10 Jam Tangan yang Dipakai Aktor & Aktris Hollywood dalam Film

10 Jam Tangan yang Dipakai Aktor & Aktris Hollywood dalam Film

Jam tangan artis selalu menarik perhatian. Beberapa jam tangan tampak di banyak film terkenal. Seringkali model jam tangan tersebut menjadi terkenal dan viral hanya karena digunakan seorang artis di sebuah film. Terdapat 10 artis yang menggunakan jam tangan di dalam sebuah film, apa saja itu, mari simak.

1. Ed Harris Memakai Jam Tangan Seiko diver 6309 Dalam Film The Abyss (1989)

The Abyys ialah salah satu karya James Cameron, di film ini Ed Harris berperan sebagai Bud alias Virgil Brigman, salah seorang penyelam yang mencari nuklir dibawah laut dan harus menghadapi Alien yang tinggal di dasar laut. Dalam film ini, Virgil Brigman yang diperankan Ed Harris menggunakan jam tangan Seiko 6309 atau biasa kita kenal sebagai Turtle.

Ed Harris dalam film The Abbys menggunakan Seiko Turtle 6309. Foto : wornandwound.

Seiko 6309 Turtle cukup popular dikalangan pecinta jam tangan diver, setelah 6309 berhenti diproduksi Seiko saat ini kembali memproduksi Seiko Turtle, yang terbaru ialah Seiko Prospex SRPE03K1 King Turtle dengan dial hitam dan Seiko Prospex SRPE05K1 King Turtle dengan dial hijau. Kedua jam tangan ini dibekali movement 4r36, water resistant 200 meter dan bentuk case yang persis sama dengan 6309.

2. Sean Connery Memakai Jam Tangan Rolex Submariner Dalam Film Dr. No (1962)

Sean Connery sebagai James Bond dalam adegan melihat waktu. Foto :gq-magazine.

Pada film James Bond lama yang diperankan Sean Connery ada adegan diamana Bond menyalakan korek api untuk melihat waktu, adegan tersebut menunjukan pergelangan tangan Bond memakai  Rolex Submariner 6538 “Big Crown” dengan nato strap yang mempunyai motif hitam abu abu. Belakangan gara-gara adegan tersebut, nato strap dengan warna dan motif yang serupa, disebut Bond nato strap, serta banyak pecinta jam tangan diver ikut terinspirasi memakai nato strap dengan motif warna yang sama.

3. Martin Sheen Memakai Jam Tangan Seiko Diver 6105 Dalam Film Apocalypse Now  (1979)

Film ini menjadi cikal bakal julukan jam Seiko 6105 yaitu Seiko Captain Willard, semuanya berawal dari film Apocalypse Now. Di film yang menceritakan perang Vietnam ini, terdapat tokoh Captain Willard yang diperankan Martin Sheen, Willard menggunakan jam tangan Seiko 6105 yang berbentuk cushion case.

Captain Willard yang diperankan Martin Sheen menggunakan Seiko 6105, Seiko Captain Willard ini kembali dirilis yaitu SPB 151, SPB 153 dan SLA033. Foto : Hollywood Reporter.

Saat ini Seiko kembali memproduksi jam diver yang merupakan re-issue dari 6105, yaitu Seiko Prospex ‘Captain Willard’ Reissues SPB151 (black dial & bracelet) SPB153 (green dial & rubber), jam ini dibekali movement 6r35 yang mempunyai power reserve 70 jam dan mempunyai kemampuan water resistant 200 meter. Selain itu beberapa waktu lalu Seiko juga memproduksi versi limited edition yaitu Seiko Prospex 1970 Diver’s Re-Creation Limited Edition SLA033 yang menggunakan movement 8L35, salah satu movement high end Seiko.

4. Daniel Craig Memakai Omega Planet Ocean & Omega Aquatera dalam Skyfall (2012)

James Bond era Daniel Craig menggunakan jam tangan Omega Seamaster.

Film James bond sejak era Pierce Bosnan menggunakan Omega Seamaster, hal ini berlanjut sampai era Daniel Craig, yang cukup terkenal Craig menggunakan Omega Seamaster Planet Ocean 600 dan Omega Aquatera blue dial di film Skyfall. Omega Seamaster Planet Ocean merupakan diver 600 meter dan memiliki movement Co Axial, sedangkan Omega Aquaterra merupakan jam kasual yang mempunyai water resistant 150 m dan menggunakan teak dial.

5. Vin Diesel G-Shock GW-2310 Dalam The Pacifier  (2005)

Vin Diesel menggunakan G-Shock GW-2310 dalam The Pacifier.

Seorang tentara angkatan laut yang ditugaskan negara untuk menjaga keamanan anak anak seorang ilmuan, karena ilmuan ini sedang bertugas melakukan penelitian rahasia, tentu saja banyak adegan seorang Vin Diesel yang berbada kekar bercanda ria dengan anak anak kecil di sebuah rumah. Pada film ini Vin Diesel menggunakan G-Shock GW-2310 yang pertama kali diluncurkan 2001 dan menggunakan movement Tough Solar dan mempunyai fitur Multiband 6 Atomic. Sehingga bisa kalibrasi dengan pemancar waktu.

