Ronny Chieng Aktor Film Shang-Chi Ternyata Penggemar Seiko, Intip Koleksinya!

Ronny Chieng Aktor Film Shang-Chi Ternyata Penggemar Seiko, Intip Koleksinya!

Layar bioskop sejak minggu lalu sedang diramaikan oleh kehadiran film besutan Marvel, Shang-Chi & the Legend of the Ten Rings. Film ini menyita banyak perhatian movigoers Asia, karena Shang-Chi merupakan sosok superhero Asia pertama dari Marvel yang diangkat dalam sebuah film spin off. Tak heran kalau cast film Shang-Chi juga didominasi oleh wajah-wajah Asia, salah satunya aktor asal Malaysia Ronny Chieng yang memerankan karakter Jon Jon. 

Ternyata, aktor yang juga merupakan seorang stand up comedian dan pernah berperan di film Crazy Rich Asians ini adalah seorang watch-enthusiast. Menariknya, kecintaannya pada jam tangan automatic tidak dimulai dari merek-merek high-end, tapi dari Seiko 5! Penasaran apa saja koleksi jam tangan Ronny Chieng? Mulai dari Seiko hingga Rolex, ini dia deretan koleksi sang aktor yang menunjukkan seleranya pada model-model jam tangan ikonik! 

Ini Dia Koleksi Seiko ala Ronny Chieng 

Kalau kebanyakan public figure menyukai jam tangan dari merek-merek mewah, Ronny Chieng ternyata punya cerita berbeda. Lupakan Rolex, Patek Philippe, atau Audemars Piguet, kecintaan Ronny pada jam tangan automatic ternyata dimulai dari Seiko 5. Sejak itu bahkan hingga kini menjadi stand up comedian dan aktor sukses, Ronny terus menunjukkan kecintaannya pada Seiko dengan menambah beberapa koleksi ikonik. Ini dia deretan koleksi jam tangan Seiko yang dimilikinya!

1. Seiko 5

Seiko 5 yang jadi koleksi jam tangan automatic pertama Ronny Chieng
Seiko 5 yang jadi koleksi jam tangan automatic pertama Ronny Chieng. (Image: Hodinkee)

Ini dia, jam tangan yang membuat aktor pemeran Jon Jon di film Shang-Chi tersebut kepincut dengan automatic-watches hingga sekarang. Seiko 5 ini dibeli saat Ronny masih duduk di bangku kuliah. Sebagai Seiko entry level, alasan Ronny memilih Seiko 5 awalnya hanya didasari masalah harganya yang affordable untuk kelas jam tangan automatic. Tapi siapa sangka, seiring berjalannya waktu ia kian dibuat takjub dengan ketangguhan jam tangan ini yang diakuinya tetap terlihat seperti baru dan belum pernah sekalipun diservis.

2. Seiko Ref. 6139-6010 Speed-Timer Dial Variant

Seiko Ref. 6139-6010 Speed-Timer Dial Variant
Seiko Ref. 6139-6010 Speed-Timer Dial Variant, koleksi Seiko kedua milik Ronny Chieng. (Image: Hodinkee)

Kecintaan Ronny Chieng pada Seiko berlanjut dengan membeli the vintage Seiko Ref. 6139-6010 Speed-Timer Dial Variant. Seiko 6139 termasuk salah satu jam legendaris, karena merupakan satu dari tiga jam tangan automatic chronograph yang dirilis pada 1969. Model ini terkenal karena pernah dipakai oleh astronot William Pogue ke luar angkasa dalam misi bernama Skylab 4. Tapi, bukan karena Pogue, alasan Ronny Chieng memilih Seiko 6139 justru karena kekagumannya pada aktor Bruce Lee yang rupanya juga pernah memakai jam tangan ini. Anyway, Seiko 6139 yang dimiliki Ronny Chieng adalah model yang didesain khusus untuk pasar domestik Jepang sehingga memiliki day display dalam huruf kanji di dial-nya. 

3. Seiko Ref. 6139-6010 ‘True Bruce Lee’

Seiko Ref. 6139-6010 'True Bruce Lee'
Seiko Ref. 6139-6010 ‘True Bruce Lee’. (Image: Hodinkee)

Sekali jatuh cinta dengan performa jam tangan automatic Seiko, tak ada jalan kembali. Hal itulah yang dirasakan Ronny Chieng. Kekagumannya pada Seiko dan aktor Bruce Lee membawanya untuk membeli koleksi selanjutnya, yakni Seiko Ref. 6139-6010. Di kalangan watch-enthusiast, model ini juga dikenal dengan sebutan “True Bruce Lee” karena menjadi salah satu jam tangan yang sering digunakan aktor sekaligus martial arts expert berdarah Amerika-Cina tersebut.

