Sellita: Brand Penghasil Mechanical Movement Asal Swiss

Sellita Mechanical Movement Asal Swiss
Sellita Mechanical Movement Asal Swiss

Jika kamu pencinta horologi, pasti sudah familiar dengan istilah in-house movement dan manufaktur dari spesifikasi yang dipakai oleh sebuah jam tangan. Kedua istilah tersebut umum digunakan dan memiliki arti berbeda karena tidak semua watchmaking brand mampu memproduksi movement-nya sendiri. Dan sebagai solusi, brand-brand tersebut menggunakan movement dari pihak ketiga. 

Dan kali ini, Minwatch akan memperkenalkan salah satu movement yang banyak digunakan oleh brand terkemuka yaitu Sellita. Untuk lebih jelasnya, yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Apa Itu Quartz Movement?

Sellita, Manufaktur Mechanical Movement di Industri Watchmaking Sejak Tahun 1950

Sellita menjadi produsen movement terkemuka
Sellita menjadi produsen movement terkemuka

Sellita Watch Co. SA didirikan pada tahun 1950 di La Chaux-de-Fonds, Swiss, oleh Pierre Grandjean. Perusahaan ini menjadi salah satu dari sekian banyak perakit ébauches. Ebauche sendiri merupakan sebutan untuk ‘raw material atau base’ sebuah movement jam mekanik yang sepenuhnya belum di-dekorasi, polished dan dirakit secara keseluruhan. Saat itu, sebagian besar brand jam tangan mengandalkan movement pihak ketiga dan in-house movement masih jarang ditemukan.

Sellita Watch Co. SA di Bawah Kepemimpinan CEO Miguel García

Miguel García CEO dan owner Sellita Watch Co. SA
Miguel García CEO dan owner Sellita Watch Co. SA
Sumber: Letemps

Sellita diakuisisi oleh Miguel García pada tahun 2003 dan sekarang menjabat sebagai CEO dan owner Sellita Watch Co. SA. Di bawah kepemimpinan Miguel García, Sellita berubah menjadi produsen movement terkemuka di dunia untuk industri watchmaking dengan produksi 1,5 juta movement di tahun 2022. Tidak hanya itu, Sellita juga menjadi supplier movement terbesar untuk pihak ketiga dari berbagai brand jam tangan.

Baca juga : Perbedaan Movement Jam Tangan Automatic Dan Quartz

Sellita, Produsen Movement Asal Swiss yang Lengkap dan Terintegrasi

Kantor pusat Sellita di Le Crêt-du-Locle, Swiss
Kantor pusat Sellita di Le Crêt-du-Locle, Swiss
Sumber: Monochrome-watches

Perusahaan yang kini berkantor pusat di Le Crêt-du-Locle, Swiss, sukses melakukan strategi integrasi vertikal. Hal ini dimulai dengan kepemilikan pabrik blanko movement-nya sendiri (Gurofa GmbH, berbasis di Glashütte, Jerman), bisnis electroplating dan dekorasi (Technicor, berbasis di Les Breuleux, Swiss), dan perusahaan bar-turning (Helios, berbasis di Bévilard, Swiss). 

Dengan terjalinnya relasi jangka panjang dengan supplier besar, tingkat integrasi vertikal pun dapat berjalan dengan baik. Hal ini meliputi produksi komponen untuk mechanical movement (seperti hairspring, balance wheel, dan escapement) dan ball bearing. Bahkan, sekarang Sellita mampu melakukan proses manufacturing dengan menggunakan mesinnya sendiri.

Sellita Menjadi Alternatif Movement Saat ETA Menghentikan Pasokan Ebauches

Sellita menjadi alternatif movement ETA
Sellita menjadi alternatif movement ETA
Sumber: Monochrome-watches

Awal tahun 2000-an menjadi titik balik untuk perusahaan Sellita. Saat itu, hanya sedikit brand jam tangan yang mampu memproduksi movement-nya sendiri. Kala itu, Swatch Group didukung oleh supplier movement utama yaitu ETA yang dapat menawarkan berbagai movement andal, akurat, dan dengan harga terjangkau. Pada tahun 2002, Nicolas G. Hayek, CEO Swatch Group, mengumumkan bahwa ETA akan menghentikan pengiriman ébauches agar dapat fokus pada Swatch Group. 

Pengumuman tersebut membuat perusahaan lain berusaha mempercepat integrasi produksi movement atau mencari movement siap pakai. Misalnya diproduksi oleh perusahaan seperti Sellita dan melakukan klon movement ETA. Pilihan kedua dianggap memudahkan brand untuk beralih dari movement ETA ke klon movement ETA. Dan pada kondisi tersebut, Sellita menjadi alternatif utama movement ETA.

