5 Ciri Jam Tangan Omega Asli yang Harus Kamu Tau

ciri jam omega asli
ciri jam omega asli

Kali ini, Minwatch mau membahas ciri jam tangan Omega asli. Beberapa ciri ini perlu kamu ketahui karena banyak versi replikanya yang beredar di pasaran. Omega sendiri dikenal sebagai brand jam tangan mewah asal Swiss yang sudah punya reputasi di dunia.

Untuk mengetahui keasliannya, kamu bisa memperhatikan beberapa ciri dari tampilan maupun performa jam tangannya. Keunikan desain dan material yang dipakai jam tangan Omega asli tidak bisa ditiru dengan mudah. Inilah 5 ciri jam tangan Omega asli.

Seri Jam Tangan Omega

Ciri jam tangan Omega asli pertama bisa kamu lihat dari serinya. Omega punya beberapa seri jam tangan, yaitu Speedmaster, Seamaster, Constellation, dan De Ville. Keempat family Omega ini dibedakan dari segi fungsional dan tampilannya, dimana masing-masing seri punya ciri khas desain yang unik.

Omega Speedmaster yang Andal

Omega Moonwatch
Omega Moonwatch. Sumber : omegawatches.com

Seri pertama adalah Omega Speedmaster, yang mana sebagian besar koleksinya punya tampilan dinamis dan modern. Tanpa menghilangkan identitasnya, desain dari model ini terus berkembang mengikuti zaman. Omega Speedmaster sendiri punya sederet koleksi, antara lain Moonwatch Professional, Heritage Model, Dark Side of The Moon, Speedmaster 38 mm, Two Counter, dan Instruments.

Seri Omega Moonwatch Professional terkenal dengan jam tangan pertama yang dikenakan di bulan. Popularitas dan ketangguhan dari family Omega ini menjadi pilihan investasi yang menjanjikan untuk para pecinta jam tangan swiss-made.

Omega Seamaster untuk Para Penyelam

Omega Seamaster Diver 300m
Omega Seamaster Diver 300m. Sumber : omegawatches.com

Kedua adalah Omega Seamaster yang didesain khusus untuk kegiatan sport. Dari namanya, seri ini diperuntukan untuk para penyelam. Banyak fitur yang menunjang pemakainya saat di dalam air, seperti water resistant dan luminous.

Omega Seamaster punya beberapa varian, antara lain Aqua Terra, Diver 300M, Planet Ocean, dan Heritage Models. Omega Diver 300M Co‑Axial Master Chronometer adalah salah satu koleksi seri Seamaster yang cukup populer. Kemampuan menyelamnya hingga kedalaman 300 meter dengan fitur Super-LumiNova membuat jam tangan Omega ini jadi incaran para penyelam profesional maupun kolektor.

Omega Constellation yang Glamor

Omega Constellation Globemaster
Omega Constellation Globemaster. Sumber : omegawatches.com

Constellation adalah salah satu seri dari family Omega yang cukup banyak penggemarnya, baik pria maupun wanita. Tampilan glamor dan elegan pada seri Constellation mengambil konsep luar angkasa. Terdapat ukiran rasi bintang pada bagian belakang case-nya. Detail unik ini bisa kamu temukan pada jam tangan Omega yang original saja.

Salah satu koleksi dari Omega Constellation adalah Globemaster Co-Axial Master Chronometer. Jam tangan ini dilengkapi dengan movement Co-Axial calibre 8900 yang dikembangkan sendiri oleh Omega. Karena ukuran diameter jam yang tak terlalu besar, jam tangan ini cocok dipakai oleh wanita.

Omega De Ville untuk Acara Formal

Omega De Ville Prestige
Omega De Ville Prestige. Sumber omegawatches.com

Yang terakhir adalah seri De Ville yang punya tampilan vintage. Tampilan jam tangan Omega De Ville cocok untuk digunakan di acara formal. Desainnya yang tak lekang oleh waktu membuat jam tangan ini jadi target para kolektor jam tangan.

Untuk para wanita yang ingin menghadiri acara resmi, Omega De Ville Prestige bisa membuatmu tampil elegan. Salah satu koleksi dari family De Ville ini memiliki dial berwarna biru dengan sentuhan warna gold pada hands dan indikator angkanya. Material strap yang terbuat dari kulit juga membuat jam tangan Omega ini nyaman dipakai.

Movement Canggih Buatan Omega

Omega Calibre Master Chronometer Co Axial
Omega Calibre Master Chronometer Co Axial. Sumber : monochrome-watches.com

Kamu bisa melihat ciri jam tangan Omega asli dari daya tahan dan akurasi movement-nya. Omega mengembangkan mesin penggerak sendiri dengan nama Co-Axial. Setiap jam tangan Omega yang dibekali movement tersebut dapat mempertahankan akurasi tanpa perawatan khusus sehingga jam tangan Omega dapat digunakan dalam waktu yang lama, alias awet.

