Sejarah G-Shock di dunia militer dan rekomendasi G-Shock Military Terfavorit

g-shock military
g-shock military

Ketangguhan yang hadir sejak 1983 membuat G-Shock menjadi jam tangan yang dikenal tahan banting. Karena hal itu, G-Shock akhirnya digunakan dalam dunia militer. Beberapa kelebihan G-Shock ialah tahan guncangan, tahan air, dan keunggulannya lainnya. Penasaran dengan kisah G-Shock di dunia militer? Kamu wajib simak tulisan Minwatch di bawah ini, selain itu Minwatch juga akan merekomendasikan kamu beberapa G-Shock Military, yaitu G-Shock yang mempunyai tema-tema militer. Simak terus ulasan Minwatch berikut ini.

G-Shock Military
G-Shock Military

G-Shock Jadi Andalan Tentara Amerika Serikat

Sejak diperkenalkan pertama kali tahun 1983 lewat DW-5000C, ketangguhan jam tangan G-Shock masih menjadi andalan hingga saat ini. Sejak itu, militer Amerika Serikat pun mulai merambah di era digital yang dicetuskan setelah serangan teroris 11 September. Digitalisasi tersebut membutuhkan instrumen digital dengan standar militer untuk membangun kekuatan militer saat mereka mengejar tujuan keamanan nasional.

G-Shock dipakai oleh tentara
G-Shock dipakai oleh tentara

Karena beralih ke digital, perlengkapan militer yang sudah usang pun digantikan dengan perlengkapan-perlengkapan modern. Seperti senjata M16 digantikan oleh senjata M4, GPS genggam menggantikan fungsi peta dan kompas, dan drone yang memberikan informasi kepada intelijen untuk membuat keputusan di medan perang secara real-time.

Seiring dengan kemajuan tersebut, jam tangan juga mempunyai perannya sendiri dalam dunia militer. Saat perlengkapan militer berganti, jam tangan tetap bertahan dengan ketangguhannya di pergelangan para tentara.

G-Shock DW-6900-1V
G-Shock DW-6900-1V yang dikenakan oleh mantan Operator Unit Misi Khusus Erick Miyares ketika tertembak saat operasi penyergapan di Amerika Selatan pada tahun 1999.

G-Shock dikembangkan sejak 1981. Saat itu seorang insinyur Casio bernama Kikuo Ibe mengembangkan jam tangan yang tahan banting. Jam tangan ini diuji agar tahan ketika jatuh dari ketinggian 10 meter, tahan air hingga 10 bar (100 meter), dan memiliki masa pakai baterai hingga 10 tahun.

Kikuo mengembangkan lebih dari 200 prototype untuk diuji coba. Hingga pada tahun 1983, Kikuo berhasil mendapatkan prototype yang tahan banting saat dijatuhkan dari lantai 13 gedung bertingkat melalui DW-5000C. Jam tangan ini dilengkapi baterai berdaya tahan 10 tahun dan sanggup menahan efek dari benturan keras.

Baca juga: Makin Stylish Dengan Jam Tangan Casio Ini Di Keseharianmu

Pada antara akhir 1970-an dan awal 1980-an, militer Amerika Serikat (AS) memang belum menggunakan G-Shock. Angkatan darat militer AS seringkali diberi jam tangan mechanical seperti GG-W-113 yang diproduksi oleh Hamilton dan Benrus. Angkatan laut termasuk pasukan elit US Navy SEAL juga memilih jam tangan Tudor Submariner atau Seiko 6309. Selain itu, banyak pilot dan kru pesawat menggunakan jam tangan chronograph dan GMT, seperti seperti Rolex, Breitling, Citizen, Seiko, dan Marathon. 

US Army Ranger pada tahun 1981 menggunakan sebuah field watch dan Breitling Chronomat 9108.
US Army Ranger pada tahun 1981 menggunakan sebuah field watch dan Breitling Chronomat 9108.

Pada awal 1980-an Militer AS berusaha melengkapi anggota militer dengan jam tangan yang andal. Lalu, pada tahun 1983, US Navy’s Experimental Diving Unit (NEDU) melakukan pengujian komprehensif terhadap enam jam tangan digital yang berbeda. Keenam jam tangan tersebut ialah: dua jam tangan Casio (Marlin H110 dan H101), dua jam tangan Seiko (A547-5059 dan A639-5029), Chronosport UDT, serta Heuer analog-digital. Keberhasilan pengujian jam tangan digital di bawah pengawasan ketat NEDU menjadikan jam tangan digital mulai digunakan secara luas untuk kalangan militer AS.

Penyelam Angkatan Laut AS menggunakan jam tangan digital Casio
Penyelam Angkatan Laut AS menggunakan jam tangan digital Casio

Munculnya G-Shock pada 1983 sebagai jam tangan digital yang tahan banting, membuat G-Shock dilirik untuk penggunaan militer. G-Shock pun mulai disuplai untuk kalangan militer karena selain relatif terjangkau, G-Shock menawarkan daya tahan yang luar biasa dengan fungsionalitas jam tangan digital yang akurat. 

