Deretan Jam Tangan Digital Retro di Serial Netflix Stranger Things

jam tangan digital retro

Jam tangan digital memang punya pesonanya tersendiri. Kelebihan jam tangan jenis ini salah satunya adalah banyaknya fitur yang dapat membantu kegiatan sehari-hari pemakainya. Selain fiturnya, model dari jam tangan digital cukup terbilang unik dan beda dari lainnya. Sehingga banyak brand ataupun produsen ternama berlomba-lomba dalam menciptakan jam tangan digital dengan tampilan dan model yang beragam.

Pada beberapa keluaran jam tangan digital punya desain yang klasik, dimana kesan retro pada jam tangan digital akan sangat terlihat. Banyak juga pecinta jam tangan digital maupun analog yang suka mengoleksinya karena desainnya yang unik ala jam tangan digital vintage. 

stranger things 4
Sumber : Netflix.com

Pada serial yang cukup populer, yaitu Stranger Things, beberapa karakternya terlihat mengenakan jam tangan digital bergaya retro ini. Para pemerannya tersebut, antara lain David Harbour, Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo dan Noah Schnapp.

Penampilan para pemerannya sengaja diatur sesuai dengan latar waktu serial ini, dimana Stranger Things menceritakan kehidupan pada era 80-an di kota kecil Amerika, Hawkins. Jadi, pasti akan banyak referensi fashion bertema retro yang terlihat di serial ini, salah satunya adalah jam tangan digital.

Stranger Things ini sendiri merupakan serial Netflix bergenre fiksi ilmiah. Diproduseri oleh The Duffer Brothers dan musim perdananya dirilis pada bulan Juli 2016. Salah satu serial populer asal Amerika ini sudah memiliki 4 musim, dimana rencananya akan berakhir di musim kelima.

Baca Juga :

Nah, beberapa jam tangan digital yang dipakai oleh Geng Hawkins di serial Stranger Things ini bisa jadi referensimu.

Armitron FM Stereo Radio Watch: Jam Tangan Digital Dustin Henderson

Armitron FM Stereo Radio Watch Dustin
Sumber : wristenthusiast.com

Untuk deretan pertama, jam tangan digital ternama Armitron yang dipakai Dustin Henderson (diperankan oleh Gaten Matarazzo) berhasil menyita perhatian penonton dan para watch-enthusiast. Pada musim ketiga Serial Stranger Things, karakter Dustin terlihat jelas sedang memakai Armitron FM Stereo Radio Watch.

Yang menarik dari produk buatan Amerika ini adalah fitur radio FM yang ada di jam tangannya. Fitur ini dapat dibilang cukup langka, karena hanya ada pada beberapa jam tangan digital saja. Apalagi kualitas audionya yang sudah stereo

Tampilan dari Armitron FM Stereo Radio Watch ini juga sangat futuristik. Tombol serta tampilan jamnya terlihat sangat tidak biasa, bahkan terkesan aneh bila dilihat pada masa sekarang ini. Di bagian depannya, terdapat crown khusus untuk mengatur sinyal radionya. Untuk mendengar radionya sendiri, terdapat lubang headset yang terletak di bagian samping jam beserta tombol pengaturan waktunya.

Serial ini terlihat berusaha untuk membangun karakter Dustin Henderson dengan begitu baik. Pasalnya, salah satu anak dari Geng Hawkins ini punya ketertarikan pada ilmu pengetahuan dan dunia teknologi, khususnya radio.

Pada musim ketiga ini, karakter Dustin diceritakan membuat sendiri sebuah radio yang cukup canggih dengan teknologi seadanya. Ketertarikannya tersebut memperkuat bahwa jam tangan digital Armitron ini sangat cocok untuk karakter Dustin.

Armitron FM Stereo Radio Watch yang dipakai Dustin ini dirilis pada tahun 1981, bertepatan dengan latar waktu musim ketiga dari Serial Stranger Things. Armitron ini didirikan oleh E. Gluck Corporation yang juga membawahi merek arloji andalan lainnya, yaitu Anne Klein.

Merek Armitron memulai membuat jam tangan digital dengan tampilan layar LED pada tahun 1970. Namun di tahun 1977, produksinya dihentikan karena spesifikasi LED yang terlalu banyak memakan daya baterai. Namun, hal ini tidak menjadikan merek ini jatuh. 

Armitron cukup terkenal karena banyak memproduksi jam tangan digital dan analog. Koleksi jam tangan digitalnya pun sangat beragam, bahkan punya banyak model yang unik, salah satunya jam tangan digital yang dipakai Dustin ini.

Casio B640WD-1AV: Jam Tangan Digital Jim Hopper

Casio B640WD-1AV - Jim Hooper
Sumber : wristenthusiast.com

Deretan selanjutnya adalah jam tangan digital Casio B640WD yang dipakai Jim Hopper (diperankan oleh David Harbour). Pemeran protagonis satu ini berprofesi sebagai kepala polisi kota Hawkins yang juga punya peran penting pada setiap musim di serial Stranger Things ini.

