Jam Tangan Timex Indiglo, Dial-nya Mampu Berpendar Begitu Terang pada Kondisi Gelap

Kalau kamu penasaran dengan teknologi Indiglo yang dikembangkan oleh Timex, Minwatch sudah punya ulasan selengkapnya untuk kamu semua. So, simak terus artikel ini sampai selesai ya!

timex indiglo
timex indiglo

Indiglo menjadi salah satu koleksi jam tangan fenomenal milik Timex. Seperti yang kita ketahui, kemampuan glow in the dark dalam dunia horologi menjadi hal krusial. Selama ini, jarum jam dan indeks menjadi bagian jam tangan yang umum diisi luminous dan membuatnya dapat bersinar pada kondisi minim cahaya.

Timex Easy Reader TW2V05500 Indiglo
Timex Easy Reader TW2V05500 Indiglo

Namun, pada jam tangan Indiglo, justru dial-nya yang dapat bersinar begitu terang pada kondisi gelap. Kalau kamu penasaran dengan teknologi Indiglo yang dikembangkan oleh Timex, Minwatch sudah punya ulasan selengkapnya untuk kamu semua. So, simak terus artikel ini sampai selesai ya!

Sejarah Berdirinya Timex

Timex Easy Reader TW2V40100 Indiglo
Timex Easy Reader TW2V40100 Indiglo

Mulanya, Timex didirikan pada tahun 1854 dengan nama Waterbury Clock Company. Perusahaan ini dikenal suka melakukan hal-hal baru, misalnya dengan mencap gear dari logam dan bukan mengukirnya dari kayu. Waterbury Clock Company juga menjadi salah satu perusahaan pertama yang menerapkan strategi perakitan untuk manufaktur. Selanjutnya pada tahun 1944, nama Timex dipilih menggantikan Waterbury Clock Company seperti yang kita kenal hingga sekarang.

Ketika ‘Quartz Crisis’ terjadi pada tahun 1970-an, Timex pun ikut mengadopsi quartz movement dengan tangan terbuka. Timex tidak menganggap perubahan itu sebagai musibah, tetapi melihatnya sebagai peluang untuk memperluas reputasinya sebagai alternatif brand yang menawarkan jam tangan dengan harga lebih terjangkau dibandingkan jam tangan mekanis asal Swiss yang harganya relatif lebih mahal.

Timex Mengembangkan Teknologi Agar Dial Jam Tangan Dapat Dibaca pada Kondisi Gelap

Timex Easy Reader T2N092 Indiglo
Timex Easy Reader T2N092 Indiglo

Sebenarnya, usaha untuk membuat jam agar dapat dibaca pada kondisi gelap merupakan masalah yang ingin segera diatasi sejak awal pembuatan jam. Dan di awal abad ke-20, watchmaker menemukan campuran radium dan zinc sulfida yang dianggap ajaib. Campuran tersebut diketahui dapat menciptakan luminous yang menyala pada dial dan membuat jam tangan dapat dibaca pada cahaya redup. 

Penggunaan radioaktif yang dianggap berbahaya menjadi pertimbangan Timex untuk memilih cara yang lebih aman. Timex mengakui bahwa untuk sementara waktu, pendaran tradisional pada jam tangan dianggap masih lebih baik daripada tidak sama sekali. Namun, hal itu tidak menghentikan insinyur Timex untuk terus melakukan inovasi hingga akhirnya menemukan solusi cerdik yaitu dengan melakukan adaptasi pada panel electroluminescent.

Cara Kerja Jam Tangan Timex dengan Teknologi Indiglo

Timex Ironman Triathlon T5K187 Pulse Indiglo Digital
Timex Ironman Triathlon T5K187 Pulse Indiglo Digital

Cara kerja jam tangan Timex dengan teknologi Indiglo relatif sederhana. Luminescent berbasis fosfor ditempatkan di atas konduktor bening yang diapit di antara dua lembar plastik atau kaca tipis, dan selanjutnya ditambahkan sebuah elektroda. Pada jam tangan Timex Indiglo, panel electroluminescent tipis yang diberi voltase tinggi itu dapat memberi energi pada atom fosfor untuk menghasilkan cahaya. 

Timex Indiglo bercahaya pada kondisi gelap
Timex Indiglo bercahaya pada kondisi gelap

Hasilnya, dial jam tangan dapat memancarkan cahaya berwarna blue-green cerah dan membuat seluruh dial glow in the dark. Jam tangan Timex Indiglo juga dapat berpendar dengan terang ketika pengguna menekan crown dan fenomena ini dianggap sebagai hasil inovasi cerdas di industri watchmaking.

Timex Merilis Jam Tangan Indiglo Pertama pada Tahun 1992

Timex Ironman Triathlon T5K417 Indiglo Digital 
Timex Ironman Triathlon T5K417 Indiglo Digital 

Setelah melakukan pengujian dan pengembangan selama beberapa tahun, Timex pun meluncurkan jam tangan pertama dengan teknologi Indiglo pada tahun 1992. Timex merilis seri Ironman dan menawarkan jam tangan kokoh dan tangguh kepada watch lover yang memerlukan jam tangan durable dengan harga relatif lebih terjangkau. 

Visibilitas jam tangan Ironman yang dapat berpendar saat berada di lingkungan minim cahaya juga dapat dibuktikan. Misalnya seperti yang ditampilkan dalam iklan TV tahun 1993 yang menggambarkan kehebatan jam tangan Timex Indiglo yang glow in the dark ketika berada di rawa. Perpaduan antara teknologi Indiglo yang spektakuler dan penayangan iklan yang cerdas membuat jam tangan Timex Indiglo makin populer.

Timex Mematenkan Teknologi Indiglo

Timex Originals TW2U05800 Indiglo
Timex Originals TW2U05800 Indiglo

Indiglo merupakan hasil inovasi cerdas dan ini membuat Timex mematenkan teknologi tersebut untuk keperluan brand-nya sendiri. Seperti yang kita tahu, istilah ‘in-house’ seringkali digunakan untuk menggambarkan jam tangan mekanik Swiss yang hebat. Namun sekarang, in-house movement yang dikembangkan secara khusus untuk model individual dipandang lebih unggul dibandingkan yang dibuat oleh pihak ketiga. Tidak mengherankan kalau salah satu brand high-end sekelas Rolex pun akhirnya membeli hampir semua vendor pihak ketiga yang mereka gunakan sehingga jam tangan Rolex menjadi dapat diproduksi sendiri. 

Dengan mematenkan teknologi Indiglo dan menciptakan Indiglo Corporation, Timex pun memiliki kontrol teknologi dan mencegah teknologi Indiglo digunakan secara diam-diam atau di-copy oleh brand lain yang mungkin akan mengklaim teknologi Indiglo sebagai milik mereka.Jadi, kalau pencinta horologi berpikir tentang Indiglo, Timex sudah menjadi Top of Mind. Kalau kamu juga ingin mengoleksi jam tangan Timex Indiglo yang bisa glow in the dark, segera kunjungi website/aplikasi Jamtangan.com atau toko offline Jamtangan.com. Dijamin, jam tangan Timex Indiglo yang kamu dapatkan #PastiOri!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
omega seamaster

Jam Tangan Andalan James Bond! Ini Dia Asal Muasal Omega Seamaster

Next Article
seiko 5 sports limited edition

Deretan Seiko 5 Sports Limited Edition Terpopuler, Mana yang Jadi Incaranmu?

Related Posts
Total
0
Share