkan Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB415 & SPB417 dengan pola dial Asanoha

Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB415 & SPB417
Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB415 & SPB417 

Kedua jam tangan tersebut memiliki power reserve 72 jam atau tiga hari dan menggunakan automatic movement terbaru. Penasaran kan dengan tampilan dan spesifikasi SPB415 & SPB417. Simak bocoran selengkapnya dari Minwatch di bawah ini ya!

Baca juga : 3 Koleksi Terbaru Seiko Presage Style60’S

Seiko Presage Sharp Edged Series Dihadirkan dengan Case Bersudut Khas

Seiko Presage Sharp Edged Series SPB167J1, SPB165J1, SPB169J1, Dan SPB170J1 (2020)
Seiko Presage Sharp Edged Series SPB167J1, SPB165J1, SPB169J1, Dan SPB170J1 (2020) 

Diperkenalkan pada tahun 2020, Seiko Presage Sharp Edged Series dihadirkan dengan cutting case bersudut, pola dial yang khas, serta jarum dan indeks yang terlihat bold dan tajam. Jam tangan dari koleksi ini juga didesain dengan berbagai fitur dan style, mulai dari GMT, power reserve, dan dial open-heart. Untuk menambah koleksi, Seiko pun kembali meluncurkan Presage Sharp Edged Series Open Heart dengan 3-day automatic movement dan desain baru yaitu SPB415 & SPB417.

Baca juga : Seiko Presage Edged Akebono SPB361 Dan SPB363 Dengan Fitur GMT Dan Date

Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart Mengusung Konsep Dial Terbuka

Tampilan Seri Sharp Edge
Tampilan Seri Sharp Edge 

Presage Sharp Edged Series mendapatkan namanya dari kombinasi antara case bersudut tajam, sekaligus memiliki tampilan sederhana dan klasik. Bagian dial yang bertekstur juga mengekspresikan kultur Jepang dengan jarum dan indeks yang dapat memantulkan cahaya sehingga mudah dibaca.

Beberapa jam tangan Seri Sharp Edge dirancang dengan desain time-and-date model klasik, GMT yang sporty, edisi date-and-power-reserve yang kompleks, dan open-heart. Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart yang diluncurkan tahun 2023 ini memperkenalkan beberapa pembaruan pada movement, case, dan dial open-heart yang serba baru.

Baca juga : Jangan Ngaku Anak Seni Kalau Belum Pakai Seiko Presage Craftsmanship Series!

Pola Asanoha Diterapkan pada Dial SPB415 & SPB417

Warna shironeri dan aitetsu
Warna shironeri dan aitetsu

Desain dial pada SPB415 & SPB417 masih mempertahankan fitur klasik Sharp Edged Series, tetapi dengan pembaruan. Dial pada kedua jam tangan memiliki pola Asanoha atau pola ‘hemp-leaf’ yang berarti daun rami. Motif ini muncul pada tekstil Jepang sejak periode Heian, lebih dari 1.000 tahun yang lalu. 

Secara tradisional, desain tersebut dikaitkan dengan keinginan untuk tumbuh dan kesuksesan. Terdiri dari beberapa lapisan, dial 3-D pada SPB415 & SPB417 terlihat lebih hidup berkat stamping, gradasi warna, dan lap-coating pada lapisan atas hingga sukses menciptakan tekstur dial yang lebih rich.

Sharp Edged Series Open Heart SPB415 
Sharp Edged Series Open Heart SPB415 

Dial pada SPB415 didesain dengan warna lebih cerah yang diberi nama shironeri dan menjadi cerminan dari tradisi Jepang. Warna dan tekstur dial tampak seperti sutra putih mengilap dari pakaian yang dikenakan pengantin wanita pada pernikahan di Jepang yang melambangkan kesucian dan kepolosan.

Sementara itu, SPB417 didesain menggunakan dial dengan gradien warna biru bernama aitetsu atau indigo iron. Kedua dial tersebut menampilkan window baru untuk menampilkan escapement pada posisi jam 9, yang berada di bawah motif grafis asanoha yang terbuat dari metal.

Baca juga : Seiko Presage Laurel Re-Edition Siap Diluncurkan Saat 110th Anniversary Laurel 2023

Sharp Edged Series Open Heart SPB417 
Seiko Presage SPB417J1 Sharp Edge Asanoha Open Heart Blue Dial Stainless Steel Strap

Desain dan Spesifikasi SPB415 & SPB417

Sharp Edged Series Open Heart SPB417 saat dipakai di pergelangan tangan
Sharp Edged Series Open Heart SPB417 saat dipakai di pergelangan tangan

SPB415 & SPB417 didesain dengan case 40,2 mm dan ketebalan 13,5 mm. Case stainless steel ini diberi lapisan pelindung yang dikenal sebagai Super-Hard coating. Ada beberapa perubahan pada case SPB415 & SPB417. Misalnya penerapan dual-curved sapphire crystal yang membuat jam tangan terlihat lebih mewah saat dipakai di pergelangan tangan dan bezel terasa lebih tipis. 

Berkat crystal baru, dial juga tampak lebih hidup, mudah dibaca, dan dapat mengekspos escapement. SPB415 & SPB417 juga mendapat tambahan mirror-finished fachet di antara permukaan bagian atas dan samping case dengan bagian sisi yang sekarang di-brush, tidak lagi dipoles seperti halnya koleksi Presage Sharp Edge pertama. Tampilannya pun masih bersudut dan tajam, tetapi terlihat lebih detail dan smooth.

Baca juga : Pesona Jepang Di Jam Tangan, Inilah Seiko Presage SRPH78

Escapement pada posisi jam 9
Escapement pada posisi jam 9

Selain itu, SPB415 & SPB417 juga mengadopsi desain yang disempurnakan pada bagian indeks dan jarum detik. Indeks jam terlihat lebih tajam dan mengarah ke bagian tengah dial. Sedangkan jarum detik terlihat melengkung ke bawah ke arah indeks dan memiliki penyeimbang yang lebih menonjol dan bersudut dengan sebuah spiked tail. Sementara itu, indikator 24-jam ditempatkan pada posisi jam 6.

Movement pada SPB415 & SPB417
Movement pada Seiko Presage SPB417J1 Sharp Edge Asanoha Open Heart Blue Dial Stainless Steel Strap

Jam tangan SPB415 & SPB417 menggunakan movement baru yaitu calibre 6R5J. Automatic movement ini menawarkan kinerja power reserve selama 3 hari saat terisi penuh. Kedua jam tangan bekerja pada frekuensi 3 Hz dan bisa dilihat pada sapphire transparent caseback serta dilengkapi rotor berwarna keemasan. SPB415 & SPB417 didesain dengan 3-link steel bracelet dengan Super-Hard coating. Bagian clasp menggunakan  3-fold clasp dan push-button release.

Baca juga : Pecinta Seiko Harus Tahu! Rupa-Rupa Seri Seiko Di Tahun 2023

Rencananya, Seiko Presage Sharp Edged Series Open Heart SPB415 & SPB417 akan diluncurkan mulai 1 Juni 2023. Kalau kamu tertarik untuk mengoleksinya, tunggu kehadirannya di Jamtangan.com ya! Kamu juga bisa mengoleksi jam tangan Seiko lainnya dengan mengunjungi aplikasi/website Jamtangan.com dan toko offline Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan kulit wanita

Tampil Berkelas Dengan Jam Tangan Strap Kulit untuk Cewek, Cek Ulasannya!

Next Article
Seiko Presage Style 60’s

Seiko Presage Style 60's Bertema Road Trip dengan Fitur Office GMT

Related Posts
Total
0
Share