Ronny Chieng Juga Mengoleksi Beberapa Jam Tangan Mewah

Seiring dengan kecintaannya yang semakin besar pada dunia horology, juga kesuksesannya di dunia entertainment yang semakin melejit, Ronny Chieng ‘melebarkan sayap’ dengan menambah beberapa model jam tangan mewah ikonik ke dalam daftar koleksinya. Ini dia beberapa jam mewah yang dipilih Ronny Chieng sebagai koleksi:

1. Rolex Datejust 36

Rolex Datejust warisan ayah Ronny Chieng
Rolex Datejust warisan ayah Ronny Chieng. (Image: Hodinkee)

Rolex Datejust 36 milik Ronny Chieng awalnya adalah milik sang ayah yang merupakan seorang businessman sukses di Hong Kong. Jam tangan berdiameter 36 mm ini memiliki two-tone bracelet yang klasik. Berada dalam seri Datejust, jam ini jelas didesain sebagai koleksi yang bersifat timeless alias tak mudah tergeser oleh perkembangan zaman. Versi baru dari jam tangan ini sekarang dibanderol sekitar Rp171 jutaan. 

2. Omega Seamaster

Koleksi jam tangan Omeg Seamaster Ronny Chieng

Masih merupakan ‘warisan’ dari sang ayah, Ronny Chieng juga memiliki Omega Seamaster sebagai koleksi. Jam tangan vintage ini memiliki desain dress-watch yang simpel dan klasik, namun fungsional. Desainnya kental dengan sentuhan tahun 1970-an.

3. Omega Speedmaster ‘First Omega In Space’ Ref. 2998

Omega Speedmaster 'First Omega In Space' Ref. 2998.
Omega Speedmaster ‘First Omega In Space’ Ref. 2998. (Image: Hodinkee)

Ronny Chieng membeli Omega Speedmaster ini saat pertama kali pindah ke Amerika. Sering dijuluki “First Omega in Space”, Omega Speedmaster Ref. 2998 adalah model yang sama yang dipakai astronot Wally Schirra saat pergi ke luar angkasa dalam misi Sigma 7. Jam milik Ronny Chieng ini, adalah tribut versi modern dari model yang dipakai Schirra.

4. Rolex Submariner ‘Hulk’ Ref. 116610LV

Rolex Submariner ‘Hulk’ Ref. 116610LV
Rolex Submariner ‘Hulk’ Ref. 116610LV. (Image: Hodinkee)

Berperan sebagai Jon Jon di film Shang-Chi besutan Marvel, Ronny Chieng ternyata juga memiliki Rolex Submariner Ref. 116610LV atau yang biasa dilabeli julukan “Rolex Hulk”. What a coincidence, eh? Mengingat jam tangan berdiameter 40 mm ini sudah discontinued dan digantikan dengan versi terbaru Submariner yang rilis pada 2020 dengan diameter 41 mm, The Hulk miliki Ronny Chieng tentu jadi salah satu koleksi langka yang banyak diburu watch-enthusiast. 

5. Rolex GMT-Master Ref. 16753 ‘Root Beer’

Rolex GMT-Master Ref. 16753 ‘Root Beer’
Rolex GMT-Master Ref. 16753 ‘Root Beer’. (Image: Hodinkee)

Preferensi jam tangan Ronny Chieng yang sedikit ‘antimainstream’ dibandingkan orang kebanyakan kembali tercermin dari Rolex GMT-Master Ref. 16753 yang dimilikinya. Alih-alih memilih the popular Rolex “Pepsi”, ia lebih memilih Rolex GMT-Master 16753 yang dikenal dengan julukan “Root Beer” karena perpaduan warna dial-nya. Model Rolex ini sempat sangat populer karena muncul dalam iklan penerbangan Pan American Airlines. 

Jadi, koleksi jam tangan Ronny Chieng mana yang paling kamu suka? Dari koleksi jam tangannya, kita juga bisa melihat bahwa sang aktor adalah sosok yang setia. Sudah punya Omega sampai Rolex, ternyata masih tetap setia pada Seiko. Kalau kamu juga pengen mengoleksi Seiko 5 yang kualitasnya sudah dibuktikan sendiri oleh Ronny Chieng, yuk kunjungi web/apps Jamtangan.com. Di sini, kamu bisa menemukan koleksi Seiko terlengkap yang #PastiOri dengan layanan gratis ongkir ke seluruh Indonesia. 

Yuk, Lihat-Lihat Koleksi Seiko 5 Terlengkap di Jamtangan.com di Sini!

Categories: Seiko
Tags: seiko, Seiko 5