Timex Q Reissue: Alasan Kamu Wajib Punya Jam Ikonik 70-an Ini

Timex Q Reissue: Alasan Kamu Wajib Punya Jam Ikonik 70-an Ini

Timex Q Reissue langsung booming dan menarik perhatian watch-enthusiast saat pertama kali dirilis ulang pada 2019, baik itu secara global maupun di tanah air. Saat itu, banyak unit langsung sold-out terjual, bahkan beberapa ‘calo’ menjualnya dengan harga berlipat kali lebih tinggi daripada harga aslinya. Pertanyaannya, apa sih yang membuat Timex Q Reissue begitu istimewa hingga diburu banyak orang dan bahkan masih populer hingga sekarang? Di artikel ini, Jamtangan.com akan mengajakmu ‘membedah’ review Q Timex Reissue secara lengkap supaya kamu bisa menilai sendiri apa keistimewaan jam ikonik satu ini. Yuk, simak!

Timex Q: Sang Ikon Populer Tahun 70-an

Ilustrasi Timex Q Original tahun 1979
Ilustrasi Timex Q original tahun 1979. (Image: Watch Company)

Versi original jam tangan Timex Q dirilis pada tahun 1979, dan langsung mendapat popularitas tinggi. Padahal pada masa itu, industri watchmaking Eropa sedang diguncang oleh Quartz Crisis dan banyak brand lain seperti Hamilton misalnya, harus dijual pada perusahaan luar negeri. Tapi, Timex terbukti tetap bisa bertahan, meskipun mau tidak mau harus ikut merilis jam quartz agar bisa bersaing dengan “gempuran” teknologi quartz yang sedang merajai dunia. Timex Q, adalah salah satu seri jam tangan quartz Timex yang lahir di masa-masa itu.

Meskipun bukan menjadi jam quartz pertama yang dirilis oleh Timex, Q Timex harus diakui menjadi model yang paling populer. Selain karena hadirnya teknologi quartz yang saat itu tengah hits, jam ini juga memiliki desain yang sangat trendi untuk tahun 1970-an. Hal spesial lainnya, Timex Q juga dianggap bisa menjadi “alternatif pengganti” bagi orang-orang yang belum mampu membeli Rolex GMT Master. Memiliki bezel yang sama-sama berwarna Pepsi, desain tak kalah elegan, tapi dijual dengan harga jauh lebih affordable, jadilah popularitas Timex Q langsung melejit di kalangan para pencinta jam tangan.

Timex Q Reissue: Sang Ikon Terlahir Kembali di Tahun 2019

Varian Timex Q Reissue 2019
Varian Timex Q Reissue 2019. (Image: Wristwatch)

Beberapa tahun belakangan, brand asal Amerika Serikat ini memang sedang rajin merilis versi reissue dari model-model legendarisnya. Sebut saja Timex Marlin dari tahun 1960-an atau Timex T-80 Pacman dari tahun 80-an. Hingga pada akhir 2019, giliran the iconic Timex Q yang dirilis versi modernnya. Mulai dari desain bezel sampai bracelet, Timex Q Reissue mempunyai figur yang sangat mirip dengan versi original-nya. Di versi reissue ini, ciri khas Timex Q sebagai diver-inspired watch yang punya signature bezel menawan juga masih dipertahankan. 

Alhasil, tak mengejutkan jika perlisan Q Timex Reissue langsung mendapat antusiasme tinggi. Apalagi di tambah tren beberapa tahun belakangan, di mana jam tangan dengan gaya retro kembali menjadi buruan. Supaya kamu bisa ikut memahami kenapa Timex Q Reissue bisa disambut begitu hangat dan masih banyak dicari bahkan hingga saat ini, yuk coba kita bedah satu demi satu keistimewaan tiap komponen dari jam ikonik ini: 

Case: Retro & Orisinil!

Detail case dan bezel pada Timex Q Reissue
Detail case dan bezel pada Timex Q Reissue. (Image: Bosshunting)

Orisinilitas, mungkin adalah salah satu kunci mengapa Timex Q Reissue bisa begitu digandrungi. Berbeda dari kebanyakan reissue-watch yang ukuran case-nya cenderung diperbesar, case Q Timex Reissue justru dipertahankan pada ukuran aslinya yakni berdiameter 38 mm dengan ketebalan 12 mm. Sekilas dilihat, ukuran ini mungkin membuatnya tampak “kurang gagah” dibandingkan model-model jam diver modern. Tapi, justru ukuran inilah yang menjadi keunikan jam vintage ini, sehingga membuatnya mampu menyihir pencinta jam tangan retro di era sekarang. Tak hanya itu, lug Timex Q Reissue juga dibuat tetap memiliki bentuk menyerupai lug pada Audemars Piguet Royal Oak, semakin menambah daya pikatnya.

Bezel: Meet the Friction Bezel

Tak hanya dari ukurannya yang unik dan antimainstream, sistem bezel yang digunakan pada Timex Q Reissue juga menarik. Kalau kamu adalah diver-watch enthusiast, pasti sudah terbiasa mendengar bunyi “klik” saat bezel diputar. Tapi, hal itu tidak akan kamu temukan pada Q Timex Reissue, mengingat jam ini dirancang dengan sistem friction bezel, alias bezel yang bisa berputar secara smooth ke dua arah. Sayangnya, banyak fans mengeluhkan absennya fitur GMT pada jam reissue ini padahal gaya bezel yang digunakan adalah GMT-style bezel.