Mesin penggerak khas Omega ini juga punya varian lain, yaitu Master Co-Axial yang merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya. Omega menawarkan movement yang lebih canggih dengan fitur yang membuat gerakan mesin tahan terhadap magnet. Hal ini membuat akurasi jam tangan yang digerakan oleh movement ini cukup tinggi dan dapat diandalkan.

Jam tangan Omega yang dibekali movement ini memiliki harga yang lebih tinggi. Tak heran pecinta jam tangan yang membeli jam tangan Omega sebagai investasi menjanjikan.

Teknologi movement yang dikembangkan Omega memungkinkan suara jarum jam tak terdengar. Dengan movement Co-Axial, suara pergerakan jarum jam tangan Omega asli lebih halus. Detail ini tentunya tidak ada pada jam tangan palsu, yang mana mesin penggeraknya berkualitas rendah dan tidak original. Keaslian jam tangan Omega juga bisa diketahui saat memutar crown untuk mengatur jarum.

Detail dari Tampilan Jam Tangan Omega Asli

Omega Speedmaster Heritage SP57 MC
Omega Speedmaster Heritage SP57 MC. Sumber : omegawatches.com

Ciri jam tangan Omega asli selanjutnya adalah detail dari tampilannya. Kamu bisa mengenali jam tangan Omega asli dari bagian luar yang terlihat. Kebanyakan tiruan dari jam tangan Omega tidak punya detail yang presisi, serta finishing yang bagus. Kualitas materialnya pun cenderung buruk sehingga mempengaruhi tampilannya.

Omega memiliki logo yang khas pada setiap jam tangan buatannya. Pada logo Omega terdapat detail penting yang tidak ada pada jam tangan tiruannya, yaitu bagian kakinya yang menjorok ke atas. Jam tangan Omega replika memiliki logo yang tidak presisi karena dicat langsung, sedangkan logo jam tangan Omega asli dicetak terpisah dan ditempel di atas bagian dial jam.

Selain logonya, dial pada jam tangan Omega palsu terkadang terlihat tidak proporsional. Omega tentunya telah mendesain bagian dial dengan sangat sempurna. Jarak dan letak indikator angka sangat diperhatikan sehingga bagian dial jam nyaman untuk dilihat.

Nomor Seri Tanda Keaslian Jam Tangan Omega

omega speedmaster speedmaster 57 coaxial master chronometer chronograph 40 5mm
omega speedmaster speedmaster 57 coaxial master chronometer chronograph 40 5mm. Sumber : omegawatches.com

Ciri jam tangan Omega asli selanjutnya terdapat pada nomor serinya. Omega memberikan nomor seri yang terdiri dari 7 atau 8 angka. Detail ini bisa kamu temukan pada bagian luar back-case jam tangan Omega terbaru. Untuk seri lamanya, nomor seri dicetak di bagian dalam back-case.

Kadang jam tangan replika juga punya nomor seri. Untuk memastikannya, kamu bisa cek nomor tersebut di internet maupun website resmi Omega. Dengan nomor seri ini, kamu bisa mengenali ciri jam tangan Omega asli.

Fitur Luminous untuk Para Penyelam

Omega Seamaster Professional Diver 300M
Omega Seamaster Professional Diver 300M. Sumber : omegaatches.com

Seri Seamaster merupakan jam tangan Omega asli yang punya beberapa fitur untuk menunjang kegiatan menyelam. Salah satu koleksi dari seri ini adalah Omega Seamaster Professional Diver 300M, yang mana jam tangan ini memiliki fitur water resistant 300 M dengan Super-LumiNova pada bagian dial-nya.

Fitur luminous ini memungkinkan para penyelam dapat melihat bagian dial pada kondisi gelap saat menyelam di kedalaman tertentu. Kamu bisa melihat ciri jam tangan Omega asli dari fitur ini. Pada jam tangan tiruan, fitur ini tidak berfungsi dengan baik.

Jam tangan Omega asli memiliki dial dengan fitur luminous yang canggih. Fitur ini terdapat pada bagian time marker, jarum jam dan bezel-nya. Kamu bisa membedakan keasliannya dengan melihat fungsi luminous yang membuat bagian tersebut bercahaya dalam waktu yang lama.

Nah, itulah 5 ciri jam tangan Omega asli yang Minwatch rangkum. Buat kamu yang ingin beli jam tangan asli, Jamtangan.com punya berbagai koleksi swiss-made lainnya.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

https://www.omegawatches.com/

https://id.luxehouze.com/blogs/id/ciri-jam-tangan-omega-asli-atau-kw?shpxid=47ca90a7-71dc-4ceb-a118-343d085d8304

Total
0
Shares
Previous Article
jonah hills don't look up

Jonah Hill Pakai Jam Tangan Richard Mille Palsu di Film “Don’t Look Up”?

Next Article
jam tangan pria mahal

10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

Related Posts