Navy SEAL mengenakan G-Shock
Navy SEAL mengenakan G-Shock

Baca juga: Banyak Dipakai Pasukan NATO! Ini G-Shock Gagah Yang Military-Approved

Lambat laun, kehadiran G-Shock mulai diterima di dunia militer. Kehadiran G-Shock pun disambut baik oleh para anggota militer. Jajaran nama tenar dari kalangan militer AS seperti Dave Hall, pensiunan US Navy SEAL dan pensiunan Ranger Angkatan Darat Jose Gordon pernah menggunakan jam tangan G-Shock. Dave Hall mengakui ketahanan jam tangan G-Shock baik di darat atau laut. Hall juga menambahkan jika G-Shock mudah dibaca di bawah air dengan bantuan backlight.

US Navy SEAL Dave Hall menggunakan Casio Pro-Trek
US Navy SEAL Dave Hall menggunakan Casio Pro-Trek

Sedangkan Jose Gordon pernah menggunakan G-Shock beserta Seiko diver ketika menyelam. Namun seiring berjalannya waktu, Jose Gordon mulai beralih total ke G-Shock. Alasan Gordon memilih G-shock sebagai “partner”-nya untuk menyelam karena unggul dalam hal ketahanan. Selain itu, beberapa G-Shock bahkan memiliki ketangguhan ketika dipakai menyelam seperti DW-9052.

DW-9052 diketahui digunakan oleh US Coast Guard Diver pada berbagai acara pelatihan menyelam yang diadakannya. Tipe lainnya, yaitu G-Shock DW-6600 pun juga tidak kalah andal untuk menemani segala aktivitas darat maupun laut sehingga menjadi jam tangan yang identik dengan kalangan militer.

klan G-Shock DW-6600
Iklan G-Shock DW-6600

Kesuksesan G-Shock di Dunia Militer Berkat DW-6600 

Beberapa jam tangan G-Shock mulai dilirik kalangan militer. Diantaranya yang banyak digunakan ialah DW-5600E-1V, DW-6600-1V, DW-6900-1V, dan DW-9052-1V. Keempat jam tangan ini bahkan sudah memenuhi standar NATO dan memiliki NATO stock number. Tidak hanya itu, koleksi G-Shock juga digunakan para penyelam dari angkatan laut Amerika di Naval Diving and Salvage Training Center (NDSTC).

Seorang penyelam US Marine Recon mengenakan G-Shock 6900
Seorang penyelam US Marine Recon mengenakan G-Shock 6900

Popularitas G-Shock yang identik dengan militer semakin tinggi, setelah DW-6600 digunakan oleh Bradley Cooper dalam film American Sniper (2014). Film ini menceritakan tentang kehidupan tentara Angkatan Laut yang bernama Chris Kyle. Pada film itu, Kyle diceritakan begitu menyukai jam tangan G-Shock.

American Sniper, Chris Kyle diperankan oleh Bradley Cooper, menggunakan G-Shock DW-6600-1V
American Sniper, Chris Kyle diperankan oleh Bradley Cooper, menggunakan G-Shock DW-6600-1V

G-Shock DW-6600 muncul pertama kali pada tahun 1994 namun sudah berhenti produksi sejak 2010. Namun G-Shock ini menjadi jam tangan militer yang sangat populer. DW-6600 disukai untuk digunakan para anggota militer karena harganya yang terjangkau, ringan, memiliki shock protection, ketahanan air 200 meter, mode 24 jam, dan lampu dial electro-luminescent yang berpijar (tetap menyala selama beberapa detik setelah tombol ditekan). Sejak discontinue pada tahun 2010, Navy SEAL menggunakan G-Shock lain serta merek lain seperti Suunto dan Casio Pro Trek.

Tentara menggunakan G-Shock DW-6600
Tentara menggunakan G-Shock DW-6600

Dapat diakui bahwa G-Shock sudah teruji membuat jam tangan taktis paling tangguh untuk anggota militer. Untuk kamu yang sudah penasaran dengan koleksinya, simak rekomendasi jam tangan G-Shock Military dari Jamtangan.com di bawah ini.

5 Rekomendasi Jam Tangan G-Shock Military 

1. Casio G-Shock Mudman G-9300GB-1DR Tough Solar Black & Gold Digital Compass Resin Band

Casio G-Shock Mudman G-9300GB-1DR
Casio G-Shock Mudman G-9300GB-1DR

2. Casio G-Shock Mudman G-9000-3VDR Master Of G-Land Digital Dial Green Resin Band

Casio G-Shock Mudman G-9000-3VDR
Casio G-Shock Mudman G-9000-3VDR

3. Casio G-Shock AW-591BB-1ADR Military Black Series Digital Analog Dial Black Resin Band

Casio G-Shock AW-591BB-1ADR
Casio G-Shock AW-591BB-1ADR

4. Casio G-Shock DW-5600CA-2DR Utility Camo Digital Dial Blue Resin Band

Casio G-Shock DW-5600CA-2DR
Casio G-Shock DW-5600CA-2DR

5. Casio G-Shock GA-2100CA-8ADR Utility Camo Digital Analog Dial Grey Resin Band

Casio G-Shock GA-2100CA-8ADR
Casio G-Shock GA-2100CA-8ADR

Itu dia kisah G-Shock di dunia militer dan rekomendasi jam tangan G-Shock Military dari Minwatch. Yuk, segera koleksi ke-limanya sekarang juga. Beli jam di Jamtangan.com, #PastiOri dengan harga terbaik.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
jam tangan hitam

Pakai Jam Tangan Hitam Ini, Dijamin Kadar Kegagahanmu Nambah!

Next Article
rolex daytona terbaru

Rolex Rilis Daytona Terbaru Terinspirasi Daytona "Big Red" Paul Newman

Related Posts
Total
0
Share