6. Arnold Schwarzenegger Menggunakan Seiko H558 Dalam film Predator (1987)  & Commando (1985)

Siapa yang tidak kenal Arnold Scwarzenegger, gubernur California ini menggunakan Seiko Diver H558 di film Predator & Comando. Seiko H558 sendiri merupakan Seiko Diver pertama yang menggunakan tampilan ana-digi, jam ini dijuluki Seiko Arnie Diver karena identik dengan Arnold di kedua film tersebut.

Arnold dengan Seiko H588 “Arnie” dalam film Comando, Seiko Arnie ini kembali dirilis dengan nama Seiko Prospex SNJ025.

Di baselworld 2019 Seiko menghadirkan versi reissue dari H559-5009 yakni SNJ025. Jam ini menggunakan konsep desain yang sama dengan Seiko H558 yang diluncurkan di tahun 1982. Tersedia dalam tiga pilihan warna yang terlihat garang jika dikenakan di segala medan. Dengan diameter 47,8mm, tebal 14,4mm, Lug to Lug 51,3mm serta silicon strap 22mm, Tak terlihat terlalu besar namun juga tidak kecil bagi ukuran tangan besar. SNJ025 tampil dengan shroud dan tampilan analog-digital dial yang dilengkapi Tough Solar Quartz movement.

7. Angelina Jolie Menggunakan Tissot T-Touch dalam Tomb Raider: Cradle of Life (2003)

Jam Tangan Tissot T-Touch digunakan Agelina jolie di film Tomb Raider : Cradle of Life.

Bagi penggemar game Tomb Rider pasti hafal dengan karakter Lara Croft. Di filmnya, Lara Croft diperankan oleh Angelina Jolie, pada film Tomb Raider : Cradle of Life, Angelina menggunakan jam tangan Tissot T-Touch. Tissot T-Touch merupakan jam tangan yang dibekali banyak fitur untuk outdoor seperti sensor barometer, altimeter, thermometer dan alarm, semuanya bisa dikendalikan melalui touch screen.

8. Dwayne The Rock Johnson Menggunakan Oris Pro Diver Date di film Fast Fourious 6 (2013)

The Rock menggunakan Oris Pro Diver di Fast Fourius 6.

Siapa yang tidak menyukai film The Fast Fourious, apalagi sejak Dwayne Johnson yang kita kenal sebagai the Rock di arena WWE, ikut berperan didalam film ini. Berperan sebagai Hobbs pada Fast Fourious 6, The Rock terlihat memakai jam tangan Oris Pro Diver Date berwarna hitam, Oris Pro Diver date, jam ini merupakan model dari lini Pro Diver Oris dan mempunyai diameter 49mm ,water resistant 1000 meter serta menggunakan material titanium. Ukuran jam ini cukup besar jika dipakai di pergelangan tangan orang Indonesia, namun jika menginginkan jam diver Oris dengan size yang masih masuk akal, mungkin kalian harus cek koleksi Oris Aquis Date.

9. James Franco Menggunakan Suunto Vector dalam 127 Hours (2003)

Film 127 Hours, diangkat dari kisah nyata dari seorang pendaki bernama Aron Ralston. Dalam film tersebut, ia memutuskan untuk melakukan perjalanan di sebuah tempat bernama Blue John Canyon.

Jame Franco dengan Suunto Vector dalam 127 Hours.

Namun dia terjepit himpitan dinding batu, dan harus bertahan hidup dikondisi terjepit. Aaron Ralston yang diperankan james Franco, menggunakan jam tangan Suunto Vector. Suunto memang identik dengan jam tangan outdoor, brand asal Finlandia ini sudah cukup terkenal dikalangan para pendaki maupun penyelam akan keandalan jam tangan

10. Chris Hemsworth Menggunakan G-Shock Rangeman GW-9400-3 Dalam Extraction (2020)

Bagi teman-teman yang sering nonton di Netflix, pasti tahu dong film Extraction yang diperankan oleh Chris Hemsworth. Disutradarai oleh Sam Hargrave. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Tyler Rake. Ia merupakan seorang tentara bayaran pasar gelap. Karena terbiasa melakukan hal ekstrim, Tylor Rake diminta melakukan misi menegangkan.

Ulasan G-Shock Rangeman GW-9400-3.

Tylor Rake menggunakan G-Shock Rangeman GW-9400-3 yang berwarna hijau military. Jam ini dilengkapi triple sensor, altimeter, barometer dan kompas. Semua sensor ini dioperasikan melalui tombol yang memiliki penutup logam sehingga melindungi dari benturan dan menjauhkan benda asing. Rangeman memang sangat cocok dipakai untuk kegiatan outdoor termasuk untuk menjalani misi misi berbahaya seperti yang lakukan Tyler Rake.