Citizen Promaster Tsuno Chrono Dirilis untuk Peringati Anniversary ke-50! 

Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary
Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary
Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary
Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary

Tahun 2023 ditandai sebagai perayaan anniversary Citizen Promaster Tsuno Chrono yang ke-50, yaitu jam tangan chronograph pertama dari Citizen. Kini, Citizen menata ulang kembali konsep, bentuk, dan fungsionalitas Tsuno Chrono dalam model Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary yang hadir dalam edisi terbatas. 

Jam tangan ini dilengkapi dengan teknologi Eco-Drive yang punya cadangan daya tahan hingga 8 bulan. Penasaran dengan desain dan spesifikasi yang kali ini dibawakan oleh Citizen dalam koleksi anniversary-nya? Simakan review Minwatch selengkapnya berikut ini!

Baca juga : Jangan Ngaku Pecinta Jam Tangan Kalau Belum Tahu Fakta Ini Dari Brand Citizen

Citizen Perkenalkan Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary yang Mengadopsi Desain Pendahulunya

Citizen Tsuno Chrono 1973
Citizen Tsuno Chrono 1973 

Pada tahun 1973, Citizen meluncurkan jam tangan chronograph pertama mereka yaitu Citizen Challenge Timer. Para penggemar kemudian menjulukinya sebagai “Tsuno Chrono” yang punya tampilan bullhead dengan tata letak dial panda yang mudah dikenali. 

Setelah 50 tahun berlalu, kini Citizen perkenalkan Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary dalam edisi terbatas. Jam tangan tersebut masih mengadopsi beberapa tampilan ikonis dari pendahulunya yang dikemas menjadi lebih modern dan lebih fungsional. 

Baca juga : Citizen Series 8 880 Mechanical Si Sporty Dengan Fitur GMT

Spesifikasi Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary 

Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary
Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary 

Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary terinspirasi dari Citizen Bullhead asli yang debut pada 1973. Jam tangan ini punya stainless steel case berdiameter 45 mm dengan warna gold-toned yang memberikan kesan vintage dan terintegrasi dengan classic leather strap berwarna coklat tua. Tsuno Chrono edisi anniversary ini juga punya daya tahan air hingga 200 meter. 

Masih mengadopsi desain pendahulunya, jam tangan ini dilengkapi dengan pusher bergaya bullhead pada posisi pukul 11 dan pukul 1.  Selain itu, terdapat winding crown berwarna emas pada pukul 12 dan crown pada pukul 5 yang berfungsi sebagai pengatur alarm

Adapun peningkatan pada bagian dial-nya untuk menambah fungsionalitas. Seperti adanya hands pada bagian subdial yang berwarna oranye yang menonjol untuk menambah visibilitas di kondisi minim cahaya. Adapun skala tachymeter hitam yang dicetak dengan angka berwarna emas pada bagian inner dial

Berbeda dari model pendahulunya yang punya tiga subdial, jam tangan ini hadir dalam empat subdial berwarna hitam yang kontras dengan dial berwarna gold-tone. Keempat subdial ini terdiri dari detik utama pada posisi pukul 3, penghitung 12 jam pada posisi pukul 6, indikator cadangan daya pada posisi pukul 9, dan penghitung waktu 60 menit pada posisi pukul 12. 

Box Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary edisi spesial
Box Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary edisi spesial

Menariknya, Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary dikemas dalam box edisi spesial berwarna emas. Terdapat tulisan “LIMITED EDITION’ yang tercetak pada bagian caseback. Jam tangan ini hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit di dunia. 

Baca juga : Smartwatch Citizen Smart, Dilengkapi Fitur Self-Care Advisor Untuk Menentukan Tingkat Kewaspadaan

Didukung Teknologi Eco-Drive dengan Cadangan Daya Hingga 8 Bulan

Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary
Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary 

Perbedaan utama Tsuno Chrono tahun 70-an dengan edisi anniversary kali ini terletak pada movement-nya. Pada Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary menggunakan in-house Eco-Drive movement caliber E210 dengan light-powered quartz movement. Selain itu, movement ini termasuk mecha-quartz dimana jarum detik chronograph sentral bergerak menyapu. Hal ini menawarkan fungsionalitas yang solid dan performa yang mengesankan. 

Adapun teknologi Eco-Drive ini ditenagai oleh cahaya apapun yang jika terisi penuh, jam tangan ini mampu berjalan hingga 8 bulan dalam kondisi tanpa paparan cahaya. Indikator cadangan daya dapat dilihat pada subdial di posisi pukul 9. Movement ini juga menawarkan tingkat akurasi +15/-15 detik per bulan. 

Baca juga : Citizen Perkenalkan Koleksi UNITE With BLUE Untuk Rayakan World Oceans Day

Nah, itulah ulasan seputar Citizen Promaster Tsuno Chrono Citizen Promaster Tsuno Chrono 50th Anniversary. Perpaduan desain yang vintage dan modern menjadikan jam tangan ini tetap cocok digunakan untuk sehari-hari maupun saat berolahraga.

Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya! Kamu juga dapat cek koleksi Citizen lainnya di sini. 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
divers watch

7 Chronograph Diver’s Watch yang Siap Temani Menyelammu

Next Article
casio royale AE1200

AE-1200 "Casio Royale" Pernah Dipakai James Bond?

Related Posts
Total
0
Share