Timex World Time 1972 Reissue Bawa Desain Ikonis Tahun 1970-an

by Hanif Jun 23, 2023 4 min read
Timex World Time 1972 Reissue
Timex World Time 1972 Reissue

Kalau penasaran dengan tampilan dan spesifikasinya, Minwatch sudah menyiapkan ulasan selengkapnya untuk kamu semua. So, simak terus artikel ini sampai selesai ya!

Baca juga : Harga Terjangkau, Kualitas Memukau, Ini Dia Brand Timex Dari Amerika

Timex World Time 1972 Reissue Terinspirasi dari Jam Tangan Vintage Timex Electric World Time 1972

Timex Electric World Time 1972
Timex Electric World Time 1972

Timex kembali merilis jam tangan terbaru yang dirancang dengan style vintage yaitu Timex World Time 1972 Reissue. Desain Timex World Time 1972 Reissue terinspirasi dari jam tangan vintage Timex Electric World Time 1972. Timex Electric sendiri menggunakan electric movement dan telah menampilkan fungsi date window pada posisi jam 3.

Timex World Time 1972 Reissue Dirancang dengan Case 39 mm yang Chunky dan Tampak Tebal

Timex World Time 1972 Reissue terkesan chunky saat dipakai di pergelangan tangan
Timex World Time 1972 Reissue terkesan chunky saat dipakai di pergelangan tangan

Timex World Time 1972 Reissue dirancang menggunakan case berukuran 39 mm dan terlihat chunky. Case berbentuk barrel dengan lug pendek dipadukan dengan lug-to-lug yang juga pendek dan terlihat tebal. Hal ini membuat kamu seolah memakai jam tangan yang bulky dan full di pergelangan tangan. Case pada Timex World Time 1972 Reissue juga memiliki sisi-sisi yang dipoles dengan bagian atas case dan lug di-brush melingkar. Ukuran crown yang pendek membuatnya mudah dipegang dan dioperasikan.

Baca juga : Jam Tangan Timex Indiglo, Dial-Nya Mampu Berpendar Begitu Terang Pada Kondisi Gelap

City Bezel yang Oversized pada Timex World Time 1972 Reissue Tampak Mencolok

City bezel pada Timex World Time 1972 Reissue
City bezel pada Timex World Time 1972 Reissue

Jam tangan ini didesain untuk traveler di era keemasan jet-set dengan rotating bezel yang melambangkan Greenwich Mean Time. City bezel yang terbuat dari aluminium hitam tampak lebih menonjol dan membuatnya mudah digenggam dan diputar dibandingkan versi lawasnya. Pada bezel juga ditampilkan 23 kota di seluruh dunia, di mana 22 kota saling berpasangan dan 1 kota ditempatkan tanpa pasangan. Hal ini membuat pengguna mudah membaca jam tangan di zona waktu lain secara sekilas. Style ini nyatanya diciptakan untuk market Eropa dan menampilkan ejaan bahasa Prancis.

City bezel pada Timex World Time 1972 Reissue menggunakan bahasa Prancis
City bezel pada Timex World Time 1972 Reissue menggunakan bahasa Prancis

Tidak seperti brand lainnya yang menampilkan world time ke dalam 24 kota pada 24 titik di sekitar bezel, Timex dengan begitu cerdasnya memadatkannya menjadi 23 kota pada 12 titik. Hal ini dilakukan dengan membuat 12 titik, di mana 11 titik untuk 22 kota dan satu titik untuk satu kota yang membuatnya lebih mudah dibaca dan dilihat. Tampilan bezel dengan world time demikian sesuai dengan zona waktu di awal tahun 1970-an, walaupun sudah tidak sejalan dengan offset UTC saat ini. 

Jadi, kamu seolah memakai jam tangan yang diproduksi ulang dan sangat mirip dengan aslinya. Dan untuk mengoperasikan bezel, kamu hanya perlu menyesuaikan lokasi saat ini dengan jam tangan, selanjutnya bezel akan menunjukan waktu yang tepat pada zona waktu lain di seluruh dunia.

Baca juga : Q Timex 1978 Review: Bernostalgia Dengan Dress Watch Vintage

Spesifikasi Timex World Time 1972 Reissue

Case Timex World Time 1972 Reissue berukuran 39
Case Timex World Time 1972 Reissue berukuran 39

Timex World Time 1972 Reissue menggunakan stainless steel case berdiameter 39 mm, ketabalan 12 mm, menggunakan domed acrylic crystal, dan tahan air hingga 50 meter. Case-nya dibuat full size, dipoles pada sisi-sisinya, dan bagian atasnya di-brush. Sedangkan untuk strap, jam tangan ini menggunakan leather strap hitam dengan buckle clasp

Timex World Time 1972 Reissue menggunakan quartz movement dengan fungsi date window ditempatkan pada posisi jam 3 dengan bentuk trapesium. Jarum berbentuk pedang dan indeks berbentuk baton diisi dengan lume sehingga dapat berpendar pada kondisi gelap. 

Timex World Time 1972 Reissue berpendar pada kondisi gelap
Timex World Time 1972 Reissue berpendar pada kondisi gelap

Sedangkan jarum detik panjang dirancang menggunakan warna merah sehingga terlihat kontras dengan dial hitam-putih dengan style tuksedo yang funky dan retro. Date window berbentuk trapesium dan jarum detik berwarna merah merupakan dua detail unik dan sesuai dengan style retro tahun 1970-an.

Baca juga : Kolaborasi Jam Tangan Dengan Produk Fashion (Zenith X Fusalp Dan Denham X Timex)

Timex World Time 1972 Reissue dianggap sebagai jam tangan dengan tampilan vintage yang dibanderol dengan harga terjangkau. Kamu tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu saja kehadirannya di Jamtangan.com ya. Kamu juga bisa mengoleksi jam tangan Timex lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com atau toko offline Jamtangan.com yang bisa kamu kunjungi.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more