Seiko Astron Series, Jam Tangan GPS Bertenaga Solar Pertama di Dunia

seiko astron
seiko astron

Kehadiran Seiko Astron sukses mengguncang dunia sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1969. Jam tangan yang kala itu disebut sebagai Seiko Quartz Astron menjadi jam tangan quartz pertama di dunia hingga memicu terjadinya ‘quartz crisis’ di industri pembuatan jam tangan. Dan pada tahun 2012, Seiko merilis jam tangan GPS Solar pertama di dunia bernama Astron GPS Solar.

Jam tangan Seiko Astron saat dipakai di pergelangan tangan
Jam tangan Seiko Astron saat dipakai di pergelangan tangan
Sumber: Seikowatches.com

Kamu bisa mengatur zona waktu hanya dengan menyentuh tombol pada zona waktu yang diinginkan, kemudian jam tangan akan terhubung ke jaringan satelit GPS. Keren, kan? Seiko Astron juga menawarkan akurasi tinggi dan terhubung secara otomatis hingga dua kali sehari ke jaringan satelit untuk memastikan keakuratannya. Makin penasaran kan dengan perjalanan Seiko Astron Series dari model pertama hingga koleksi terbaru? Simak terus artikel di bawah ini ya!

Baca juga : 12 Jam Tangan Seiko Yang Mencetak Sejarah

Generasi Pertama Seiko Quartz Astron 35SQ

Seiko Quartz Astron 35SQ dirilis tahun 1969
Seiko Quartz Astron 35SQ dirilis tahun 1969
Sumber: Seikowatches.com

Pada tahun 1960-an, Seiko bertekad untuk mengembangkan jam tangan yang lebih akurat daripada jam tangan mekanis konvensional. Fokus penelitian mereka adalah quartz crystal unit. Dengan menggunakan quartz crystal unit pada jantung jam tangan, diharapkan tingkat akurasi jam tangan bisa 100x lebih tinggi dibandingkan mechanical movement konvensional. Seiko pun terus melakukan riset dan inovasi hingga sukses menciptakan jam tangan quartz yang dirilis sebagai Quartz Astron 35SQ. 

Versi Seiko Astron 35SQ (kiri ke kanan, model pertama, versi dengan tanggal, dan versi dengan dial alternatif)
Versi Seiko Astron 35SQ (kiri ke kanan, model pertama, versi dengan tanggal, dan versi dengan dial alternatif)
Sumber: Theseikoguy.com

Seiko Quartz Astron 35SQ adalah jam tangan quartz pertama di dunia yang memicu revolusi quartz dan mengubah industri jam tangan secara global. Quartz Astron mulai dijual pada 25 Desember 1969 menggunakan caliber 35SQ, diameter case 30mm, dan ketebalan 5,3mm. Perlu diketahui bahwa Astron terdaftar sebagai trademark di Jepang, sehingga ada beberapa versi tanpa nama Astron pada bagian dial

Baca juga : Cara Cepat Membedakan Seiko Original Dan KW

Generasi Kedua Seiko Astron adalah Jam Tangan GPS Solar

Seiko Astron 7X Series SAST003
Seiko Astron 7X Series SAST003
Sumber: Seikowatches.com 

Pada tahun 2012, lebih dari 40 tahun sejak pertama kali debut, Seiko meluncurkan jam tangan GPS Solar pertama di dunia yang menunjukan waktu lokal akurat dan dapat terus diperbarui di berbagai belahan dunia manapun. Seiko Astron pun menjadi buah bibir karena hadir dengan sebuah inovasi yang lebih modern di dunia horologi. Seiko Astron 7X Series yang dirilis tahun 2012 tersebut mengubah desain versi original untuk menciptakan estetika dan tampilan yang lebih kontemporer. Jam tangan tersebut dianggap sebagai penanda ‘revolusi Astron kedua’.  

Seiko Astron GPS Solar menerima sinyal satelit GPS
Seiko Astron GPS Solar menerima sinyal satelit GPS
Sumber: Seikowatches.com

Nama Astron dipilih untuk menunjukan pentingnya teknologi GPS Solar dalam sebuah jam tangan dan untuk menyorot tingkat akurasi tinggi yang sama revolusionernya dengan jam tangan Quartz Astron pertama. Seiko Astron yang dirilis pada tahun 2012 tersebut adalah jam tangan produksi massal pertama di dunia yang dapat melakukan sinkronisasi waktu dengan penerimaan sinyal satelit GPS dan fungsi penyesuaian zona waktu. 

Selain itu, Seiko juga terus melakukan penelitian untuk bisa menciptakan Astron Series yang memiliki ukuran lebih kecil dan mampu meningkatkan kinerja penerimaan dan interface. GPS solar quartz menggunakan movement caliber 7X52 dengan case dari titanium berdiameter 47mm, dan ketebalan 16,5mm. Jam tangan ini memiliki tingkat akurasi +/-15 detik per bulan, ketahanan magnetik 4.800 A/m, tahan air hingga 100 meter, dan memiliki fitur 39 time zones.