Baca juga : Akurat Dan Tahan Lama, Apa Itu Movement Meca-Quartz?

Sellita dapat melakukan klon movement ETA karena hal itu masih tergolong tindakan legal. Sebagian besar movement ETA telah ada sejak lama dan Paten AS hanya bertahan selama 20 tahun. Karena movement jam tangan dikategorikan mesin, satu-satunya perlindungan kekayaan intelektual yang dimiliki adalah paten, dan UU paten di Eropa mirip dengan yang ada di AS.

Dari kiri ke kanan dan atas ke bawah: SW100, SW200, SW300, dan SW500
Dari kiri ke kanan dan atas ke bawah: SW100, SW200, SW300, dan SW500
Sumber: Monochrome-watches

Setelah merakit movement ETA, Sellita pun mengembangkan movement-nya sendiri yang disebut clone calibre. Misalnya Sellita SW200 (setara dengan ETA 2824), Sellita SW300 (setara dengan ETA 2892), SW500 (setara dengan ETA Valjoux 7750 chronograph), dan SW100 (setara dengan ETA 2671). Kini, movement Sellita tidak hanya dalam bentuk klon secara langsung karena seiring dengan berjalannya waktu, movement dasarnya telah di-upgrade

Sebagai contoh power reserve SW300 atau SW500 telah ditingkatkan dibandingkan dengan calibre aslinya. Hebatnya, movement yang telah di-upgrade kebanyakan tetap dipertahankan dengan dimensi yang sama, sehingga brand-brand yang memakai Sellita tidak perlu mengubah dimensi case jam tangan.

Sellita Masa Kini, Hadir dengan Komplikasi Small to High-End Movement

Oris Aquis 01-798-7754-4175
Oris Aquis 01-798-7754-4175

Selain menjadi supplier untuk mechanical movement dari kelas pemula dengan harga terjangkau, kini Sellita juga mengembangkan koleksi movement yang di-customised dan komplikasi small-to-medium. Mulai dari skeleton movement, regulator, chronograph, GMT, moon phases, atau indikasi power reserve.

Dengan sister company-nya yaitu Manufacture AMT SA yang berbasis di Granges, Swiss, Sellita juga menawarkan high-end movement. Secara khusus, Manufacture AMT mengembangkan dan memproduksi proprietary movement dengan grade lebih tinggi untuk brand pihak ketiga yang menginginkan desain dan spesifikasi sendiri daripada memakai movement siap pakai yang digunakan oleh banyak brand.

Salah satu brand yang menggunakan movement Sellita adalah Oris. Misalnya untuk model jam tangan Oris Aquis 01-798-7754-4175 yang dibuat dari case stainless steel berukuran 43,5 mm dan date window pada posisi jam 3 dan komplikasi GMT. Jam tangan ini menggunakan automatic movement Oris calibre 798 base on Sellita SW330-1, yang memiliki 25 jewel, bekerja dengan frekuensi 4 Hz, dan power reserve 42 jam.

Baca juga : Miyota, Pembuat Movement Berkualitas Untuk Berbagai Brand Jam Tangan Di Dunia

Movement calibre TH31-00 yang diproduksi secara eksklusif untuk TAG Heuer
Movement calibre TH31-00 yang diproduksi secara eksklusif untuk TAG Heuer

Ada juga brand TAG Heuer yang bekerja sama dengan Manufacture AMT. Proyek tersebut menghasilkan movement TAG Heuer TH31-00 yang bekerja dengan frekuensi 4 Hz, power reserve 80 jam, dan 30 jewel dengan double ball bearing. Movement tersebut sudah mendapatkan sertifikasi COSC dan ditampilkan pada TAG Heuer Aquaracer 200 dalam solid gold.

Sekarang, kamu sudah tahu kan apa itu movement Sellita? Jika kamu tertarik untuk mengoleksi jam tangan dengan movement Sellita atau lainnya, segera kunjungi website/aplikasi Jamtangan.com atau toko offline Jamtangan.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Fossil x Star Wars

Fossil Luncurkan ‘Star Wars’ Watch Collection untuk Merayakan Anniversary Return of the Jedi ke-40

Next Article
jam tangan stainless steel

Satu Jam Tangan untuk Semua Acara, Intip 10 Koleksi Jam Tangan Stainless Steel Ini!

Related Posts
Total
0
Share