Hölstein, Sebuah Kota Kecil di Swiss dengan Nilai Sejarah Bagi Brand Jam Tangan Oris

sejarah jam tangan oris
sejarah jam tangan oris
Hölstein, Kota tempat brand Oris berdiri
Hölstein, Kota tempat brand Oris berdiri 

Hölstein bukanlah kota metropolitan seperti halnya Zurich atau Jenewa. Namun, kota kecil yang terletak di lembah pegunungan Jura, Swiss ini memiliki nilai sejarah bagi brand jam tangan Oris. Ya, Hölstein adalah kota di mana perusahaan Oris lahir. 

Penasaran bagaimana histori brand Oris yang dimulai dari Hölstein? Minwatch punya cerita lengkapnya untuk kamu.

Oris kembali meluncurkan seri terbaru dari family Big Crown Pointer Date dengan mesin kaliber 403. Seri terbarunya ini jadi kabar baik buat pecinta jam tangan swiss-made. 

Kota Hölstein di Awal Abad ke-20

Paul Cattin dan Georges Christian 
Paul Cattin dan Georges Christian 

Pada awal abad ke-20, Hölstein hanyalah sebuah desa pertanian dengan jumlah sekitar 40 petani. Namun, pemerintah setempat kala itu melihat Hölstein memiliki potensi berkembang. Pada tahun 1900, di kota Hölstein mulai dibangun pabrik yang diperuntukan untuk perusahaan jam.

Tahun 1902, pabrik pertama gagal berkembang setelah pendirinya meninggal karena serangan jantung. Paul Cattin dan Georges Christian pun mengambil alih perusahaan tahun 1904 dan menamai perusahaan tersebut dengan Oris.

Oris Aquis Date Calibre 400 : Punya Power Reserve 5 Hari

Perusahaan Oris Didirikan oleh Paul Cattin dan Georges Christian Tahun 1904

Perusahaan jam tangan Oris 
Perusahaan jam tangan Oris 

Paul Cattin dan Georges Christian mengajak pembuat jam dari Adolf Michel untuk bekerja sama membuat jam saku pertama Oris. Adolf Michel sendiri adalah produsen ebauché yang berbasis di Grenchen. Pada awal kerja sama, bahasa menjadi kendala utama. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dr. Rolf Portmann, Ketua Kehormatan Oris dan sejarawan tidak resmi yang tumbuh di kota Hölstein.

Brand Oris kembali meluncurkan jam tangan edisi terbatas, yaitu Oris Big Crown Propilot Coulson Limited Edition. Jam tangan ini merupakan hasil kolaborasi Oris dan Coulson Aviation Kanada untuk mengkampanyekan ‘Change for the Better’ terkait perubahan iklim. 

Kota Hölstein Mulai Berkembang Bersama Dengan Oris 

Kota Hölstein terus berkembang
Kota Hölstein terus berkembang 

Kota Hölstein mulai berkembang. Pada tahun 1904, populasinya hanya 500 orang, tetapi tahun 1910 bertambah menjadi 800 orang. Para petani mulai berpikir jika membuat jam tangan bisa memberi prospek finansial. Hal ini membuat petani mendaftarkan anak-anak mereka pelatihan kerja atau sekolah teknik. Tahun 1910, infrastruktur mulai dibangun, seperti rumah tempat tinggal, restoran, dan apartemen.

Oris ProPilot X Calibre 400: Semakin Andal & Lebih Sederhana

Perjalanan Brand Oris yang Harus Jatuh Bangun Untuk Bisa Sukses Seperti Sekarang

Dr. Rolf Portmann 
Dr. Rolf Portmann 

Kota Hölstein yang terus berkembang membuat pemerintah khawatir hingga menerbitkan Undang-Undang pada 12 Maret 1934. Hukum tersebut menyatakan bahwa perusahaan jam tangan individu dilarang memperkenalkan teknologi baru.

Pada saat itu, Oris masih menggunakan pin-lever (Roskopf) escapements. Sementara itu, kompetitor telah beralih ke lever escapement sebelum hukum ditetapkan yang memungkinkan mereka mempromosikan teknologi yang dianggap lebih akurat dibandingkan Oris.

 Dalam sejarahnya, Oris berkali-kali berinovasi, menemukan hal-hal baru yang dapat diadopsi, melanggar konvensi. Mari kita simak bagaimana Oris berani berbeda dibanding merek lainnya.

Ulrich Herzog, Chairman Oris 
Ulrich Herzog, Chairman Oris 

Bagi Portmann yang pernah belajar hukum, Undang-Undang tersebut dianggap tidak adil. Setelah mencari keadilan. Undang-Undang tersebut dicabut tahun 1966. Selanjutnya, Oris memperkenalkan calibre 652, yaitu jam tangan lever-escapement pertama Oris yang disertifikasi kronometer penuh. Tahun 1969, Oris menjadi satu dari 10 perusahaan jam tangan dunia yang memproduksi 1,2 juta jam tiap tahun.

Tahun 1970-an, ‘Quartz Crisis’ mengancam jam tangan mekanik hingga membuat industri jam tangan di Swiss runtuh. Bahkan, Oris harus mengurangi karyawan, dari 90.000 menjadi 30.000 orang. Hal ini seperti yang diungkapkan Ulrich Herzog, Chairman Oris. Untuk bisa bertahan, perusahaan menjual aset yang kemudian dibeli oleh Herzog dan Portmann. 

Oris Divers Sixty-Five 12H Calibre 400 yang Penuh Kejutan

Kota Hölstein Masa Kini 

Kontribusi brand Oris untuk komunitas masyarakat di Kota Hölstein 
Kontribusi brand Oris untuk komunitas masyarakat di Kota Hölstein 

Sekarang, tidak begitu banyak orang bepergian ke Kota Hölstein mengingat sarana dan prasarananya tidak selengkap di kota. Namun, turis yang datang masih dapat mengunjungi butik jam tangan di Kota Hölstein dan membeli jam tangan Oris di sana.

Oris yang dikenal kredibilitasnya dalam memproduksi jam tangan tool watch, baru-baru ini meluncurkan seri jam tangan yang tidak biasa. 

Rolf Studer, Co-CEO Oris 
Rolf Studer, Co-CEO Oris 

Menurut Rolf Studer, Co-CEO Oris, perusahaan memiliki komitmen untuk berkontribusi nyata pada komunitas, termasuk untuk Kota Hölstein. Apakah kamu juga tertarik mengoleksi koleksi jam tangan Oris? Cek produknya di Jamtangan.com.

Big Crown ProPilot X Calibre 115, Dobrakan Baru bagi Oris

Referensi:

https://www.hodinkee.com/articles/a-visit-to-holstein-the-city-that-oris-built

https://www.watchinsanity.it/en/oris-orologi-veri-per-persone-vere/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
rekomendasi rolex termurah

Rolex Termurah: 5 Jam Tangan Rolex Untuk Entry Level

Next Article
jam tangan couple mewah

10 Jam Tangan Couple Mewah, Cocok Untuk Kamu dan Pasangan

Related Posts
Total
0
Share