Seiko Astron 8X Series SBXA033 dirilis pada tahun 2014
Seiko Astron 8X Series SBXA033 dirilis pada tahun 2014
Sumber: Seikowatches.com

Seiko Astron 7X Series yang dirilis pada tahun 2012 ini memiliki tampilan mengesankan dengan menonjolkan keunikan teknologi. Sementara itu, 8X Series yang diluncurkan pada tahun 2014 memiliki outer diameter lebih kecil dan tampilan lebih umum. Bagian case terbuat dari titanium dengan diameter 44,6mm, ketebalan 13mm, akurasi +/-15 detik per bulan, ketahanan magnetik 4.800 A/m, dan dengan fitur 40 time zones.

Baca juga : 7 Jam Tangan Seiko Termahal, Harganya Sampai 230 Juta-An!

Pengurangan Ukuran Case pada Astron Series Terbaru

Seiko Astron 5X Series Dual-Time SSE003 dirilis pada tahun 2018
Seiko Astron 5X Series Dual-Time SSE003 dirilis pada tahun 2018
Sumber: Seikowatches.com

Pada tahun 2018, Seiko meluncurkan Astron 5X Series. Pada seri ini, Seiko kembali mengecilkan ukuran caliber dan ini membuat ukuran jam tangan hampir sama dengan jam tangan standar. Diameter Astron 5X Series adalah 42,9mm dengan ketebalan 12,2mm. Bedanya, jam tangan Astron 5X Series ini memiliki kecepatan penerimaan sinyal lebih tinggi agar bisa mengurangi waktu yang diperlukan agar bisa mendapat sinyal GPS dalam tiga detik. 

Seiko Astron 3X Series Women’s Collection STXD002 2019
Seiko Astron 3X Series Women’s Collection STXD002 2019
Sumber: Sakurawatches.com 

Pada tahun 2019, Seiko kembali meluncurkan Astron 3X Series dan menjadi jam tangan GPS Solar wanita pertama di dunia. Jam tangan ini dirancang dengan case berdiameter 39mm dan ketebalan 11,3mm. Astron 3X Series menggunakan ceramic bezel, tahan air hingga 100 meter, dan akurasi ±15 detik per bulan. Jam tangan ini tidak perlu mengganti baterai karena ditenagai oleh cahaya matahari dan secara otomatis dapat menyesuaikan zona waktu melalui teknologi GPS terbaru.

Seiko Astron Limited Edition Diluncurkan pada Tahun 2021

Seiko Astron GPS Solar SSH093J1 dirilis tahun 2021
Seiko Astron GPS Solar SSH093J1 dirilis tahun 2021
Sumber: Seikoboutique.co.id

Pada tahun 2021, Seiko meluncurkan Astron GPS Solar SSH093J1 limited edition untuk merayakan 140 tahun didirikannya perusahaan Seiko oleh Hattori Kintaro pada tahun 1881 di Jepang. Desain jam tangannya begitu stand out dan ini bisa dilihat secara visual pada elemen biru pada dial. Begitu pula glossy blue ceramic bezel yang membuat jam tangan ini terlihat menarik. Seiko Astron GPS Solar SSH093J1 diproduksi hanya 1.400 pieces, menggunakan solar-power caliber 5X53, diameter case 42,7mm, dengan ketebalannya 13,3mm, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Seiko Astron Generasi Terbaru

Seiko Astron GPS Solar 5X53 Dual-Time
Seiko Astron GPS Solar 5X53 Dual-Time
Sumber: Fratellowatches.com

Pada bulan Mei 2022, Seiko kembali meluncurkan Astron generasi terbaru yaitu Seiko Astron GPS Solar 5X53 Dual-Time. Seiko memutuskan untuk membuat desain baru yang lebih revolusioner pada Seiko Astron terbaru tersebut. Desainnya mengombinasikan antara strength dan power, serta dengan desain yang lebih sleek dan modern. Seri jam tangan ini menggunakan GPS Solar caliber 5X53, case dari ceramic/titanium dengan diameter 42,7mm, ketebalan 12,2mm, tahan air hingga 100 meter, dan memiliki akurasi ±15 detik per bulan. 

Seiko Astron GPS Solar 5X53 Dual-Time hadir dalam tiga versi reguler dan satu anniversary ke-100 limited edition. Jam tangan tersebut adalah silver SSH107 dengan sub-dial yang lebih gelap, blue-gray SSH109, black SSH111, dan 10th Anniversary Limited Edition SSH113 yang didesain dengan dial yang menunjukan garis horizontal dengan nuansa abu-abu. 

Penelitian dan inovasi yang terus dilakukan oleh Seiko sukses menghasilkan jam tangan modern yang akurat dan presisi. Seiko Astron Series juga dirancang dengan spesifikasi modern untuk memenuhi harapan pecinta jam tangan yang hobi traveling agar tidak tersesat saat berkelana.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
series jam tangan hublot

Beragam Seri Jam Tangan Hublot dengan Konsep The Art of Fusion

Next Article
rekomendasi tissot untuk lebaran

Sambut Lebaran dengan Jam Tangan Tissot Baru yang Stylish

Related Posts
Total
0
Share