Dial: Klasik & Atraktif

Detail dial dan crystal pada Timex Q Reissue
Detail dial dan crystal pada Timex Q Reissue. (Image: Beyondthedial)

Orisinilitas dari versi original juga bisa kamu temukan pada bagian dial. Semua hal yang disukai orang dari Timex Q original, tetap dipertahankan di Timex Q versi reissue. Sebut saja indeks berbentuk bulat dan hands (jarum jam) berbentuk “lollipop”. Bedanya, untuk menambah sentuhan retro, Timex menambahkan faux patina pada dial untuk membuat warnanya tampak sedikit usang. Di atas dial, ada acrylic crystal berbentuk cembung yang juga sangat identik dengan tren tahun 1970-an.

Movement: Quartz Movement yang Fungsional

Mengingat Timex Q Reissue juga masih menggunakan quartz movement, tak terlalu banyak hal yang bisa dibahas pada bagian ini. Yang pasti, jam ini menggunakan movement Seiko SII Epson PC33. Dengan reputasi movement produksi Seiko yang selalu bisa diandalkan dan tak perlu diragukan, kinerja mesin Timex Q versi reissue secara otomatis juga tak perlu kamu khawatirkan.

Caseback: Kemudahan Buat Ganti Baterai

Detail caseback pada Timex Q Reissue
Detail caseback pada Timex Q Reissue. (Image: Beyondthedial)

Saat kamu membalik Timex Q Reissue dan melihat bagian caseback-nya, lagi-lagi kamu akan menemukan keunikan yang cukup jarang ditemukan pada jam tangan modern. Selain finishing-brushed yang terbilang minimalis, kamu juga akan menemukan “pintu” atau bukaan kecil ke tempat slot baterai. Dengan fitur kecil ini, kamu pun bisa dengan sangat mudah mengganti baterai sendiri tanpa harus membawanya ke toko atau tempat servis jam tangan terdekat. Cukup memasukkan koin ke dalam slot yang ada lalu memutarnya, maka tempat baterai pun bisa dibuka.

Bracelet: Mesh Strap Elegan di Pergelangan Tangan

Timex Q Reissue dibekali mesh bracelet yang khas
Timex Q Reissue dibekali mesh bracelet yang khas. (Image: Hodinkee)

Last but not least, ada mesh bracelet yang tak kalah menawan ikut disematkan pada Timex Q Reissue. Selain elegan, mesh bracelet juga menambah kesan old-school dan vintage. Tak hanya itu, jenis bracelet ini juga sangat ringan sehingga cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Apalagi, untuk mengecilkan atau memperbesar bracelet ini, kamu cuma perlu menggeser clasp tanpa perlu membongkarnya. Praktis, kan?

Kelebihan & Kekurangan Timex Q Reissue

Walaupun rilisnya Q Timex Reissue disambut hangat bahkan sangat cepat sold out, selalu ada pihak yang suka dan kurang menyukai model satu ini. To be fair dan agar kamu bisa menilai model jam ikonik ini dari banyak sisi, yuk ketahui juga kekurangan dan kelebihan apa saja yang banyak dibicarakan orang dari Timex Q versi reissue:

Kelebihan Timex Q Reissue:

  • Harga Terjangkau => Tahukah kamu kalau Timex Q Reissue juga sering dijuluki “budget Rolex GMT” oleh para watch-enthusiast? Hal ini karena dengan figur yang nyaris mirip dan fitur yang komplet, jam ini dipasarkan dengan harga sangat affordable yakni di angka Rp2 jutaan saja. 
  • Reproduksi “Sempurna” dari Versi Original => Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Timex Q Reissue punya tampilan hingga fitur yang nyaris sama persis dengan versi original-nya. Baik itu dari bracelet, domed-crystal, hingga bukaan baterai. Hal ini cukup jarang ditemukan pada reissue dari model-model jam tangan lain, yang pasti sedikit banyak mengalami perubahan. 

Kekurangan Timex Q Reissue:

  • Cukup Sulit Dicari => Seperti dikutip dari The Watch Company, Q Timex Reissue adalah salah satu seri yang paling banyak diburu bahkan hingga saat ini. Ketersediaan jam tangan ini di berbagai official-seller sering kosong, sehingga sering dimanfaatkan banyak pihak untuk menjualnya dengan harga berlipat ganda. 

Tapi Tenang, Kamu Bisa Menemukan Pilihan Lengkap Timex Q Reissue di Jamtangan.com

Kabar baiknya, kamu tak perlu repot-repot mencari Timex Q Reissue di berbagai tempat bahkan sampai membayar dengan harga lebih tinggi. Karena di Jamtangan.com, kamu bisa menemukan banyak model Q Timex Reissue secara lengkap hanya di satu tempat. Bahkan, dengan banyak promo dan layanan gratis ongkir se-Indonesia, kamu bisa mendapatkan versi reissue jam ikonik ini dengan harga lebih terjangkau. Sebagai salah satu pusat penjualan Timex Q Indonesia terlengkap, model terpopuler seperti Q Timex Root Beer, Pepsi, Falcon Eye, dan banyak lainnya bisa kamu dapatkan di sini. 

Jadi, Apakah Timex Q Reissue Layak Koleksi?

Jawabannya adalah ya. Selain karena orisinalitasnya yang kental akan nuansa retro, tak banyak hal yang bisa dikomplain dari rilisan ini. Jika kamu mencari jam dengan desain diver-watch yang tak kalah keren dari luxurious brand seperti Rolex atau Omega tapi dipasarkan dengan harga affordable, maka Q Timex Reissue adalah jawabannya. Jangan lupakan juga movement produksi Seiko dan nama besar Timex sendiri sebagai brand jam tangan terkemuka, maka kualitas Q Timex Reissue semakin layak diperhitungkan.

Lihat Koleksi Timex Lainnya di Jamtangan.com

Categories: Watch Reviews