Penampilan Jim Hopper sebenarnya tidak terlalu mencolok dibanding pemeran lainnya, namun jam tangan digital yang dikenakannya cukup menyita perhatian para penggemar brand Casio.

Penampakan Casio B640WD milik Jim Hopper bisa dilihat pada musim ketiga serial ini. Ketika Jim Hopper mengenakannya, jam tangan digital Casio ini terlihat lebih tipis dan kecil. Hal ini disebabkan karena postur tubuh Jim yang cukup gemuk.

Desain dari Casio B640WD yang simpel juga mempertegas karakter Jim Hopper sebagai seorang polisi kota kecil yang tidak suka hal yang rumit. Kesan retro pada Casio B640WD milik Jim juga sangat pas dengan latar waktu serial Stranger Things ini.

Menariknya, Casio milih Jim Hopper ini masih diproduksi saat ini. Kamu bisa membelinya langsung di website resmi Casio. Di Indonesia sendiri, kamu bisa mendapatkan Casio Standard B640WD di Jamtangan.com dengan harga mulai Rp500 ribuan.

Jika dilihat dari spesifikasinya, jam tangan digital satu ini punya beberapa fitur standar seperti stopwatch 1/100 detik. Kemampuan water resist jam ini hingga 50 meter. Strap-nya juga sangat fleksibel hingga mudah disesuaikan sesuai ukuran tangan.

Dibalut dengan desain klasik dan lampu layar LED, Casio B640WD ini sangat cocok bagi kamu pecinta jam digital bergaya retro. Apalagi, jam tangan digital ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Qbert Nelsonic Game Watch: Jam Tangan Digital Will Byers

Qbert Nelsonic Game Watch will byers
Sumber : wristenthusiast.com

Jam digital selanjutnya adalah Qbert Nelsonic Game Watch yang dipakai oleh Will Byer (diperankan oleh Noah Schnapp) pada musim ketiga serial Stranger Things. Salah satu sahabat Dustin Henderson yang hobi menggambar ini nampaknya suka dengan game Qbert. Sebuah permainan yang dirilis oleh Gootlieb dan populer pada tahun 1982 ini terdapat pada jam tangan digital milik Will Byer.

Qbert Nelsonic Game Watch sendiri terkenal dengan perusahaan elektronik pertama yang membuat jam tangan game pada era 80-an. Selain Qbert, perusahaan asal Amerika ini pernah juga berkolaborasi dengan game lain, seperti Power Ranger dan Mario Bros. Namun saat ini, produk jam tangan digital Nelsonic sudah jadi barang langka dan menjadi incaran para kolektor jam vintage. 

Sepanjang keberadaannya, Nelsonic memproduksi jam tangan bertema budaya pop untuk anak-anak dan remaja. Tak heran, Qbert Nelsonic Game Watch ini sangat cocok dimunculkan pada serial Stranger Things dan melekat pada karakter Will Byer. 

Permainan Qbert-nya sendiri bisa dimainkan langsung dengan beberapa tombol segitiga kecil di bagian depan jam. Sedangkan penunjuk waktunya ditampilkan kecil di kanan atas layar.

Calculator Watch: Jam Tangan Digital Eleven

Calculator Watch - eleven stranger things
Sumber : wristenthusiast.com

Jam tangan digital terakhir adalah jam tangan digital dengan fitur kalkulator yang dipakai oleh pemeran utama serial Stranger Things, Eleven (diperankan oleh Millie Bobby Brown). Pada musim pertama serial ini, Eleven terlihat menggunakan jam tangan digital. Kemungkinan besar jam tangan digital ini milik karakter lain, yaitu Mike Wheeler yang dipinjamkan kepada Eleven. Namun, masih belum jelas merek jam tangan digital apa yang dipakai Eleven. 

Namun, jam tangan digital dengan fitur kalkulator ini lekat dengan merek Casio. Perusahaan asal Jepang ini memang terkenal dengan jam tangan kalkulatornya. Dimana, sebelum merambah ke produksi jam tangan, Casio memproduksi beberapa kalkulator yang juga laku di pasar dunia.

Nah, itulah beberapa deretan jam tangan digital yang terlihat dalam serial Stranger Things. Bagi para pecinta jam tangan digital maupun vintage, empat jam tangan ini bisa jadi referensimu untuk tampil dengan gaya retro.

oleh: Audi Marchal

sumber:
https://www.wristenthusiast.com/latest/2022/5/27/the-watches-of-stranger-things

Jam tangan apa yang ada di Serial Netflix Stranger Things?

Armitron FM Stereo Radio Watch, Casio B640WD-1AV, Qbert Nelsonic Game Watch, Calculator Watch

Apa kelebihan jam tangan digital?

Kelebihan jam tangan digital salah satunya adalah banyaknya fitur yang dapat membantu kegiatan sehari-hari pemakainya.

Total
0
Shares
Previous Article
Baby-G BLX 565-Series

Tampil Ala Cewek Kue dengan Baby-G BLX 565-Series

Next Article
Koleksi Jam Tangan Robert Downey Jr

Rolex Hulk dan 7 Koleksi Jam Tangan Robert Downey Jr

Related Posts
Total
0
Share